بسم الله الرحمن الرحيم
Salah satu sebab munculnya beragam
amalan bid'ah dalam ibadah adalah mengamalkan hadits-hadits yang tidak ada
sumbernya dalam kitab-kitab hadits yang mencantumkan sanad (hadits palsu).
Dan sangat disayangkan karena masih banyak
sekali umat Islam dari kalangan awam bahkan yang menganggap dirinya ulama atau
penuntut ilmu syar'iy yang tidak bisa membedakan mana hadits sahih dan mana
yang lemah atau palsu, mana yang boleh diamalkan
dan mana yang tidak boleh.
Asalkan itu dikatakan “hadits
dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam”, mereka langsung
mengamalkannya mentah-mentah tanpa mau bertanya kepada ahlinya apakah ini benar
datangnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau hanya
sebatas kedustaan?!
Diantaranya adalah shalat sunnah
qadhaa' fawait (shalat sunnah untuk membayar shalat wajib yang telah
ditinggalkan).
Disebutkan:
Telah Bersabda Rasulullah SAW,
Barang siapa yang selama hidupnya pernah meninggalkan sholat fardu namun tidak
dapat menghitung jumlahnya , maka sholatlah qobliyah Ashar di hari Jum’at terakhir di Bulan Rhomadon sebanyak
4 rakaat dengan satu kali Tasyahud akhir lalu Salam, tiap- tiap rakaat membaca
surah Al-fatihah1 x, kemudian surah Al-Qodar (boleh juga ayat Kursi ) 1 x dan
surah Al – kautsar 15 x .
Inilah Niat sholatnya :
أُصَلِّي سُنَّةَ
اْلعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ كَفَارَةً لِمَا فَاتَنِيْ مِنَ الصَّلاَةِ للهِ تَعَالَى
“Aku niat shalat sunnah Ashar 4
rakaat sebagai kafaroh shalat yg telah terluput lillahi Taa Allaa.”
Setelah selesai Sholat meةbaca Istigfar 10 x :
أَسْتَغْفِرُ اللهَ
الْعِظِيْمِ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أتُبُوْا إِلَيْكَ
“ Aku mohon ampunan kepada Allah
SWT yang maha Agung , tidak ada Tuhan kecuali hanya Dia Zat yang maha
pemelihara lagi yang maha mengatur dan aku Bertaobat hanya kepada-NYA.”
Kemudian baca sholawat fatih 10 x
:
اللَّهُمَّ صَلِّ
عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِ الْفَاتِحِ لِمَا أَغْلِقَ ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ
، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ ، وَالْهَادِيْ إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَـقِيمِ ،
وَعَلَى آلهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ
“Ya Allah Limpahkanlah Sholawat
kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW , pembuka terhadap segala yang tertutup
, penutup segala yang terdahulu , penolong kebenaran dengan kebenaran, petunjuk
ke jalan MU yang lurus dan kepada keluargaNya pemilik kadarNya dan kadar yang
Agung.”
Kemudian membaca Doa kafaroh 3 x
:
اَللَّهُمَّ يَا
مَنْ لاَ تَنْفَعُكَ طَاعَتِيْ وَلاَ تَضُرُّكَ مَعْصِيَتِيْ تَقَبَّلْ مِنِّيْ مَا
لاَ تَنْفَعُكَ وَاغْفِرْ لِيْ مَاوَلاَ تَضُرُّكَ يَا مَنْ إِذَا وَعَدَ وَفَا وَ
إِذَا تَوَعِدُ تَجَاوَزَ وَعَفَا اِغْفِرْ لِيْ لِعَبْدٍ ظَلَمَ نَفْسَهُ وَأَسْأَلُكَ
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ
أَعُوْذُ بِكَ مِنْ بَطْرِ اْلغِنَى وَجَهْدِ اْلفَقْرِ إِلَهِيْ خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ
أَكُنْ شَيْئًاً وَرَزَقْتَنِيْ وَلَمْ اَكُنْشَيْئاً وَارْتَكَبْتُ اْلمَعَاصِيْ فَإِنِّيْ
