Minggu, 30 Maret 2025

Takhrij hadits: Hadiah untuk pegawai adalah khianat (korupsi)

بسم الله الرحمن الرحيم

Hadits yang menyebutkan bahwa hadiah yang diterima oleh pegawai yang sudah punya gaji tetap adalah khianat, masuk dalam kategori sogok menyogok; hadits ini diriwayatkan dari beberapa sahabat Nabi secara marfuu’ dan mauquuf dengan lafadz yang bervariasi.

Berikut penjelasannya:

A.    Hadits Abu Humaid As-Sa’idiy radhiyallahu ‘anhu.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam “Al-Musnad” (14/39) no.23601, dan Al-Bazzar dalam Musnad-nya (9/172) no.3723:

عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: «هَدَايَا الْعُمَّالِ غُلُولٌ»

Dari Isma’il bin ‘Ayyasy, dari Yahya bin Sa’id, dan ‘Urwah bin Az-Zubair, dari Abu Humaid As-Sa’idiy: Bahwasanya Rasulullah bersabda: “Hadiah untuk pegawai adalah khianat”.

Al-Bazzar rahimahullah mengatakan:

"هَذَا الْحَدِيثُ رَوَاهُ إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ وَاخْتَصَرَهُ وَأَخْطَأَ فِيهِ، وَإِنَّمَا هُوَ عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ أَنَّ النَّبِيَّ بَعَثَ رَجُلًا عَلَى الصَّدَقَةِ ... "

Hadits ini diriwayatkan oleh Isma’il bin ‘Ayyasy, ia meringkas lafadznya dan melakukan kesalahan, sebenarnya hadits ini diriwayatkan dari Az-Zuhriy, dari ‘Urwah, dari Abu Humaid: “Bahwasanya Nabi mengutus seseorang untuk mengumpulkan zakat ...”.

Ø  Dengan lafadz yang berbeda, diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (10/233) no.20474:

عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ : " هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ "

Dari Isma’il bin ‘Ayyasy, dari Yahya bin Sa’id, dan ‘Urwah, dari Abu Humaid As-Sa’idiy, ia berkata: Rasulullah bersabda: “Hadiah untuk pemerintah adalah khianat”.

Ø  Secara mauquf (hanya perkataan Abu Humaid), diriwayatkan juga oleh Abu ‘Awanah dalam “Al-Mustakhraj” (4/395) no.7073:

عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: «هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ»

Dari Isma’il bin ‘Ayyasy, dari Yahya bin Sa’id, dan ‘Urwah, dari Abu Humaid As-Sa’idiy, ia berkata: “Hadiah untuk pemerintah adalah khianat”.

Sanad hadits ini lemah karena Isma’l bin ‘Ayyasy[1] berasal dari daerah Himsh di Syam, ia shaduq (haditsnya hasan) jika ia meriwayatkan hadits dari sekampungnya, tapi jika ia meriwayatkan hadits dari ulama di luar kampungnya maka periwayatan haditsnya terdapat kerancuan (lemah). Dan hadits ini ia riwayatkan dari Yahya bin Sa’id Al-Anshariy dari negri Hijaz (Madinah) bukan dari ulama sekampungnya.

Ø  Hadits yang dimaksud oleh Al-Bazzar, diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam “As-Shahih” (3/159-160) no.2597:

عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: اسْتَعْمَلَ النَّبِيُّ رَجُلًا مِنَ الأَزْدِ، يُقَالُ لَهُ ابْنُ الأُتْبِيَّةِ عَلَى الصَّدَقَةِ، فَلَمَّا قَدِمَ قَالَ: هَذَا لَكُمْ وَهَذَا أُهْدِيَ لِي، قَالَ: «فَهَلَّا جَلَسَ فِي بَيْتِ أَبِيهِ أَوْ بَيْتِ أُمِّهِ، فَيَنْظُرَ يُهْدَى لَهُ أَمْ لاَ؟ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لاَ يَأْخُذُ أَحَدٌ مِنْهُ شَيْئًا إِلَّا جَاءَ بِهِ يَوْمَ القِيَامَةِ يَحْمِلُهُ عَلَى رَقَبَتِهِ، إِنْ كَانَ بَعِيرًا لَهُ رُغَاءٌ، أَوْ بَقَرَةً لَهَا خُوَارٌ، أَوْ شَاةً تَيْعَرُ» ثُمَّ رَفَعَ بِيَدِهِ حَتَّى رَأَيْنَا عُفْرَةَ إِبْطَيْهِ: «اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ، اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ» ثَلاَثًا

