Jumat, 30 Desember 2016

Takhrij hadits: “NABI MUHAMMAD BERBICARA DGN POHON, MERUQYAH ANAK SAKIT KERASUKAN, DAN ONTA SUJUT PADANYA”

بسم الله الرحمن الرحيم


Pengalaman Sahabat Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam-, bernama Ghailan bin Salamah –radhiyallahu ‘anhu-.
Ghailan yang pada zaman Jahiliah, memiliki 10 istri. Lalu mencerai mereka kecuali yang empat, karena perintah nabi -shallallahu 'alaihi wasallam-. Beliau memiliki pengalaman mendampingi nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- di dalam perjalanan. Kitab yang membahas ini Kanzul-‘Ummal (12/373 no.35390):
“Kami pernah mendampingi nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- dalam perjalanan, dan menyaksikan keajaiban beliau. Kami melewati jalan yang di pinggirnya, terdapat beberapa tunas kurma berpencar pada beberapa tempat.
Nabi bersabda: ‘hai Ghailan! Datanglah pada dua tunas ini! Yang satu perintahlah, agar bergabung pada lainnya ! Akan saya pergunakan sebagai tutup, untuk berwudhu’.
Saya segera berjalan ke pertengahan dua tunas. Dan berkata: ‘sungguh Nabi Allah perintah satunya kalian, agar bergabung pada lainnya !’.
Tiba-tiba sebatang tunas keluar dari tanah, dan berjalan menuju lainnya, untuk bergabung.
Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- turun ke belakang dua tunas yang bergabung, untuk berwudhu.
Setelah nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- pergi dengan kendaraan, akar tunas kurma keluar lagi, dan berjalan menuju tempatnya semula.
Setelah kami istirahat, seorang wanita datang dengan membawa anak kecilnya yang sangat mirip uang dinar. Wanita berkata: ‘ya Rasulallah, tidak ada anak di desa kami yang lebih saya cintai daripada anak saya ini. Namun dia terserang Mautah (kerasukan syaitan yang berdampak lemas seperti mayat). Saya tidak ingin anak saya meninggal dunia. Berdoalah untuk kesembuhannya, ya Nabi Allah’.
Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- mendekatkan anak padanya, dan berdoa: ‘Bismillah, aku Utusan Allah, keluarlah Musuh Allah!’ 3 X. Lalu bersabda: ‘bawalah pulang! Takkan sakit lagi, in syaa Allah’.
Di waktu istirahat kami berikutnya, nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- dijumpai oleh lelaki yang laporan: ‘ya Nabi Allah, saya telah lama memiliki kebun yang di dalamnya ada penghidupan saya dan keluarga. Di dalam sana ada dua unta Nadhih milik saya yang mengamuk. Menghalang-halangi saya dan harta saya yang berada di dalamnya. Tidak ada orang yang berani mendekat’.
Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- mengajak para sahabat, hingga datang ke kebun. Pada sahabatnya, nabi perintah: ‘buka pintunya !’.
Dia menjawab ‘ya Nabi Allah, sulit sekali’.
Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- perintah lagi: ‘buka !’.
Setelah pintu dibuka dengan kuncinya, dua unta Nadhih tampak. Suara injakan kakinya mantap, bagai angin besar menyambar. Setelah keluar dari pintu, dan melihat nabi -shallallahu 'alaihi wasallam-, dua unta mendekam lalu bersujud.
Dua kepala unta dipegang oleh nabi -shallallahu 'alaihi wasallam-, untuk diserahkan pada pemiliknya.
Dan berpesan: ‘ajaklah bekerja ! Namun diberi makanan yang baik !’.
Kaum yang hadir berkata: ‘ya Nabi Allah, baginda disujudi oleh binatang, Anugerah Allah untuk kita lebih baik daripada ini. Baginda telah menyelamatkan kami dari kesesatan, dan menyelamatkan dari dari kerusakan. Bolehkah kami bersujud pada baginda ?’.
Nabi bertanya: ‘bagaimana kalian memperlakukan saudara kalian yang telah meninggal dunia ? Apa kalian bersujud pada dia yang di dalam kubur ?’.
Mereka menjawab: ‘kami akan melaksanakan petunjuk baginda’.
Nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- bersabda: ‘bersujud hanya pada yang Maha Hidup, yang takkan wafat. Kalau ada yang saya perintahkan agar disujudi, niscaya istri saya perintah agar bersujud pada suaminya’.
Dalam perjalanan pulang, si wanita muncul dan berkata: ‘ya Nabi Allah, anak saya tidak pernah kesurupan lagi’. Dan menghidangkan minyak samin, susu, dan beberapa potong daging unta panggang.
Namun nabi -shallallahu 'alaihi wasallam- menolak minyak samin dan beberapa potong daging unta panggang. Yang diterima untuk diberikan pada para sahabatnya -shallallahu 'alaihi wasallam-, air susu.” (HR Ibnu Asakir)

