Sabtu, 11 Juni 2011

Do'a-do'a Nabi II

بسم الله الرحمن الرحيم

·         Anas radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam benyak berdo'a dengan membaca ..
يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِينِكَ
"Wahai Yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu"
Sahabat bertanya: Ya Rasulullah kami beriman kepadamu dan apa yang engkau emban, apakah engkau mengkhawatirkan kami?
Rasulullah menjawab: "Iya, sesungguhnya hati manusia berada di antara dua jari dari jari-jari Allah azza wajalla, Ia membolak-balikkannya sesuai kehendak-Nya". [Sunan Tirmidzi: Sahih]

·         Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash radhiyallahu 'anhuma mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya hati anak cucu Adam semuanya berada di antara dua jari dari jari-jari Ar-Rahman ibarat satu hati Ia palingkan sesuai kehendak-Nya. Kemudian Rasulullah berdo'a ..
اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ
"Ya Allah .. Engkaulah yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami pada ketaatan-Mu." [Sahih Muslim]

·         Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering membaca do'a ini ...
اللَّهُمَّ انْفَعَنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَعَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعَنِيْ وَزِدْنِيْ عِلْمًا
"Ya Allah .. berikanlah aku manfaat dari ilmu yang telah Engkau ajarkan padaku, dan ajarkanlah aku ilmu yang bermanfaat untukku, dan tambahkanlah aku ilmu." [Sunan Tirmidzi: Sahih]

·         Abu Al-Yasar radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering berdo'a ...
اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ وَالْحَرَقِ وَالْهَرَمِ ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِى الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ ، وَأَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِيْ سَبِيلِكَ مُدْبِرًا ، وَأَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا
"Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tertimpa benda berat, dan aku berlindung kepada-Mu dari terjatuh dari tempat yang tinggi, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam, kebakaran, dan hina di masa tua, dan aku berlindung kepada-Mu dari kerasukan syaitan di saat mati, dan aku berlindung kepada-Mu dari mati dalam keadaan lari dari perang di jalan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari mati disengat hewan beracun." [Sunan Abi Daud: Sahih]

·         Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: Aku kehilangan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam di suatu malam dari tempat tidur, maka aku mencarinya kemudian tanganku menyentuh telapak kaki beliau sementara ia di mesjid, kedua kakinya tertancap (sedang sujud) dan berdo'a ..
اللَّهُمَّ أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ
"Ya Allah .. aku berlindung dengan keridhaan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dengan ampunan-Mu dari siksaan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, aku tidak bisa menyebutkan semua pujian untuk-Mu, Engkau terpuji sebagaimana Engkau memuji diri-Mu." [Sahih Muslim]

·         Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Do'a yang paling tepat adalah ...
اللهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ، وَأَنَا عَبْدُكَ، ظَلَمْتُ نَفْسِيْ وَاعْتَرَفْتُ بِذَنْبِيْ، يَا رَبِّ، فَاغْفِرْ لِيْ ذَنْبِيْ، إِنَّكَ أَنْتَ رَبِّيْ، إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ "
"Ya Allah .. Engkaulah Tuhanku, dan aku adalah hamba-Mu, aku telah menzalimi diriku dan aku akui dosaku, Ya Tuhanku .. maka ampunilah dosaku, sesungguhnya Engkaulah Tuhanku, sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." [Musnad Ahmad: Sahih]

·         Abu Bakrah radhiyallahu 'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering berdo'a ...
اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ، وَالْفَقْرِ، وَعَذَابِ الْقَبْرِ
"Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran, kefakiran, dan siksaan kubur". [Musnad Ahmad: Sahih]

·         Dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam berdo'a ..
اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ فِعْلَ الْخَيْرَاتِ وَتَرْكَ الْمُنْكَرَاتِ، وَحُبَّ الْمَسَاكِينِ، وَأَنْ تَغْفِرَ لِي وَتَرْحَمَنِي، وَإِذَا أَرَدْتَ فِتْنَةً فِي قَوْمٍ فَتَوَفَّنِي غَيْرَ مَفْتُونٍ، وَأَسْأَلُكَ حُبَّكَ وَحُبَّ مَنْ يُحِبُّكَ وَحُبَّ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَى حُبِّكَ
"Ya Allah .. sesungguhnya aku meminta kepada-Mu amalan-amalan yang baik, meninggalkan perihal munkar, mencintai orang miskin, dan memaafkan aku dan merahmati aku. Dan jika Engkau menginginkan cobaan (pada agama) suatu kaum maka matikanlah aku tampa terjerumus dalam cobaan itu, dan aku meminta kepada-Mu cinta dari-Mu, cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan cinta terhadap amalan yang mendekatkan kepada cinta-Mu". [Sunan Tirmidzi: Sahih]

·         Dari Ibnu Mas'ud dan Aisyah radhiyallahu 'anhuma; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sering berdoa ...
" اللهُمَّ أَحْسَنْتَ خَلْقِيْ، فَأَحْسِنْ خُلُقِيْ "
"Ya Allah .. Engkau telah memuliakan penciptaanku, maka muliakanlah akhlakku". [Musnad Ahmad: Sahih]

·         Abdullah bin Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: Diantara do'a-do'a Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ..
«اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ»
"Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kehilangan nikmat-Mu, perubahan keselamatan dari-Mu, hukuman-Mu yang datang tiba-tiba, dan dari semua murka-Mu". [Sahih Muslim]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...