Selasa, 26 April 2011

Zikir pagi dan sore


بسم الله الرحمن الرحيم
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca di waktu pagi ...
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya seluruh kerajaan, dan milik-Nya lah segala pujian, dan Ia maha kuasa atas segala sesuatu"
Ia akan mendapatkan pahala memerdekakan budak dari anak Nabi Ismail, dan dicatat baginya sepuluh kebaikan, dan dihapus darinya sepuluh kejahatan, dan diangkat baginya sepuluh derajat, dan akan dilindungi dari syaitan sampai sore.
Dan jika ia baca di waktu sore, maka akan mendapatkan sepertinya sampai pagi.
  • Rasulullah berkata kepada Fatimah: Apa yang menghalangimu untuk mendengarkan wasiat yang kuberikan padamu, ucapkanlah di waktu pagi dan sore ...
يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ
"Wahai yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya), dengan rahmat-Mu aku memohon, perbaikilah segala urusanku, dan janganlah Engkau melimpahkannya kepada diriku walaupun hanya sekedip mata".
  • Jin berkata kepada Ubai bin Ka'b: Jika kamu membaca ayat kursi ...
اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيم [البقرة: 255]
Jika kau baca di pagi hari kau akan dilindungi dari kejahatan jin sampai sore, dan jika kau baca di sore hari kau akan dilindungi dari kejahatan jin sampai pagi.
Ubai meceritakan perihal ini kepada Rasulullah dan beliau bersabda: Betul apa kata jin yang jahat itu.
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Tuannya istigfar dengan mangucapkan ...
اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ (وَأَناَ أَمَتُكَuntuk perempuan)، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ
"Ya Allah .. Engkaulah Tuhanku, tiada tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku akan melaksanakan kesepakatan dan janjiku pada-Mu selama aku mampu, aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang kulakukan, aku akui nikmat yang Engkau berikan padaku, dan aku akui dosa-dosaku, maka ampunilah aku, karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa selain Engkau"
Barangsiapa yang membacanya di siang hari dengan penuh keyakinan lalu ia mati sebelum sore maka ia temasuk ahli surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam hari dengan penuh keyakinan lalu ia mati sebelum subuh maka ia temasuk ahli surga.
  • Abu Bakr bertanya: Ya Rasulullah ajarkan aku beberapa kalimat yang kuucapkan di waktu pagi dan sore. Rasulullah menjawab: Bacalah ...
اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيكَهُ ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِه ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِي سُوءًا ، أَوْ أَجُرَّهُ إِلَى مُسْلِمٍ
" Ya Allah .. Pencipta langit dan bumi, Yang Mengetahui urusan gaib dan nyata, Rab segala sesuatu dan Pemiliknya, Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Ilah yang berhak disembah selain Engkau, Aku berlindung pada-Mu dari kejahatan diriku, dan dari kejahatan syaitan dan sekutunya, dan aku berlindung pada-Mu dari berbuat buruk pada diriku atau pada seorang muslim" .
Bacalah ketika pagi dan sore, dan ketika hendak tidur.
  • Rasulullah tidak pernah meninggalkan do'a ini ketika sore dan pagi:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي ، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي ، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي .
Ya Allah .. Sesungguhnya aku memohon kpd-Mu keselamatan di dunia dan di akhirat. Ya Allah .. Sesungguhnya aku memohon kpd-Mu ampunan dan keselamatan dalam urusan agamaku, duniaku, keluargaku, dan hartaku. Ya Allah .. Tutupilah kekuranganku dan hilangkanlan ketakutanku. Ya Allah .. Jagalah aku dari depanku, belakangku, kanan dan kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung dgn keagungan-Mu serangan dari bawahku.
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barang siapa yang membaca ...
بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلاَ فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ   x 3
"Dengan nama Allah yang jika disebut nama-Nya tiada sesuatu pun yang bisa menyakiti baik di bumi maupun di langit, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui".
Sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan ditimpa musibah secara tiba-tiba sampai pagi. Dan barang siapa yang membacanya di pagi hari sebanyak tiga kali, maka ia tidak akan ditimpa musibah secara tiba-tiba sampai sore .
  • Abdurrahman bin Abi Bakrah bertanya kepada ayahnya: Wahai ayahku, sesungguhnya aku mendengarmu berdo'a setiap pagi (setelah salat subuh sampai terbit matahari) ...
اللَّهُمَّ عَافِنِي فِى بَدَنِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي سَمْعِي اللَّهُمَّ عَافِنِي فِي بَصَرِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ   x 3
"Ya Allah .. selamatkanlah badanku, Ya Allah .. selamatkanlah pendengaranku, Ya Allah .. selamatkanlah penglihatanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau"
Engkau ulangi sebanyak tiga kali di pagi hari dan tiga kali di sore hari. Dan kau juga mengucapkan ...
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْت   x 3
"Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekafiran dan kefakiran, Ya Allah .. sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksaan kubur, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau"
Engkau ulangi sebanyak tiga kali di pagi hari dan tiga kali di sore hari.
Abu Bakrah menjawab: Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah membaca do'a itu, dan aku suka mengikuti sunnahnya.
  • Rasulullah memerintahkan Abdullah bin Khubaib membaca: Surah al-ikhlas, al-falaq, dan an-naas di waktu pagi dan sore sebanyak tiga kali, akan melindungimu dari segala sesuatu.
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca setiap hari di waktu pagi dan sore ...
حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ [التوبة 129] x 7
sebanyak tujuh kali, Allah akan memenuhi impiannya dari urusan dunia ataupun akhirat.
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca di waktu pagi ...
لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، يُحْيِي وَيُمِيتُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر     x10
"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya seluruh kerajaan, dan milik-Nya lah segala pujian, Yang Menghidupkan dan Mematikan, dan Ia maha kuasa atas segala sesuatu"
Sebanyak sepuluh kali, Akan dicatat baginya untuk setiap kali baca 10 kebaikan, dan dihapus darinya 10 keburukan, dan Allah mengangkat derajatnya 10 tingkat, dan mendapat pahala memerdekakan 10 budak, dan akan menjadi perisai baginya dari awal hari sampai akhir, dan tidak melakukan pada hari itu perbuatan yang bisa menghapuskannya.
Dan jika ia mengucapkannya di sore hari, maka akan mendapatkan seperti itu pula.
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca di waktu pagi dan sore ...
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ atau سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ   x 100
Seratus kali, maka tidak ada seorang pun yang datang di hari kiamat dengan pahala yang lebih baik darinya, kecuali orang yang juga membacanya atau menambahnya.
  • Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang membaca ( سبحان الله ) seratus kali sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam, itu lebih baik dari seratus onta.
  • Dan barangsiapa yang membaca (الحمد لله  ) seratus kali sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam, itu lebih baik dari seratus kuda yang dipakai dijalan Allah.
    Dan barangsiapa yang membaca (الله أكبر  ) seratus kali sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam, itu lebih baik dari memerdekakan seratus budak.
    Dan barangsiapa yang membaca ...
    لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير   x 100
    seratus kali sebelum matahari terbit dan sebelum matahari tenggelam, maka tidak ada seorang pun yang datang di hari kiamat dengan pahala yang lebih baik darinya, kecuali orang yang juga membacanya atau menambahnya.

    Sumber:
    الكتاب: أذكار وآداب الصباح والمساء
      المؤلف: محمد أحمد إسماعيل المقدم
        Zikir Pagi
                        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...