Sumber: http://www.ponpes-mulya-abadi.com/2015/07/cerita-islami-mendampingi-nabi-saw.html

Takhrij hadits:

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu 'Asakir dalam kitabnya “Taariikh Dimasyq” 48/ 134:

قال: أخبرنا أبو منصور محمود بن أحمد بن عبد المنعم، أنبأنا الحسن بن عمر بن الحسن، أنبأنا القاسم بن جعفر الهاشمي، أنبأنا أبو العباس الأثرم، حدثنا حميد بن الربيع، حدثنا معلى بن منصور الرازي من كتابه، أخبرني شبيب بن شبة، حدثني بشر بن عاصم، عن غيلان بن سلمة الثقفي قال: خرجنا مع نبي الله (صلى الله عليه وسلم) فرأينا منه عجبا مررنا بأرض فيها أشاء متفرق، فقال نبي الله (صلى الله عليه وسلم): " يا غيلان ائت هاتين الأشاءتين فمُرْ إحدهما تنضم إلى صاحبتها حتى أستتر بهما فأتوضأ "، قال: فانطلقت، فقمت بينها، فقلت: إن نبي الله (صلى الله عليه وسلم) يأمر إحديكما أن تنضم إلى صاحبتها، قال: فمادت إحداهما ثم انقلعت تخدّ في الأرض حتى انضمت إلى صاحبتها، فنزل نبي الله (صلى الله عليه وسلم) فتوضأ خلفهما، ثم ركب وعادت تخد في الأرض إلى موضعها، قال: ثم نزلنا معه منزلا، فأقبلت امرأة بابن لها كأنه الدينار، فقالت: يا نبي الله ما كان في الحي غلام أحب إلي بابني هذا، فأصابته الموتة، فأنا أتمنى موته، فادع الله له يا نبي الله؟، قال: فأدناه نبي الله، ثم قال: " بسم الله، أنا رسول الله، أخرج عدو الله، ثلاثا، قال: اذهبي بابنك لن تري بأسا إن شاء الله "، قال: ثم مضينا فنزلنا منزلنا، فجاء رجل فقال: يا نبي الله، إنه كان لي حائط فيه عيشي وعيش عيالي، ولي فيه ناضحان فاغتلما ومنعا لي أنفسهما وحائطي وما فيه ولا يقدر أحد على الدنو منهما، قال: فنهض النبي (صلى الله عليه وسلم) بأصحابه حتى أتى الحائط، فقال لصاحبه: " افتح "، فقال: يا نبي الله أمرهما أعظم من ذاك، قال: " فافتح " فلما حرك الباب بالمفتاح أقبلا لهما جلبة كحفيف الريح فلما أفرج الباب فنظرا إلى النبي (صلى الله عليه وسلم) بركا ثم سجدا، فأخذ النبي (صلى الله عليه وسلم) رؤسهما ثم دفعهما إلى صاحبهما، فقال: " استعملهما وأحسن علفهما "، فقال القوم: يا نبي الله تسجد لك البهائم، فما لله عندنا بك أحسن من هذا، أجرتنا من الضلالة واستنقذتنا من الهلكة، أفلا تأذن لنا بالسجود لك؟ قال: " كيف كنتم صانعين بأخيكم إذا مات أتسجدون لقبره؟ "، قالوا: يا نبي الله نتبع أمرك، فقال نبي الله (صلى الله عليه وسلم): " إن السجود ليس إلا للحي الذي لا يموت، لو كنت آمرا أحدا بالسجود من هذه الأمة لأمرت المرأة بالسجود لبعلها "، قال: ثم رجعنا، فجاءت المرأة أمّ الغلام، فقالت: يا نبي الله، والذي بعثك بالحق، ما زال منغلمان الحي وجاءت بسمن ولبن وجزر، فرد عليها السمن والجزر، وأمرهم بشرب اللبن.

