Minggu, 13 Juli 2014

Takhriij hadits “SOLAT SUNNAT QODHO FAWAIT”

بسم الله الرحمن الرحيم


Salah satu sebab munculnya beragam amalan bid'ah dalam ibadah adalah mengamalkan hadits-hadits yang tidak ada sumbernya dalam kitab-kitab hadits yang mencantumkan sanad (hadits palsu).

Dan sangat disayangkan karena masih banyak sekali umat Islam dari kalangan awam bahkan yang menganggap dirinya ulama atau penuntut ilmu syar'iy yang tidak bisa membedakan mana hadits sahih dan mana yang lemah atau palsu, mana yang boleh diamalkan dan mana yang tidak boleh.

Asalkan itu dikatakan “hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam”, mereka langsung mengamalkannya mentah-mentah tanpa mau bertanya kepada ahlinya apakah ini benar datangnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam atau hanya sebatas kedustaan?!

Diantaranya adalah shalat sunnah qadhaa' fawait (shalat sunnah untuk membayar shalat wajib yang telah ditinggalkan).


Disebutkan:

Telah Bersabda Rasulullah SAW, Barang siapa yang selama hidupnya pernah meninggalkan sholat fardu namun tidak dapat menghitung jumlahnya , maka sholatlah qobliyah Ashar di hari Jum’at terakhir di Bulan Rhomadon sebanyak 4 rakaat dengan satu kali Tasyahud akhir lalu Salam, tiap- tiap rakaat membaca surah Al-fatihah1 x, kemudian surah Al-Qodar (boleh juga ayat Kursi ) 1 x dan surah Al – kautsar 15 x .
Inilah Niat sholatnya :
أُصَلِّي سُنَّةَ اْلعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ كَفَارَةً لِمَا فَاتَنِيْ مِنَ الصَّلاَةِ للهِ تَعَالَى
“Aku niat shalat sunnah Ashar 4 rakaat sebagai kafaroh shalat yg telah terluput lillahi Taa Allaa.”
Setelah selesai Sholat meةbaca Istigfar 10 x :
أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعِظِيْمِ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أتُبُوْا إِلَيْكَ
“ Aku mohon ampunan kepada Allah SWT yang maha Agung , tidak ada Tuhan kecuali hanya Dia Zat yang maha pemelihara lagi yang maha mengatur dan aku Bertaobat hanya kepada-NYA.”
Kemudian baca sholawat fatih 10 x :
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِ الْفَاتِحِ لِمَا أَغْلِقَ ، وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ ، وَالْهَادِيْ إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْـتَـقِيمِ ، وَعَلَى آلهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ الْعَظِيْمِ

