Sabtu, 04 Januari 2014

Hadits larangan membunuh kodok

بسم الله الرحمن الرحيم


Hadits tentang larangan membunuh hewan kodok diriwayatkan dari beberapa sahabat radhiyallahu ‘anhum, diantaranya:

1)    Hadits Abdurrahman bin Utsman radhiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Abu Dawud (275H) rahimahullah dalam kitabnya “As-Sunan” 4/7 no.3871, dan An-Nasa’iy (303H) rahimahullah dalam kitabnya “As-Sunan” 7/210 no.4355:

عَنِ ابْنِ أَبِي ذِئْبٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عُثْمَانَ: «أَنَّ طَبِيبًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ضِفْدَعٍ يَجْعَلُهَا فِي دَوَاءٍ، فَنَهَاهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِهَا»

Abdurrahman bin Utsman radhiyallahu 'anhu berkata: Seorang dokter bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang kodok yang dijadikan obat, maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuhnya.

Hadits ini di-sahih-kan oleh Imam Al-Hakim (405H), dan Adz-Dzahabiy (748H) rahimahumallah. [Al-Mustadrak 4/455]
Di-sahih-kan juga oleh syekh Albaniy rahimahullah dalam kitabnya “Sahih At-Targiib” 3/86 no.2991.

2)    Hadits ‘Aisyah radhiyallahu 'anha.

Diriwayatkan oleh Abdurrazaaq (211H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 4/446 no.8392:

عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «كَانَتِ الضُّفْدَعُ تُطْفِئُ النَّارَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ، وَكَانَ الْوَزَغُ يَنْفُخُ فِيهِ، فَنُهِيَ عَنْ قَتْلِ هَذَا، وَأُمِرَ بِقَتْلِ هَذَا»

Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Dulunya kodok memadamkan api dari nabi Ibrahim (ketika dibakar), sedangkan cicak menghidupkannya padanya, maka dilarang membunuh ini (kodok) dan diperintahkan membunuh ini (cicak)”.

Pentahqiq musnad Ahmad cetakan Muassasah Ar-Risalah 41/81 menghukumi hadits ini sanadnya sahih sesuai dengan syarat Imam Bukhari dan Muslim.

Akan tetapi ada yang mengklaim adanya kesalahan pada sanad Abdurrazaaq di atas, yang benar adalah sanad yang disebutkan oleh Imam As-Suyuthiy (911H) rahimahullah dalam kitabnya “Ad-Durrul Mantsuur” 10/305, beliau berkata:

وَأخرج عبد الرَّزَّاق فِي المُصَنّف: أخبرنَا معمر عَن قَتَادَة عَن بَعضهم عَن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ: كَانَت الضفدع تُطْفِئ النَّار عَن إِبْرَاهِيم وَكَانَت الوزغ تنفخ عَلَيْهِ وَنهى عَن قتل هَذَا وَأمر بقتل هَذَا .

Dalam sanad ini Ma’mar meriwayatkan dari Qatadah, dari beberapa orang yang tidak diketahui (majhuul), dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dengan demikian sanad ini lemah. Wallahu a’lam!


3)      Hadits Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu

Diriwayatkan oleh Abdurrazaaq dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 4/446 no.8393:

قَالَ: أَخْبَرَنَا أَبُو سَعِيدٍ الشَّامِيُّ، عَنْ أَبَانَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَمِّنُوا الضُّفْدَعَ؛ فَإِنَّ صَوْتَهُ الَّذِي تَسْمَعُونَ تَسْبِيحٌ، وَتَقْدِيسٌ، وَتَكْبِيرٌ، إِنَّ الْبَهَائِمَ اسْتَأْذَنَتْ رَبَّهَا فِي أَنْ تُطْفِئَ النَّارَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ، فَأَذِنَ لِلضَّفَادِعِ فَتَرَاكَبَتْ عَلَيْهِ، فَأَبْدَلَهَا اللَّهُ بِحَرِّ النَّارِ الْمَاءَ»

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Berilah keamanan bagi kodok (jangan dibunuh), kaena sesungguhnya suaranya yang kalian dengan adalah tasbih, takqdis, dan takbir. Sesungguhnya hewan-hewan meminta izin kepada Rabb-nya untuk memadamkan api dari nabi Ibrahim, maka diizinkanlah bagi kodok. Kemudian api menimpanya maka Allah menggantikan untuknya panas api dengan air”.

Sanad hadits ini sahih, Abu Sa’id Asy-Syaamiy Ibrahim bin Abi ‘Ablah[1] (152H), dan Abaan bin Shaalih[2] keduanya tsiqah (periwayatan haditsnya sahih).

Wallahu a’lam!

