بسم الله الرحمن الرحيم
Hadits ini diriwayatkan dari beberapa sahabat Nabi ﷺ, diantaranya: Abdullah bin ‘Abbas, Abu Musa Al-Asy’ariy, dan Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhum baik secara mauquf (dari sahabat) maupun marfu’ (dari Nabi ﷺ).
A.
Diriwayatkan
secara mauquf dari ucapan Ibnu ‘Abbas dan secara marfu’ dari
ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
Yang meriwayatkan secara mauquf: Diriwayatkan dari Syu’bah
melalui beberapa jalur;
Jalur
pertama: Ali bin Al-Ja’d, dari Syu’ab.
Diriwayatkan oleh ‘Ali bin Al-Ja’d
dalam Musnad-nya hal.85, no.482; Ia berkata:
أنا شُعْبَةُ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ
ثَابِتٍ قَالَ: سَمِعْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ، يُحَدِّثُ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ
قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ، فَلَمْ يُجِبْ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ»
Syu’bah telah mengabarkan kepada kami, dari
‘Adiy bin Tsabit, ia berkata: Aku mendengar Sa’id bin Jubair menceritakan dari
Ibnu ‘Abbas, ia berkata: "Barangsiapa mendengar suara azan kemudian tidak
mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali jika ada udzur."
Jalur
kedua: Waki’, dari Syu’ab.
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah
dalam Mushannaf-nya (1/303) no.3464; Ia berkata:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ،
عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: «مَنْ سَمِعَ الْمُنَادِيَ ثُمَّ لَمْ يُجِبْ مِنْ غَيْرِ
عُذْرٍ فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
Jalur
ketiga: Sulaiman bin Harb, dari Syu’ab.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy
dalam “Al-Mu’jam Al-Kabir” (12/18) no.12344; ia berkata:
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْرٍو
الْقَطِرَانِيُّ، ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ،
ثنا شُعْبَةُ، عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ، فَلَمْ يَجِبْ، فَلَا صَلَاةَ
لَهُ»
Ath-Thabaraniy
rahimahullah berkata:
"هَكَذَا رَوَاهُ
الْقَطِرَانِيُّ، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ حَرْبٍ مَوْقُوفًا، وَرَوَاهُ
إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِسْحَاقَ الْقَاضِي، عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ حَرْبٍ مَرْفُوعًا"
“Demikianlah diriwayatkan oleh
Al-Qathiraniy, dari Sulaiman bin Harb secara mauquf, dan diriwayatkan
oleh Ismail bin Ishaq Al-Qadhiy dari Sualiman bin Harb secara marfu’”.
Yang
meriwayatkan secara marfu’: Diriwayatkan
dari Syu’bah, dan Magra’ Al-‘Abdiy.
a.
Riwayat
Syu’bah dari beberapa jalur;
Jalur pertama:
Husyaim, dari Syu’bah.
Diriwayatkan
oleh Ibnu Majah dalam Sunan-nya (1/260) no.793; Ia berkata:
حَدَّثَنَا
عَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ بَيَانٍ الْوَاسِطِيُّ قَالَ: أَنْبَأَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ شُعْبَةَ،
عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ،
عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ، فَلَا
صَلَاةَ لَهُ، إِلَّا مِنْ عُذْرٍ»
Telah
menceritakan kepada kami Abdul Hamid bin Bayan Al-Wasithiy berkata: Telah
memberitakan kepada kami Husyaim dari Syu'bah dari 'Adi bin Tsabit dari
Sa'id bin Jubair dari Ibnu 'Abbas dari Nabi ﷺ, beliau bersabda, "Barangsiapa mendengar suara azan
kemudian tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali jika ada
udzur."
Ø Dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya (5/415) no.2064;
عن زَكَرِيَّا
بْنُ يَحْيَى، وَعَبْدُ الْحَمِيدِ بْنُ بَيَانٍ السُّكَّرِيُّ، قَالَا:
حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ
سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ:
«مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ».