Sanad hadits ini lemah dengan cacat:

1.       Sanadnya terputus karena Bisyr bin ‘Ashim Ats-Tsaqafiy[1] dari kalangan perawi yang bertemu dengan Tabi’in kecil, ia tidak menerima hadits dari Gailan bin Salamah Al-Hijaziy radhiyallahu ‘anhu.
Ibnu Abi Hatim berkata: Aku bertanya kepada bapakku (Abu Hatim), apakah Bisyr bin ‘Ashim mendengarkan hadits dari Gailan bin Salamah? Ia menjawab: Tidak, periwayatannya mursal (terputus).
2.       Syabib bin Syabbah, adalah Syabib bin Syaibah Al-Bashriy[2]; Periwayatan haditsnya dilemahkan oleh Ibnu Ma’in, Abu Hatim, Abu Zur’ah, An-Nasa’iy, Ad-Daraqutniy, Al-Burqaniy, dan Adz-Dzahabiy rahimahumullah.
3.       Humaid bin Ar-Rabii’ Al-Khazzaaz[3] (w.258H), periwayatan haditsnya diperselisihkan, dan ia seorang mudallis yang sering menjatuhkan gurunya yang dha’if dari sanad.
Periwayatan haditsnya dilemahkan oleh An-Nasa’iy, dan Maslamah bin Qasim. Ibnu Ma’in mengatakan: Ia seorang pendusta. Ibnu ‘Adiy mengatakan: Ia seorang pencuri hadits. Al-Burqaniy mengatakan: Aku melihat kebanyakan guru kami mengatakan bahwa periwayatan haditsnya ditinggalkan (dzahibul hadits).
Sedangkan Imam Ahmad, Ibnu Hibban, dan Ad-Daraqutniy menguatkan periwayatan haditsnya. Wallahu a’lam!

Hadits ini diriwayatkan juga oleh Abu Nu’aim dalam kitabnya “Dalail An-Nubuwah” hal.383 no. 285:

قال: حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عُمَرَ الْوَاسِطِيُّ قَالَ: ثنا جَعْفَرُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ سِنَانٍ ثنا أَبُو يَحْيَى صَاعِقَةُ قَالَ: ثنا مُعَلَّى بْنُ مَنْصُورٍ قَالَ: حَدَّثَنِي شَبِيبُ بْنُ شَيْبَةَ قَالَ: حَدَّثَنِي بِشْرُ بْنُ عَاصِمٍ، عَنْ غَيْلَانَ بْنِ سَلَمَةَ الثَّقَفِيِّ قَالَ: ...