Dari Az-Zuhriy, dari 'Urwah bin Az-Zubair, dari Abu Humaid As-Sa'idiy radhiallahu'anhu berkata, Nabi memperkerjakan seorang laki-laki dari suku Al azdiy sebagai pemungut zakat. Ketika datang dari tugasnya, dia berkata, "Ini untuk kalian sebagai zakat dan ini dihadiahkan untukku." Beliau berkata, "Biarkanlah dia tinggal di rumah ayahnya atau ibunya lalu dia lihat apakah benar itu dihadiahkan untuknya atau tidak. Dan demi Dzat yag jiwaku di tangan-Nya, tidak seoragpun yang mengambil sesuatu dari zakt kecuali dia akan datang pada hari kiamat dengan dipikulkan di atas lehernya berupa unta yang berteriak, atau sapi yang melembuh atau kambing yang mengembik." Kemudian beliau mengangkat tangan beliau sehingga terlihatt oleh kami ketiak beliau yang putih dan (berkata,): "Ya Allah bukankah aku sudah sampaikan, bukankah aku sudah sampaikan"…. sebanyak tiga kali".

B.     Hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma.

Diriwayatkan secara marfu’ dan mauquf; Riwayat marfu’, melalui beberapa jalur:

1. ‘Atha’ bin Abi Rabaah.

Yang meriwayatkan dari ‘Athaa ada beberapa rawi:

a)      Laits bin Abi Sulaim.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam Al-Ausath” (5/168) no.4969:

حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ مُحَمَّدٍ الدَّلَّالُ قَالَ: نَا أُسَيْدُ بْنُ زَيْدٍ الْجَمَالُ قَالَ: نَا قَيْسُ بْنُ الرَّبِيعِ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ قَالَ: «هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ»

Al-Haitsamiy rahimahullah berkata:

"رواه الطبراني في الأوسط، وإسناده حسن".

“Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Ausath” dan sanadnya hasan”. [Majma’ Az-Zawaid 4/151]

b)      Khair bin Nu’aim.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam Al-Ausath” (9/33-34) no.9055:

حَدَّثَنَا الْمِقْدَامُ، نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، نَا ابْنُ لَهِيعَةَ، عَنْ خَيْرِ بْنِ نُعَيْمٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ قَالَ: «هَدَايَا الْإِمَامِ غُلُولٌ»

Sanad hadits ini lemah karena ada rawiy yang bernama Abdullah bin Lahi'ah[2]; Periwayatan haditsnya lemah.

c)       Isma’il bin Muslim Al-Makiy.

Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam “Al-Kaamil” (1/458):

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنا مُوسَى بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنا عَبد اللَّهِ بْنُ الْجَهْمِ، حَدَّثَنا عَمْرو بْنُ أَبِي قَيْسٍ، عَنْ مُطَرِّفٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ عَطاء، عَن جَابِرِ، قَال: قَال رَسُولِ اللَّهِ : "هَدَايَا الْعُمَّالِ سُحْتٌ".