4)      Hadits Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

1.      Diriwayatkan oleh Ibnu Majah (273H) rahimahullah dalam kitabnya “As-Sunan” 2/1074 no.3223:

عن إِبْرَاهِيم بْن الْفَضْلِ، عَنْ سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: «نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الصُّرَدِ، وَالضِّفْدَعِ، وَالنَّمْلَةِ، وَالْهُدْهُدِ»

Abu Hurairah berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuh burung shurad, kodok, semut, dan burung hud-hud.

Hadits ini sangat lemah, dalam sanadnya ada rawy yang bernama Ibrahim bin Al-Fadhl Al-Makhzuumiy[3]; An-Nasa’iy, Ibnu Hajar Al-‘Asqalaniy (852H), dan yang lainnya berkata: Haditsnya ditolak (matruuk).
[Lihat: Talkhish Al-Habiir karya Ibnu Hajar 2/525]

2.      Diriwayatkan oleh Adh-Dhiyaa’ Al-Maqdisiy (643H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Muntaqaa min Masmuu’aat Marw” no. 170:

عن سليمان بن أرقم، عن الزهري، عن ابن المسيب، عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (لا تقتلوا الضفادع فإنها من أكثر من خلقه الله ذكراً) وأمر بقتل الوزغ في الحل والحرم .

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: Janganlah kalian membunuh kodok karena sesungguhnya ia diantara makhluk Allah yang paling banyak berzikir”. Dan Rasulullah memerintahkan untuk membunuh cicak di kawasan halal dan haram (sementara berpakaian ihram dan tidak).

Hadits ini sangat lemah karena dalam sanadnya ada rawy yang bernama Sulaiman bin Arqam[4]; Imam Bukhariy (256H), Abu Dawud, Abu Haatim (277H), At-Tirmidziy (279H), Ad-Daruquthniy (385H) rahimahumullah, dan yang lainnya menghukumi haditsnya ditolak (matruuk).

5)      Hadits Sahl bin Sa’ad As-Saa’idiy radhiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Al-Baehaqiy (458H) rahimahullah dalam kitabnya “As-Sunan Al-Kubraa” 9/533 no.19378:

عن عَبْد الْمُهَيْمِنِ بْن عَبَّاسِ بْنِ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيُّ، قَالَ: سَمِعْتُ أَبِي يَذْكُرُ عَنْ جَدِّي، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ نَهَى عَنْ قَتْلِ الْخَمْسَةِ: عَنِ النَّمْلَةِ، وَالنَّحْلَةِ، والضِّفْدَعِ، وَالصُّرَدِ، وَالْهُدْهُدِ.

Sahl bin Sa’ad berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuh lima hewan: Semut, lebah, kodok, burung shurad dan hud-hud.

Hadits ini lemah sangat, karena dalam sanadnya ada rawy yang bernama Abdul Muhaimin bin ‘Abbas bin Sahl bin Sa’ad As-Saa’idiy[5]. Imam Al-Baehaqiy berkata: Abdul Muhaimin bin ‘Abbas sendiri meriwayatkan hadits ini, dan ia seorang yang lemah periwayatannya (dha’iif).
Imam Bukhariy mengatakan: Haditsnya mungkar. Dan An-Nasa’iy mengatakan: Haditsnya ditolak (matruuk).

6)    Hadits Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma.

Diriwayatkan oleh Qaadhiy Al-Maaristaan (535H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Masyaikhah” 3/1049 no. 462:

قال: أخبرنا أبو الحسن بن الباقرحي الصيرفي قال أخبرنا أبو الحسين بن المتيم قال حدثنا يوسف بن يعقوب قال حدثنا أحمد بن الفرج قال حدثنا العباس بن الوليد قال حدثنا عبيد الله بن عمر عن نافع عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن قتل الضفادع وقال: " إن نقيقها تسبيح ".

Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuh kodok, dan beliau bersabda: “Sesungguhnya bunyi kodok itu tasbih”.

Hadits ini lemah karena dalam sanadnya ada rawiy yang bernama Ahmad bin Al-Faraj bin Sulaiman Al-Hijaaziy[6] (271H); Muhammad bin ‘Auf bin Sufyan Ath-Thaaiy (272H) rahimahullah mengklaimnya sebagai pembohong. Abu Al-Hasan Ahmad bin Umair bin Jaushaa (320H) rahimahullah melemahkan periwayatan haditsnya. Ibnu ‘Adiy (365H) rahimahullah berkata: Haditsnya tidak bisa dijadikan hujjah (لَيْسَ مِمَّنْ يُحْتَجُّ بِحَدِيثِهِ، أَوْ يُتَدَيَّنُ بِهِ) .