Kisah ini diriwayatkan juga dari Ya’la bin Murrah radhiyallahu ‘anhu:

Diriwayatkan dari Ya’la bin Murrah melalui beberapa jalur:

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam musnad-nya (29/89) no. 17548, (29/92) no. 17549, (29/101) no. 17559, (29/105-106) no. 17563- 17565, (29/109) no. 17567:

عَنْ يَعْلَى بْنِ مُرَّةَ، قَالَ: لَقَدْ رَأَيْتُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا، مَا رَآهَا أَحَدٌ قَبْلِي، وَلَا يَرَاهَا أَحَدٌ بَعْدِي، لَقَدْ خَرَجْتُ مَعَهُ فِي سَفَرٍ حَتَّى إِذَا كُنَّا بِبَعْضِ الطَّرِيقِ مَرَرْنَا بِامْرَأَةٍ جَالِسَةٍ، مَعَهَا صَبِيٌّ لَهَا، فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، هَذَا صَبِيٌّ، أَصَابَهُ بَلَاءٌ، وَأَصَابَنَا مِنْهُ بَلَاءٌ، يُؤْخَذُ فِي الْيَوْمِ، مَا أَدْرِي كَمْ مَرَّةً، قَالَ: «نَاوِلِينِيهِ» فَرَفَعَتْهُ إِلَيْهِ، فَجَعَلتْهُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ وَاسِطَةِ الرَّحْلِ، ثُمَّ فَغَرَ فَاهُ، فَنَفَثَ فِيهِ ثَلَاثًا، وَقَالَ: «بِسْمِ اللَّهِ، أَنَا عَبْدُ اللَّهِ، اخْسَأْ عَدُوَّ اللَّهِ» ثُمَّ نَاوَلَهَا إِيَّاهُ، فَقَالَ: «الْقَيْنَا فِي الرَّجْعَةِ فِي هَذَا الْمَكَانِ، فَأَخْبِرِينَا مَا فَعَلَ» قَالَ: فَذَهَبْنَا وَرَجَعْنَا، فَوَجَدْنَاهَا فِي ذَلِكَ الْمَكَانِ، مَعَهَا شِيَاهٌ ثَلَاثٌ، فَقَالَ: «مَا فَعَلَ صَبِيُّكِ؟» فَقَالَتْ: وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالْحَقِّ، مَا حَسَسْنَا مِنْهُ شَيْئًا حَتَّى السَّاعَةِ، فَاجْتَرِرْ هَذِهِ الْغَنَمَ. قَالَ: «انْزِلْ فَخُذْ مِنْهَا وَاحِدَةً، وَرُدَّ الْبَقِيَّةَ»
قَالَ: وَخَرَجْنَا ذَاتَ يَوْمٍ إِلَى الْجَبَّانَةِ، حَتَّى إِذَا بَرَزْنَا قَالَ: «انْظُرْ وَيْحَكَ، هَلْ تَرَى مِنْ شَيْءٍ يُوَارِينِي؟» قُلْتُ: مَا أَرَى شَيْئًا يُوَارِيكَ إِلَّا شَجَرَةً مَا أُرَاهَا تُوَارِيكَ. قَالَ: «فَمَا قُرْبُهَا؟» قُلْتُ: شَجَرَةٌ مِثْلُهَا، أَوْ قَرِيبٌ مِنْهَا. قَالَ: " فَاذْهَبْ إِلَيْهِمَا، فَقُلْ: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُكُمَا أَنْ تَجْتَمِعَا بِإِذْنِ اللَّهِ " قَالَ: فَاجْتَمَعَتَا، فَبَرَزَ لِحَاجَتِهِ، ثُمَّ رَجَعَ، فَقَالَ: " اذْهَبْ إِلَيْهِمَا، فَقُلْ لَهُمَا: إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُكُمَا أَنْ تَرْجِعَ كُلُّ وَاحِدَةٍ مِنْكُمَا إِلَى مَكَانِهَا "
قَالَ: وَكُنْتُ مَعَهُ جَالِسًا ذَاتَ يَوْمٍ إِذْ جَاءَ جَمَلٌ يُخَبِّبُ، حَتَّى ضَرَبَ بِجِرَانِهِ بَيْنَ يَدَيْهِ، ثُمَّ ذَرَفَتْ عَيْنَاهُ، فَقَالَ: «وَيْحَكَ، انْظُرْ لِمَنْ هَذَا الْجَمَلُ، إِنَّ لَهُ لَشَأْنًا» قَالَ: فَخَرَجْتُ أَلْتَمِسُ صَاحِبَهُ، فَوَجَدْتُهُ لِرَجُلٍ مِنَ الْأَنْصَارِ، فَدَعَوْتُهُ إِلَيْهِ، فَقَالَ: «مَا شَأْنُ جَمَلِكَ هَذَا؟» فَقَالَ: وَمَا شَأْنُهُ؟ قَالَ: لَا أَدْرِي وَاللَّهِ مَا شَأْنُهُ، عَمِلْنَا عَلَيْهِ، وَنَضَحْنَا عَلَيْهِ، حَتَّى عَجَزَ عَنِ السِّقَايَةِ، فَأْتَمَرْنَا الْبَارِحَةَ أَنْ نَنْحَرَهُ، وَنُقَسِّمَ لَحْمَهُ. قَالَ: «فَلَا تَفْعَلْ، هَبْهُ لِي، أَوْ بِعْنِيهِ» فَقَالَ: بَلْ هُوَ لَكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ: فَوَسَمَهُ بِسِمَةِ الصَّدَقَةِ، ثُمَّ بَعَثَ بِهِ

