Rabu, 27 April 2011

Zikir Pagi


بسم الله الرحمن الرحيم
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam sering membaca di pagi hari ...
أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ ، وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ ، وَعَلَى دِينِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، وَعَلَى مِلَّةِ أَبِينَا إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا مُسْلِمًا ، وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِين
"Kita memasuki waktu pagi dengan fitrah Islam, dan dengan kalimat Iklas (kalimat syahadat), dan dengan agama nabi kita Muhammad, dan dengan agama nabi kita Ibrahim yang lurus - jauh dari syirik dan kesesatan - lagi berserah diri (kepada Allah) dan sekali-kali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musyrik".
  • Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang membaca di waktu pagi ...
رَضِيتُ بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالإِسْلاَمِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا
"Aku rela Allah sebagi Tuhan, dan Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai nabi".
Maka aku sebagai jaminan, akan ku gandeng tangannya sampai masuk surga.
  • Rasulullah sering membaca setelah salam dari salat subuh ...
اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً
"Ya Allah .. sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, dan rezki yang halal, dan amalan yang diterima".
  • Rasulullah sering membaca di waktu pagi ...
اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ النُّشُورُ
Ya Allah .. karena Engkaulah kami memasuki waktu pagi, dan karena Engkaulah kami memasuki waktu sore, dan karena Engkaulah kami hidup, dan karena Engkaulah kami mati, dan kepada-Mu lah kebangkitan.
  • Jika datang waktu pagi Rasululah membaca:
أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ لِلَّهِ ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذَا اليَوْمِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذَا اليَوْمِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ ، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ وَسُوءِ الْكِبَرِ ، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي الْقَبْرِ
Kita memasuki waktu pagi bersama kerajaan milik Allah, dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya, dan Dia maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Rab .. Aku meminta kepada-Mu kebaikan yang ada pada hari ini dan hari berikutnya, dan aku berlindung pada-Mu dari kejahatan yang ada pada hari ini dan hari berikutnya. Ya Rab .. aku berlindung pada-Mu dari kemalasan, dan kejelekan hari tua. Ya Rab .. aku berlindung pada-Mu dari siksaan dalam neraka dan siksaan dalam kubur.
  • Di suatu pagi saat hendak salat subuh Rasululah keluar meninggalkan Juwairiyah yang sedang duduk berdzikir di tempat salatnya, kemudian Rasulullah kembali setelah waktu duha' dan ia masih duduk di tempatnya. Rasulullah bertanya: Kamu masih dalam posisi saat aku meninggalkanmu? Juwairiyah menjawab: Iya. Rasulullah bersabda: Aku telah mengucapkan do'a setelah meninggalkanmu, terdiri dari empat kalimat sebanyak tiga kali, kalau pahalanya ditimbang dengan apa yang kau lakukan maka akan mengalahkannya ...
سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ ، عَدَدَ خَلْقِهِ ، وَرِضَا نَفْسِهِ ، وَزِنَةَ عَرْشِهِ ، وَمِدَادَ كَلِمَاتِه
 " Maha suci Allah dan segala puji bagi-ya, aku bertasbih dan memuji sebanyak jumlah makluk-Nya, mengharapkan ridha-Nya, seberat 'arsy-Nya, dan sebanyak kalimat-Nya " . 
  • Membaca istigfar seratus kali, Rasulullah bersabda: tidak pernah aku berada di pagi hari kecuali aku minta ampun kepada Allah sebanyak seratus kali. 
*Lihat juga :  - Zikir sore
                    - Zikir pagi dan sore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...