بسم الله
الرحمن الرحيم
Hadits Abu Ad-Dardaa’ radhiyallahu 'anhu
yang menyebutkan dzikir:
“ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ
رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ
“
"Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung"
diriwayatkan secara marfuu’, mauquuf, dan mursal melalui jalur Mudrik bin
Abi Sa’ad Al-Fazaariy, dari Yunus bin Maisarah bin Halbas.
A.
Riwayat
marfuu’
Diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunniy dalam kitabnya “Amal Al-Yaum
wa Al-Lailah” no.71:
قال: حَدَّثَنِي
أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْجَرْمِيُّ، حَدَّثَنَا أَحْمَدُ
بْنُ عَبْدِ الرَّزَّاقِ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنِي جَدِّي عَبْدُ الرَّزَّاقِ
بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ أَبُو سَعْدٍ، قَالَ:
سَمِعْتُ يُونُسَ بْنَ حَلْبَسٍ، يَقُولُ: سَمِعْتُ أُمَّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي
الدَّرْدَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
قَالَ: " مَنْ قَالَ فِي كُلِّ يَوْمٍ حِينَ يُصْبِحُ وَحِينَ يُمْسِي: حَسْبِيَ
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ، وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ،
سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ هَمَّهُ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
"
Ibnu As-Sunniy berkata: Telah menceritakan kepadaku, Ahmad bin Sulaiman
Al-Jarmiy; Telah menceritakan kepada kami, Ahmad
bin Abdurrazzaaq Ad-Dimasyqiy; Telah menceritakan kepadaku kakekku yaitu
Abdurrazaaq bin Muslim Ad-Dimasyqiy; Telah menceritakan kepada kami Mudrik bin
Sa’ad Abu Sa’ad; Ia berkata: Aku mendengar Yunus bin Halbas berkata: Au
mendengar Ummu Ad-Dardaa’; dari Abu Ad-Dardaa’ radhiyallahu 'anhu; dari
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Barangsiapa
yang membaca setiap hari ketika pagi dan sore: "Cukuplah Allah bagiku;
tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah
Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung"; Maka Allah akan mencukupi keperluannya
dari urusan dunia dan akhirat”.
Diriwayatkan juga oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya “Taariikh
Dimasyq” 36/193:
عن أبي
محمد عبد الرزاق نا أحمد بن عبد الله بن عبد الرزاق المقرئ
نا جدي عبد الرزاق بن عمر نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة عن أم الدرداء
عن أبي الدرداء عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " من قال كل يوم حين يصبح وحين
يمسي لا إله إلا الله عليه توكلت وهو رب العرش العظيم كفاه الله ما أهمه من أمر الدنيا
وأمر الآخرة صادقا كان بها أو كاذبا "
Dari Abu Muhammad Abdurrazzaaq; Telah menceritakan kepada kami, Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaaq Al-Muqri’; …
(selanjutnya dengan sanad yang sama).
Hanya saja dalam matannya ada tanbahan lafadz “ صادقا كان بها أو كاذبا “ (ia jujur dengan keperluannya tersebut
atau pun bohong).
Sanad ini sangat lemah karena syadz,
menyalahi riwayat yang lebih kuat.
Ahmad bin Abdillah bi Abdurrazzaaq bin Umar bin Muslim, Abu Al-Hasan Ad-Dimasyqiy
Al-Muqri’; Ibnu ‘Asakir
berkata: Ia seorang syekh yang shalih dan tsiqah. [Taariikh Dimasyq 71/234]
Akan tetapi riwayatnya ini menyalahi riwayat lain yang lebih kuat yang
menyebutkannya secara mauquuf dari perkataan Abu Ad-Dardaa’ radhiyallahu
'anhu, sebagaimana berikut ini:
B.