مُقِرٌّ لَكَ بِذُنُوبِيْ فَإِنْ عَفَوْتَ عَنِّيْ فَلاَ يَنْقُصُ مِنْ مُلْكِكَ شَيْئاًوَإِنْ
عَذَبْتَنِيْ فَلاَ يَزِدُ فِيْ سُلْطَاِنكَ شيئاً اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَجِدُ مَنْ
تُعَذِّبُهُ غَيْرِي لَكِنِّيْ لاَ أَجِدُ مَنْ يَرْحَمْنِيْ سِوَاكَ فَاغْفِرْ لِيْ
مَا بَيْنِيْ وَبَيْنَكَ وَمَا بَيْنَ خَلْقِكَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ
الرَّاحِمِيْنَ وَيَا رَجَاءَ السّائِلِيْنَ وَيَا أَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ إِرْحَمْنِيْ
بِرَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةَ أَنْتَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَاَلمِيْنَ.اَللَّهُمَّ
اغْفِرْ للْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ وَتَابِعِ
بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِربّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَ أَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ
وصل الله على سيّدنا محمّد وعلى ألِهِ وصحبه وسلّم تسليمًا كثيرًا والحمد لله ربّ العالمين.أمين
Fadilahnya : Sayidina Abu Bakar
Ra. Berkata : saya telah mendengar Rasulullah SAW Bersabda : Sholat Itu sebagai
Kafaroh ( Pengganti ) shalat 400 tahun .Dan Menurut Syaidina Ali Ra. Shalat
tersebut sebagai kafaroh shalat 1000 tahun , maka bertanya para Sahabat Ra. :
“umur manusia itu hanya 60 atau 100 tahun , maka untuk siapakah kelebihannya?,”
Rasulullah SAW menjawab : “ untuk
kedua Orang tuannya , istrinya , anak anaknya , dan sanak Familynya serta orang
– orang dilingkungannya."
Dalam riwayat Syaidatina Fatimah
Az-zahrah Ra. tiap dua rakaat masing – masing satu tasyahud dan salam dan
membaca doa ini :
اللهم ياسابق الفوت
وياسامع الصوت ويا محيي العظام بعد الموت اللهم صلي على محمد وال محمد واجعل لي من
أمري فرجا ومخرجا مما انا فيه انك تقدر وأنا لا أقدر وانت تعلم وانا لا أعلم وأنت عليم
الغيوب يا واهب العطايا وياغافر الخطاياياسبوح ياقدوس يارب الملائكة والروح رب أغفر
وارحم وتجاوز عما تعلم انكانت الاعز والاجل الاكرم وانت العلي الاعظم ياساتر العيوب
ياذا الجلال والاكرامبرحمتك ياارحم الراحمين
Takhriij hadits:
Hadits ini disebutkan dalam satu buku yang berjudul “سور من القرن الكريم “, dengan lafadz yang mirip:
عن رسول الله - صلى
الله عليه وسلم - أنه قال: من فاته في عمره صلاة ولم يقضها فليقم آخر جمعة من شهر رمضان يصلي أربع ركعات ، يتشهد وأخذ يقرأ
في كل ركعة فاتحة الكتاب مرة ، وسورة القدر ، وسورة الكوثر خمسة عشر مرة ، ويقول في
النية: " نويت أن أصلي أربع ركعات كفارة لما فاتني من الصلاة ".
قال أبو بكر: سمعت
رسول الله يقول: هي كفارة أربعمئة سنة ، فقال علي: هي كفارة ألف، قالوا: يا رسول الله:
ابن آدم يعيش مائة سنة فلمن تكون الصلاة الزائدة؟ قال: تكون لأبويه وزوجته وأولاده
وأقاربه، فإذا فرغ من الصلاة صلى على النبي مائة مرة ثم يدعو بهذا الدعاء:
"
اللهم يا من لا تنفعك طاعتي ولا تضرك معصيتي تقبل ما لا ينفعك واغفر لي ما لا يضرك
يا من إذا وعد وفى وإذا توعد تجاوز وعفا اغفر لعبد ظلم نفسه وأساء اللهم إني أعوذ بك
من بطر الغنى وجهد الفقر إلهي خلقتني ولم أكن شيئاً ورزقتني ولم أكن شيئاً وارتكبت
المعاصي فإني مقر لك بذنوبي فإن عفوت عني فلا ينقص من ملكك شيء وإن عذبتني فلا يزيد
في سلطانك شيء إلهي أنت تجد من تعذبه غيري وأنا لا أجد من يرحمني غيرك اغفر لي ما بيني
واغفر ما بيني وبين خلقك يا ارحم الراحمين ويا رجاء السائلين ويا أمان الخائفين ارحمني
برحمتك الواسعة اللهم اغفر لي ولوالدي وللمسلمين " .
