بسم الله الرحمن الرحيم
Hadits
yang menyebutkan bahwa hadiah yang diterima oleh pegawai yang sudah punya gaji
tetap adalah khianat, masuk dalam kategori sogok menyogok; hadits ini
diriwayatkan dari beberapa sahabat Nabi ﷺ secara marfuu’ dan mauquuf dengan
lafadz yang bervariasi.
Berikut
penjelasannya:
A.
Hadits
Abu Humaid As-Sa’idiy radhiyallahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam “Al-Musnad”
(14/39) no.23601, dan Al-Bazzar dalam Musnad-nya (9/172) no.3723:
عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ
عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ
ﷺ قَالَ: «هَدَايَا
الْعُمَّالِ غُلُولٌ»
Dari Isma’il bin ‘Ayyasy,
dari Yahya bin Sa’id, dan ‘Urwah bin Az-Zubair, dari Abu Humaid As-Sa’idiy:
Bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda: “Hadiah
untuk pegawai adalah khianat”.
Al-Bazzar rahimahullah mengatakan:
"هَذَا
الْحَدِيثُ رَوَاهُ إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ وَاخْتَصَرَهُ وَأَخْطَأَ فِيهِ، وَإِنَّمَا
هُوَ عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ بَعَثَ رَجُلًا
عَلَى الصَّدَقَةِ
... "
Hadits ini diriwayatkan oleh Isma’il
bin ‘Ayyasy, ia meringkas lafadznya dan melakukan kesalahan, sebenarnya
hadits ini diriwayatkan dari Az-Zuhriy, dari ‘Urwah, dari Abu Humaid:
“Bahwasanya Nabi ﷺ mengutus seseorang
untuk mengumpulkan zakat ...”.
Ø
Dengan lafadz yang berbeda, diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy
dalam “As-Sunan Al-Kubra” (10/233) no.20474:
عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ
عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: " هَدَايَا
الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ "
Dari Isma’il bin ‘Ayyasy, dari Yahya bin Sa’id, dan
‘Urwah, dari Abu Humaid As-Sa’idiy, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: “Hadiah untuk pemerintah adalah khianat”.
Ø
Secara mauquf (hanya perkataan Abu
Humaid), diriwayatkan juga oleh Abu ‘Awanah dalam “Al-Mustakhraj”
(4/395) no.7073:
عن إِسْمَاعِيل بْن عَيَّاشٍ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنْ
عُرْوَةَ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ، قَالَ: «هَدَايَا الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ»
Dari Isma’il bin ‘Ayyasy,
dari Yahya bin Sa’id, dan ‘Urwah, dari Abu Humaid As-Sa’idiy, ia berkata: “Hadiah
untuk pemerintah adalah khianat”.
Sanad hadits ini lemah karena
Isma’l bin ‘Ayyasy[1] berasal
dari daerah Himsh di Syam, ia shaduq (haditsnya hasan) jika ia
meriwayatkan hadits dari sekampungnya, tapi jika ia meriwayatkan hadits dari
ulama di luar kampungnya maka periwayatan haditsnya terdapat kerancuan (lemah). Dan hadits ini ia riwayatkan dari Yahya bin
Sa’id Al-Anshariy dari negri Hijaz (Madinah) bukan dari ulama sekampungnya.