“Ya Allah Limpahkanlah Sholawat kepada penghulu kami Nabi Muhammad SAW , pembuka terhadap segala yang tertutup , penutup segala yang terdahulu , penolong kebenaran dengan kebenaran, petunjuk ke jalan MU yang lurus dan kepada keluargaNya pemilik kadarNya dan kadar yang Agung.”
Kemudian membaca Doa kafaroh 3 x :
اَللَّهُمَّ يَا مَنْ لاَ تَنْفَعُكَ طَاعَتِيْ وَلاَ تَضُرُّكَ مَعْصِيَتِيْ تَقَبَّلْ مِنِّيْ مَا لاَ تَنْفَعُكَ وَاغْفِرْ لِيْ مَاوَلاَ تَضُرُّكَ يَا مَنْ إِذَا وَعَدَ وَفَا وَ إِذَا تَوَعِدُ تَجَاوَزَ وَعَفَا اِغْفِرْ لِيْ لِعَبْدٍ ظَلَمَ نَفْسَهُ وَأَسْأَلُكَ
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ بَطْرِ اْلغِنَى وَجَهْدِ اْلفَقْرِ إِلَهِيْ خَلَقْتَنِيْ وَلَمْ أَكُنْ شَيْئًاً وَرَزَقْتَنِيْ وَلَمْ اَكُنْشَيْئاً وَارْتَكَبْتُ اْلمَعَاصِيْ فَإِنِّيْ مُقِرٌّ لَكَ بِذُنُوبِيْ فَإِنْ عَفَوْتَ عَنِّيْ فَلاَ يَنْقُصُ مِنْ مُلْكِكَ شَيْئاًوَإِنْ عَذَبْتَنِيْ فَلاَ يَزِدُ فِيْ سُلْطَاِنكَ شيئاً اَللَّهُمَّ إِنَّكَ تَجِدُ مَنْ تُعَذِّبُهُ غَيْرِي لَكِنِّيْ لاَ أَجِدُ مَنْ يَرْحَمْنِيْ سِوَاكَ فَاغْفِرْ لِيْ مَا بَيْنِيْ وَبَيْنَكَ وَمَا بَيْنَ خَلْقِكَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَيَا رَجَاءَ السّائِلِيْنَ وَيَا أَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ إِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ الْوَاسِعَةَ أَنْتَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ يَا رَبَّ الْعَاَلمِيْنَ.اَللَّهُمَّ اغْفِرْ للْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ وَتَابِعِ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِربّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَ أَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ وصل الله على سيّدنا محمّد وعلى ألِهِ وصحبه وسلّم تسليمًا كثيرًا والحمد لله ربّ العالمين.أمين
Fadilahnya : Sayidina Abu Bakar Ra. Berkata : saya telah mendengar Rasulullah SAW Bersabda : Sholat Itu sebagai Kafaroh ( Pengganti ) shalat 400 tahun .Dan Menurut Syaidina Ali Ra. Shalat tersebut sebagai kafaroh shalat 1000 tahun , maka bertanya para Sahabat Ra. : “umur manusia itu hanya 60 atau 100 tahun , maka untuk siapakah kelebihannya?,”
Rasulullah SAW menjawab : “ untuk kedua Orang tuannya , istrinya , anak anaknya , dan sanak Familynya serta orang – orang dilingkungannya."
Dalam riwayat Syaidatina Fatimah Az-zahrah Ra. tiap dua rakaat masing – masing satu tasyahud dan salam dan membaca doa ini :
اللهم ياسابق الفوت وياسامع الصوت ويا محيي العظام بعد الموت اللهم صلي على محمد وال محمد واجعل لي من أمري فرجا ومخرجا مما انا فيه انك تقدر وأنا لا أقدر وانت تعلم وانا لا أعلم وأنت عليم الغيوب يا واهب العطايا وياغافر الخطاياياسبوح ياقدوس يارب الملائكة والروح رب أغفر وارحم وتجاوز عما تعلم انكانت الاعز والاجل الاكرم وانت العلي الاعظم ياساتر العيوب ياذا الجلال والاكرامبرحمتك ياارحم الراحمين

Takhriij hadits:

Hadits ini disebutkan dalam satu buku yang berjudul “سور من القرن الكريم  “, dengan lafadz yang mirip:

عن رسول الله - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: من فاته في عمره صلاة ولم يقضها فليقم آخر جمعة من شهر رمضان يصلي أربع ركعات ، يتشهد وأخذ يقرأ في كل ركعة فاتحة الكتاب مرة ، وسورة القدر ، وسورة الكوثر خمسة عشر مرة ، ويقول في النية: " نويت أن أصلي أربع ركعات كفارة لما فاتني من الصلاة ".
قال أبو بكر: سمعت رسول الله يقول: هي كفارة أربعمئة سنة ، فقال علي: هي كفارة ألف، قالوا: يا رسول الله: ابن آدم يعيش مائة سنة فلمن تكون الصلاة الزائدة؟ قال: تكون لأبويه وزوجته وأولاده وأقاربه، فإذا فرغ من الصلاة صلى على النبي مائة مرة ثم يدعو بهذا الدعاء:
" اللهم يا من لا تنفعك طاعتي ولا تضرك معصيتي تقبل ما لا ينفعك واغفر لي ما لا يضرك يا من إذا وعد وفى وإذا توعد تجاوز وعفا اغفر لعبد ظلم نفسه وأساء اللهم إني أعوذ بك من بطر الغنى وجهد الفقر إلهي خلقتني ولم أكن شيئاً ورزقتني ولم أكن شيئاً وارتكبت المعاصي فإني مقر لك بذنوبي فإن عفوت عني فلا ينقص من ملكك شيء وإن عذبتني فلا يزيد في سلطانك شيء إلهي أنت تجد من تعذبه غيري وأنا لا أجد من يرحمني غيرك اغفر لي ما بيني واغفر ما بيني وبين خلقك يا ارحم الراحمين ويا رجاء السائلين ويا أمان الخائفين ارحمني برحمتك الواسعة اللهم اغفر لي ولوالدي وللمسلمين " .