Ø
Dan Ad-Daraquthniy dalam Sunannya (2/293) no.1555;
عن عَبْد
الْحَمِيدِ بْنُ بَيَانٍ، ثنا هُشَيْمٌ، عَنْ شُعْبَةَ، ثنا عَدِيُّ بْنُ
ثَابِتٍ، ثنا سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ:
«مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْهُ فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ».
Ø
Dan Al-Hakim dalam “Mustadrak” (1/372) no.893;
عن عَمْرو بْن
عَوْنٍ، وَعَبْد الْحَمِيدِ بْن بَيَانٍ، قَالَا: ثنا هُشَيْمُ بْنُ بَشِيرٍ، ثنا شُعْبَةُ،
ثنا عَدِيُّ بْنُ ثَابِتٍ، ثنا سَعِيدُ بْنُ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّ
النَّبِيَّ ﷺ، قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْ فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
.
Jalur kedua:
Quraad, dari Syu’bah.
Diriwayatkan
oleh Ad-Daraquthniy dalam Sunannya (2/293) no.1556; ia berkata:
حَدَّثَنَا
ابْنُ مُبَشِّرٍ وَآخَرُونَ، قَالُوا: نا عَبَّاسُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدُّورِيُّ،
ثنا قُرَادٌ، عَنْ شُعْبَةَ،
بِإِسْنَادِهِ نَحْوَهُ مرفوعا.
Ad-Daraquthniy
rahimahullah berkata:
"قُرَادٌ
شَيْخٌ مِنَ الْبَصْرِيِّينَ مَجْهُولٌ"
“Qurad
adalah seorang syekh dari Bashrah yang majhul (tidak diketahui)”.
Jalur ketiga:
Abdurrahman bin Gazwan, dari
Syu’bah.
Diriwayatkan
oleh Al-Hakim dalam “Mustadrak” (1/372) no.893;
عن الْعَبَّاس
بْن مُحَمَّدٍ الدُّورِيّ، ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ غَزْوَانَ، ثنا شُعْبَةُ، ... مرفوعا .
Al-Hakim rahimahullah berkata:
«هَذَا
حَدِيثٌ قَدْ أَوْقَفَهُ غُنْدَرُ وَأَكْثَرُ أَصْحَابِ شُعْبَةَ وَهُوَ صَحِيحٌ
عَلَى شَرْطِ الشَّيْخَيْنِ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ، وَهُشَيْمٌ وَقُرَادٌ أَبُو
نُوحٍ ثِقَتَانِ، فَإِذَا وَصَلَاهُ فَالْقَوْلُ فِيهِ قَوْلُهُمَا وَلَهُ فِي
سَنَدِهِ عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ شَوَاهِدُ»
“Hadits
ini diriwayatkan secara mauquf oleh Gundar dan kebanyakan dari murid Syu’ab,
dan ia shahih sesuai dengan syarat syaikhaini sekalipun keduanya tidak
meriwayatkannya. Sedangkan Husyaim dan Qurad Abu Nuh, keduanya tsiqah, dan jika
keduanya menjadikan hadits ini marfu’ maka ucapan keduanya adalah yang terkuat,
dan ia punya beberapa penguat pada sanadnya dari ‘Adiy bin Tsabit”.
Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata dalam “At-Talkhish”:
"على
شرطهما"
“Sesuai
dengan syarat shahih Bukhari dan Muslim”.
Jalur keempat:
Sa’id bin ‘Amir, dari Syu’bah.
Diriwayatkan
oleh Al-Hakim dalam “Mustadrak” (1/373) no.894;
عن سَوَّار
بْن سَهْلٍ الْبَصْرِيّ، ثنا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ،
عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ
ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ
يَأْتِهِ فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ»
Jalur kelima:
Abu Sulaiman Daud bin Al-Hakam,
dari Syu’bah.