Disebutkan juga dengan lafadz yang lain:
"
من صلي ركعتين بعد صلاة المغرب يقرأ في كل ركعه الفاتحة مرة وآية الكرسي مرة والإخلاص
ثلاث مرات ، يقضى الله عنه صلاة أربعين سنة "
“Barangsiapa yang shalat dua raka’at setelah shalat magrib, ia
membaca pada setiap raka’at surah Al-Fatihah satu kali, ayat kursi satu kali,
dan Al-Ikhlash tiga kali, maka Allah akan menggantikan untuknya shalat empat
puluh tahun (yang ia lalaikan)”.
Lihat: فتاوى الشبكة
الإسلامية (11/ 12192) حكم صلاة بر الوالدين وصلاة قضاء الفوائت
Derajat hadits ini:
Syekh Muhammad Al-Khaliliy Al-Qaadiry (w.1147H)
rahimahullah menghukumi bahwa hadits ini bukan dari Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam alias palsu.
Lihat: Fataawaa Al-Khaliliy ‘alaa madzhab
asy-syafi’iy 1/49.
Hadits ini
dihukumi palsu karena beberapa sebab:
1.
Hadits ini tidak
didapati dalam buku-buku hadits yang masyhur, sekalipun ia banyak
ditemukan dalam buku-buku fiqhi karya ulama yang bukan ahli dalam bidang
hadits, mereka menyebutkannya tanpa sanad.
Imam Asy-Syaukaniy (w.1250H)
rahimahullah berkata:
حديث: "مَنْ
صَلَّى فِي آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَمَضَانَ الْخَمْسَ
الصَّلَوَاتِ الْمَفْرُوضَةَ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ قَضَتْ عَنْهُ مَا أَخَلَّ
بِهِ مِنْ صَلاةِ سُنَّتِهِ " . هَذَا: مَوْضُوعٌ لا إِشْكَالَ فِيهِ وَلَمْ
أَجِدْهُ فِي شَيْءٍ مِنَ الْكُتُبِ الَّتِي جَمَعَ مُصَنِّفُوهَا فِيهَا الأَحَادِيثَ
الْمَوْضُوعَةَ وَلَكِنَّهُ اشْتَهَرَ عِنْدَ جَمَاعَةٍ مِنَ الْمُتَفَقِّهَةِ بِمَدِينَةِ
صَنْعَاءَ فِي عَصْرِنَا هَذَا وَصَارَ كَثِيرٌ مِنْهُمْ يَفْعَلُونَ ذَلِكَ وَلا أَدْرِي
مَنْ وَضَعَهُ لَهُمْ . فَقَبَّحَ اللَّهُ الْكَذَّابِينَ. [الفوائد المجموعة رقم 115 ص54]
Hadits “barangsiapa yang
shalat pada Jum’at terakhir dari bulan Ramadhan lima
shalat wajib siang dan malam, maka telah di-qadha (diganti) untuknya semua
shalat sunnahnya yang ia telah lalaikan”; Hadits ini palsu, tanpa ada permasalahan dalam hal ini, dan aku
tidak mendapatkannya dalam satu buku pun yang mana penulisnnya mengumpulkan
hadits-hadits palsu di dalamnya, akan tetapi hadits ini masyhur di kalangan
ahli fiqhi di kota Shan’aa pada masa kami ini, dan telah banyak dari mereka yang
mengamalkan itu, dan aku tidak tahu siapa yang telah memalsukannya untuk mereka.
Semoga Allah menghinakan para pembohong (pemalsu hadits). [Fawaid Al-Majmu’ah fii
al-ahaadits al-maudhu’ah (kumpulan hadits palsu) no.115 hal.54]
Syekh ‘Athiyah Shaqr rahimahullah ditanya
tentang hadits ini, beliau menjawab:
لم أعثر على هذا
الحديث فى الكتب الصحيحة، وعلامة الوضع فيه ظاهرة، فالصلاة التى تفوت الإنسان لا يكفرها
إلا قضاؤها [فتاوى دار الإفتاء المصرية (9/ 144، بترقيم الشاملة آليا)]
“Aku tidak mendapatkan hadits ini
dalam buku-buku yang mengumpulkan hadits-hadits shahih, dan tanda-tanda
kepalsuan pada hadits ini sangat jelas, kerena shalat yang dilewatkan oleh
seseorang tidak bisa digantikan kecuali dengan mengqadhaa’nya (mendirikannya)”.