Ø
Hadits yang dimaksud oleh Al-Bazzar, diriwayatkan oleh
Imam Bukhari dalam “As-Shahih” (3/159-160) no.2597:
عَنِ الزُّهْرِيِّ،
عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ، عَنْ أَبِي حُمَيْدٍ السَّاعِدِيِّ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ، قَالَ: اسْتَعْمَلَ النَّبِيُّ ﷺ رَجُلًا مِنَ الأَزْدِ،
يُقَالُ لَهُ ابْنُ الأُتْبِيَّةِ عَلَى الصَّدَقَةِ، فَلَمَّا قَدِمَ قَالَ: هَذَا
لَكُمْ وَهَذَا أُهْدِيَ لِي، قَالَ: «فَهَلَّا جَلَسَ فِي بَيْتِ أَبِيهِ أَوْ بَيْتِ
أُمِّهِ، فَيَنْظُرَ يُهْدَى لَهُ أَمْ لاَ؟ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لاَ يَأْخُذُ
أَحَدٌ مِنْهُ شَيْئًا إِلَّا جَاءَ بِهِ يَوْمَ القِيَامَةِ يَحْمِلُهُ عَلَى رَقَبَتِهِ،
إِنْ كَانَ بَعِيرًا لَهُ رُغَاءٌ، أَوْ بَقَرَةً لَهَا خُوَارٌ، أَوْ شَاةً تَيْعَرُ»
ثُمَّ رَفَعَ بِيَدِهِ حَتَّى رَأَيْنَا عُفْرَةَ إِبْطَيْهِ: «اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ،
اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ» ثَلاَثًا
Dari
Az-Zuhriy, dari 'Urwah bin Az-Zubair, dari Abu Humaid As-Sa'idiy radhiallahu'anhu
berkata, Nabi ﷺ memperkerjakan seorang laki-laki dari suku Al azdiy sebagai
pemungut zakat. Ketika datang dari tugasnya, dia berkata, "Ini untuk
kalian sebagai zakat dan ini dihadiahkan untukku." Beliau berkata,
"Biarkanlah dia tinggal di rumah ayahnya atau ibunya lalu dia lihat apakah
benar itu dihadiahkan untuknya atau tidak. Dan demi Dzat yag jiwaku di
tangan-Nya, tidak seoragpun yang mengambil sesuatu dari zakt kecuali dia akan
datang pada hari kiamat dengan dipikulkan di atas lehernya berupa unta yang
berteriak, atau sapi yang melembuh atau kambing yang mengembik." Kemudian
beliau mengangkat tangan beliau sehingga terlihatt oleh kami ketiak beliau yang
putih dan (berkata,): "Ya Allah bukankah aku sudah sampaikan, bukankah aku
sudah sampaikan"…. sebanyak tiga kali".
B.
Hadits Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma.
Diriwayatkan secara marfu’ dan mauquf; Riwayat
marfu’, melalui beberapa jalur:
1. ‘Atha’
bin Abi Rabaah.
Yang meriwayatkan dari ‘Athaa ada beberapa rawi:
a) Laits bin Abi Sulaim.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam
Al-Ausath” (5/168) no.4969:
حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ
بْنُ مُحَمَّدٍ الدَّلَّالُ قَالَ: نَا أُسَيْدُ بْنُ زَيْدٍ الْجَمَالُ قَالَ: نَا
قَيْسُ بْنُ الرَّبِيعِ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ عَطَاءٍ،
عَنْ جَابِرٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: «هَدَايَا الْأُمَرَاءِ
غُلُولٌ»
Al-Haitsamiy rahimahullah berkata:
"رواه
الطبراني في الأوسط، وإسناده حسن".
“Diriwayatkan
oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Ausath” dan sanadnya hasan”. [Majma’ Az-Zawaid
4/151]
b) Khair bin Nu’aim.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam
Al-Ausath” (9/33-34) no.9055:
حَدَّثَنَا الْمِقْدَامُ،
نَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، نَا ابْنُ لَهِيعَةَ،
عَنْ خَيْرِ بْنِ نُعَيْمٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ جَابِرٍ،
أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: «هَدَايَا
الْإِمَامِ غُلُولٌ»
Sanad hadits ini lemah karena
ada rawiy yang bernama Abdullah bin Lahi'ah[2];
Periwayatan haditsnya lemah.
c) Isma’il bin Muslim Al-Makiy.
Diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dalam “Al-Kaamil”
(1/458):
حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ
بْنُ إِسْحَاقَ، حَدَّثَنا مُوسَى بْنُ سُفْيَانَ، حَدَّثَنا عَبد اللَّهِ بْنُ الْجَهْمِ،
حَدَّثَنا عَمْرو بْنُ أَبِي قَيْسٍ، عَنْ مُطَرِّفٍ، عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ، عَنْ عَطاء، عَن جَابِرِ، قَال:
قَال رَسُولِ اللَّهِ ﷺ: "هَدَايَا الْعُمَّالِ سُحْتٌ".