Diriwayatkan
oleh Al-Hakim dalam “Mustadrak” (1/373) no.895;
عن أَبي غَسَّانَ مَالِك بْن الْخَلِيلِ،
ثنا أَبُو سُلَيْمَانً دَاوُدُ بْنُ الْحَكَمِ،
ثنا شُعْبَةُ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ
يَأْتِهِ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ إِلَّا مِنْ عُذْرٍ»
Al-Hakim
rahimahullah berkata:
" وَفِي
الشَّوَاهِدِ لِشُعْبَةَ فِيهِ مُتَابَعَاتٌ مُسْنَدَةٌ "
“Dan yang mendukung hadits Syu’bah ada beberapa
penguat yang bersanad”.
b.
Riwayat
Magra’ Al-‘Abdiy dari beberapa jalur;
Diriwayatkan
oleh Abu Daud dalam Sunannya (1/151) no.551;
عَنْ أَبِي جَنَابٍ، عَنْ مَغْرَاءَ الْعَبْدِيِّ،
عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ،
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: «مَنْ سَمِعَ الْمُنَادِيَ فَلَمْ يَمْنَعْهُ
مِنَ اتِّبَاعِهِ، عُذْرٌ»، قَالُوا: وَمَا الْعُذْرُ؟، قَالَ: «خَوْفٌ أَوْ
مَرَضٌ، لَمْ تُقْبَلْ مِنْهُ الصَّلَاةُ الَّتِي صَلَّى»،
Dari Abu Janab dari
Maghra` Al-'Abdi dari 'Adi bin Tsabit dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas dia
berkata; Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa
yang mendengarkan azan dan tidak punya alasan sehingga tidak menjawabnya (tidak
mendatanginya)” Para sahabat bertanya; Apakah alasan (udzur) itu?
Beliau menjawab, "Takut atau sakit-, maka tidak diterima shalat yang
dia kerjakan”.
Abu Daud rahimahullah berkata:
"رَوَى
عَنْ مَغْرَاءَ أَبُو إِسْحَاقَ"
“Abu Ishaq meriwayatkan dari Maghra`.”
Ø
Diriwayatkan juga oleh Ath-Thabaraniy
dalam “Al-Mu’jam Al-Ausath” (4/314) no.4303, dengan lafadz yang singkat:
عَنْ أَبِي
جَنَابٍ الْكَلْبِيُّ، عَنْ مَغْرَاءَ، عَنْ عَدِيِّ بْنِ ثَابِتٍ،
عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ
يُجِبٍ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
Ath-Thabaraniy
rahimahullah berkata:
"لَمْ يَرْوِ هَذَا
الْحَدِيثَ عَنْ مَغْرَاءَ إِلَّا أَبُو جَنَابٍ وَلَا رَوَاهُ عَنْ أَبِي جَنَابٍ
إِلَّا جَرِيرُ تَفَرَّدَ بِهِ أَبُو مَعْمَرٍ"
“Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini
dari Magra’ kecuali Abu Janab, dan tidak ada yang meriwayatkannya dari Abu
Janab kecuali Jarir, Abu Ma’mar menyendiri meriwayatkan darinya”.
Sanad hadits ini lemah karena ada perawi yang lemah yaitu Abu Janab Yahya bin Abi Hayya Al-Kalbiy[1]
(w.150 H) dia seorang yang lemah periwayatan
haditsnya sebagaimana dikatakan oleh Al-Mundziriy dan selainnya.
Derajat hadits Ibnu ‘Abbas:
Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
"إِسْنَادُهُ عَلَى
شَرْطِ مُسْلِمٍ، لَكِنْ رَجَّحَ بَعْضُهُمْ وَقْفَه" [بلوغ المرام من أدلة الأحكام]
“Sanadnya sesuai dengan syarat imam Muslim,
akan tetapi beberapa ulama menguatkan riwayat yang mauquf”.