Dari Ya'la bin Murrah ia berkata: "Saya telah melihat dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tiga hal yang belum pernah dilihat oleh seorang pun, baik sebelum atau setelahku. Saya pernah keluar bersama beliau dalam suatu perjalanan, hingga ketika kami sampai pada suatu jalan, kami melewati seorang wanita yang sedang duduk membawa anaknya yang masih kecil. Wanita itu lalu berkata, "Wahai Rasulullah, anak ini telah ditimpa penyakit, kami juga terkena karenanya, saya tidak tahu pasti berapa kali ia kambuh dalam sehari." Berliau berkata: "Bawalah kemari anak itu." Kemudian wanita itu pun mengangkat dan menyerahkan anaknya kepada beliau, ia letakkan anaknya antara beliau dengan kayu pelana kendaraan beliau. Beliau kemudian membukan mulut anak itu dan meninupnya tiga kali sambil membaca: "Bismillah, saya adalah Abdullah, keluar dan pergilah wahai musuh Allah." Setelah itu, beliau menyerahkan kembali anak itu sambil mengatakan: "Temuilah kami saat kembali di tempat ini, dan kabarkanlah kepada kami apa yang dilakukannya." Ya'la bin Murrah berkata, "Kemudian kami bergegas pergi, dan pada saat kembali kami mendapati wabita itu berada di tempat yang sama dengan membawa tiga ekor domba. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu bertanya: "Apa yang dilakukan oleh anakmu?" Wanita itu menjawab: "Demi Dzat Yang telah mengutusmu dengan kebenaran, hingga saat ini kami tidak medapati suatu kelainan pun darinya. Karena itu ambil dan bawalah domba-domba ini." Beliau berkata: "Turun (wahai Ya'la) dan ambillah satu ekor darinya lalu kembalikanlah sisanya."
Ya'la bin Murrah melanjutkan ceritanya: "Pada suatu hari saya keluar menuju kuburan hingga kami keluar ke tanah lapang. Beliau berkata: "Celaka kamu, lihatlah! Apakah ada sesuatu yang dapat melindungiku?" Aku menjawab: "Aku tidak melihat sesuatu yang dapat menutupi tuan kecuali sebatang pohon yang saya kira tidak dapat melindungi tuan." Beliau bertanya lagi: "Lalu apa yang ada di dekatnya?" Saya menjawab, "Pohon yang sama, atau yang hampir sama." Beliau bersabda: "Pergilah kepada keduanya dan katakan kepada mereka, 'Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kalian berdua untuk bersatu dengan izin Allah.'" Ya'la bin Murrah berkata, "Maka keduanya pun bersatu hingga beliau dapat buang hajat, kemudian beliau kembali seraya bersabda: "Katakanlah kepada keduanya 'Sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan agar setiap kalian kembali ke tempatnya semula.' Maka pohon itu pun kembali ke tempatnya.
Ya'la bin Murrah berkata, "Pada suatu hari saya duduk di sisi beliau, tiba-tiba datanglah seekor unta yang mengamuk. Rasulullah kemudian segera menundukkan kepala unta itu di depannya, dan serta merta unta itu meneteskan air mata. Beliau pun berkata: "Hai celaka kamu! Lihatlah milik siapa unta ini? Sesungguhnya ia menginginkan sesuatu." Ya'la berkata: "Lalu saya keluar mencari pemiliknya, hingga aku pun mendapatkan si pemilik. Ia adalah seorang laki-laki dari Anshar. Kemudian aku membawanya menghadap Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Kemudian beliau pun bertanya: "Ada apa dengan unta milikmu ini?" Laki-laki itu balik bertanya: "Memang ada apa dengannya? ' Laki-laki itu melanjutkan, "Saya tidak tahu, demi Allah ada apa dengannya. Kami telah mengurusi dan meredakannya hingga ia tidak mau minum. Sehingga kami berkumpul tadi malam untuk menyembelihnya dan membagi-bagikan dagingnya." Beliau lantas bersabda: "Janganlah kamu melakukannya. Hibahkanlah padaku, atau juallah ia padaku." Maka laki-laki itu berkata, "Bahkan, unta itu aku serahkan menjadi milikmu wahai Rasulullah." Ya'la bin Murrah berkata, "Maka beliau pun menandainya dengan tanda shadaqah dan beliau pun mengirimkannya."

