بسم الله الرحمن الرحيم
Hadits Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu, tentang keutamaan mandi Jum'at. Diriwayatkan melalui beberapa sanda, diantaranya:
1. Diriwayatkan
oleh Al-'Uqailiy (322H) rahimahullah dalam kitabnya "Adh-Dhu'afaa'
Al-Kabiir" 2/220, Ibnu 'Adiy (365H) rahimahullah dalam
kitabnya "Al-Kaamil" 4/99, dan Al-Baehaqiy (458H) rahimahullah
dalam kitabnya "Syu'ab Al-Iman" 4/428 no.2760:
عن بَقِيَّة
قَالَ: حَدَّثَنَا الضَّحَّاكُ بْنُ حُمْرَةَ، عَنْ
أَبِي نُصَيْرٍ، عَنْ أَبِي رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ، عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ،
وَعِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
«الْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا، وَالْغُسْلُ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ، وَالْمَشْيُ إِلَى الْجُمُعَةِ كَفَّارَةُ عِشْرِينَ سَنَةً،
فَإِذَا فَرَغَ مِنَ الْجُمُعَةِ أُجِيزَ بِعَمَلِ مِائَتَيْ سَنَةٍ»
"Salat Jum'at ke Jum'at berikutnya adalah kaffarah (penghapus dosa yang dilakukan) di antara keduanya, dan mandi di hari Jum'at adalah kaffarah, dan berjalan menuju salat Jum'at adalah kaffarah dua puluh tahun. Dan jika ia telah selesai salat Jum'at maka akan diberi pahala dengan amalan dua ratus tahun"
Dan Ath-Thabaraniy
(360H) rahimahullah dalam kitabnya "Al-Mu'jam
Al-Ausath" 4/353 no.4413:
عن إِبْرَاهِيم بْن عَبْدِ الْحَمِيدِ،
عَنِ الضَّحَّاكِ بْنِ حُمْرَةَ، عَنْ أَبِي نُصَيْرَةَ،
عَنْ أَبِي رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ، عَنْ عَتِيقِ أَبِي بَكْرٍ، وعَنْ عِمْرَانَ بْنِ
حُصَيْنٍ الْخُزَاعِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
«مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كُفِّرَتْ ذُنُوبُهُ وَخَطَايَاهُ، فَإِذَا أَخَذَ
فِي الْمَشْيِ كُتِبَ لَهُ بِكُلِّ خَطْوَةٍ عِشْرُونَ حَسَنَةً، فَإِذَا انْصَرَفَ
مِنَ الصَّلَاةِ أُجِيزُ بِعَمَلِ مِائَتَيْ سَنَةٍ»
Sanad ini lemah karena ada rawiy yang bernama Adh-Dhahhaq bin Humrah[1];
Ibnu Ma'in (233H) mengatakan: Ia lemah (laisa bi syai'). Al-Jauzajaniy (259H)
mengatakan: Haditsnya tidak terpuji. An-Nasa'iy (303H) berkata: Ia tidak
tsiqah. Ad-Daraquthniy (385H) mengatakan: Haditsnya tidak kuat. Dan Ibnu Hajar (852H)
mengatakan: Haditsnya lemah.
Sedangkan: Imam
Al-Bukhariy (256H) mengatakan: Periwayatan haditsnya mungkar (sangat lemah).
2.
Diriwayatkan oleh Al-Baehaqiy dalam kitabnya
"Syu'ab Al-Iman" 4/427 no.2759:
عن سُوَيْد، عَنْ أَبِي نُصَيْرَةَ الْوَاسِطِيِّ، عَنْ أَبِي
رَجَاءٍ الْعُطَارِدِيِّ، عَنْ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، أَنَّ
أَعْرَابِيًّا جَاءَ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ:
يَا رَسُولَ اللهِ، بَلَغَنِي عَنْكَ أَنَّكَ تَقُولُ: " الْجُمُعَةُ إِلَى الْجُمُعَةِ
وَالصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ كَفَّارَاتٌ لِمَا بَيْنَهُنَّ مَا اجْتُنِبَتِ الْكَبَائِرُ
" فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " نَعَمْ
" ثُمَّ زَادَهُ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ:
" الْغُسْلُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَفَّارَةٌ، وَالْمَشْيُ إِلَى الْجُمُعَةِ كُلُّ
قَدَمٍ مِنْهَا كَعَمَلِ عِشْرِينَ سَنَةً، فَإِذَا فَرَغَ مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ
أُجِيزَ بِعَمَلِ مِائَتَيْ سَنَةً "
Sanad ini
juga lemah karena ada rawiy yang bernama Suwaid bin Abdul 'Aziz[2]
(194H); Ibnu Ma'in mengatakan: Ia lemah (laisa bi syai'). An-Nasa'iy dan
Ibnu Hajar mengatakan: Haditsnya lemah.