Sanad
ini lemah, karena Isma'il
bin Muslim Al-Khaulaniy, Abu Ishaq Al-Makkiy[3].
d) Ubaidillah bin Abi Ja’far.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabariy dalam Tahdziib
Al-Aatsaar, musnad ‘Ali (3/208) no.343:
عن أَحْمَدُ بْنُ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ قَالَ: حَدَّثَنَا عَمِّي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ، قَالَ: أَخْبَرَنِي
ابْنُ لَهِيعَةَ، وَعُمَرُ بْنُ مَالِكٍ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي جَعْفَرٍ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ
أَبِي رَبَاحٍ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: «هَدِيَّةُ
الْإِمَامِ غُلُولٌ»
2. Al-Hasan Al-Bashriy.
Diriwayatkan oleh Al-Jurjaniy dalam “Tarikh Jurjan”
hal.296:
عن يَزِيد بْن
الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ أَبِي قَيْسٍ
عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ مُسْلِمٍ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: "هَدَايَا
الْعُمَّالِ سُحْتٌ"
Ø
Dengan lafadz yang lain, diriwayatkan oleh Ibnu
Abdil Bar dalam “At-Tamhiid” (2/10):
قَالَ سُنَيْدٌ:
وَحَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ إِسْمَاعِيلَ
بْنِ مُسْلِمٍ عَنِ الْحَسَنِ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ
رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: "هَدَايَا
الْأُمَرَاءِ غُلُولٌ"
3. Abu Nadhrah.
Diriwayatkan oleh Abdurrazaq dalam “Al-Mushannaf”
(8/147) no.14665:
عَنِ الثَّوْرِيِّ،
عَنْ أَبَانَ، عَنْ أَبِي نَضْرَةَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ
عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ قَالَ: «الْهَدَايَا
لِلْأُمَرَاءِ غُلُولٌ»
Dari Ats-Tsauriy, dari Abaan,
dari Abi Nadhrah, dari Jabir bin Abdillah: Bahwasanya Rasulullah ﷺ bersabda: “Hadiau untuk pemimpin adalah khianat”.
Sanad ini sangat lemah karena
Abaan bin Abi ‘Ayyasy[4];
Periwayatan haditsnya ditolak.
4. Abu Az-Zubair.
Diriwayatkan
oleh Abu Al-Qasim Al-Halabiy As-Saraj dalam kitab “Hadits Ibnu
As-Saqa’” –sebagaimana disebutkan oleh syekh Albaniy dalam Al-Irwa’
(8/247)-;
حدثنا محمد، حدثنا عصام بن يوسف، حدثنا
سفيان بن سعيد الثوري عنه.
Syekh
Albaniy rahimahullah berkata:
"هذا سند لا بأس به
في الشواهد"
“Sanad
ini tidak mengapa (baik) sebagai penguat”.
Ø
Adapun riwayat mauquf, diriwayatkan oleh Ibnu
Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya (4/444) no.21959:
قَالَ: حَدَّثَنَا
ابْنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ أَبِي قَزَعَةَ، عَنْ أَبِي يَزِيدَ الْمَدِينِيِّ، قَالَ: سُئِلَ
جَابِرُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ هَدَايَا الْأُمَرَاءِ، فَقَالَ: «هِيَ فِي نَفْسِي
غُلُولٌ»
Ibnu Abi Syaibah berkata: Telah menceritakan kepada
kami, Ibnu Mahdiy, dari Abu Qaz’ah, dari Abu Yazid Al-Madiniy, ia berkata: Jabir
bin Abdillah ditanya tentang hadiah untuk pemimpin/penguasa, maka ia menjawab: “Menurut
saya itu adalah khianat”.
C.
Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam
Al-Ausath” (8/25) no.7852, dan Ibnu ‘Adiy dalam Al-Kaamil (1/283):
عن أَحْمَد بْن مُعَاوِيَةَ بْنِ بَكْرٍ الْبَاهِلِيّ، نا النَّضْرُ
بْنُ شُمَيْلٍ، عَنِ ابْنِ عَوْنٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: " هَدَايَا الْأُمَرَاءِ
غُلُولٌ "، وفي رواية: " هَدَايَا الْعُمَّالِ
غَلُولٌ ".
Dari Ahmad bin Mu’awiyah bin
Bakr Al-Bahiliy, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami, An-Nadhr
bin Syumail, dari Ibnu ‘Aun, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah, ia
berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: “Hadiah
untuk pemerintah adalah khianat”, dalam
riwayat lain: “Hadiah untuk pegawai adalah
khianat”.
Ath-Thabaraniy rahimahullah mengatakan:
"
لَمْ يَرْوِ هَذَا الْحَدَيثَ عَنِ ابْنِ عَوْنٍ إِلَّا النَّضْرُ، تَفَرَّدَ بِهِ:
أَحْمَدُ بْنُ مُعَاوِيَةَ "
“Tidak ada yang meriwayatkan hadits ini dari Ibnu ‘Aun
kecuali An-Nadhr, Ahmad bin Mu’awiyah sendiri meriwayatkan
hadits ini darinya”.
Ibnu ‘Adiy rahimahullah berkata:
"هَذَا الْحَدِيثُ
بِهَذَا الإِسْنَادِ بَاطِلٌ، أَحْمَدُ بْنُ مُعَاوِيَةَ بْنِ
بَكْرٍ الْبَاهِلِيُّ حَدَّثَ عَنِ الثِّقَاتِ بالبواطيل، وَكان يَسْرِقُ الحديث".
“Hadits ini dengan sanad ini adalah bathil (sangat lemah), Ahmad bin
Mu’awiyah bin Bakr Al-Bahiliy; ia meriwayatkan dari perawi-perawi tsiqah
hadits-hadits yang batil (sangat lemah), dan ia
sering mencuri hadits”.
D.
Hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.
Diriwayatkan oleh Ath-Thabaraniy dalam “Al-Mu’jam
Al-Kabir” (11/199) no.11486:
عن يَمَان بْن
سَعِيدٍ الْمِصِّيصِيّ، ثنا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، عَنْ خَالِدِ بْنِ
حُمَيْدٍ، عَنْ خَيْرِ بْنِ نُعَيْمٍ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، عَنْ
رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: «الْهَدِيَّةُ إِلَى الْإِمَامِ غُلُولٌ»
Dari
Yaman bin Sa’id Al-Mishishiy, ia berkata: Telah meceritakan kepada kami,
Muhmmad bin Himyar, dari Khalid bin Humaid, dari Khaer bin Nu’aim, dari ‘Atha’,
dari Ibnu ‘Abbas, dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda: “Hadiah untuk
penguasa adalah khianat (korupsi)”.
Sanad
ini lemah karena Yaman
bin Sa’id Al-Mishishiy, Adz-Dzahabiy berkata:
"ضعفه الدارقطني،
وغيره، ولم يترك". [ميزان الاعتدال]
“Ia
dihukumi lemah oleh Ad-Daraquthniy dan
selainnya, namun periwayatannya tidak ditinggalkan”. [Mizanul I’tidal]
Ø Sanad ini punya
penguat, diriwayatkan oleh Ibnu Al-Jauziy dalam kitabnya “At-Tahqiq”
(2/350) no.1904;
عن مُحَمَّد
بْن الْحُسَيْنِ بْنِ كَوْثَرٍ ثَنَا إِبْرَاهِيم الْحَرْبِيّ ثَنَا
مُحَمَّد بن هَارُون ثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ كَعْبٍ عَنْ مُحَمَّدِ بن حميد عَنْ
خَالِدِ بْنِ حُمَيْدٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ نُعَيْمٍ عَنْ عَطَاءٍ عَنِ ابْنِ
عَبَّاسٍ أَنّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: "هَدَايَا الْأُمَرَاء غلُول"
Sanad
ini lemah karena Muhammad
bin Al-Husain bin Kautsar, Adz-Dzahabiy rahimahullah berkata:
"معروف واه. قال
البرقانى: كان كذابا". [ميزان الاعتدال]
“Orangnya
dikenal dan sangat lemah, Al-Burqaniy
mengatakan: Ia seorang pendusta”.