Disebutkan juga dengan lafadz yang lain:

" من صلي ركعتين بعد صلاة المغرب يقرأ في كل ركعه الفاتحة مرة وآية الكرسي مرة والإخلاص ثلاث مرات ، يقضى الله عنه صلاة أربعين سنة "
“Barangsiapa yang shalat dua raka’at setelah shalat magrib, ia membaca pada setiap raka’at surah Al-Fatihah satu kali, ayat kursi satu kali, dan Al-Ikhlash tiga kali, maka Allah akan menggantikan untuknya shalat empat puluh tahun (yang ia lalaikan)”.

Lihat: فتاوى الشبكة الإسلامية (11/ 12192) حكم صلاة بر الوالدين وصلاة قضاء الفوائت

Derajat hadits ini:

Syekh Muhammad Al-Khaliliy Al-Qaadiry (w.1147H) rahimahullah menghukumi bahwa hadits ini bukan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam alias palsu.

Lihat: Fataawaa Al-Khaliliy ‘alaa madzhab asy-syafi’iy 1/49.

Hadits ini dihukumi palsu karena beberapa sebab:

1.       Hadits ini tidak didapati dalam buku-buku hadits yang masyhur, sekalipun ia banyak ditemukan dalam buku-buku fiqhi karya ulama yang bukan ahli dalam bidang hadits, mereka menyebutkannya tanpa sanad.

Imam Asy-Syaukaniy (w.1250H) rahimahullah berkata:
حديث: "مَنْ صَلَّى فِي آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَمَضَانَ الْخَمْسَ الصَّلَوَاتِ الْمَفْرُوضَةَ فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ قَضَتْ عَنْهُ مَا أَخَلَّ بِهِ مِنْ صَلاةِ سُنَّتِهِ " . هَذَا: مَوْضُوعٌ لا إِشْكَالَ فِيهِ وَلَمْ أَجِدْهُ فِي شَيْءٍ مِنَ الْكُتُبِ الَّتِي جَمَعَ مُصَنِّفُوهَا فِيهَا الأَحَادِيثَ الْمَوْضُوعَةَ وَلَكِنَّهُ اشْتَهَرَ عِنْدَ جَمَاعَةٍ مِنَ الْمُتَفَقِّهَةِ بِمَدِينَةِ صَنْعَاءَ فِي عَصْرِنَا هَذَا وَصَارَ كَثِيرٌ مِنْهُمْ يَفْعَلُونَ ذَلِكَ وَلا أَدْرِي مَنْ وَضَعَهُ لَهُمْ . فَقَبَّحَ اللَّهُ الْكَذَّابِينَ. [الفوائد المجموعة رقم 115 ص54]
Hadits “barangsiapa yang shalat pada Jum’at terakhir dari bulan Ramadhan lima shalat wajib siang dan malam, maka telah di-qadha (diganti) untuknya semua shalat sunnahnya yang ia telah lalaikan”; Hadits ini palsu, tanpa ada permasalahan dalam hal ini, dan aku tidak mendapatkannya dalam satu buku pun yang mana penulisnnya mengumpulkan hadits-hadits palsu di dalamnya, akan tetapi hadits ini masyhur di kalangan ahli fiqhi di kota Shan’aa pada masa kami ini, dan telah banyak dari mereka yang mengamalkan itu, dan aku tidak tahu siapa yang telah memalsukannya untuk mereka. Semoga Allah menghinakan para pembohong (pemalsu hadits). [Fawaid Al-Majmu’ah fii al-ahaadits al-maudhu’ah (kumpulan hadits palsu) no.115 hal.54]

