Kamis, 09 Agustus 2012

Hadits tentang shalat hajat

بسم الله الرحمن الرحيم

Shalat hajat adalah shalat yang dilakukan ketika seseorang memiliki hajat (keinginan), semoga Allah mengabulkannya dengan shalat tersebut.

Ulama berselisih pendapat tentang anjuran pelaksanaan shalat hajat:

Sebagian ulama berpendapat bahwa shalat khusus ketika ada hajat tidak disyari'atkan karena semua hadits yang menyebutkan shalat ini, lemah atau sangat lemah, bahkan ada yang palsu.

Diantara hadits-hadits tersebut:

Hadits Ibnu Mas'ud (32H) radiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Al-Jauziy (597H) dalam kitabnya "Al-Maudhuu'aat" 2/142:
عن عمر بن هارون البلخي عن ابن جريج عن داود بن أبى عاصم عن ابن مسعود عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: " اثنتا عشرة ركعة تصليهن من ليل أو نهار وتتشهد بين كل ركعتين فإذا تشهدت في آخر صلاتك فاثن على الله عز وجل وصل على النبي صلى الله عليه وسلم، فاقرأ وأنت ساجد فاتحة الكتاب سبع مرات، وآية الكرسي سبع مرات، وقل لا إله إلا الله وحده لا شرك له، له الملك وله الحمد وهو على كل شئ قدير عشر مرات، ثم قل: اللهم إنى أسألك بمعاقد - العزيز - العز من عرشك ومنتهى الرحمة من كتابك واسمك الاعظم وحدك الاعلى وكلماتك التامة، ثم سل حاجتك، ثم ارفع رأسك، ثم سلم يمينا وشمالا، ولا تعلموها السفهاء فأنتم تدعون بها فيستجاب ".
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 12 raka'at yang dilakukan di malam atau siang hari dengan bertasyahhud pada setiap 2 raka'at, lalu jika engkau bertasyahhud di akhir shalatmu maka pujilah Allah 'azza wajalla dan bershalawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian baca surah Al-Fatihah saat engkau sujud sebanyak 7 kali dan ayat kursi 7 kali dan baca dzikir: "Tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah semata tiada sekutu bagi-Nya, hanya milik-Nya segala kekuasaan, dan hanya untuk-Nya segala pujian, dan Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu", sebanyak 10 kali kemudian baca do'a: "Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dengan keagungan dari 'arsy-Mu, batas rahmat dari kitab-Mu, nama-Mu yang Agung, batasan-Mu yang tertinggi, dan kalimat-Mu yang sempurna", kemudian minta keinginanmu, kemudian angkat kepalamu, kemudian salam ke kanan dan ke kiri, dan jangan engkau ajarkan shalat ini kepada orang-orang yang bodoh nanti mereka akan berdo'a yang buruk dengan do'a ini lalu terkabulkan.

Ibnu Al-Jauziy mengatakan: Hadits ini palsu tanpa ada keraguan, di sanadnya ada Umar bin Harun Al-Balkhiy[1]; Yahya bin Ma'in (233H) mengatakan: Ia seorang pembohong.
Matan (kandungan) hadits ini juga bertentangan dengan hadits shahih yang melarang seseorang membaca ayat Al-Qur'an ketika sujud. Diantaranya hadits Ali bin Abi Thalib radiyallahu 'anhu beliau berkata:
«نَهَانِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ أَقْرَأَ رَاكِعًا أَوْ سَاجِدًا» [صحيح مسلم]
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melarangku membaca ayat al-qur'an ketika ruku' atau sujud. [Sahih Muslim]
Lihat: Nashburrayah karya Az-Zaila'iy 4/273, Ad-Dirayah karya Ibnu Hajar 2/239, Da'if At-Targiib karya Syekh Albaniy no.418.