[Fataawaa daar al-iftaa’ al-mashriyah 9/144]
2. Menyalahi Ijmaa’ (kesepakatan) ulama.
Syekh Ali Al-Qaariy (ww.1014H)
rahimahullah berkata:
بَاطِلٌ قَطْعًا لِأَنَّهُ
مُنَاقِضٌ لِلْإِجْمَاعِ عَلَى أَنَّ شَيْئًا مِنَ الْعِبَادَاتِ لَا يَقُومُ مَقَامَ
فَائِتَةِ سَنَوَاتٍ ثُمَّ لَا عِبْرَةَ بِنَقْلِ صاحب " النِّهَايَةِ "
وَلَا بِبَقِيَّةَ شُرَّاحِ " الْهِدَايَةِ " فَإِنَّهُمْ لَيْسُوا مِنَ
الْمُحَدِّثِينَ وَلَا أَسْنَدُوا الْحَدِيثَ إِلَى أَحَدٍ مِنَ الْمُخَرِّجِينَ [الأسرار المرفوعة في الأخبار الموضوعة رقم 519]
Hadits ini bathil secara
pasti, karena bertentangan dengan ijma’ bahwa suatu ibadah tidak bisa
menggantikan shalat-shalat yang telah ia lewatkan selama bertahun-tahun,
kemudian tidak menjadi pertimbangan dengan penukilan (hadits ini) oleh penulis
kitab “An-Nihayah” dan tidak juga para pensyarah kitab “Al-Hidayah”,
karena mereka bukan dari ahli hadits dan mereka juga tidak menyebutkan sanad
kepada seorang pun dari para periwayat hadits. [Al-Asraar Al-Marfuu’ah fii
al-akhbaar al-maudhuu’ah no.519]
Al-‘Allaamah Ad-Dahlawiy
(w.1239H) rahimahullah dalam risalahnya “Al-‘Ujalah An-Nafi’ah”
ketika menyebutkan tanda-tanda hadits palsu yang kelima, beliau berkata:
أَن يكون مُخَالفا
لمقْتَضى الْعقل وَتكَذبه الْقَوَاعِد الشَّرْعِيَّة مثل الْقَضَاء الْعمريّ وَنَحْو
ذَلِكَ انْتهى
Adanya hadits tersebut
menyalahi nalar akal dan mendustakan (menyalahi) kaidah-kaidah syari’at,
seperti hadits “Al-Qadhaa’ Al-‘Umriy” (hadits qadhaa shalat yang terlewatkan
selama hidup) dan yang semisalnya.
Lihat: Al-Aatsaar Al-Marfuu’ah fii al-akhbaar al-marfuu’ah (kumpulan
hadits palsu) karya Al-Laknawiy hal. 85.
Syekh Muhammad Abu
Syuhbah (w.1403H) rahimahullah menyebutkan diantara tanda-tanda suatu hadits palsu adalah ketika
kandungan hadits tersebut menyalahi ijma’ ulama. Beliau berkata:
ومثال المخالف للإجماع
حديث: "من قضى صلوات من الفرائض في آخر جمعة من رمضان
كان ذلك جابرا لكل صلاة فاتته في عصره إلى سبعين سنة", فإن هذا وما
شاكله باطل كذب لمخالفته للإجماع على أن شيئا من العبادات لا يسقط فائتة سنة فضلا عن
سبعين سنة ولا تغتر بما يوجد من هذا وأمثاله في بعض كتب الفقه أو كتب الأوراد, وكن
منه على حذر شديد. [الوسيط في علوم ومصطلح الحديث (ص: 339)]
Contoh tanda hadits palsu
karena menyalahi ijma’, hadits: “Barangsiapa yang meng-qadhaa
shalat-shalat fardhu di hari Jum’at terakhir dari bulan
Ramadhan, maka itu telah menutupi semua shalat yang ia lewatkan di masa
hidupnya sampai 70 tahun”; Maka sesungguhnya hadits ini dan yang
semisalnya adalah hadits bathil dan suatu kebohongan, karena meyalahi ijma’
yang menyatakan bahwa suatu ibadah tidak bisa menggugurkan satu shalat sunnah
apa lagi sampai 70 tahun, dan jangan tertipu dengan adanya hadits ini dan
semisalnya dalam beberapa buku fiqhi atau buku-buku wirid, dan hendaklah engkau
dari masalah ini untuk sangat berhati-hati. [Al-Washiith fii ‘uluum wa
mushthalah al-hadiits hal.339]
3.