Syekh ‘Athiyah Shaqr rahimahullah ditanya tentang hadits ini, beliau menjawab:
لم أعثر على هذا الحديث فى الكتب الصحيحة، وعلامة الوضع فيه ظاهرة، فالصلاة التى تفوت الإنسان لا يكفرها إلا قضاؤها [فتاوى دار الإفتاء المصرية (9/ 144، بترقيم الشاملة آليا)]
“Aku tidak mendapatkan hadits ini dalam buku-buku yang mengumpulkan hadits-hadits shahih, dan tanda-tanda kepalsuan pada hadits ini sangat jelas, kerena shalat yang dilewatkan oleh seseorang tidak bisa digantikan kecuali dengan mengqadhaa’nya (mendirikannya)”. [Fataawaa daar al-iftaa’ al-mashriyah 9/144]

2.       Menyalahi Ijmaa’ (kesepakatan) ulama.

Syekh Ali Al-Qaariy (ww.1014H) rahimahullah berkata:
بَاطِلٌ قَطْعًا لِأَنَّهُ مُنَاقِضٌ لِلْإِجْمَاعِ عَلَى أَنَّ شَيْئًا مِنَ الْعِبَادَاتِ لَا يَقُومُ مَقَامَ فَائِتَةِ سَنَوَاتٍ ثُمَّ لَا عِبْرَةَ بِنَقْلِ صاحب " النِّهَايَةِ " وَلَا بِبَقِيَّةَ شُرَّاحِ " الْهِدَايَةِ " فَإِنَّهُمْ لَيْسُوا مِنَ الْمُحَدِّثِينَ وَلَا أَسْنَدُوا الْحَدِيثَ إِلَى أَحَدٍ مِنَ الْمُخَرِّجِينَ [الأسرار المرفوعة في الأخبار الموضوعة رقم 519]
Hadits ini bathil secara pasti, karena bertentangan dengan ijma’ bahwa suatu ibadah tidak bisa menggantikan shalat-shalat yang telah ia lewatkan selama bertahun-tahun, kemudian tidak menjadi pertimbangan dengan penukilan (hadits ini) oleh penulis kitab “An-Nihayah” dan tidak juga para pensyarah kitab “Al-Hidayah”, karena mereka bukan dari ahli hadits dan mereka juga tidak menyebutkan sanad kepada seorang pun dari para periwayat hadits. [Al-Asraar Al-Marfuu’ah fii al-akhbaar al-maudhuu’ah no.519]

Al-‘Allaamah Ad-Dahlawiy (w.1239H) rahimahullah dalam risalahnya “Al-‘Ujalah An-Nafi’ah” ketika menyebutkan tanda-tanda hadits palsu yang kelima, beliau berkata:
أَن يكون مُخَالفا لمقْتَضى الْعقل وَتكَذبه الْقَوَاعِد الشَّرْعِيَّة مثل الْقَضَاء الْعمريّ وَنَحْو ذَلِكَ انْتهى
Adanya hadits tersebut menyalahi nalar akal dan mendustakan (menyalahi) kaidah-kaidah syari’at, seperti hadits “Al-Qadhaa’ Al-‘Umriy” (hadits qadhaa shalat yang terlewatkan selama hidup) dan yang semisalnya.

Lihat: Al-Aatsaar Al-Marfuu’ah fii al-akhbaar al-marfuu’ah (kumpulan hadits palsu) karya Al-Laknawiy hal. 85.

Syekh Muhammad Abu Syuhbah (w.1403H) rahimahullah menyebutkan diantara tanda-tanda suatu hadits palsu adalah ketika kandungan hadits tersebut menyalahi ijma’ ulama. Beliau berkata:
ومثال المخالف للإجماع حديث: "من قضى صلوات من الفرائض في آخر جمعة من رمضان كان ذلك جابرا لكل صلاة فاتته في عصره إلى سبعين سنة", فإن هذا وما شاكله باطل كذب لمخالفته للإجماع على أن شيئا من العبادات لا يسقط فائتة سنة فضلا عن سبعين سنة ولا تغتر بما يوجد من هذا وأمثاله في بعض كتب الفقه أو كتب الأوراد, وكن منه على حذر شديد. [الوسيط في علوم ومصطلح الحديث (ص: 339)]
Contoh tanda hadits palsu karena menyalahi ijma’, hadits: “Barangsiapa yang meng-qadhaa shalat-shalat fardhu di hari Jum’at terakhir dari bulan Ramadhan, maka itu telah menutupi semua shalat yang ia lewatkan di masa hidupnya sampai 70 tahun”; Maka sesungguhnya hadits ini dan yang semisalnya adalah hadits bathil dan suatu kebohongan, karena meyalahi ijma’ yang menyatakan bahwa suatu ibadah tidak bisa menggugurkan satu shalat sunnah apa lagi sampai 70 tahun, dan jangan tertipu dengan adanya hadits ini dan semisalnya dalam beberapa buku fiqhi atau buku-buku wirid, dan hendaklah engkau dari masalah ini untuk sangat berhati-hati. [Al-Washiith fii ‘uluum wa mushthalah al-hadiits hal.339]