Hadits Anas bin Malik (92H) radiyallahu 'anhu.

a.       Diriwayatkan oleh Ibnu Al-Jauziy dalam kitabnya "Al-Maudhuu'aat" 2/141:
عن أبان بن أبي عياش حدثنا أنس بن مالك عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: " من كان له إلى الله حاجة عاجلة أو آجلة فليقدم بين يدى نجواه صدقة وليقم الاربعاء والخميس والجمعة ثم يدخل يوم الجمعة إلى الجامع فيصلى اثنتى عشرة ركعة يقرأ في عشر ركعات في كل ركعة الحمد مرة وآية الكرسي عشر مرات، ويقرأ في الركعتين في كل ركعة الحمد مرة وخمسين مرة قل هو الله أحد، ثم يجلس ويسأل الله تعالى حاجته، فليس يرده من حاجة عاجلة أو آجلة إلا قضاها الله تعالى له ".
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang punya hajat kepada Allah dalam waktu dekat atau nanti, maka dahulukanlah dengan bersedekah sebelum bermunajat, kemudian dirikan shalat di hari Rabu, Kamis, dan Jum'at. Kemudian pada hari Jum'at masuk ke mesjid dan shalat sebanyak 12 raka'at, membaca pada 10 raka'at pertama di setiap raka'at surah al-fatihah 1 kali dan ayat kursiy 10 kali, dan membaca pada 2 raka'at terakhir di setiap raka'at surah al-fatihah 1 kali dan 50 kali surah al-ikhlash, kemudian duduk dan meminta kepada Allah hajatnya, maka tidak akan ditolak semua hajatnya baik yang diinginkan segera atau nanti kecuali Allah akan mengabulkannya untuknya.

Ibnu Al-Jauziy berkata: Hadits ini tidak benar dari Rasulullah shallallahu 'alailhi wasallam, Abaan[2] sangat lemah haditsnya (laisa bi syai'), Syu'bah berkata: Berjinah lebih baik bagiku dari pada meriwayatkan hadits dari Abaan bin Abi Ayyasy, Ahmad berkata: Orang-orang meninggalkan hadits yang diriwayatkannya, Yahya berkata: Hadits yang ia riwayatkan tidak ada apa-apanya.
Adz-Dzahabiy (748H) menambahkan bahwa sanadnya sampai ke Aban ada rawi yang tidak diketahui (majhul).
Lihat: Talkhish kitab Al-Maudhu'aat karya Adz-Dzahabiy no.451.

b.      Dengan sanad lain diiriwayatkan oleh Al-Ashbahaniy (535H) dalam kitabnya At-"Targiib wa At-Tarhiib" 2/137 no.1305:
عن إسحاق بن الفيض، ثنا المضاء، قال: حدثني عبد العزيز، عن أنس -رضي الله عنه- أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: ((يا علي: ألا أعلمك دعاء إذا أصابك غم أو هم تدعو بهن ربك ويستجاب لك بإذن الله، ويفرج عنك؟ توضأ وصل ركعتين واحمد الله وأثن عليه وصل على نبيك واستغفر لنفسك وللمؤمنين والمؤمنات ثم قل: اللهم أنت تحكم بين عبادك فيما كانوا فيه يختلفون، لا إله إلا الله العلي العظيم، لا إله إلا الله الحليم الكريم، سبحان الله رب السموات السبع ورب العرش العظيم، الحمد لله رب العالمين، اللهم كاشف الغم ومفرج الهم مجيب دعوة المضطر إذا دعاك، رحمن الدنيا والآخرة أنت رحيمهما، فارحمني في حاجتي هذه بقضائها ونجاحها، ورحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك))
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Wahai Ali, maukah engkau kuajarkan satu do'a jika engkau ditimpa kesusahan atau kegelisahan engkau berdo'a dengannya kepada Rabb-mu dan akan dikabulkan untukmu atas izin Alah dan masalahmu akan dilapangkan? Berwudhulah kemudian shalat 2 raka'at, dan bersyukurlah kepada Allah dan pujilah atas-Nya, dan bershalawatlah kepada Nabimu, dan minta ampunlah untuk dirimu dan untuk orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan, kemudian baca: "Ya Allah Engkau menetapkan hukum di antara hamba-bambaMu pada apa yang mereka perselisihkan, tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Tinggi dan Agung, tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah Yang Maha penyantun dan Maha pemurah, Maha suci Allah Rabb langit yang tujuh dan Rabb Al-Arsy yang agung, segala puji bagi Allah Rabb alam semesta, Ya Allah Yang menghilagkan kesedihan, Yang melapangkan kegelisahan, Yang mengabulkan do'a orang yang terdesak jika bedo'a kepada-Mu, Yang Maha pemurah di dunia dan di akhirat, Engkau Yang Maha penyayang pada keduannya, maka kasihilah aku pada keinginanku ini dengan mengabulkannya dan menjadikannya berhasil, berilah aku rahmat yang mencukupiku dari belas-kasih selain-Mu".

