بسم الله الرحمن الرحيم
Hadits Ummi Salamah radhiyallahu ‘anha yang
menyebutkan do’a yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
setelah salam dari shalat subuh, diriwayatkan melalui beberapa jalur:
1)
Jalur Syu’bah bin Al-Hajjaaj (w.160H):
Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam kitabnya “Al-Mushannaf”
6/33 no.29265, Abu Daud Ath-Thayalisiy dalam musnad-nya 3/179 no.1710, Ishaq
bin Rahawaiy dalam musnad-nya 4/137 no.1909, Imam Ahmad dalam
musnad-nya 44/221 no.26602, 44/297 no.26701, 44/318 no.26731, dan Ibnu Majah
dalam sunan-nya 1/298 no.925:
عن شُعْبَة، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: إِذَا صَلَّى الصُّبْحَ حِينَ يُسَلِّمُ
«اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»
Dari
Syu’bah, dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari maula Ummi
Salamah, dari Ummi Salamah; Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam membaca ketika shalat subuh setelah salam: “Ya Allah,
sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezki yang baik, dan
amal yang diterima”.
Diriwayatkan
juga oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.671,
dengan lafadz:
«اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا،
وَعَمَلًا صَالِحًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»
“Ya
Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, amal yang saleh, dan rezki yang baik”
Al-Bushiriy
rahimahullah berkata:
هَذَا إِسْنَاد رِجَاله ثِقَات خلا مولى أم سَلمَة فَإِنَّهُ لم يسم وَلم أر
أحدا مِمَّن صنف فِي المبهمات ذكره وَلَا أَدْرِي مَا حَاله
“Sanad
ini, semua perawinya tsiqah, kecuali maula Ummi Salamah[1];
Ia tidak disebutkan namanya, dan aku tidak mendapatkan seorangpun yang menyusun
buku biografi perawi yang mubham (tidak disebutkan namanya) yang telah
menyebutnya. Dan aku tidak mengetahui bagaimana kedudukan periwayatannya”.
[Mishbaah Az-Zujajah 1/114]
Ibnu
Maakuula rahimahullah dalam kitabnya “Al-Ikmaal” menyebutkan nama: Sunainah (سُنَيْنَة) maula Ummi Salamah, meriwayatkan dari Ummi Salamah, dan
meriwayatkan darinya Musa bin Abi ‘Aisyah. [4/265]
Syekh
Syu’aib Al-Arnauth melemahkan hadits ini dalam tahkik musnad Ahmad. Sedangkan
syekh Albaniy men-shahih-kannya dalam “Shahih Sunan Ibnu Majah”.
2) Jalur Umar bin Sa’id bin Masruuq Ats-Tsauriy:
Diriwayatkan
oleh Al-Humaidiy dalam musnad-nya 1/309 no.301, dan Ibnu Abdil Barr
dalam kitabnya “Jami’ Bayaan Al-‘Ilmi” 1/626 no.1077:
عن سُفْيَان قَالَ: ثنا عَمْرُو بْنُ سَعِيدٍ الثَّوْرِيُّ، عَنْ مُوسَى
بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلَى لِأُمِّ سَلَمَةَ،
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ
يَقُولُ بَعْدَ الصُّبْحِ «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا
طَيِّبًا، وَعَمَلًا مَقْبُوَلًا»
3) Jalur Abi ‘Awanah (w.175H):
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.672:
قال: حَدَّثَنَا أَبُو مُسْلِمٍ الْكَشِّيُّ، ثنا أَبُو عُمَرَ الضَّرِيرُ،
ح وَحَدَّثَنَا مُعَاذُ بْنُ الْمُثَنَّى، ثنا مُسَدَّدٌ، ح وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ عَلِيٍّ الصَّائِغُ، وَبَكْرُ بْنُ سَهْلٍ، قَالَا: ثنا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ،
قَالُوا: ثنا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي
دُبُرِ صَلَاةِ الْغَدَاةِ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا
طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»
4) Jalur Mis’ar bin Kidaam (w.153H):
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Al-Kabiir” 23/305
no.688:
قال: حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ، ثنا أَبُو مَعْمَرٍ،
ثنا أَبُو أُسَامَةَ، ثنا مِسْعَرٌ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ
مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنِ
النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ.
5) Jalur Raqabah bin Mashqalah (w.129H):
Diriwayatkan
oleh Abu Ya’laa Al-Farraa’ dalam kitabnya “Sittah Majalis” no.78:
قال: أَخْبَرَنَا أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ
بْنِ حبابة قال: حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ نَيْرُوزَ قال: حدثنا مُحَمَّدُ
بْنُ يَحْيَى بْنِ كَثِيرٍ قال: حدثنا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى بْنِ أَعْيَنَ الحراني
حدثنا إِبْرَاهِيمُ يَعْنِي ابْنَ يَزِيدَ بْنِ مِرْدَانبه عَنْ رَقَبَةَ، عَنْ
مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ عَنْ مَوْلًى لأُمِّ سَلَمَةَ
عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى الْغَدَاةَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا
وَرِزْقًا وَاسِعًا وَعَمَلا مُتَقَبَّلا.