3.       Menyalahi beberapa hadits yang shahih.

Diantaranya:

a.       Hadits yang menyebutkan bahwa orang yang lupa mendirikan shalat fardhu atau ketiduran maka wajib menggantinya ketika ia ingat atau terbangun.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
" مَنْ نَسِيَ صَلاَةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَهَا، لاَ كَفَّارَةَ لَهَا إِلَّا ذَلِكَ {وَأَقِمِ الصَّلاَةَ لِذِكْرِي} [طه: 14] " [صحيح البخاري ومسلم]
“Barangsiapa yang lupa suatu shalat maka hendaklah ia mendirikannya ketika ia ingat, tidak ada kaffarah (pengganti) untuknya kecuali itu” {Dan dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku} [Thaahaa:14] [Sahih Bukhari dan Muslim]

Dalam riwayt lain:
«مَنْ نَسِيَ صَلَاةً، أَوْ نَامَ عَنْهَا، فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا» [صحيح مسلم]
“Barangsiapa yang lupa suatu shalat, atau ketiduran darinya, maka penggantinya adalah mendirikannya ketika ia mengingatnya”. [Sahih Muslim]

Abu Juhaifah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika bepergian jauh dan mereka ketiduran (dari shalat subuh) sampai matahari terbit, beliau bersabda:
«إِنَّكُمْ كُنْتُمْ أَمْوَاتًا فَرَدَّ اللَّهُ إِلَيْكُمْ أَرْوَاحَكُمْ، فَمَنْ نَامَ عَنْ صَلَاةٍ فَلْيُصَلِّهَا إِذَا اسْتَيْقَظَ، وَمَنْ نَسِيَ صَلَاةً فَلْيُصَلِّ إِذَا ذَكَرَ» [مسند أبي يعلى الموصلي: صحيح]
“Sesungguhnya kalian tadi adalah orang mati, kemudian Allah mengembalikan kepada kalian ruh-ruh kalian, maka barangsiapa yang ketiduran dari suatu shalat maka hendaklah ia mendirikannya ketika ia bangun, dan barangsiapa yang lupa suatu shalat maka hendaklah ia mendirikannya ketika ia ingat”. [Musnad Abi Ya’laa: Sahih]

b.      Menyalahi hadits yang menyebutkan bahwa kekurangan yang ada pada shalat-shalat fardhu karena dilalaikan akan ditutupi di hari kiamat nanti dengan amalan shalat sunnah secara umum dan tidak dikhususkan dengan shalat tertentu.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
" إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ العَبْدُ يَوْمَ القِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ، فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ، وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ، فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ شَيْءٌ، قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ: انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا انْتَقَصَ مِنَ الفَرِيضَةِ، ثُمَّ يَكُونُ سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ " [سنن الترمذي: صحيح]
“Sesungguhnya yang pertama diperiksa pada seorang hamba di hari kiamat dari amalannya adalah shalat-nya, maka jika sempurna maka beruntunglah ia dan selamatlah ia, dan jika rusak maka celakalah ia dan rugilah ia. Kemudian jika ada sesuatu yang kurang dari shalat wajibnya, Allah ‘azza wa jalla berfirman: Periksalah, apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah. Maka dengannya disempurnakan apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian setelah itu amalan lain diperiksa seperti itu.” [Sunan Tirmidziy: Sahih]