7)    Hadits Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu 'anhuma, diriwayatkan secara marfuu' dan mauquuf:

A.      Secara marfuu’ dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam:

1.      Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy (360H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Mu’jam Ash-Shagiir” 1/315 no. 521, dan “Al-Mu’jam Al-Ausath” 4/104 no. 3716, begitupula Abu Asy-Syaikh (369H) rahimahullah  dalam kitabnya “Al-‘Adzamah” 5/1744 no. 1226:

عن الْمُسَيَّب بْن وَاضِحٍ، حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ، عَنْ شُعْبَةَ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الضِّفْدَعِ وَقَالَ: «نَقِيقُهَا تَسْبِيحٌ» .

Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu 'anhuma berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam melarang membunuh kodok, dan beliau bersabda: “Bunyi kodok itu tasbih.

Sanadnya lemah karena dalam sanadnya ada rawy yang bernama Al-Musayyab bin Waadhih[7]. Periwayatan haditsnya dilemahkan oleh An-Nasa’iy, dan Ad-Daruquthniy.
Abu Haatim berkata: Ia shaduuq, tapi banyak melakukan kesalahan dalam periwayatan.

Adz-Dzahabiy mengatakan: Yang benar adalah hadits ini mauquuf dari perkataan Abdullah bin ‘Amr. [Mizaan Al-I’tidaal 4/117]

2.      Diriwayatkan oleh Abu Asy-Syaikh dalam kitabnya “Al-‘Adzamah” 5/1745 no. 1227:

قال: حَدَّثَنَا الْهَرَوِيُّ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ عَبْدِ الصَّمَدِ، حَدَّثَنَا أَبِي، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، عَنْ قَتَادَةَ، مِثْلَهُ .

Sanad hadits ini hasan, Abdul Waarits bin Abdushshamad Abu Ubaidah Al-Bashriy[8] (252H) dan Abdushshamad bin Abdul Waarits Abu Sahl Al-Bashriy[9] (207H); keduanya shaduuq (periwayatan haditsnya hasan) menurut Al-Hafidz Ibnu Hajar.
Sedangkan Hammad bin Salamah[10] (167H), tsiqah tapi hafalannya berubah di akhir masa kehidupannya.

Wallahu a’lam!

B.      Secara mauquuf dari perkataan Abdullah bin ‘Amr:

1.      Diriwayatkan oleh Abdurrazaaq dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 4/452 no. 8418:

عَنِ ابْنِ التَّيْمِيِّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ قَالَ: سَمِعْتُ زُرَارَةً، يُحَدِّثُ عَنِ ابْنِ أَبِي نُعْمٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: «لَا تَقْتُلُوا الضُّفْدَعَ؛ فَإِنَّ صَوْتَهَا الَّذِي تَسْمَعُونَ تَسْبِيحٌ، وَتَقْدِيسٌ»

Dan Ibnu Abi Syaibah (235H) rahimahullah dalam kitabnya “Al-Mushannaf” 5/62 no. 23710 dari Syu’bah:
عن شعبة عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ أَبِي الْحَكَمِ الْبَجَلِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو، قَالَ: «لَا تَقْتُلُوا الضَّفَادِعَ، فَإِنَّ نَقِيقَهَا الَّذِي تَسْمَعُونَ تَسْبِيحٌ»

Abdullah bin ‘Amr berkata: Janganlah kalian membunuh kodok karena sesungguhnya suaranya yang kalian dengar adalah tasbih.

2.      Diriwayatkan juga oleh Al-Baihaqiy dalam kitabnya “As-Sunan Al-Kubraa” 9/534 no.19382:

عن هِشَام الدَّسْتُوَائِيُّ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ زُرَارَةَ بْنِ أَوْفَى، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: لَا تَقْتُلُوا الضَّفَادِعَ فَإِنَّ نَقِيقَهَا تَسْبِيحٌ , وَلَا تَقْتُلُوا الْخُفَّاشَ فَإِنَّهُ لَمَّا خَرِبَ بَيْتُ الْمَقْدِسِ قَالَ: يَا رَبِّ سَلِّطْنِي عَلَى الْبَحْرِ حَتَّى أُغْرِقَهُمْ.

Abdullah bin ‘Amr berkata: Janganlah kalian membunuh kodok karena sesungguhnya suaranya adalah tasbih, dan janganlah kalian membunuh kelewar karena sesungguhnya ketika Baitul Maqdis hancur ia berdo’a: “Wahai Tuhanku, berilah aku kekuasaan terhadap lautan aga aku bisa menenggelamkan mereka!”.

Imam Al-Baehaqiy berkata: Sanadnya sahih.

Ibnu Hajar berkata: Sekalipun sanadnya sahih, akan tetapi Abdullah bin ‘Amr banyak mengambil kisah-kisah Israiliyat. [Talkhish Al-Habiir 4/283]

Lihat: Silsilah hadits dha’if karya syekh Albaniy 10/330 no.4788.

Wallahu a’lam!