6) Jalur Sufyan Ats-Tsauriy (w.161H):
Diriwayatkan
dalam beberapa versi:
Versi
pertama: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah.
Yang
meriwayatkan versi ini ada beberapa orang sangat tsiqah:
Diriwayatkan
oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya 44/140 no.26521:
قال: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي
عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ
سَلَمَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: فِي دُبُرِ
الْفَجْرِ: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا،
وَرِزْقًا طَيِّبًا»
Diriwayatkan
oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya 44/296 no.26700:
قال: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، حَدَّثَنَا سُفْيَانُ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ،
عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى
لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، قَالَ عَبْدُ الرَّحْمَنِ، فِي حَدِيثِهِ:
عَمَّنْ، سَمِعَ أُمَّ سَلَمَةَ، تُحَدِّثُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ الْفَجْرِ إِذَا صَلَّى: «اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ
عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.669:
قال: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ، ثنا أَبُو نُعَيْمٍ،
ثنا سُفْيَانُ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ مَوْلًى
لِأُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَدْعُو فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ:
«اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَعَمَلًا صَالِحًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا»
Versi
kedua: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari seorang laki-laki, dari Ummi Salamah.
Diriwayatkan
oleh Abdurrazaaq Ash-Shan’aniy dalam kitabnya “Al-Mushannaf”
2/234 no.3191:
عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ رَجُلٍ، سَمِعَ أُمَّ سَلَمَةَ، تَقُولُ: " كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ فِي دُبُرِ صَلَاةٍ: اللَّهُمَّ
إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا، وَعِلْمًا نَافِعًا
"
Versi
ketiga: Dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari Abdillah bin Syaddaad, dari Ummi Salamah.
Diriwayatkan
oleh Ad-Daraquthniy dalam kitabnya “Al-‘Ilal” 15/220:
قال: حدثنا الحسين بن إسماعيل المحاملي، قال: حدثنا أحمد بن إدريس المخرمي، قال: حدثنا شاذان، قال: حدثنا
سفيان الثوري، عن موسى بن أبي عائشة، عن عبد الله بن شداد،
عن أم سلمة، قالت: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إذا صلى
الفجر لم يقم من مجلسه حتى يقول: " اللهم إني أسألك علما نافعا، وعملا متقبلا، ورزقا
طيبا " ، يكررها ثلاث مرات
Ahmad
bin Idriis, Abu Ja’far Al-Makhramiy; Biografinya
disebutkan oleh Al-Khathiib dalam kitabnya “Taariikh Bagdad” tanpa
menyebutkan pujian maupun celaan, kecuali riwayat di atas dan mengatakan: “Orang
lain meriwayatkannya dari Sufyan, dari Musa, dari maula
Ummi Salamah, dari Ummi Salamah”. [5/64]
Al-Hafidz
Ibnu Hajar Al-‘Asqalaniy menghukumi riwayat versi ini syadz (menyalahi
riwayat yang lebih kuat yaitu versi pertama). [“Nataaij Al-Afkaar” 2/331]
Versi
keempat: Dari Manshuur, dari Asy-Sya’biy,
dari Ummi Salamah.
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Ash-Shagiir” 2/36
no.735:
قال: حَدَّثَنَا عَامِرُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ عَامِرٍ الْأَصْبَهَانِيُّ،
حَدَّثَنَا أَبِي، عَنْ جَدِّي عَامِرِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ , عَنِ النُّعْمَانِ بْنِ
عَبْدِ السَّلَامِ، عَنْ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، عَنْ مَنْصُورٍ، عَنِ الشَّعْبِيِّ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بَعْدَ صَلَاةِ الْفَجْرِ: «اللَّهُمَّ
, إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا , وَعِلْمًا نَافِعًا , وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا»
Al-Haitsamiy
rahimahullah mengatakan: Semua perawinya tsiqah. [Majma’
Az-Zawaid 10/111 no.16976]
An-Nu’maan
bin Abdissalam At-Taimiy, Abu Al-Mundzir Al-Ashbahaniy (w.183H)[5]; Seorang
yang tsiqah, mendalami fiqhi dari Sufyan Ats-Tsauriy.
Riwayat
versi ini dianggap syadz oleh sebagian ulama, karena menyalahi riwayat yang
lebih kuat (versi pertama).
Dan
periwayatan Asy-Sya’biy dari Ummi Salamah diperselisikan; Ibnu Al-Madiniy
mengatakan bahwa ia tidak pernah mendengar hadits dari Ummi Salamah. [Tahdziib
At-Tahdziib karya Ibnu Hajar 5/68]
Syekh
Albaniy rahimahullah menghukumi sanad ini “jayyid”
(baik). [Tamam Al-Minnah hal.233]
Versi
kelima: Dari Manshuur, dari Musa bin Abi ‘Aisyah, dari
Safinah maula Ummi Salamah, dari Ummi Salamah.