Syekh Al-Laknawiy (w.1304H) rahimahullah berkata:
وَقد ألفت لإِثْبَات وضع هَذَا الحَدِيث الَّذِي يُوجد فِي كتب الأوراد والوظائف بِأَلْفَاظ مُخْتَلفَة مختصرة ومطولة بالدلائل الْعَقْلِيَّة والنقلية رِسَالَة مُسَمَّاة بردع الأخوان عَن محدثات آخر جُمُعَة رَمَضَان وأدرجت فِيهَا فَوَائِد تنشط بهَا الأذهان وتصغي إِلَيْهَا الآذان فلتطالع فَإِنَّهَا نفيسة فِي بَابهَا رفيعة الشَّأْن.
Aku telah menyusun buku untuk menetapkan kepalsuan hadits ini yang ditemukan dalam buku-buku wirid dan amalan rutin dengan lafadz yang beragam baik yang singkat maupun yang panjang, dengan dalil-dalil akal dan naqli (al-qur’an, hadits, dan pendapat ulama). Suatu risalah yang berjudul “Rad’u Al-Ikwaan ‘an muhdatsaat aakhir Jum’ah Ramadhaan”, di dalamnya aku juga menyebutkan fawaid-fawaid yang bisa menyemangati pikiran dan menarik pendengaran, maka bacalah buku tersebut karena sesungguhnya ia sangat baik dalam permasalahan ini dan sangat tinggi kedudukannya.

Lihat: Al-Aatsaar Al-Marfuu’ah fii al-akhbaar al-marfuu’ah (kumpulan hadits palsu) karya Al-Laknawiy hal. 85.

Semoga Allah subhanahu wa ta'aalaa menjauhkan kita dari amalan ibadah bid’ah, dan menyelamatkan kita dari kedustaan dengan mengamalkan hadits-hadits palsu atau menyebarkannya. Amiin ...

Wallahu a’lam!

                 Bagaimana menghukumi hadits
                 Bahaya bid'ah

10 komentar:

  1. Alhamdulillah, sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillahi lladzii bini'matihii tatimmu shalihaat ...

      Hapus
  2. Sangat bermanfaat Syukron atas postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baarakallahu fiik, wa jazaakumullahu khaeran 😊

      Hapus
  3. Terus terang saya masih bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Allah Yg Maha Pemurah memberikan pemahaman dlm urusan agama.
      Mu'awiyyah -radhiyallahu ' anhu- berkata; Aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa yang Allah kehendaki menjadi baik maka Allah faqihkan dia terhadap agama. [Shahih Bukhari]

      Hapus
  4. Aslinya hadits itu tersimpan ribuan tahun untuk kalangan tertentu(tijaniyah).stelah viral di internet baru di apes2kan.
    Hadits nabi tu jutaan.lbih banyak yg tak terbuku kan drpda yg terkitabkan.

    Ibarat mobil,sholat jabrul fawait itu buat ban serep.klo sholat fardu bolong2 ya harus di qodoi/tambal.cm jaga2 jk lupa/gk sadar tlah batal ato gk sah ato jk yg bolong2 sholat nya bertobat udah masa tua yg lemah mk sholat jabrul fawait bs di praktek..tnpa menafikan hadits yg nyuruh org qodo' sholat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini adalah logika Yahudi, Nashrani, dan pemalsu hadits.
      Kalau logika ini dipakai, maka tdk perlu ada ilmu musthalah hafits, dan semua org bebas mengarang dalam urusan ibadah.
      Imam Ibnu Mubarak -rahimahullah- berkata:
      إن الإسناد من الدين، ولولا الإسناد لقال من شاء ما شاء
      Sesungguhnya sanad itu bagian dari agama, tanpa sanad maka siapa saja bisa berkata apa yg mau ia katakan (dlm urusan agama).
      Wallahu a'lam!

      Hapus
  5. Assalamualaikum wr wb...maaf saya kurng jels memahaminya ..saya mau tanya kesimpulanya ..soalnya saya sudah lama mnjalankan solat sunh fawaid trus di lanjut awabin apakah solat saya sia"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh!

      Pemahaman adalah anugrah dari Allah 'azza wajalla, semoga Allah senantiasa memberikan pemahaman dalam agama bagi kita semua.

      Kesimpulan tulisan ini bhw shalat qadha fawait tidak disyari'atkan dan jika dilakukan akan sia-sia krn tdk ada landasannya dalam agama.

      Adapun shalat awwabiin, maka ia adalah shalat dhuhaa yang disunnahkan, dan dapat pahala jika dikerjakan.

      Wallahu a'lam!

      Hapus

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...