Sedangkan Imam
Ahmad (241H) mengatakan: Haditsnya ditolak (matruuk, sangat lemah). Imam
Al-Bukhariy mengatakan: Haditsnya sangat lemah (fiihi nadzar), tidak
bisa dipertimbangkan. Dan Ibnu Hibban (354H) mengatakan: Ia banyak melakukan
kesalahan.
3.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy
dalam kitabnya "Al-Mu'jam Al-Ausath" 3/357 no.3397:
عن عَبَّاد بْن عَبْدِ الصَّمَدِ أَبُي مَعْمَرٍ، عَنْ أَنَسِ
بْنِ مَالِكٍ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا بَكْرٍ الصِّدِّيقَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنِ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُفِرَتْ لَهُ
ذُنُوبُهُ وَخَطَايَاهُ، فَإِذَا أَخَذَ فِي الْمَشْيِ إِلَى الْجُمُعَةِ كَانَ لَهُ
بِكُلِّ خُطْوَةٍ عَمَلَ عِشْرِينَ سَنَةً، فَإِذَا فَرَغَ مِنْ صَلَاةِ الْجُمُعَةِ
أُجِيزَ بِعَمَلِ مِائَتَيْ سَنَةٍ»
Sanad ini lemah sangat karena ada rawiy yang bernama 'Abbad bin Abdishamad Abi Ma'mar[3];
Imam Al-Bukhariy, Abu Haatim (277H), Ibnu dan Hibban rahimahumullah mengatakan:
Haditsnya mungkar (sangat lemah).
Kesimpulan:
1. Hadits ini
dilemahkan oleh Ibnu Al-Jauziy (597H) dalam kitabnya "Al-'Ilal
Al-Mutanahiyah" 1/460 no.787, Ibnu Al-Mulaqqin (804H) dalam
kitabnya "Al-Badr Al-Muniir" 4/678, Al-Haitsamiy (807H)
dalam kitabnya "Majma' Az-Zawaid" 2/174 no.3061 dan 3062, dan Al-Buushairiy
(840H) dalam kitabnya "Ittihaf Al-Khairah" 2/268 no.1485.
Sedangkan
syekh Albaniy rahimahullah menghukumi hadits ini palsu. [Dha'if
At-Targiib wa At-Tarhiib no.423]
2. Banyak
sekali hadits sahih yang menyebutkan keutamaan mandi di hari Juma'at, seperti
hadits Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash, Abu Qatadah, Salman Al-Faarisiy, Abu
Dzar, Abu Hurairah, dan Aus bin Aus radhiyallahu 'anhum.
Wallahu
a'lam!
[1] Lihat biografi Adh-Dhahhaq bin Humrah dalam kitab:
Taariikh Ibnu Ma'in riwayat Ad-Duuriy 4/379, Ahwal Ar-Rijaal karya
Al-Jauzajaniy hal.171, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.197, Adh-Dhu'afaa'
karya Ibnu Al-Jauziy 2/59, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 3/440,
Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.279.
[2] Lihat biografi Suwaid bin Abdul 'Aziz dalam kitab:
Taariikh Ibnu Ma'in riwayat Ad-Duuriy 4/458, Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir karya Al-Bukhariy
hal.57, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.187, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya
Ibnu Abi Hatim 4/238, Al-Majruuhiin karya Ibnu Hibban 1/350, Adh-Dhu'afaa'
karya Ibnu Al-Jauziy 2/33, Miizaan Al-I'tidaal 3/349, Taqriib At-Tahdziib hal.260.
[3] Lihat biografi 'Abbad bin Abdishamad Abi Ma'mar dalam
kitab: At-Taariikh Al-Kabiir karya Al-Bukhariy 6/41, Al-Jarh wa At-Ta'diil
6/82, Al-Majruuhiin 2/170, Adh-Dhu'afaa'
karya Ibnu Al-Jauziy 2/75, Miizaan Al-I'tidaal 4/31, Lisaan Al-Miizaan karya
Ibnu Hajar 4/393.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...