Senin, 14 Mei 2012

PASAR, tempat yang paling dibenci Allah


Dari Abu Hurairah; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ مَسَاجِدُهَا، وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللهِ أَسْوَاقُهَا [صحيح مسلم]
"Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah mesjid, dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar." [Sahih Muslim]

Imam Nawawiy (676H) dalam kitabnya "Syarh Sahih Muslim" mengatakan: Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah mesjid karena sebagai tempat melakukan ketaatan, dan dibangun atas dasar takwa. Dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar karena banyak terjadi penipuan, penghianatan, riba, sumpah palsu, menyalahi janji, lupa mengingat Allah, dan sebagainya.

Al-Mulla Ali Al-Qariy (1014H) mengatakan: Kandungan hadits ini ditinjau dari sisi mayoritas, karena bisa jadi seseorang ke mesjid untuk melakukan hal negatif seperti giba, dan orang ke pasar untuk mencari rezki yang halal.

Hadis ini bukan berarti larangan pergi ke pasar, karena Rasulullah pun pergi ke pasar dan para sahabatnya melakukan transaksi di pasar.

Dari Jabir bin Abdullah: Suatu hari Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam mendatangi pasar bersama para sahabat, dan melewati bangkai anak kambing yang telinganya kecil, buta dan tuli. Rasulullah menarik telinganya, seraya berkata: "Siapa diantara kalian yang ingin membeli ini seharga satu dirham?" Sahabat menjawab: Kami tidak menginginkannya sedikitpun, apa gunanya untuk kami? Rasulullah bertanya lagi: Maukah kalian diberi percuma? Sahabat menjawab: Demi Allah, kalaupun kambing itu hidup pastilah tidak ada yang mau karena cacat. Apalagi sekarang yang sudah jadi bangkai? Kemudian Rasulullah bersabda:
فوالله للدنيا أهون على الله، من هذا عليكم . [صحيح مسلم]
"Demi Allah, dunia ini lebih hina di sisi Allah dibandingkan bangkai ini di mata kalian". [Sahih Muslim]

Anas bin Malik berkata: Suatu hari Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam berada di pasar, tiba-tiba seseorang berseru: Wahai Abu Al-Qaasim! Maka Rasulullah menoleh kepadanya (merasa dipanggil), dan orang itu berkata: Aku memanggil orang ini (bukang engkau)! Rasulullah pun bersabda:
«سَمُّوا بِاسْمِي وَلاَ تَكَنَّوْا بِكُنْيَتِي» [صحيح البخاري]
Berilah nama dengan namaku dan jangan memakai kuniah dengan kuniahku! [Sahih Bukhari]

Dari Abdullah bin Umar; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«لاَ يَبِيعُ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ، وَلاَ تَلَقَّوْا السِّلَعَ حَتَّى يُهْبَطَ بِهَا إِلَى السُّوقِ» [صحيح البخاري]
Jangan kalian membeli/menjual apa yang telah dibeli/dijual oleh orang lain, dan janganlah kalian membeli barang dagangan diperjalanan sampai barang tersebut diturunkan ke pasar. [Sahih Bukhari]

Do'a masuk pasar.
Dari Umar bin Khattab; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang masuk pasar dan membaca:
لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ، بِيَدِهِ الخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, hanya milik-Nya semua kekuasaan, dan hanya untuknya segala pujian, Ia menghidupkan dan mematikan, dan Ia maha hidup dan tidak akan mati, di tangan-Nya segala kebaikan, dan Dia-lah yang maha kuasa atas segala sesuatu"
Maka akan dicatat untuknya 1.000.000 kebaikan, dihapus darinya 1.000.000 keburukan, dan diangkat derajatnya 1.000.000 derajat.
Dalam riwayat lain: Dibangunkan untuknya rumah di surga. [Sunan Tirmidzi: Dihasankan oleh syekh Albaniy]

Wallahu a'lam!

Lihat juga: Kehidupan dunia
                   Jangan sampai menyesal
                    Mau rezki berlimpah?
                     Manfaat zikir

3 komentar:

  1. Mungkin perlu ditambahkan juga keutamaan Pasar. Bila Saya tidak salah, setelah Rasulullah pindah ke Madinah, hal yang pertama dibangun adalah Mesjid dan yang kedua adalah Pasar. Jadi Pasar ini adalah hal yang penting, tapi mungkin banyak yang melakukan kejahatan didalamnya sehingga dibenci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baarakallahu fiik, semoga Allah senantiasa melimpahkan rezki-Nya yg halal kpd kita semua! Amiin ...

      Hapus
  2. Kita berjalan dengan niat karna ALLAH.,.. Segala aktipitas semata hanya karna ALLAH... INZAALLAH MEMBERI JALAN yang terbaik kepada hambanya"

    BalasHapus

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...