Sanad ini lemah, karena Isma'il bin Muslim Al-Khaulaniy, Abu Ishaq Al-Makkiy[3].

d)      Ubaidillah bin Abi Ja’far.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziib Al-Aatsaar, musnad ‘Ali (3/208) no.343:

عن أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَمِّي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي ابْنُ لَهِيعَةَ، وَعُمَرُ بْنُ مَالِكٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي جَعْفَرٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: «هَدِيَّةُ الْإِمَامِ غُلُولٌ»

2. Al-Hasan Al-Bashriy.

Diriwayatkan oleh Al-Jurjaniy dalam “Tarikh Jurjan” hal.296:

عن يَزِيد بْن الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِي قَيْسٍ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : "هَدَايَا الْعُمَّالِ سُحْتٌ"

Ø  Dengan lafadz yang lain, diriwayatkan oleh Ibnu Abdil Bar dalam “At-Tamhiid” (2/10):

قَالَ سُنَيْدٌ: وَحَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: "هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ"

3. Abu Nadhrah.

Diriwayatkan oleh Abdurrazaq dalam “Al-Mushannaf” (8/147) no.14665:

عَنِ الثَّوْرِيِّ، عَنْ أَبَانَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ قَالَ: «الْهَدَايَا لِلْأُمَرَاءِ غُلُولٌ»

Dari Ats-Tsauriy, dari Abaan, dari Abi Nadhrah, dari Jabir bin Abdillah: Bahwasanya Rasulullah bersabda: “Hadiau untuk pemimpin adalah khianat”.

Sanad ini sangat lemah karena Abaan bin Abi ‘Ayyasy[4]; Periwayatan haditsnya ditolak.

4. Abu Az-Zubair.

Diriwayatkan oleh Abu Al-Qasim Al-Halabiy As-Saraj dalam kitab “Hadits Ibnu As-Saqa’” –sebagaimana disebutkan oleh syekh Albaniy dalam Al-Irwa’ (8/247)-;

حدثنا محمد، حدثنا عصام بن يوسف، حدثنا سفيان بن سعيد الثوري عنه.

Syekh Albaniy rahimahullah berkata:

"هذا سند لا بأس به في الشواهد"

“Sanad ini tidak mengapa (baik) sebagai penguat”.

Ø  Adapun riwayat mauquf, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya (4/444) no.21959:

قَالَ: حَدَّثَنَا ابْنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ أَبِي قَزَعَةَ، عَنْ أَبِي يَزِيدَ الْمَدِينِيِّ، قَالَ: سُئِلَ جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ هَدَايَا الْأُمَرَاءِ، فَقَالَ: «هِيَ فِي نَفْسِي غُلُولٌ»

Ibnu Abi Syaibah berkata: Telah menceritakan kepada kami, Ibnu Mahdiy, dari Abu Qaz’ah, dari Abu Yazid Al-Madiniy, ia berkata: Jabir bin Abdillah ditanya tentang hadiah untuk pemimpin/penguasa, maka ia menjawab: “Menurut saya itu adalah khianat”.

C.     Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam Al-Ausath” (8/25) no.7852, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil (1/283):

عن أَحْمَد بْن مُعَاوِيَةَ بْنِ بَكْرٍ الْبَاهِلِيّ، نا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ، عَنِ ابْنِ عَوْنٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ : " هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ "، وفي رواية: " هَدَايَا الْعُمَّالِ غَلُولٌ ".

Dari Ahmad bin Mu’awiyah bin Bakr Al-Bahiliy, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami, An-Nadhr bin Syumail, dari Ibnu ‘Aun, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah bersabda: “Hadiah untuk pemerintah adalah khianat”, dalam riwayat lain: “Hadiah untuk pegawai adalah khianat”.

Ath-Thabaraniy rahimahullah mengatakan:

" لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدَيثَ عَنِ ابْنِ عَوْنٍ إِلَّا النَّضْرُ، تَفَرَّدَ بِهِ: أَحْمَدُ بْنُ مُعَاوِيَةَ "

“Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu ‘Aun kecuali An-Nadhr, Ahmad bin Mu’awiyah sendiri meriwayatkan hadits ini darinya”.

Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata:

"هَذَا الْحَدِيثُ بِهَذَا الإِسْنَادِ بَاطِلٌ، أَحْمَدُ بْنُ مُعَاوِيَةَ بْنِ بَكْرٍ الْبَاهِلِيُّ حَدَّثَ عَنِ الثِّقَاتِ بالبواطيل، وَكان يَسْرِقُ الحديث".