Berbeda
dengan penilaian Ibnu Hajar rahimahullah, ia berkata:
"الأجزاء التي
سمعناها من حديثه من انتخاب الدارقطني عليه وعامتها مستقيم". [لسان الميزان]
“Beberapa
juz yang kami dengarkan dari haditsnya yang dipilih oleh Ad-Daraquthniy
kebanyakannya shahih”. [Lisanul Mizan]
E.
Hadits Anas bin Malik.
Diriwayatkan oleh Al-Khathib Al-Bagdadiy dalam
kitabnya “Talkhish Al-Mutasyabih” (1/331), ia berkata:
أَخْبَرَنِي أَبُو الْقَاسِمِ عُبَيْدُ
اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ جَعْفَرٍ الْمَالِكِيُّ، أَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدٍ الشَّيْبَانِيُّ، حَدَّثَنِي أَبُو الرِّضَا
حُسَيْنُ بْنُ عِيسَى الأَنْصَارِيُّ، بِعَرْقَةَ، نَا يَحْيَى بْنُ يَزِيدَ بْنِ
مُحَمَّدِ بْنِ مَرْوَانَ أَبُو زَكَرِيَّا، بِأَيْلَةَ، نَا أَبِي، عَنِ
الْحَكَمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدٍ الأَيْلِيِّ، قَالَ: لَقِيَنِي أَنَسُ
بْنُ مَالِكٍ فِي مَسْجِدِ قُبَاءٍ بِالْمَدِينَةِ، فَقَالَ لِي: ابْنُ مَنْ
أَنْتَ يَا حَبِيبُ؟ فَقُلْتُ لَهُ: ابْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدٍ صَاحِبِ
شُرْطَةِ الْمَدِينَةِ، فَمَسَحَ بِرَأْسِي وَقَالَ لِي: أقْرِئْ أَبَاكَ
السَّلامَ وَقُلْ لَهُ: لا تَقْبَلِ الْهَدَايَا، فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ ﷺ يَقُولُ: «هَدَايَا السُّلْطَانِ سُحْتٌ وَغُلُولٌ»
F.
Hadits Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh Abu Ya’laa, sebagaimana
disebutkan oleh Ibnu Hajar dalam “Al-Mathalib Al-‘Aliyah” (10/94)
no.2154:
حَدَّثَنَا خَالِدُ
بْنُ محمَّد، ثَنَا عَبْدُ اللَّهِ
بْنُ بَكْرٍ، ثنا خَلَفُ بْنُ خَالِدٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ سَالِمٍ، عَنْ عَمْرِو
بْنِ ضِرَارٍ، عَنْ حُذَيْفَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ
اللَّهِ ﷺ يَقُولُ: "هَدَايَا
الْعُمَّالِ حرام كلها".
Hadits ini dilemahkan oleh
As-Suyuthiy rahimahullah dalam “Al-Jami’ Ash-Shagir” no.
9587.
Kesimpulan:
1) Hadits ini dihukumi shahih oleh syekh Albaniy rahimahullah dengan
pertimbangan keseluruhan sanad yang saling menguatkan.
Beliau berkata:
"وفيما تقدّم من الطّرق
والشواهد السالمة من الضعف الشديد كفاية، ومجموعها يعطي أنّ الحديث صحيح، وهو الذى
اطمأنّ إليه قبلي، وانشرح له صدري". [إرواء
الغليل (8/249)]
“Dan
apa yang terdahulu disebutkan dari jalur dan penguat yagn selamat dari kelemahn
yang sangat parah sudah cukup, dan keseluruhannya memberikan hukum bahwa hadits
ini shahih, dan ini yang terasa tenang dalam hatiku, dan lapang di dadaku”.