Riwayat
mauquuf
Diriwayatkan melalui tiga jalur:
Diriwayatkan oleh Abu Daud dalam kitabnya “As-Sunan” 4/321
no.5081:
قال: حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدِّمَشْقِيُّ،
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ بْنُ مُسْلِمٍ الدِّمَشْقِيُّ، وَكَانَ مِنْ ثِقَاتِ
الْمُسْلِمِينَ مِنَ الْمُتَعَبِّدِينَ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُدْرِكُ بْنُ سَعْدٍ، - قَالَ يَزِيدُ: شَيْخٌ ثِقَةٌ - عَنْ يُونُسَ
بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: «مَنْ قَالَ إِذَا أَصْبَحَ وَإِذَا أَمْسَى، حَسْبِيَ
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ، عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ،
سَبْعَ مَرَّاتٍ، كَفَاهُ اللَّهُ مَا أَهَمَّهُ صَادِقًا
كَانَ بِهَا أَوْ كَاذِبًا»
Abu Daud berkata: Telah menceritakan kepada kami, Yaziid bin Muhammad
Ad-Dimasyqiy; Telah menceritakan kepada kami, Abdurrazzaaq bin Muslim
Ad-Dimasyqiy dan ia adalah diantara umat Islam yang tsiqah dan ahli ibadah; Ia
berakata: Telah menceritakan kepada kami, Mudrik bin Sa’ad – Yaziid berkata: Ia
seroang syekh yang tsiqah -; dari Yunus bin Maisarah bin Halbas, dari Ummi
Ad-Dardaa’, dari Abi Ad-Dardaa’ radhiyallahu 'anhu, ia berkata: “Barangsiapa
yang membaca ketika pagi dan sore: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan
selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki
'Arsy yang agung"; Tujuh kali, maka Allah akan mencukupi apa yang
menjadi keperluannya baik ia jujur dengan keperluannya
tersebut atau pun bohong”.
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya “Taariikh
Dimasyq” 36/149:
عن أبي زرعة حدثني عبد الرزاق بن عمر بن مسلم نا مدرك بن أبي سعد عن يونس بن ميسرة
بن حلبس عن أم الدرداء عن أبي الدرداء قال: ما من عبد يقول حسبي الله لا إله إلا هو
عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات صادقا كان بها أو
كاذبا إلا كفاه الله ما همه .
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam kitabnya “Taariikh Dimasyq” 36/149:
عن إبراهيم بن عبد الله بن صفوان نا عبد الرزاق بن عمر نا أبو سعد مدرك بن
أبي سعد الفزاري عن يونس بن ميسرة بن حلبس عن أم الدرداء قال: سمعت أبا الدرداء يقول : من قال حسبي الله
لا اله الا هو عليه توكلت وهو رب العرش العظيم سبع مرات كفاه الله ما أهمه كان به صادقا أو كاذبا
Syekh Albaniy rahimahullah berkata: Sanad
riwayat yang mauquuf ini, semua perawinya tsiqah.
Al-Mundziriy rahimahullah berkata:
قد يُقَال إِن مثل هَذَا لَا يُقَال من قبل الرَّأْي وَالِاجْتِهَاد فسبيله
سَبِيل الْمَرْفُوع
“Bisa dikatakan bahwa riwayat seperti ini tidak
disampaikan atas dasar pendapat atau ijtihad, maka sekalipun ia mauquuf (dari
Abi Ad-Dardaa’) akan tetapi hukumnya marfuu’ (dari Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam)”.
Syekh Albaniiy berkata:
ذلك من الممكن بالنسبة
لأصل الحديث، بخلاف الزيادة؛ فإنها غريبة منكرة؛ كما قال ابن كثير، وهو ظاهر جداً؛
إذ لا يعقل أن يؤجر المرء على شيء لا يصدق به، بل هذا شيء غير معهود في الشرع. والله
أعلم.