“Hadits ini dengan sanad ini adalah bathil (sangat lemah), Ahmad bin Mu’awiyah bin Bakr Al-Bahiliy; ia meriwayatkan dari perawi-perawi tsiqah hadits-hadits yang batil (sangat lemah), dan ia sering mencuri hadits”.

D.    Hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.

Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam Al-Kabir” (11/199) no.11486:

عن يَمَان بْن سَعِيدٍ الْمِصِّيصِيّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ حُمَيْدٍ، عَنْ خَيْرِ بْنِ نُعَيْمٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: «الْهَدِيَّةُ إِلَى الْإِمَامِ غُلُولٌ»

Dari Yaman bin Sa’id Al-Mishishiy, ia berkata: Telah meceritakan kepada kami, Muhmmad bin Himyar, dari Khalid bin Humaid, dari Khaer bin Nu’aim, dari ‘Atha’, dari Ibnu ‘Abbas, dari Rasulullah , beliau bersabda: “Hadiah untuk penguasa adalah khianat (korupsi)”.

Sanad ini lemah karena Yaman bin Sa’id Al-Mishishiy, Adz-Dzahabiy berkata:

"ضعفه الدارقطني، وغيره، ولم يترك". [ميزان الاعتدال]

“Ia dihukumi lemah oleh Ad-Daraquthniy dan selainnya, namun periwayatannya tidak ditinggalkan”. [Mizanul I’tidal]

Ø  Sanad ini punya penguat, diriwayatkan oleh Ibnu Al-Jauziy dalam kitabnya “At-Tahqiq” (2/350) no.1904;

عن مُحَمَّد بْن الْحُسَيْنِ بْنِ كَوْثَرٍ ثَنَا إِبْرَاهِيم الْحَرْبِيّ ثَنَا مُحَمَّد بن هَارُون ثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ كَعْبٍ عَنْ مُحَمَّدِ بن حميد عَنْ خَالِدِ بْنِ حُمَيْدٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ نُعَيْمٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: "هَدَايَا الْأُمَرَاء غلُول"

Sanad ini lemah karena Muhammad bin Al-Husain bin Kautsar, Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata:

"معروف واه. قال البرقانى: كان كذابا". [ميزان الاعتدال]

“Orangnya dikenal dan sangat lemah, Al-Burqaniy mengatakan: Ia seorang pendusta”.

Berbeda dengan penilaian Ibnu Hajar rahimahullah, ia berkata:

"الأجزاء التي سمعناها من حديثه من انتخاب الدارقطني عليه وعامتها مستقيم". [لسان الميزان]

“Beberapa juz yang kami dengarkan dari haditsnya yang dipilih oleh Ad-Daraquthniy kebanyakannya shahih”. [Lisanul Mizan]

E.     Hadits Anas bin Malik.

Diriwayatkan oleh Al-Khathib Al-Bagdadiy dalam kitabnya “Talkhish Al-Mutasyabih” (1/331), ia berkata:

أَخْبَرَنِي أَبُو الْقَاسِمِ عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جَعْفَرٍ الْمَالِكِيُّ، أَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدٍ الشَّيْبَانِيُّ، حَدَّثَنِي أَبُو الرِّضَا حُسَيْنُ بْنُ عِيسَى الأَنْصَارِيُّ، بِعَرْقَةَ، نَا يَحْيَى بْنُ يَزِيدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ مَرْوَانَ أَبُو زَكَرِيَّا، بِأَيْلَةَ، نَا أَبِي، عَنِ الْحَكَمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدٍ الأَيْلِيِّ، قَالَ: لَقِيَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ فِي مَسْجِدِ قُبَاءٍ بِالْمَدِينَةِ، فَقَالَ لِي: ابْنُ مَنْ أَنْتَ يَا حَبِيبُ؟ فَقُلْتُ لَهُ: ابْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدٍ صَاحِبِ شُرْطَةِ الْمَدِينَةِ، فَمَسَحَ بِرَأْسِي وَقَالَ لِي: أقْرِئْ أَبَاكَ السَّلامَ وَقُلْ لَهُ: لا تَقْبَلِ الْهَدَايَا، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ يَقُولُ: «هَدَايَا السُّلْطَانِ سُحْتٌ وَغُلُولٌ»

F.     Hadits Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu.

Diriwayatkan oleh Abu Ya’laa, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam “Al-Mathalib Al-‘Aliyah” (10/94) no.2154:

حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ محمَّد، ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ بَكْرٍ، ثنا خَلَفُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَالِمٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ ضِرَارٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ يَقُولُ: "هَدَايَا الْعُمَّالِ حرام كلها".