Syekh Albaniy (1420H) mengatakan: Hadits ini mungkar, sanadnya lemah, mudzlim banyak perawinya yang tidak diketahui:
1.       Ishaq bin Al-Faidh[3]; aku tidak mengetahuinya dan aku tidak mendapatkan biografinya dalam buku-buku yang aku miliki seperti "Tarikh Bagdad", dan tidak pula disebutkan oleh Adz-Dzahabiy dan Ibnu Hajar dalam daftar murid-murid Al-Madhaa', demikian pula yang dilakukan oleh Ibnu Abi Hatim sebelum mereka berdua.
2.       Al-Madhaa' bin Al-Jaaruud Ad-Dainawariy[4]; Abu Hatim (277H) mengatakan: Ia seorang syekh dari daerah Danawariy, orangnnya tidak masyhur, bisa dikategorikan orang yang jujur.
Ibnu Hajar berkata: Aku mendapati ia meriwayatkan satu hadits yang mungkar (sangat lemah). Kemudian Ibnu Hajar menyebutkan hadits tersebut bukan hadits ini.
3.       Abdul Aziz; Aku juga tidak mengetahuinya, bisa jadi ia Abdul Aziz bin Ziyad Al-'Ammiy Al Bashriy[5]; Abu Hatim dan Adz-Dzahabiy mengatakan: Ia majhul tidak diketahui.
Atau ia adalah Abdul Aziz bin Salamah[6]; seorang syekh dari kalangan tabi'in yang juga tidak diketahui (majhuul).
Lihat: Silsilah hadits dha'if karya syekh Albaniy no.5287.