[Irwaul Galil 8/249]
2) “Gulul” adalah harta yang diambil dengan cara yang tidak benar, seperti
harta rampasan perang yang diambil sebelum dibagi, termasuk korupsi, begitu
pula hadiah yang diberikan kepada pegawai yang sudah mendapatkan gaji.
Allah subhanahu wata’aalaa berfirman:
{وَمَنْ
يَغْلُلْ يَأْتِ بِمَا غَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ} [آل عمران: 161]
Barangsiapa
berkhianat, niscaya pada hari Kiamat dia akan datang membawa apa yang
dikhianatkannya itu. [Ali
'Imran: 161]
Ø Dari Tsauban radhiyallahu
'anhu; Rasulullah ﷺ bersabda:
" مَنْ فَارَقَ الرُّوحُ
الْجَسَدَ وَهُوَ بَرِيءٌ مِنْ ثَلَاثٍ، دَخَلَ الْجَنَّةَ: مِنَ الكبر،
وَالْغُلُولِ، وَالدَّيْنِ " [سنن ابن ماجه:
صحيح]
“Barangsiapa
yang ruhnya telah meninggalkan jasad (wafat) dan ia bebas dari tiga hal maka ia
akan masuk surga; Bebas dari kesombongan, kecurangan dalam harta rampasan
perang, dan utang". [Sunan Ibnu Majah: Sahih]
Ø Dari Al-'Irbadh radhiyallahu
'anhu;
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ كَانَ
يَأْخُذُ الْوَبَرَةَ مِنْ فَيْءِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ، فَيَقُولُ: «مَا لِي
مِنْ هَذَا إِلَّا مِثْلَ مَا لِأَحَدِكُمْ إِلَّا الْخُمُسَ، وَهُوَ مَرْدُودٌ
فِيكُمْ، فَأَدُّوا الْخَيْطَ وَالْمَخِيطَ فَمَا فَوْقَهُمَا، وَإِيَّاكُمْ
وَالْغُلُولَ، فَإِنَّهُ عَارٌ وَشَنَارٌ عَلَى صَاحِبِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» [مسند أحمد: حسن لغيره]
Sesungguhnya
Rasulullah ﷺ mengambil bulu unta dari ikatan dari fa'i (rampasan dari musuh
yang tidak sampai Perang) Allah 'Azza wa Jalla lalu bersabda,
"Tidaklah menjadi hak saya dari harta ini kecuali sebagaimana hak kalian,
kecuali bagian khumus, dan (harta ini) akan dikembalikan kepada kalian, maka
kembalikanlah pakaian yang ada dan yang lainnya. Jauhilah ghulul (khianat,
mengambil bagian sebelum dibagi) sesungguhnya itu adalah perbuatan yang tercela
bagi pelakunya pada hari kiamat." [Musnad Ahmad: Hasan ligairih]
Ø Dari 'Ubadah bin Ash
Shamit radhiyallahu 'anhu; Nabi ﷺ bersabda (mengenai hasil rampasan perang):
«أَدُّوا الْخَيْطَ وَالْمَخِيطَ،
وَإِيَّاكُمْ وَالْغُلُولَ؛ فَإِنَّهُ عَارٌ عَلَى أَهْلِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» [مسند أحمد: حسن]
"Kumpulkan
(meskipun) benang dan kain yang dijahit, jangan berkhianat karena pengkhianatan
adalah aib bagi pelakunya pada hari kiamat." [Musnad Ahmad: Hasan]
Ø Dari Buraidah radhiyallahu
'anhu; Rasulullah ﷺ bersabda:
«مَنِ اسْتَعْمَلْنَاهُ عَلَى عَمَلٍ
فَرَزَقْنَاهُ رِزْقًا، فَمَا أَخَذَ بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ غُلُولٌ» [سنن أبي داود: صحيح]
"Barang
siapa yang kami beri jabatan untuk mengurusi suatu pekerjaan, kemudian kami
berikan kepadanya suatu pemberian (gaji), maka apa yang ia ambil setelah itu
(selain gaji) adalah suatu bentuk pengkhianatan." [Sunan Abi Daud: Shahih]
3)
Apakah guru termasuk dalam hadits
ini, sehingga tidak boleh menerima hadiah dari murid atau wali muridnya?