Hadits ini dilemahkan oleh As-Suyuthiy rahimahullah dalam “Al-Jami’ Ash-Shagir” no. 9587.

Kesimpulan:

1)      Hadits ini dihukumi shahih oleh syekh Albaniy rahimahullah dengan pertimbangan keseluruhan sanad yang saling menguatkan.

Beliau berkata:

"وفيما تقدّم من الطّرق والشواهد السالمة من الضعف الشديد كفاية، ومجموعها يعطي أنّ الحديث صحيح، وهو الذى اطمأنّ إليه قبلي، وانشرح له صدري". [إرواء الغليل (8/249)]

“Dan apa yang terdahulu disebutkan dari jalur dan penguat yagn selamat dari kelemahn yang sangat parah sudah cukup, dan keseluruhannya memberikan hukum bahwa hadits ini shahih, dan ini yang terasa tenang dalam hatiku, dan lapang di dadaku”. [Irwaul Galil 8/249]

2)      “Gulul” adalah harta yang diambil dengan cara yang tidak benar, seperti harta rampasan perang yang diambil sebelum dibagi, termasuk korupsi, begitu pula hadiah yang diberikan kepada pegawai yang sudah mendapatkan gaji.

Allah subhanahu wata’aalaa berfirman:

{وَمَنْ يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ} [آل عمران: 161]

Barangsiapa berkhianat, niscaya pada hari Kiamat dia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu. [Ali 'Imran: 161]

Ø  Dari Tsauban radhiyallahu 'anhu; Rasulullah bersabda:

" مَنْ فَارَقَ الرُّوحُ الْجَسَدَ وَهُوَ بَرِيءٌ مِنْ ثَلَاثٍ، دَخَلَ الْجَنَّةَ: مِنَ الكبر، وَالْغُلُولِ، وَالدَّيْنِ " [سنن ابن ماجه: صحيح]

“Barangsiapa yang ruhnya telah meninggalkan jasad (wafat) dan ia bebas dari tiga hal maka ia akan masuk surga; Bebas dari kesombongan, kecurangan dalam harta rampasan perang, dan utang". [Sunan Ibnu Majah: Sahih]

Ø  Dari Al-'Irbadh radhiyallahu 'anhu;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ كَانَ يَأْخُذُ الْوَبَرَةَ مِنْ فَيْءِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، فَيَقُولُ: «مَا لِي مِنْ هَذَا إِلَّا مِثْلَ مَا لِأَحَدِكُمْ إِلَّا الْخُمُسَ، وَهُوَ مَرْدُودٌ فِيكُمْ، فَأَدُّوا الْخَيْطَ وَالْمَخِيطَ فَمَا فَوْقَهُمَا، وَإِيَّاكُمْ وَالْغُلُولَ، فَإِنَّهُ عَارٌ وَشَنَارٌ عَلَى صَاحِبِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» [مسند أحمد: حسن لغيره]

Sesungguhnya Rasulullah mengambil bulu unta dari ikatan dari fa'i (rampasan dari musuh yang tidak sampai Perang) Allah 'Azza wa Jalla lalu bersabda, "Tidaklah menjadi hak saya dari harta ini kecuali sebagaimana hak kalian, kecuali bagian khumus, dan (harta ini) akan dikembalikan kepada kalian, maka kembalikanlah pakaian yang ada dan yang lainnya. Jauhilah ghulul (khianat, mengambil bagian sebelum dibagi) sesungguhnya itu adalah perbuatan yang tercela bagi pelakunya pada hari kiamat." [Musnad Ahmad: Hasan ligairih]