Menyalahi beberapa hadits yang shahih.
Diantaranya:
a.
Hadits yang menyebutkan
bahwa orang yang lupa mendirikan shalat fardhu atau ketiduran maka wajib
menggantinya ketika ia ingat atau terbangun.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
" مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا،
لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ {وَأَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِي} [طه: 14] " [صحيح البخاري ومسلم]
“Barangsiapa yang lupa
suatu shalat maka hendaklah ia mendirikannya ketika ia ingat, tidak ada
kaffarah (pengganti) untuknya kecuali itu” {Dan dirikanlah shalat untuk
mengingat-Ku} [Thaahaa:14] [Sahih Bukhari dan Muslim]
Dalam riwayt lain:
«مَنْ نَسِيَ صَلَاةً،
أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا» [صحيح مسلم]
“Barangsiapa yang lupa
suatu shalat, atau ketiduran darinya, maka penggantinya adalah mendirikannya
ketika ia mengingatnya”. [Sahih Muslim]
Abu Juhaifah radhiyallahu
‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika
bepergian jauh dan mereka ketiduran (dari shalat subuh) sampai matahari terbit,
beliau bersabda:
«إِنَّكُمْ
كُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَرَدَّ اللَّهُ إِلَيْكُمْ أَرْوَاحَكُمْ، فَمَنْ نَامَ عَنْ
صَلَاةٍ فَلْيُصَلِّهَا إِذَا اسْتَيْقَظَ، وَمَنْ نَسِيَ صَلَاةً فَلْيُصَلِّ إِذَا
ذَكَرَ» [مسند أبي يعلى الموصلي:
صحيح]
“Sesungguhnya kalian tadi
adalah orang mati, kemudian Allah mengembalikan kepada kalian ruh-ruh kalian,
maka barangsiapa yang ketiduran dari suatu shalat maka hendaklah ia
mendirikannya ketika ia bangun, dan barangsiapa yang lupa suatu shalat maka
hendaklah ia mendirikannya ketika ia ingat”. [Musnad Abi Ya’laa: Sahih]
b.
Menyalahi hadits yang
menyebutkan bahwa kekurangan yang ada pada shalat-shalat fardhu karena
dilalaikan akan ditutupi di hari kiamat nanti dengan amalan shalat sunnah
secara umum dan tidak dikhususkan dengan shalat tertentu.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"
إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ،
فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ،
فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: انْظُرُوا
هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ،
ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ " [سنن الترمذي: صحيح]
“Sesungguhnya yang pertama
diperiksa pada seorang hamba di hari kiamat dari amalannya adalah shalat-nya,
maka jika sempurna maka beruntunglah ia dan selamatlah ia, dan jika rusak maka
celakalah ia dan rugilah ia. Kemudian jika ada sesuatu yang kurang dari shalat
wajibnya, Allah ‘azza wa jalla berfirman: Periksalah, apakah hamba-Ku
memiliki shalat sunnah. Maka dengannya disempurnakan apa yang kurang dari
shalat wajibnya. Kemudian setelah itu amalan lain diperiksa seperti itu.”
[Sunan Tirmidziy: Sahih]
Syekh Al-Laknawiy (w.1304H) rahimahullah berkata:
وَقد ألفت لإِثْبَات
وضع هَذَا الحَدِيث الَّذِي يُوجد فِي كتب الأوراد والوظائف بِأَلْفَاظ مُخْتَلفَة
مختصرة ومطولة بالدلائل الْعَقْلِيَّة والنقلية رِسَالَة مُسَمَّاة بردع الأخوان عَن
محدثات آخر جُمُعَة رَمَضَان وأدرجت فِيهَا فَوَائِد تنشط بهَا الأذهان وتصغي إِلَيْهَا
الآذان فلتطالع فَإِنَّهَا نفيسة فِي بَابهَا رفيعة الشَّأْن.