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Al-Mu’jam Al-Kabiir” 23/305
no.689:
قال: حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْفَرَجِ، ثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَمْرٍو، ثنا سُفْيَانُ، عَنْ مَنْصُورٍ،
عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ سَفِينَةَ مَوْلًى
لِأُمِّ سَلَمَةَ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ نَحْوَهُ
Riwayat
versi ini mungkar
(sangat lemah) karena Isma’il bin ‘Amr
Al-Bajaliy (w.227H)[6];
Periwayatan haditsnya lemah, dan menyalahi riwayat yang lebih kuat (versi
pertama).
Derajat hadits:
Al-Hafidz
Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
رجال هذه الأسانيد رجال الصحيح إلا المبهم ، فإنه لم يسم ، ولأم سلمة موال وثقوا ، ... .
"Perawiy
sanad-sanad ini adalah perawiy yang haditsnya shahih, kecuali yang mubham
(maula Ummi Salamah) karena ia tidak disebutkan namanya. Dan Ummi Salamah punya
beberapa “maula” (budak yang telah ia merdekakan) yang dihukumi tsiqah", ... .
وقد وجدت للحديث شاهدا من أجله قلت إنه حسن .
"Dan aku telah
mendapatkan syahid (pendukung) bagi hadits ini yang oleh karenanya aku
menghukumi bahwa hadits ini hasan."
Lihat: “Nataaij
Al-Afkaar” karya Ibnu Hajar 2/331.
Syahid
yang dimaksud oleh Ibnu Hajar adalah:
Hadits
Abi Ad-Dardaa’;
Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’” no.670:
قال: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ، ثنا أَبُو كُرَيْبٍ،
ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ نُمَيْرٍ، قَالَا: ثنا مَالِكُ بْنُ
مِغْوَلٍ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ أَبِي عُمَرَ، عَنْ
أَبِي الدَّرْدَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ مِثْلَهُ
Al-Hafidz
Ibnu Hajar berkata:
رجال هذا الإسناد أيضا رجال الصحيح إلا أبا عمر ، فإنه لا يعرف اسمه ولا حاله
، وقيل: اسمه نشيط الصيني ، وقد روى عنه جماعة ، فهو مستور .
Perawi
sanad ini juga perawi yang haditsnya shahih, kecuali Abu
Umar[7],
karena sesungguhnya ia tidak diketahui namanya dan kondisinya. Ada yang
mengatakan: Namanya adalah Nasyiith Ash-Shiniy. Dan telah meriwayatkan darinya
beberapa orang, maka derajatnya adalah “mastuur” (tidak diketahui
kondisinya). [Nataaij Al-Afkaar 2/332]
Dan dalam
“At-Taqriib” beliau berkata: Ia “maqbuul” (periwayatannya
diterima jika ada yang mendukung), dan periwayatannya dari Abi Ad-Dardaa’ mursal
(terputus).
Wallahu a’lam!
Lihat
juga: Dzikir dan do'a setelah shalat - Keutamaan berdo'a - Doa-doa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
[1] Lihat “Taqriib At-Tahdziib” karya Ibnu Hajar hal.737.
[2] Lihat biografi “Wakii’”
dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 30/462, Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy
2/350, Taqriib At-Tahdziib hal.581.
[3] Lihat biografi “Abdurrahman
bin Mahdiy” dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 17/430,
Al-Kaasyif 1/645, Taqriib At-Tahdziib hal.351.
[4] Lihat biografi “Abu
Nu’aim” dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 23/197,
Al-Kaasyif 2/122, Taqriib At-Tahdziib hal.446.
[5] Lihat biografi " An-Nu’maan bin Abdissalam " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 29/451, Al-Kaasyif 2/323, Taqriib At-Tahdziib hal.564.
[6] Lihat biografi " Isma’il
bin ‘Amr Al-Bajaliy " dalam kitab:
Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/86, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu
Abi Hatim 2/190, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 1/523, Adh-Dhu'afaa' karya
Ad-Daruquthniy 1/256, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/118, Miizaan
Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/239, Lisaan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 2/155.
[7] Lihat biografi " Abu Umar Ash-Shiniy "
dalam kitab: Al-Kunaa karya Al-Bukhariy hal.55, Al-Jarh wa At-Ta'diil 9/407, Tahdziib Al-Kamaal 34/110, Jami’
At-Tahshiil karya Al-‘Alaiy hal.314, Taqriib
At-Tahdziib hal.660.
Tulisan ini sangat bermanfaat bagi penuntut dan pecinta Ilmu Hadits. Kita lebih dahulu tahu sebelum buka kitab-kitab Hadits. Tapi..., wajib dicek kembali di kitab-kitab rujukannya. Syukran katsiran.
BalasHapus