Saling
memberi hadiah hukum asalnya adalah dianjurkan, sebagaimana diriwayatkan dari Abu
Hurairah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah ﷺ bersabda:
«تَهَادُوا تَحَابُّوا» [الأدب المفرد للبخاري: حسن]
"Saling memberi hadialah kalian agar saling
mencintai". [Al-Adab Al-Mufrad karya Al-Bukhariy: Hasan]
Dan
dalam beberapa hadits disebutkan bahwa Nabi ﷺ menerima hadiah dari para sahabatnya. 'Aisyah
radhiallahu'anha berkata:
«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَقْبَلُ الهَدِيَّةَ وَيُثِيبُ
عَلَيْهَا» [صحيح البخاري]
"Adalah
Rasulullah ﷺ menerima pemberiah hadiah dan membalasnya." [Shahih
Bukhari]
Namun jika hadiah tersebut dimaksudkan sebagai sogokan dan mempengaruhi sikap dan penilaian guru kepada murid-muridnya, maka itu hukumnya haram sebagaimana hadits di atas dan Abdullah bin 'Amru radhiallahu 'anhuma berkata:
«لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ الرَّاشِي وَالْمُرْتَشِي»
"Rasulullah ﷺ melaknat orang yang memberi uang sogokan dan
orang yang menerimanya." [Sunan Abi Dawud: Shahih]
Dan
tentunya sikap wara’ dan kehati-hatian sangat penting dalam hal ini karena hati
itu lemah, terkhusus terhadap pemberian. Maka sebaiknya tidak menerima hadiah
dalam bentuk apa pun semampunya, kecuali jika ada maslahat yang dianggap kuat
ketika menerima hadiah tersebut atau ada mudharat (keburukan) jika menolaknya.
Dari
Hudzaifah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah ﷺbersabda:
" خَيْرُ دِينِكِمُ الْوَرَعُ "
[مسند البزار: صححه الألباني]
"Keutamaan ilmu lebih saya sukai daripada
keutamaan ibadah, dan sebaik-baik agama (amalan) kalian adalah sifat wara'."
[Musnad Al-Bazzaar: Shahih]
Berikut beberapat fatwa ulama tentang hal ini:
Fatwa
lajnah Daimah, memutuskan:
"بذل الهدية للمعلم
أو المعلمة في المدارس النظامية - حكومية أ غير حكومية - في معنى الرشوة، فلا يجوز
دفعها ولا أخذها، وقد نهى النبي صلى الله عليه وسلم عن هدايا العمال" انتهى. ["فتاوى اللجنة الدائمة" (23/582-583)]
“Pemberian hadiah kepada guru di sekolah formal –baik negri maupun swasta- termasuk sogok-menyogok, tidak boleh memberikan atau menerimanya, Nabi ﷺ telah melarang hadiah bagi pegawai”. [Fatawa Lajnah Daimah]
Ø Syekh Ibnu Baz rahimahullah berkata:
الواجب على المعلمة ترك قبول الهدايا؛
لأنها قد تجرها إلى الحيف وعدم النصح في حق مَن لم يهد لها، والزيادة بحق المهدية
والغش، فالواجب على المدرسة أن لا تقبل الهدية من الطالبات بالكلية؛ لأن ذلك قد
يفضي إلى ما لا تحمد عقباه، والمؤمن والمؤمنة عليهما أن يحتاطا لدينهما، ويبتعدا
عن أسباب الريبة والخطر، أما بعد انتقالها من المدرسة إلى مدرسة أخرى فلا يضر ذلك؛
لأن الريبة قد انتهت حينئذ، والخطر مأمون، وهكذا بعد فصلها من العمل أو تقاعدها
إذا أهدوا إليها شيئا فلا بأس. [مجموع فتاوى ابن باز (20/ 63)]
Wajib
bagi seorang guru untuk tidak menerima hadiah, karena itu akan mengantar dia
kepada keberpihakan, dan tidak belaku adil kepada yang tidak memberi, dan akan
memberikan nilai tambah kepada yang memberi dan tipuan, maka wajib bagi pihak
sekola untuk tidak menerima hadiah dari murid-muridnya secara umum karena itu