Ø Syekh Albaniy rahimahullah mengomentari ucapa Al-Hafidz Ibnu
Hajar, dan berkata:
"لا مُبَرّر لهذا
الترجيح، فإنّ الذين رفعوه جماعةُ الثقات، تابَعوا هشيماً عليه" [إرواء الغليل (2/ 337)]
“Tidak ada pembenaran untuk pentarjihan
ini, karena yang meriwayatkannya secara marfu’ adalah beberapa perawiy yang
tsiqah, mereka menguatkan riwayat Husyaim terhadap hadits ini”. [Al-Irwa’]
B. Hadits
ini dirirwayatkan juga dari Abu Musa Al-Asy’ariy, secara marfu’ dan mauquf:
Yang meriwayatkan secara marfu’: Melalui jalur Qais bin
Ar-Rabi’, Abu Bakr bin ‘Ayyasy dan Mis’ar; ketiganya dari Abu Hushain.
a)
Riwayat Qasi bin
Ar-Rabi’ dari Abu Hushain.
Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dalam Musnad-nya (8/141) no.3157;
عن يَزِيد بْن هَارُونَ، قَالَ:
أَنْبَأَنَا قَيْسُ بْنُ الرَّبِيعِ، عَنْ أَبِي
حُصَيْنٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى، رَفَعَهُ إِلَى النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ
يُجِبْ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ» ، أَحْسِبُهُ قَالَ: إِلَّا مِنْ عُذْرٍ ".
Al-Bazzar rahimahullah berkata:
"هَذَا الْحَدِيثُ
قَدْ رَوَاهُ غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ أَبِي حُصَيْنٍ عَنْ أَبِي بُرْدَةَ عَنْ أَبِي
مُوسَى مَوْقُوفًا"
“Hadits ini diriwayatkan lebih dari satu
orang dari Abu Hushain, dari Abi Burdah, dari Abi Musa secara mauquf”.
Al-Haitsamiy rahimahullah berkata:
"رَوَاهُ
الطَّبَرَانِيُّ فِي الْكَبِيرِ وَفِيهِ قَيْسُ بْنُ
الرَّبِيعِ وَثَّقَهُ شُعْبَةُ وَسُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ وَضَعَّفَهُ
جَمَاعَةٌ" [مجمع الزوائد ومنبع الفوائد (2/ 42)]
“Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam
Al-Kabiir dan pada sanadnya ada Qais bin Ar-Rabii’;
Ia dihukumi tsiqah oleh Syu’bah dan Sufyan At-Tsauriy, dan beberapa ulama lain
menghukuminya lemah”. [Majma’ Az-Zawaid 2/42]
b)
Riwayat Abu Bakr bin
‘Ayyasy, dari Abu Hushain.
Diriwayatkan
oleh Al-Hakim dalam “Mustadrak” (1/374) no.899;
عن أَحْمَد بْن يُونُسَ، ثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ أَبِي حُصَيْنٍ، عَنْ
أَبِي بُرْدَةَ بْنِ أَبِي مُوسَى، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَارِغًا
صَحِيحًا فَلَمْ يُجِبْ فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
Adz-Dzhabiy rahimahullah menshahihkannya dalam “At-Talkhish”.
c)
Riwayat Mis’ar, dari
Abu Hushain.
Diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam “Tarikh
Ashbahan” (2/319);
عن يَحْيَى بْن سَعِيدٍ، ثنا مِسْعَرٌ، ثنا أَبُو حُصَيْنٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ،
عَنْ أَبِيهِ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ، قَالَ: «مَنْ سَمِعَ الْمُنَادِي
صَحِيحًا فَارِغًا فَتَرَكَ أَنْ يُجِيبَهُ فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
Yang meriwayatkan secara mauquf: Diriwayatkan dari beberapa jalur melalui Abu Hushain dan Simak; keduanya
dari Abu Burdah.
Ø Waki’, dari Mis’ar, dari Abu Hushain, dari
Abu Burdah.