c.       Dengan sanad yang lain diriwayatkan oleh Ibnu 'Asakir (571H) dalam kitabnya "Mu'jam Asy-Syuyuukh" no.245:
عن الشريف المعمر أبي عبد الله الحسين بن علي الحسيني قال : حدثني شيخي شقيق البلخي قال : حدثني أبو هاشم الأبلي قال : حدثني أنس بن مالك خادم رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من كانت له إلى الله حاجة فليسبغ الوضوء وليصل ركعتين وليقرأ في الركعة الأولى بفاتحة الكتاب وآية الكرسي وفي الثانية بأم الكتاب و { آمن الرسول } فإذا فرغ من صلاته يدعو بهذا الدعاء وهو : يا مؤنس كل وحيد ويا صاحب كل فريد ويا قريب غير بعيد ويا شاهد غير غائب ويا غالب غير مغلوب يا حي يا قيوم يا ذا الجلال والإكرام يا بديع السماوات والأرض اللهم إني أسألك باسمك باسم الله الرحمن الرحيم الحي القيوم الذي لا تأخذه سنة ولا نوم وأسألك باسمك بسم الله الرحمن الرحيم الحي القيوم الذي عنت له الوجوه وخضعت له الرقاب وخشعت له الأصوات ووجلت له القلوب من خشيته أن تصلي على محمد وعلى آل محمد وأن تجعل لي من أمري فرجا ومن كل هم وغم مخرجا وتفعل بي كذا وكذا . 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang punya hajat kepada Allah maka berwudhulah dengan sempurna kemudian shalat 2 raka'at dengan membaca pada raka'at pertama surah Al-Fatihah dan ayat Kursiy, dan pada raka'at kedua membaca surah al-fatihah dan ayat { آمن الرسول } (akhir surah al-baqarah ayat 285-286). Jika telah selesai dari salatnya berdo'alah dengan do'a ini: "Wahai Yang mendamping semua yang sedang kesepian, wahai Yang menemani semua yang sendiri, wahai Yang Maha dekat dan tidak jauh, wahai Yang selalu hadits tidak gaib, wahai Yang selalu menang tidak terkalahkan, wahai Yang Maha Hidup, wahai Yang tidak membutuhkan selain-Nya, wahai Yang memiliki keagungan dan kemuliaan, wahai Yang menciptakan langit dan bumi, Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepadaMu dengan nama-Mu, dengan nama Allah Yang Maha Pemurah, Penyayang, Hidup, Tidak membutuhkan selain-Nya, Yang tidak mengantuk dan tidak tudur. Dan aku meminta kepada-Mu dengan nama-Mu, dengan nama Allah ang Maha Pemurah, Penyayang, Maha Hidup, Tidak membutuhkan selain-Nya, Yang semua wajah memperhatikan untuk-Nya, semua pundak tunduk untuk-Nya, semua suara terdiam untuk-Nya, semua hati bergetar untuk-Nya karena takut kepada-Nya, berilah salawat kepada Muhammad, dan kepada keluarga Muhammad, dan berikanlah kemudahan pada setiap urusanku, dan jalan keluar pada setiap kegelisahan dan kesedihanku, dan lakukanlah untukku ini dan itu".

Ibnu Asakir berkata: Sanad hadits ini sangat lemah (waahin), penyebabnya adalah rawi yang bernama Asy-Syariif.

Hadits Ali bin Abi Thalib (40H) radiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Ibnu Al-Jauziy dalam kitabnya "Al-Maudhuu'aat" 2/141:
عن نعيم بن سالم عن عبدالله بن الحسن عن على بن أبى طالب قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من صلى ركعتين يقرأ في إحداهما من الفرقان من تبارك الذى جعل في السماء بروجا حتى يختم، وفى الركعة الثانية أول سورة المؤمنين حتى يبلغ تبارك الله أحسن الخالقين، ثم يقول في كل ركعة من ركوعه: سبحان الله العظيم وبحمده ثلاث مرات، ومثل ذلك في سجوده، أعطاه الله عزوجل عشرين خصلة ويؤمن من شر الجن والانسن ويعطيه الله عزوجل كتابه بيمينه يوم القيامة ويؤمن من عذاب القبر ومن الفزع الاكبر ويعلمه الكتاب وإن لم يكن حريصا عليه وينزع من الفقر ويذهب عنه هم الدنيا ويؤتيه الله عزوجل الحكم ويبصره كتابه الذى أنزله على نبيه ويلقنه حجته يوم القيامة ويجعل النور في قلبه وينزع حب الدنيا من قلبه ويكتب عند الله عزوجل من الصالحين ".
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang shalat 2 raka'at, membaca pada raka'at pertama surah Al-Furqan dari ayat 61 ( تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا ) sampai akhir, dan pada raka'at kedua membaca surah Al-Mu'minun dari awal sampai ayat 14 ( فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ ), kemudian membaca pada setiap rakaat ketika ruku' (سبحان الله العظيم وبحمده) sebanyak 3x, seperti itu juga ketika sujud, maka Allah akan memberi ia 10 kelebihan, selamat dari kejahatan jin dan manusia, Allah akan memberikan catatan amalannya dengan tangan kanannya di hari kiamat, selamat dari siksaan kubur dan keterkejutan yang dahsyat, diajarkan Al-Qur'an sekalipun ia tidak terlalu semangat terhadapnya, dibebaskan dari kemiskinan, dihilangkan darinya kesedihan dunia, Allah akan memberinya hikmah, pemahaman akan kitab suci yang diturunkan-Nya kepada Nabi-Nya, dituntunkan hujjah (argumen) di hari kiamat, dijadikan cahaya dalam hatinya, dihilangkan sifat cinta dunia dari hatinya, dan dicatat di sisi Allah 'azza wajalla sebagai orang yang salih.