mengantar kepada perkara yang tidak baik akibatnya, dan seorang mukmin dan
mukminah untuk berhati-hati dalam agamanya, dan menjauhi segala sebab yang
menimbulkan keraguan dan bahaya. Adapun setelah selesai proses pembelajarannya
di sekolah tersebut dan telah pindah ke sekolah lain maka tidak mengapa, karena
keraguan sudah tidak ada saat itu, dan bahaya sudah aman, begitu pula jika sang
guru terlah berhenti di sekolah tersebut, jika diberi hadiah maka tidak
mengapa”. [Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 20/63]
Ø Syekh Ibnu Jibrin berkata:
إن كانت الطالبة قد أنهت الدراسة وسوف
تغادر هذه المدرسة فتنتفي الرشوة هنا، أما إذا كانت العلاقة المدرسية ستبقى بينهما
فيخشى أن هذه الهدية تسبب ميل المعلمة إلى هذه الطالبة والتغاضي عن أخطائها وعدم
العدل بينها وبين غيرها .
“Jika
murid telah menyelesaikan pendidikannya dan akan meninggalkan sekolah, maka
tidak ada unsur sogok di sini, adapun jika hubungan dengan sekolah masih
berlanjut, maka dikhawatirkan hadiah ini akan menyebabkan kecendrungan pada
sang guru kepada murid, mengabaikan kekeliruannya, dan tidak berlaku adil
kepada yang lainnya”.
Lihat: https://islamqa.info/ar/answers/22762/
Wallahu a’lam!
Lihat juga: Takhrij hadits: Tidak ada zakat pada perhiasan - Allah melaknat penyogok, yang disogok, dan perantaranya - Takhrij hadits "Larangan meninggalkan shalat berjama’ah tanpa udzur"
[1]
Lihat biografi " Isma'il bin 'Ayyasy "
dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'i hal.151, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir
karya Al-'Uqaily 1/88, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/124, Al-Kaamil karya
Ibnu 'Adiy 1/471, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/118, Tahdziib Al-Kamaal
karya Al-Mizziy 3/163, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 1/240, Taqriib
At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.109.
[2]
Lihat biografi " Ibnu Lahi'ah " dalam
kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir karya Al-Bukhariy hal.69 , Adh-Dhu'afaa' karya
An-Nasa'iy hal.203, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 2/293,
Al-Majruhiin 2/11, Al-Kaamil 5/237,
Adh-Dhu'afaa' karya Ad-Daraquthniy 2/160, Tarikh Adh-Dhu'afaa karya Ibnu Syahin
hal.118 , Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/136, Al-Kaasyif karya
Adz-Dzahabiy 1/590.
[3]
Lihat biografi " Isma'il bin Muslim "
dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir hal.20 , Adh-Dhu'afaa'
karya An-Nasa'iy hal.151 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 1/91,
Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 2/198, Al-Majruhiin 1/120, Al-Kaamil 1/282, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu
Al-Jauziy 1/120, Tahdziib Al-Kamaal 3/198, Miizaan Al-I'tidaal 1/409, Taqriib At-Tahdziib hal.144.
[4]
Lihat biografi Abaan bin Abi 'Ayyasy dalam
kitab: Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Jauziy 1/19, Miizaan Al-I'tidaal 1/124, Taqriib
At-Tahdziib hal.87.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...