Ø  Dari 'Ubadah bin Ash Shamit radhiyallahu 'anhu; Nabi bersabda (mengenai hasil rampasan perang):

«أَدُّوا الْخَيْطَ وَالْمَخِيطَ، وَإِيَّاكُمْ وَالْغُلُولَ؛ فَإِنَّهُ عَارٌ عَلَى أَهْلِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» [مسند أحمد: حسن]

"Kumpulkan (meskipun) benang dan kain yang dijahit, jangan berkhianat karena pengkhianatan adalah aib bagi pelakunya pada hari kiamat." [Musnad Ahmad: Hasan]

Ø  Dari Buraidah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah bersabda:

«مَنِ اسْتَعْمَلْنَاهُ عَلَى عَمَلٍ فَرَزَقْنَاهُ رِزْقًا، فَمَا أَخَذَ بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ غُلُولٌ» [سنن أبي داود: صحيح]

"Barang siapa yang kami beri jabatan untuk mengurusi suatu pekerjaan, kemudian kami berikan kepadanya suatu pemberian (gaji), maka apa yang ia ambil setelah itu (selain gaji) adalah suatu bentuk pengkhianatan." [Sunan Abi Daud: Shahih]

3)      Apakah guru termasuk dalam hadits ini, sehingga tidak boleh menerima hadiah dari murid atau wali muridnya?

Saling memberi hadiah hukum asalnya adalah dianjurkan, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah bersabda:

«تَهَادُوا تَحَابُّوا» [الأدب المفرد للبخاري: حسن]

"Saling memberi hadialah kalian agar saling mencintai". [Al-Adab Al-Mufrad karya Al-Bukhariy: Hasan]

Dan dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Nabi menerima hadiah dari para sahabatnya. 'Aisyah radhiallahu'anha berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَقْبَلُ الهَدِيَّةَ وَيُثِيبُ عَلَيْهَا» [صحيح البخاري]

"Adalah Rasulullah menerima pemberiah hadiah dan membalasnya." [Shahih Bukhari]

Namun jika hadiah tersebut dimaksudkan sebagai sogokan dan mempengaruhi sikap dan penilaian guru kepada murid-muridnya, maka itu hukumnya haram sebagaimana hadits di atas dan Abdullah bin 'Amru radhiallahu 'anhuma berkata:

«لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي»

"Rasulullah melaknat orang yang memberi uang sogokan dan orang yang menerimanya." [Sunan Abi Dawud: Shahih]

Dan tentunya sikap wara’ dan kehati-hatian sangat penting dalam hal ini karena hati itu lemah, terkhusus terhadap pemberian. Maka sebaiknya tidak menerima hadiah dalam bentuk apa pun semampunya, kecuali jika ada maslahat yang dianggap kuat ketika menerima hadiah tersebut atau ada mudharat (keburukan) jika menolaknya.

Dari Hudzaifah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah  bersabda:

" خَيْرُ دِينِكِمُ الْوَرَعُ " [مسند البزار: صححه الألباني]

"Keutamaan ilmu lebih saya sukai daripada keutamaan ibadah, dan sebaik-baik agama (amalan) kalian adalah sifat wara'." [Musnad Al-Bazzaar: Shahih]

Berikut beberapat fatwa ulama tentang hal ini:

Fatwa lajnah Daimah, memutuskan:

"بذل الهدية للمعلم أو المعلمة في المدارس النظامية - حكومية أ غير حكومية - في معنى الرشوة، فلا يجوز دفعها ولا أخذها، وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن هدايا العمال" انتهى. ["فتاوى اللجنة الدائمة" (23/582-583)]

“Pemberian hadiah kepada guru di sekolah formal –baik negri maupun swasta- termasuk sogok-menyogok, tidak boleh memberikan atau menerimanya, Nabi ﷺ telah melarang hadiah bagi pegawai”. [Fatawa Lajnah Daimah]

Ø  Syekh Ibnu Baz rahimahullah berkata:

الواجب على المعلمة ترك قبول الهدايا؛ لأنها قد تجرها إلى الحيف وعدم النصح في حق مَن لم يهد لها، والزيادة بحق المهدية والغش، فالواجب على المدرسة أن لا تقبل الهدية من الطالبات بالكلية؛ لأن ذلك قد يفضي إلى ما لا تحمد عقباه، والمؤمن والمؤمنة عليهما أن يحتاطا لدينهما، ويبتعدا عن أسباب الريبة والخطر، أما بعد انتقالها من المدرسة إلى مدرسة أخرى فلا يضر ذلك؛ لأن الريبة قد انتهت حينئذ، والخطر مأمون، وهكذا بعد فصلها من العمل أو تقاعدها إذا أهدوا إليها شيئا فلا بأس. [مجموع فتاوى ابن باز (20/ 63)]

Wajib bagi seorang guru untuk tidak menerima hadiah, karena itu akan mengantar dia kepada keberpihakan, dan tidak belaku adil kepada yang tidak memberi, dan akan memberikan nilai tambah kepada yang memberi dan tipuan, maka wajib bagi pihak sekola untuk tidak menerima hadiah dari murid-muridnya secara umum karena itu mengantar kepada perkara yang tidak baik akibatnya, dan seorang mukmin dan mukminah untuk berhati-hati dalam agamanya, dan menjauhi segala sebab yang menimbulkan keraguan dan bahaya. Adapun setelah selesai proses pembelajarannya di sekolah tersebut dan telah pindah ke sekolah lain maka tidak mengapa, karena keraguan sudah tidak ada saat itu, dan bahaya sudah aman, begitu pula jika sang guru terlah berhenti di sekolah tersebut, jika diberi hadiah maka tidak mengapa”. [Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 20/63]

Ø  Syekh Ibnu Jibrin berkata:

إن كانت الطالبة قد أنهت الدراسة وسوف تغادر هذه المدرسة فتنتفي الرشوة هنا، أما إذا كانت العلاقة المدرسية ستبقى بينهما فيخشى أن هذه الهدية تسبب ميل المعلمة إلى هذه الطالبة والتغاضي عن أخطائها وعدم العدل بينها وبين غيرها .

“Jika murid telah menyelesaikan pendidikannya dan akan meninggalkan sekolah, maka tidak ada unsur sogok di sini, adapun jika hubungan dengan sekolah masih berlanjut, maka dikhawatirkan hadiah ini akan menyebabkan kecendrungan pada sang guru kepada murid, mengabaikan kekeliruannya, dan tidak berlaku adil kepada yang lainnya”.

Lihat: https://islamqa.info/ar/answers/22762/

Wallahu a’lam!

Lihat juga: Takhrij hadits: Tidak ada zakat pada perhiasan - Allah melaknat penyogok, yang disogok, dan perantaranya - Takhrij hadits "Larangan meninggalkan shalat berjama’ah tanpa udzur"



[1] Lihat biografi " Isma'il bin 'Ayyasy " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'i hal.151, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/88, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/124, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 1/471, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/118, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 3/163, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/240, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.109.

[2] Lihat biografi " Ibnu Lahi'ah " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir karya Al-Bukhariy hal.69 , Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.203, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 2/293, Al-Majruhiin 2/11, Al-Kaamil 5/237, Adh-Dhu'afaa' karya Ad-Daraquthniy 2/160, Tarikh Adh-Dhu'afaa karya Ibnu Syahin hal.118 , Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/136, Al-Kaasyif karya Adz-Dzahabiy 1/590.

[3] Lihat biografi " Isma'il bin Muslim " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir hal.20 , Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.151 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 1/91, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 2/198, Al-Majruhiin 1/120, Al-Kaamil 1/282, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/120, Tahdziib Al-Kamaal 3/198, Miizaan Al-I'tidaal 1/409, Taqriib At-Tahdziib hal.144.

[4] Lihat biografi Abaan bin Abi 'Ayyasy dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Jauziy 1/19, Miizaan Al-I'tidaal 1/124, Taqriib At-Tahdziib hal.87.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...