Imam As-Suyuthiy (911H) mengatakan: Hadits ini palsu, penyebabnya adalah Nu'aim atau Yagnam bin Salim[7].
Lihat: Al-La'aali' Al-Mashnu'ah karya As-Suyuthiy 2/67, Tanziih Asy-Syari'ah karya Ibnu Iraaq 2/98.

Hadits Abdullah bin Abi Aufaa (87H) radiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy (279H) dalam kitabnya "Al-Jami' Ash-Shahih" yang lebih dikenal dengan Sunan At-Tirmidziy 2/344 no.479:
عَنْ فَائِدِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ كَانَتْ لَهُ إِلَى اللَّهِ حَاجَةٌ، أَوْ إِلَى أَحَدٍ مِنْ بَنِي آدَمَ فَلْيَتَوَضَّأْ وَلْيُحْسِنِ الْوُضُوءَ، ثُمَّ لِيُصَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ لِيُثْنِ عَلَى اللَّهِ، وَلْيُصَلِّ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ لِيَقُلْ: لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الحَلِيمُ الكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيمِ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ "
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang punya hajat (keinginan) kepada Allah atau kepada seseorang dari anak cucu Adam maka hendaklah ia berwudhu dengan baik, kemudian shalat 2 raka'at, kemudian memuji kepada Allah dan bersalawat atas Nabi sallallahu 'alaihi wasallam, kemudian membaca: "Tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun dan Pemurah, Maha suci Allah Rabb Al-'Arsy yang agung, segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, aku meminta penguat curahan rahmat-Mu, penyebab ampunan-Mu, kemenangan dari setiap kebaikan, keselamatan dari semua dosa, janganlah Engkau meninggalkan dosaku kecuali Engkau telah ampuni, dan tidak juga beban pikiran kecuali Engkau telah lapangkan, dan tiada hajat yang Engkau ridhai kecuali Engkau kabulkan, wahai Yang paling pengasih dari semua yang mengasihi". 

Imam At-Tirmidzi mengatakan: Hadits ini garib (aneh) dan di sanadnya ada cacat, Faid bin Abdurrahman[8] dihukumi haditsnya lemah.
Imam Al-Bukhariy (256H) engatakan: Haditsnya mungkar (sangat lemah), Ibnu Hajar (852H) mengatakan: Haditsnya ditolak (matruuk) dan dituduh sebagai pemalsu hadits.
Lihat: Al-Maudhu'aat karya Ibnu Al-Jauziy 2/140.

Hadits Abu Ad-Dardaa' (32H) radiyallahu 'anhu.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad (241H) dalam kitabnya "Al-Musnad" 45/489 no.27497:
عن مَيْمُونٌ يَعْنِي أَبَا مُحَمَّدٍ الْمَرَائِيَّ التَّمِيمِيَّ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي كَثِيرٍ، عَنْ يُوسُفَ بْنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ سَلَامٍ، عن أَبَي الدَّرْدَاءِ قَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: " مَنْ تَوَضَّأَ، فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا ، أَعْطَاهُ اللهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلًا، أَوْ مُؤَخِّرًا "
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna kemudian shalat 2 raka'at dengan sempurna, maka Allah akan memberikan apa yang ia minta dalam waktu dekat atau yang akan datang".