Diriwayatkan
oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya (1/303) no.3463; Ia berkata:
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ مِسْعَرٍ،
عَنْ أَبِي حُصَيْنٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ: «مَنْ سَمِعَ
الْمُنَادِيَ ثُمَّ لَمْ يُجِبْهُ مِنْ غَيْرِ عُذْرٍ فَلَا صَلَاةَ لَهُ»
Ø Abu Nu’aim, dari Mis’ar, dari Abu Hushain, dari
Abu Burdah.
Diriwayatkan
oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (3/248) no.5589;
عن أَبي نُعَيْمٍ، ثنا مِسْعَرٌ، عَنْ
أَبِي الْحُصَيْنِ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِيهِ قَالَ: " مَنْ سَمِعَ
النِّدَاءَ، فَلَمْ يُجِبْ فَلَا صَلَاةَ لَهُ، إِلَّا مِنْ عُذْرٍ ".
Ø Zaidah bin Qudamah, dari Abu Hushain, dari Abu Burdah.
Diriwayatkan
oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (3/248) no.5590;
عن زَيْد بْن الْحُبَابِ، ثنا زَائِدَةُ بْنُ قُدَامَةَ، أنبأ أَبُو حُصَيْنٍ، عَنْ
أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ قَالَ:
" مَنْ سَمِعَ الْأَذَانَ فَارِغًا صَحِيحًا، ثُمَّ لَمْ يُجِبْ فَلَا
صَلَاةَ لَهُ ".
Al-Baihaqiy
rahimahullah berkata:
"كَذَا قَالَ عَنْ
أَبِي بَكْرِ بْنِ أَبِي بُرْدَةَ، وَلَا أَرَاهُ إِلَّا وَهْمًا"
“Demikian ia berkata dari Abi Bakr bin Abi
Burdah, dan saya tidak meyakininya kecuali ini suatu kekeliruan”.
Ø Simak, dari Abu Burdah.
Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dalam Musnad-nya
(8/141) no.3158:
عن حَفْص بْن جُمَيْعٍ، عَنْ سِمَاكٍ، عَنْ أَبِي بُرْدَةَ، عَنْ أَبِي مُوسَى رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: «مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يُجِبْ، فَلَا صَلَاةَ
لَهُ»
C. Hadits
ini dirirwayatkan juga dari Jabir bin Abdillah, secara marfu’:
Diriwayatkan
oleh imam Al-Bukhari dalam kitabnya “At-Tarikh Al-Kabiir” 1/111
no.317;
عن مُحَمد بْن سُكَين، مَولَى بني
سَعد، مُؤَذِّن مَسجِد بني شَقرَة، مِن ضَبَّة، أَبو جَعفَر، الكُوفيُّ. سَمِعَ
عَبد اللهِ بْن بُكَير، عَنِ ابن سُوقَة، عن ابن المُنكَدِر، عَنْ جابرٍ، قَالَ
النَّبيُّ ﷺ: «لاَ صَلاَةَ لِمَن سَمِعَ النِّداءَ ثُم لَم يَأتِ، إِلاَّ مِن
عِلَّةٍ».
Abu Abdillah Al-Bukhari rahimahullah berkata:
"فِي إِسْنَادِهِ نَظَرٌ".
“Pada
sanadnya ada kekeliruan”.
Wallahu a’lam!
Lihat juga: Kewajiban shalat berjama’ah - Keutamaan salat berjama'ah - udzur yang membolehkan untuk tidak shalat berjama’ah - Hadits 'Imran dan Jabir; Cara shalat orang sakit
[1]
Lihat biografi " Abu Janab " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir
karya Al-Bukhariy hal.119, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.109 ,
Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 4/398, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya
Ibnu Abi Hatim 9/138, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 3/111, Al-Kaamil karya
Ibnu 'Adiy 9/50, Adh-Dhu'afaa' karya Ad-Daraquthniy 3/136, Adh-Dhu'afaa' karya
Ibnu Al-Jauziy 3/193, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 31/284, Miizaan
Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 4/371, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar
hal.589.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...