Minggu, 13 Mei 2012

Gurutta' meninggal

Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun, telah berpulang ke Rahmatullah Gurutta' H. Abdul Wahab Zakariya MA. hari ini di RS. Awal Bros Makassar Jam 07.45 wita. Beliau dikebumikan di Tonronge kampus II putra DDI AD Mangkoso Barru tempat beliau mengabdi.
***
Enam tahun hidup di Tonronge semuanya adalah kenangan bersama Gurutta', suka dan duka yang dirasa tidak lepas dari beliau. Sosok ulama yang keras, tangguh, sabar, wara', tawadhu', humoris, dan penuh cinta kasih.
***
Sebelum ke Mesir, saya minta nasehat kepada beliau, beliau mengatakan: "Hati-hati di Mesir, semuanya ada di sana, yang baik dan yang buruk".
Do'a yang diajarkan beliau sebagai bekal untuk murid-muridnya yang telah tamat sangat bermanfaat dan merubah jalan hidupku.
Beliau dengan senang hati ingin membantu pengurusan keberangkatanku ke Mesir dan siap mengantarku ke Jakarta, tapi karena urusan mendakak beliau tidak sempat.
***
Tugas terakhir yang beliau perintahkan kepadaku khusus adalah membersihkan mesjid Ahlussuffah sendirian, satu-satunya mesjid yang ada di Tonronge.
Aku melakukannya dengan tulus semoga dapat menghapuskan semua dosa yang telah kulakukan di Rumah Allah itu dan mengharap ilmu yang aku timba di sana bisa bermanfaat.

Mimpi bertemu beliau sering ku alami selama di Mesir, beliau menanyakan perkembangan kuliahku. Mimpi itu menjadi pembangkit semangat belajarku yang surut.
***
Terakhir bertemu beliau, tepatnya 12 Rabiul Awal 1432H. Bersama dengan beberapa teman almamater kami reuni di rumah beliau sekaligus menjenguk beliau yang sedang sakit.
Sekalipun kondisinya belum begitu baik, tapi beliau dengan antusias menemui kami dengan penuh cinta, kasih sayang, canda tawa, dan keceriaan.
Waktu itulah terakhir aku melihat beliau, berbicara, bercanda, dan mencium tangan beliau.

Semoga ilmu yang beliau ajarkan terus berberkah, amal ibadahnya diterima oleh Allah subhanahu wata'ala, dan beliau mendapat derajat yang mulia di sisi-Nya.

اللهُمَّ، اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ . آمين !

Nasehat beliau yang selalu kuingat: "Jangan biarkan seminggu berlalu tampa membaca satu buku".

Lihat juga: Bebek untuk Syekh 
                Do'a kesusahan dan kesedihan

2 komentar:

  1. Assalamu'alaikum, Saudara Salam kenal, saya termasuk santri alumni tonrongnge 2002-2003, dan sy sangat sedih karena salah satu U'lama Sul-Sel kita telah minggal.... sy salah satu dari 5 siswa santri yang dipecat oleh Beliau pada saat itu, tapi saya tidak menyesal dan menyalahkan beliau sebab dengan begitu,.. sy merasa inilah jalan hidupku yang ditetapkan Allah.... ups... maaf malah sy curhat di blog antum.... oh ya izin copy ya sebab sangat menginsfirasi blog antum....Wallahu A'lam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh !
      Senang bisa berkenalan dgn sealmamater, sekalipun cuma lewat blog.
      Salah seorang senior kita juga ada yg dipecat, dan ketika mendengar gurutta' meninggal ia juga menangis.
      Semua tulisan yg sy posting adalah waqaf lillah,semoga bermanfaat.

      Hapus

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...