Hadits ini sanadnya lemah, Maimun Abu Muhammad Al-Maraa'iy At-Tamiimiy[9]; Ibnu Ma'in mengatakan: Aku tidak mengetahuinya. Adz-Dzahabiy mengatakan: Ia majhul (tidak diketahui).
Lihat: Silsilah hadits sahih karya syekh Albaniy 7/1184.

Hadits Ibnu Abbas (68H) radiyallahu 'anhuma.

Diriwayatkan oleh Ibnu Bisyraan (430H) dalam kitabnya "Al-Amaaliy" 1/246 no.567:
عن محمد بن زكريا الغلابي ، ثنا الحكم بن أسلم ، ثنا أبو بكر بن عياش ، عن أبي حصين ، عن سعيد بن جبير ، عن ابن عباس ، قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « جاءني جبريل عليه السلام بدعوات ، فقال : إذا نزل بك أمر من أمر دنياك فقدمهن ثم سل حاجتك : يا بديع السماوات والأرض ، يا ذا الجلال والإكرام ، يا كاشف البلوى ، يا أرحم الراحمين ، يا مجيب المضطرين ، يا إله العالمين ، بك أنزلت حاجتي ، وأنت عالم بها ، فاقضها »
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jibril mendatangiku dengan mengajarkan do'a dan berkata: Jika engkau ditimpa suatu urusan dari urusan dunia maka mulailah dengan membaca do'a ini kemudian minta keinginanmu: "Wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan, wahai Yang menghilangkan musibah, wahai Yang paling pengasih dari orang-orang yang mengasihi, wahai Yang menjawab do'a orang-orang yang terdesak, wahai Ilah alam semesta, dengan-Mu keinginanku terkabulkan, dan Engkau mengetahuinya maka kabulkanlah".

Syekh Albaniy mengatakan: Hadits ini palsu, penyebabnya adalah rawiy yang bernama Muhammad bin Zakariya Al-Galabiy[10]; Imam Ad-Daruquthniy mengatakan: Ia seorang pemalsu hadits.
Lihat: Silsilah hadits dha'if karya syekh Albaniy no.5298.

Dan sebagian ulama lain menganjurkan pelaksanaan shalat hajat, dengan melakukan shalat sunnah seperti biasa sebanyak 2 raka'at kemudian berdo'a sesuai dengan keinginan (tidak ada do'a khusus). Dalilnya:

Dari Utsman bin Hunaif; Seorang yang buta datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan berkata: Ya Rasulullah mintalah kepada Allah agar menyembuhkan penglihatanku. Rasulullah berkata kepadanya:
" فَانْطَلِقْ فَتَوَضَّأْ، ثُمَّ صَلِّ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ قُلِ: اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّي مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ، يَا مُحَمَّدُ إِنِّي أَتَوَجَّهُ بِكَ إِلَى رَبِّكَ أَنْ تَكْشِفَ لِي عَنْ بَصَرِي، شَفِّعْهُ فِيَّ وَشَفِّعْنِي فِي نَفْسِي " [السنن الكبرى للنسائي: صححه الألباني]
Pergilah enkau berwudhu kemudian salat 2 raka'at, kemudian baca: "Ya Allah Sesungguhnya aku meminta kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu, dengan nabiku Muhammad nabi yang pengasih, Ya Muhammad aku menghadap denganmu kepada Rabb-mu agar menyembukan penglihatanku, Ya Allah jadikan ia pemberi syafa'atku, dan jadikan aku pemberi syafa'at pada diriku".
Lalu orang itu kembali dan penglihatannya telah pulih. [Sunan Al-Kubra An-Nasa'i: Disahihkan oleh syekh Albaniy]

Huzaifah radiyallahu 'anhu berkata:
«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ، صَلَّى» [سنن أبي داود: حسنه الألباني]
Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam jika disusahkan oleh satu urusan, beliau mendirikan shalat. [Sunan Abi Daud: Hasan]

Allah subhanahu wata'ala berfirman:
{وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ} [البقرة: 45]
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu*. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu'. [Al-Baqarah:45]
{ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ} [البقرة: 153]
Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu*, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. [Al-Baqarah:153]
*Ada pula yang mengartikan: Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.