Diriwayatkan juga oleh Al-Hakim dalam kitabnya “Al-Mustadrak” (2/674) no. 4232, Al-Hakim menghukumi sanadnya shahih dan disetujui oleh Adz-Dzahabiy.

Al-Mundziriy rahimahullah mengatakan: Sanadnya bagus (jayyid). [At-Targiib wa At-Tarhiib 3/144 no. 3430]

Syekh Albaniy rahimahullah menghukumi hadits ini jayyid (bagus) dengan keseseluruhan jalurnya yang saling menguatkan. [Silsilah Ash-Shahihah 1/874 no.485]

Beberapa kandungan hadits ini juga telah diriwayatkan dalam hadits yang lain dengan sanad yang shahih:

1.      Kisah Rasulullah berbicara dengan pohon.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Sahih-nya (4/2306) no. 3012, Jabir radhiyallahu ‘anhu berkata:

سِرْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى نَزَلْنَا وَادِيًا أَفْيَحَ، فَذَهَبَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْضِي حَاجَتَهُ، فَاتَّبَعْتُهُ بِإِدَاوَةٍ مِنْ مَاءٍ، فَنَظَرَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ يَرَ شَيْئًا يَسْتَتِرُ بِهِ، فَإِذَا شَجَرَتَانِ بِشَاطِئِ الْوَادِي، فَانْطَلَقَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى إِحْدَاهُمَا، فَأَخَذَ بِغُصْنٍ مِنْ أَغْصَانِهَا ، فَقَالَ: «انْقَادِي عَلَيَّ بِإِذْنِ اللهِ» فَانْقَادَتْ مَعَهُ كَالْبَعِيرِ الْمَخْشُوشِ، الَّذِي يُصَانِعُ قَائِدَهُ، حَتَّى أَتَى الشَّجَرَةَ الْأُخْرَى، فَأَخَذَ بِغُصْنٍ مِنْ أَغْصَانِهَا، فَقَالَ: «انْقَادِي عَلَيَّ بِإِذْنِ اللهِ» فَانْقَادَتْ مَعَهُ كَذَلِكَ، حَتَّى إِذَا كَانَ بِالْمَنْصَفِ مِمَّا بَيْنَهُمَا، لَأَمَ بَيْنَهُمَا - يَعْنِي جَمَعَهُمَا - فَقَالَ: «الْتَئِمَا عَلَيَّ بِإِذْنِ اللهِ» فَالْتَأَمَتَا، قَالَ جَابِرٌ: فَخَرَجْتُ أُحْضِرُ مَخَافَةَ أَنْ يُحِسَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِقُرْبِي فَيَبْتَعِدَ - وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادٍ - فَيَتَبَعَّدَ فَجَلَسْتُ أُحَدِّثُ نَفْسِي، فَحَانَتْ مِنِّي لَفْتَةٌ، فَإِذَا أَنَا بِرَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُقْبِلًا، وَإِذَا الشَّجَرَتَانِ قَدِ افْتَرَقَتَا، فَقَامَتْ كُلُّ وَاحِدَةٍ مِنْهُمَا عَلَى سَاقٍ.

