tag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post697227253104070392..comments2024-03-28T18:59:06.095+08:00Comments on Umar Mansur Ar-Rahimy: Hukum menyentuh dan membaca Al-Qur'an bagi orang yang berhadatsAbu_hafshttp://www.blogger.com/profile/11477743916584411775noreply@blogger.comBlogger6125tag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-28623517288982941052012-08-08T20:07:03.215+08:002012-08-08T20:07:03.215+08:00Yg mengatakan boleh menyentuh qur'an sekalipun...Yg mengatakan boleh menyentuh qur'an sekalipun berhadats tdk ada masalah dalam hal ini, sedangkan yg mengatakan tdk boleh, mereka berselisih:<br />Ada yg mengatakan boleh menyentuh alqur'an yg bercampur dgn perkataan lain seperti tafsiran atau terjemahannya. Dalilnya ketika Rasulullah mengirim surat kpd Heraql raja Romawiy, di dalam surat itu tertulis ayat alqur'an (surah ali imran:64).<br />Ada yg mengatakan tidak boleh sama sekali.<br />Ada juga yg membedakan banyak sedikit tulisan lain selain al-qur'an, klo alqur'annya lebih banyak maka tdk boleh, klo alqur'annya lebih sedikit maka boleh.<br /><br />Perselisihan pendapat ini bisa dijadikan dalil bagi yg mengatakan boleh menyentuh alqur'an bagi yg berhadats, krn sedikit banyaknya ayat ataupun surah, itu tetap dinamakan alqur'an yg harus dimuliakan.<br />Wallahu a'lam!Abu_hafshttps://www.blogger.com/profile/11477743916584411775noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-5958425165804662042012-08-08T14:03:21.746+08:002012-08-08T14:03:21.746+08:00ada penceramah di TV pernah bilang "yg tdk bo...ada penceramah di TV pernah bilang "yg tdk boleh disentuh itu alquran yang benar-benar berisi firman ALLAH, jadi kalo yang bercampur dengan terjemahan bhs.Lain (Misalnya Indonesia) ketentuan ini tidak berlaku, jadi boleh disentuh meski berhadats"<br />bgmn menurut mu.?Usman, SThttps://www.blogger.com/profile/03204453730018451223noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-595628538911471042012-08-07T19:18:50.902+08:002012-08-07T19:18:50.902+08:00Iya!Iya!Abu_hafshttps://www.blogger.com/profile/11477743916584411775noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-26579686201879684112012-08-07T12:08:11.310+08:002012-08-07T12:08:11.310+08:002. Adapun hadits 'Amru bin Hazm radiyalla...2. Adapun hadits 'Amru bin Hazm radiyallahu 'anhu, maka ulama berselisih pendapat akan kesahihannya. Beberapa ulama' melemahkan hadits tersebut.<br />Kalaupun hadits tersebut sahih maka yang dimaksud "thaahir" adalah orang yang beriman, karena orang kafir dan musyrik adalah najis, Allah subhanahu wata'ala berfirman:<br />{إِنَّمَا الْمُشْرِكُونَ نَجَسٌ} [التوبة: 28]<br />Sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis. [At-Taubah:28].<br /><br />Jadi menurut dalil ini boleh memegang alquran meskipun berhadats.?????Mr.Usmanhttps://www.blogger.com/profile/04198904048333589376noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-19786506395872478952012-08-07T01:55:44.505+08:002012-08-07T01:55:44.505+08:00Iya, sebainya diusahakan membaca qur'an dlm ke...Iya, sebainya diusahakan membaca qur'an dlm keadaan suci dan klo mau menyentuhnya dlm keadaan berhadats sebaiknya jangan disentuh langsung krn dalil yang melarang juga kuat. <br />Adapun Al-Qur'an di masa Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam memang belum di bukukan akan tetapi diantara sahabat ada yang mencatat beberapa ayat maupun surah di pelapa kurma dan sebagainnya dan itu sudah bisa dianggap sebagai al-qur'an.<br />Wallahu a'lam!Abu_hafshttps://www.blogger.com/profile/11477743916584411775noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-3773036406036028010.post-69522693819397869422012-08-07T01:01:01.466+08:002012-08-07T01:01:01.466+08:00Alhamdulillah, dapat ilmu lagi di sini... jadi, se...Alhamdulillah, dapat ilmu lagi di sini... jadi, sebaiknya bersuci tapi tidak mengapa jika tidak ya..?? (menurut hadits yang kuat), saya bingung dengan memegang Al-Qur'an, bukankah pada masa itu Al-Qur'an belum di bukukan seperti pada masa ini..?Andro Bhaskarahttps://www.blogger.com/profile/13252140300321256110noreply@blogger.com