Selain shalat hajat, bisa juga melaksanakan shalat istikharah, atau berdo'a dengan do'a-do'a yang dianjurkan saat kesusahan dan kesedihan, atau berdo'a di waktu-waktu mustajab seperti setelah shalat fardhu, saat sujud, dan setelah shalat tahajud di sepertiga malam terakhir.

Wallahu a'lam!


[1] Lihat biografi "Umar bin Harun Al-Balkhiy" dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.224, Adh-Dhu'afaa' karya Al-'Uqailiy 3/194, Al-Kamil karya Ibnu 'Adiy 5/30, Ad-Dhu'afaa' karya Abu Nu'aim hal.113, Ad-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/218, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 5/275, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.417.
[2] Lihat biografi "Abaan bin Abi Ayyasy" dalam kitab: Ad-Dhu'afaa' karya Al-Bukhari hal.24, Ad-Dhu'afaa' karya An-Nasaa'iy hal.148, Ad-Dhu'afaa' karya Al-'Uqailiy 1/38, Al-Kamil 1/381, Ad-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/19, Miizaan Al-I'tidaal 1/124, Taqriib At-Tahdziib hal.87.
[3] Lihat biografi "Ishaq bin Al-Faidh" dalam kitab: Akhbaar Ashbahaan karya Abu Nu'aim 1/214, Thabaqaat Al-Muhadditsiin bi Ashbahaan karya Abu Asy-Syaikh 2/143, Taarikh Al-Islaam karya Adz-Dzahabiy 19/82. Abu Asy-Syaikh berkata: Ia meriwayatkan hadits-hadits yang aneh (tidak diketahui sumbernya), Adz-Dzahabiy berkata: Sebagian menganggapnya tsiqah (haditsnya diterima).
[4] Lihat biografi "Al-Madhaa' bin Al-Jaaruud" dalam kitab: Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 8/403, Miizaan Al-I'tidaal 6/441, Lisan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 8/79.
[5] Lihat biografi "Abdul Aziz bin Ziyaad" dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/109, Miizaan Al-I'tidaal 4/365, Lisan Al-Miizaan 5/206.
[6] Lihat biografi "Abdul Aziz bin Salamah" dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/109, Miizaan Al-I'tidaal 4/365, Lisan Al-Miizaan 5/206.
[7] Lihat biografi " Nu'aim atau Yagnam bin Salim " dalam kitab: Ad-Dhu'afaa' karya Al-Uqailiy 4/466, Al-Kamil 7/284, Miizaan Al-I'tidaal 7/288, Lisan Al-Miizaan 8/288, 543.
[8] Lihat biografi "Faid bin Abdurrahman" dalam kitab: Ad-Dhu'afaa' karya Al-Bukhari hal.99, Ad-Dhu'afaa' karya Al-'Uqailiy 3/460, Al-Kamil 6/26, Ad-Dhu'afaa' karya Abu Nu'aim hal.128, Ad-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 3/3, Miizaan Al-I'tidaal 5/409, Taqriib At-Tahdziib hal.444.
[9] Lihat biografi "Maimuun Abu Muhammad" dalam kitab: Miizaan Al-I'tidaal 6/582, Lisan Al-Miizaan 8/241.
[10] Lihat biografi "Muhammad bin Zakariya Al-Galabiy" dalam kitab: Ad-Dhu'afaa' karya Ad-Daruquthniy hal.350, Miizaan Al-I'tidaal 6/151, Al-Kasyf Al-Hatsits karya Ibnu Al-'Ajamiy hal.229, Lisan Al-Miizaan 7/139.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...