Kami pernah berjalan bersama Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- hingga kami singgah di suatu lembah yang luas. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- pergi menuntaskan hajat, aku mengikuti beliau dari belakang dengan membawa seember air. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- melihat-lihat, beliau tidak melihat apa pun untuk dijadikan penutup. Ternyata ada dua pohon di tepi lembah. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- pergi mendekati salah satunya kemudian meraih sebagaian dahannya, beliau bersabda: "Menurutlah padaku, dengan izin Allah." Pohon itu pun ikut bersama beliau laksana unta bercocok hidung yang dibuat oleh pengendalinya, hingga beliau mendatangi pohon lain lalu meraih salah satu dahannya, beliau bersabda: "Menurutlah padaku, dengan izin Allah." Pohon itu juga menurut. Setelah beliau berada di pertengahan di antara keduanya, beliau menyatukan keduanya, beliau bersabda: "Menyatulah untukku, dengan izin Allah." Keduanya pun menyatu. Jabir berkata: Aku pergi berlari dengan cepat karena khawatir Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- merasakan keberadaanku di dekat beliau sehingga beliau akan menjauh. - Muhammad bin Abbad berkata dalam riwayatnya: - Beliau menjauh lalu aku duduk berbicara dengan diriku sendiri. Aku melirik kesamping ternyata Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasalam- datang menghampiri dan ternyata kedua pohon itu telah memancar. Masing-masingnya berdiri di atas tonggaknya.

2.      Kisah Onta sujud kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (20/64) no. 12614 dengan sanad yang shahih li gairihi, Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:

كَانَ أَهْلُ بَيْتٍ مِنَ الْأَنْصَارِ لَهُمْ جَمَلٌ يَسْنُونَ عَلَيْهِ، وَإِنَّ الْجَمَلَ اسْتُصْعِبَ عَلَيْهِمْ، فَمَنَعَهُمْ ظَهْرَهُ، وَإِنَّ الْأَنْصَارَ جَاءُوا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالُوا: إِنَّهُ كَانَ لَنَا جَمَلٌ نَسْنَى عَلَيْهِ، وَإِنَّهُ اسْتُصْعِبَ عَلَيْنَا، وَمَنَعَنَا ظَهْرَهُ، وَقَدْ عَطِشَ الزَّرْعُ وَالنَّخْلُ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ: «قُومُوا» فَقَامُوا، فَدَخَلَ الْحَائِطَ وَالْجَمَلُ فِي نَاحِيَتِهِ، فَمَشَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ، فَقَالَتِ الْأَنْصَارُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، إِنَّهُ قَدْ صَارَ مِثْلَ الْكَلْبِ الْكَلِبِ، وَإِنَّا نَخَافُ عَلَيْكَ صَوْلَتَهُ، فَقَالَ: «لَيْسَ عَلَيَّ مِنْهُ بَأْسٌ» . فَلَمَّا نَظَرَ الْجَمَلُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَقْبَلَ نَحْوَهُ، حَتَّى خَرَّ سَاجِدًا بَيْنَ يَدَيْهِ، فَأَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِنَاصِيَتِهِ أَذَلَّ مَا كَانَتْ قَطُّ، حَتَّى أَدْخَلَهُ فِي الْعَمَلِ. فَقَالَ لَهُ أَصْحَابُهُ: يَا نَبِيَّ اللَّهِ، هَذِهِ بَهِيمَةٌ لَا تَعْقِلُ تَسْجُدُ لَكَ وَنَحْنُ نَعْقِلُ، فَنَحْنُ أَحَقُّ أَنْ نَسْجُدَ لَكَ، فَقَالَ: «لَا يَصْلُحُ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ، وَلَوْ صَلَحَ لِبَشَرٍ أَنْ يَسْجُدَ لِبَشَرٍ، لَأَمَرْتُ الْمَرْأَةَ أَنْ تَسْجُدَ لِزَوْجِهَا، مِنْ عِظَمِ حَقِّهِ عَلَيْهَا»