“Hal itu mungkin dari sisi asal hadits, kecuali
tambahannya (yaitu lafadz: صادقا كان بها أو كاذبا ); Karena
sesungguhnya tambahan tersebut aneh dan mungkar, sebagaimana dikatakan oleh
Ibnu Katsir. Dan itu sangat jelas sekali, karena tidak masuk akal jika
seseorang diberi atas sesuatu yang ia tidak jujur dengannya (berbohong), bahkan
ini sesuatu yang tidak pernah didapati dalam syari’at. Wallahu a’lam!”
Lihat: Silsilah Al-Ahaadits Adh-Dha’ifah 11/449 no.5286.
Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullah menyebutkan riwayat Abu Daud
yang mauquuf, akan tetapi tidak menyebutkan tanbahan tersebut. Dan menyebutkan
riwayat Ibnu ‘Asakir secara mauquuf dan marfuu’ dan ada tambahan pada keduanya,
kemudian mengatakan bahwa tambahan lafadz tersebut adalah aneh dan mungkar.
[Tafsiir Ibnu Katsiir 4/214]
C.
Riwayat
mursal
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam kitabnya “Ad-Du’aa’”
no.1038:
قال: حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ أَيُّوبَ بْنِ
حَذْلَمِ الدِّمَشْقِيُّ، ثنا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ،
ثنا مُدْرِكُ بْنُ أَبِي سَعْدٍ الْفَزَارِيُّ، عَنْ يُونُسَ
بْنِ مَيْسَرَةَ بْنِ حَلْبَسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ قَالَ: حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ
تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَأَكْفِيَنَّ
عَبْدِي صَادِقًا كَانَ أَوْ كَاذِبًا "
Ath-Thabaraniiy berkata: Telah menceritakan kepada kami, Sulaiman bin Ayyub
bin Hadzlam Ad-Dimasyqiy; Telah menceritakan kepada kami, Hisyam bin ‘Ammar;
Telah menceritakan kepada kami, Mudrik bin Abi Sa’ad Al-Fazaariy, dari Yunus bin Maisarah bin Halbas, ia berkata:
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa
yang membaca: "Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya
kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang
agung"; Allah berfirman: Sungguh Aku akan mencukupi (keperluan) hamba-Ku, baik ia jujur dengan keperluannya tersebut atau pun bohong”.
Sanad ini lemah karena terputus (mursal);
Yunus bin Maisarah bin Halbas Ad-Dimasyqiy
(w.132H)[4], seorang
tabi’in yang tsiqah namun tidak pernah bertemu dengan Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam.
Dan Hisyam bin ‘Ammar, Abu Al-Waliid
Ad-Dimasyqiy (w.245H)[5];
Adz-Dzahabiy mengatakan: Ia shaduuq, banyak meriwayatkan hadits, dan memiliki
beberapa hadits mungkar. Ibnu Hajar berkata: Ia shaduuq, akan tetapi di masa tuanya ia
banyak didikte, maka haditsnya yang terdahulu lebih shahih.
Wallahu a’lam!
Lihat juga: Takhriij hadits Ummi Salamah; Do’a setelah shalat subuh - Hadits "Berbaik sangka pada batu" - Dzikir pagi dan sore
[1]
Lihat biografi " Yaziid
bin Muhammad " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 32/234,
Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy 2/389, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.604.
[2]
Lihat biografi " Abu
Zur’ah " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 17/301, Al-Kaasyif 1/638, Taqriib At-Tahdziib hal.347.
[3]
Ibrahim bin Abdillah bin
Shafwan; Biografinya disebutkan
oleh Adz-Dzahabiy dalam kitabnya “Taariikh Al-Islam” 5/1080, tanpa
menyebutkan pujian atau pun celaan untuknya.
[4]
Lihat biografi " Yunus
bin Maisarah " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 32/544,
Al-Kaasyif 2/404, Taqriib At-Tahdziib hal.614.
[5]
Lihat biografi " Hisyam
bin ‘Ammar " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 30/242,
Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 4/302, Taqriib At-Tahdziib hal.573.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...