[1] Lihat biografi " Abu Sa’id Asy-Syaamiy " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 2/140, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.92.
[2] Lihat biografi " Abaan bin Shaalih " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 2/9, Taqriib At-Tahdziib hal.87.
[3] Lihat biografi “Ibrahim bin Al-Fadhl” dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'i hal.146 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/60, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/104, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 1/374, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/46, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/52, Taqriib At-Tahdziib hal.92.
[4] Lihat biografi “Sulaiman bin Arqam” dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir karya Al-Bukhariy hal.54 , Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'i hal.185 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 2/121, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 4/100, Al-Majruhiin 1/328, Al-Kaamil 4/228, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/16, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 11/351, Miizaan Al-I'tidaal 2/196, Taqriib At-Tahdziib hal.249.
[5] Lihat biografi " Abdul Muhaimin bin ‘Abbas " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir hal.83, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'i hal.210 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 3/114, Al-Majruhiin 2/148, Al-Kaamil 7/46, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/154, Miizaan Al-I'tidaal 2/671, Taqriib At-Tahdziib hal.366.
[6] Lihat biografi " Ahmad bin Al-Faraj " dalam kitab: Al-Jarh wa At-Ta'diil 2/67, Ats-Tsiqaat karya Ibnu Hibban 8/45, Al-Kaamil 1/313, Taariikh Bagdaad karya Al-Khathiib 5/558, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/83, Siyar A’laam karya Adz-Dzahabiy 12/584, Tahdziib At-Tahdziib 1/67.
[7] Lihat biografi Al-Musayyab bin Waadhih dalam kitab: Tasmiyatu Masyaayikh An-Nasa'i hal.72 , Al-Jarh wa At-Ta'diil 8/294, Al-Kaamil 8/123, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 3/121, Miizaan Al-I'tidaal 4/116, Lisaan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 8/69.
[8] Lihat biografi " Abdul Waarits bin Abdushshamad " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 18/484, Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy 1/673, Taqriib At-Tahdziib hal.367.
[9] Lihat biografi " Abdushshamad bin Abdul Waarits " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 18/99, Al-Kaasyif 1/653, Taqriib At-Tahdziib hal.356.
[10] Lihat biografi " Hammad bin Salamah " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 7/253, Al-Kaasyif  1/349, Taqriib At-Tahdziib hal.178.

9 komentar:

  1. As.wr.wb, saya mahasiswa biologi di universitas islam ternama di indonesia, ada kalanya kami menggunakan kodok sebagai spesimen untuk praktikum, dan kodok-kodok tersebut tak pernah keluar hidup-hidup dari lab kami, apakah ada pengecualiaan untuk ini? apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
  2. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh!
    Fatwa ulama membolehkan membunuh kodok jika ada manfaatnya seperti penelitian biologi dll, tp kalau ada penggantinya sebaiknya ditinggalkan.
    wallahu a'lam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Obat juga merupakan manfaat, tetapi Rasulullah melarang untuk membunuh katak. Bagaimana sebaiknya? salam

      Hapus
    2. Hukum berobat dgn kodok secara jelas dilarang oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam.
      Jumhur ulama berpendapat bhw pelarangan membunuh kodok menunjukkan kalau ia haram dimakan, adapun jika ada manfaat lain selain itu, atau ia mengganggu atau menyakiti maka boleh dibunuh.
      Wallahu a'lam!

      Hapus
  3. Assalamualaikum apakah yg sebenarnya dimaksud dlm hadits tersebut kodok atau katak ?
    Katak (bahasa Inggris: frog) adalah binatang amfibi pemakan serangga yang hidup di air tawar atau di daratan, berkulit licin, berwarna hijau atau merah kecokelat-cokelatan, kaki belakang lebih panjang, pandai melompat dan berenang; sedangkan kodok, nama lain dari bangkong (bahasa Inggris: toad), memiliki kulit yang kasar dan berbintil-bintil atau berbingkul-bingkul, kerap kali kering, dan kaki belakangnya sering pendek saja, sehingga kebanyakan bangsa kodok kurang pandai melompat jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakaatuh!
      Yg dimaksud adalah semua jenis kodok maupun katak, krn sy tdk menemukan adanya dalil pengecualian jenis tertentu.
      Wallahu a'lam!

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum waraokmatulullah wa barakatuh
    katak yang dimanfaatkan untuk memancing ikan gabus, apa boleh ?
    biasa yang dilakukan adalah katak ini dibunuh dulu baru dikaitkan ke mata kail mohon pencerahannya...( manyoritas pemancing di kalimantan memanfaatkan katak ini sebagai umpan utama untuk ikan gabus ) trima kasih banyak.

    BalasHapus
  5. Assalammualaikum. Tapi saya baca diatas ko lemah semua hadistnya. Jadi bener ga sih ke istimewaan kodok ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam!
      Yg pertama dan ketigq shahih.

      Hapus

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...