Ada sebuah keluarga dari kaum anshar yang memiliki seekor unta yang mereka gunakan untuk menyiram ladang, hanya saja unta tersebut tiba-tiba merasa sulit bagi mereka untuk mejinakkannya dan mengelak dari mereka untuk ditunggangi, maka orang-orang Anshar datang kepada Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam dan berkata: "Wahai Nabi Allah! Sesungguhnya ada seekor unta yang kami gunakan untuk menyiram ladang hanya saja tiba-tiba unta tersebut merasa sulit bagi kami untuk menjinakkannya dan mengelak dari kami untuk ditunggangi, padahal tanaman-tanaman serta pohon-pohon kurma kami dilanda kekeringan." Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- bersabda: "Berdirilah kalian", lalu mereka berdiri, dan masuk ke dalam kebun sedangkan unta tersebut telah berada di sebuah tepi, maka Nabi -Shallallahu'alaihi wa Sallam- berjalan ke arahnya dan orang-orang Anshar berkata: "Wahai Nabi Allah, sesungguhnya unta tersebut menjadi seperti anjing yang galak dan kami takut jika dia menerjang tuan", Maka Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- bersabda: "Saya tidak ada masalah dengan unta ini", dan tatkala unta tersebut melihat Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- dia berjalan ke arah beliau Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- kemudian jatuh dengan bersujud di depannya, lalu Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- menyentuh ubun-ubunnya dan menjinakkannya dengan suatu hal yang belum pernah terjadi sebelumnya hingga beliau Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- mempekerjakan unta tersebut. Maka para sahabat berkata kepada beliau -Shallallahu'alaihi wa Sallam-: Wahai Rasulullah sesungguhnya binatang ini tidak memiliki akal namun dia bersujud kepada Tuan sedangkan kita adalah manusia yang berakal maka kita lebih berhak untuk bersujud kepada Tuan. Maka Rasulullah -Shallallahu'alaihi wa Sallam- bersabda: "Tidak boleh seorang manusia bersujud kepada manusia, dan jikalau boleh seorang manusia bersujud kepada manusia niscaya saya akan memerintahkan seorang wanita untuk bersujud kepada suaminya karena besarnya hak suami terhadapnya”.

Wallahu a’lam!




[1] Lihat biografi " Bisyr bin ‘Ashim " dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 4/130, Jaami’ At-Tahshil karya Al-‘Alaaiy hal.149 , Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.123.
[2] Lihat biografi " Syabib bin Syaibah " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.193 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 2/191, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/363, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 5/49, Adh-Dhu'afaa' karya Ad-Daraquthniy 2/158, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/38, Tahdziib Al-Kamaal 12/362, Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy 1/479, Taqriib At-Tahdziib hal.263.
[3] Lihat biografi " Humai bin Ar-Rabii’ " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.168 , Al-Kaamil 3/89, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/238, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/611, Lisaan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 3/297, Thabaqat Al-Mudallisin hal.49.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...