Aku telah menyusun buku untuk menetapkan kepalsuan hadits ini yang ditemukan
dalam buku-buku wirid dan amalan rutin dengan lafadz yang beragam baik yang
singkat maupun yang panjang, dengan dalil-dalil akal dan naqli (al-qur’an,
hadits, dan pendapat ulama). Suatu risalah yang berjudul “Rad’u Al-Ikwaan ‘an
muhdatsaat aakhir Jum’ah Ramadhaan”, di dalamnya aku juga menyebutkan
fawaid-fawaid yang bisa menyemangati pikiran dan menarik pendengaran, maka
bacalah buku tersebut karena sesungguhnya ia sangat baik dalam permasalahan ini
dan sangat tinggi kedudukannya.
Lihat: Al-Aatsaar Al-Marfuu’ah fii al-akhbaar al-marfuu’ah (kumpulan
hadits palsu) karya Al-Laknawiy hal. 85.
Semoga Allah subhanahu wa ta'aalaa menjauhkan kita dari amalan
ibadah bid’ah, dan menyelamatkan kita dari kedustaan dengan mengamalkan hadits-hadits
palsu atau menyebarkannya. Amiin ...
Wallahu a’lam!
Alhamdulillah, sangat bermanfaat..
BalasHapusAlhamdulillahi lladzii bini'matihii tatimmu shalihaat ...
HapusSangat bermanfaat Syukron atas postingannya
BalasHapusBaarakallahu fiik, wa jazaakumullahu khaeran 😊
HapusTerus terang saya masih bingung
BalasHapusSemoga Allah Yg Maha Pemurah memberikan pemahaman dlm urusan agama.
HapusMu'awiyyah -radhiyallahu ' anhu- berkata; Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang Allah kehendaki menjadi baik maka Allah faqihkan dia terhadap agama. [Shahih Bukhari]
Aslinya hadits itu tersimpan ribuan tahun untuk kalangan tertentu(tijaniyah).stelah viral di internet baru di apes2kan.
BalasHapusHadits nabi tu jutaan.lbih banyak yg tak terbuku kan drpda yg terkitabkan.
Ibarat mobil,sholat jabrul fawait itu buat ban serep.klo sholat fardu bolong2 ya harus di qodoi/tambal.cm jaga2 jk lupa/gk sadar tlah batal ato gk sah ato jk yg bolong2 sholat nya bertobat udah masa tua yg lemah mk sholat jabrul fawait bs di praktek..tnpa menafikan hadits yg nyuruh org qodo' sholat
Ini adalah logika Yahudi, Nashrani, dan pemalsu hadits.
HapusKalau logika ini dipakai, maka tdk perlu ada ilmu musthalah hafits, dan semua org bebas mengarang dalam urusan ibadah.
Imam Ibnu Mubarak -rahimahullah- berkata:
إن الإسناد من الدين، ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء
Sesungguhnya sanad itu bagian dari agama, tanpa sanad maka siapa saja bisa berkata apa yg mau ia katakan (dlm urusan agama).
Wallahu a'lam!
Assalamualaikum wr wb...maaf saya kurng jels memahaminya ..saya mau tanya kesimpulanya ..soalnya saya sudah lama mnjalankan solat sunh fawaid trus di lanjut awabin apakah solat saya sia"?
BalasHapusWa'alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh!
HapusPemahaman adalah anugrah dari Allah 'azza wajalla, semoga Allah senantiasa memberikan pemahaman dalam agama bagi kita semua.
Kesimpulan tulisan ini bhw shalat qadha fawait tidak disyari'atkan dan jika dilakukan akan sia-sia krn tdk ada landasannya dalam agama.
Adapun shalat awwabiin, maka ia adalah shalat dhuhaa yang disunnahkan, dan dapat pahala jika dikerjakan.
Wallahu a'lam!
Thank you fery mouch
BalasHapusYou’re welcome
HapusSalam.apa hukumnya amaliah Ahir Blan safar.turuny bayak penyakit.sunah mandi.solat sunah 4-6rakaat.dgn bacaan surah pendek yg diulang.mohon penjelasan bg saya yg awam
BalasHapusWa'alaikum salam, tidak ada tuntunan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tetnagn amaliah akhir bulan shafar, dan tidak boleh menganggap bahwa bulan safat adalah bulan turunnya penyakit tanpa dalil.
HapusSilakan baca tulisan kami tenang bulan shafar di sini: https://umar-arrahimy.blogspot.com/2012/12/bulan-safar-tidak-membawa-sial.html