بسم الله الرحمن الرحيم
A.
Hadits
Aisyah radhiyallahu 'anha.
'Aisyah radhiyallahu ‘anha katanya;
«كَانَ رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا، وَيَزِيدُ مَا
شَاءَ اللهُ». [صحيح مسلم]
“Rasulullah ﷺ
pernah melakukan shalat Dhuha sebanyak empat rakaat, dan terkadang beliau
menambah sekehendak Allah." [Shahih Muslim]
Ø Abdullah bin Syaqiq berkata kepada 'Aisyah radhiyallahu
‘anha;
هَلْ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَتْ: «لَا، إِلَّا أَنْ يَجِيءَ مِنْ
مَغِيبِهِ» [صحيح مسلم]
"Apakah Nabi ﷺ
pernah shalat Dhuha?" Aisyah menjawab, "Tidak pernah, kecuali jika
beliau tiba dari safarnya." [Shahih Muslim]
Ø Dalam riwayat lain:
«مَا رَأَيْتُ رَسُولَ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي سُبْحَةَ الضُّحَى قَطُّ،
وَإِنِّي لَأُسَبِّحُهَا، وَإِنْ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لَيَدَعُ الْعَمَلَ وَهُوَ يُحِبُّ أَنْ يَعْمَلَ بِهِ، خَشْيَةَ أَنْ
يَعْمَلَ بِهِ النَّاسُ فَيُفْرَضَ عَلَيْهِمْ» [صحيح البخاري ومسلم]
"Sama sekali belum pernah aku melihat
Rasulullah ﷺ melakukan shalat
sunnah Dhuha, namun aku melakukan shalat sunnah dhuha. Rasulullah ﷺ meninggalkan amalan yang sebenarnya beliau
suka melakukannya, karena beliau khawatir jangan-jangan para sahabat menirunya
sehingga amalan itu diwajibkan." [Shahih Bukhari dan Muslim]
Ø Dalam riwayat lain:
«دَخَلَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْتِي، فَصَلَّى الضُّحَى ثَمَانَ
رَكَعَاتٍ». [صحيح ابن حبان]
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam
masuk ke rumahku, kemudian beliau shalat Dhuha delapan raka’at”. [Shahih Ibnu
Hibban]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi Aisyah radhiyallahu
‘anha.
Lihat: Aisyah binti Abi Bakr dan keistimewaannya
2.
Hukum shalat dhuha.
Ulama
berselisih pendapat dalam masalah ini:
Pendapat pertama: Sunnah
secara mutlak, dan ini adalah pendapat yang terkuat. Diantara dalilnya:
Abu
Ad-Darda` radhiyallahu
'anhu berkata:
«أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثٍ، لَنْ أَدَعَهُنَّ مَا عِشْتُ: بِصِيَامِ ثَلَاثَةِ
أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ، وَصَلَاةِ الضُّحَى، وَبِأَنْ لَا أَنَامَ حَتَّى
أُوتِرَ» [صحيح مسلم]
“Kekasihku
shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku untuk melakukan tiga
hal, yaitu agar aku tidak meninggalkan selama hidupku, puasa tiga hari tiap
bulan, shalat dhuha dan tidak tidur sebelum shalat witir." [Shahih Muslim]
Ø Abu Dzar radhiyallahu 'anhu berkata:
«أَوْصَانِي حَبِيبِي صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلَاثَةٍ لَا أَدَعُهُنَّ إِنْ شَاءَ اللَّهُ تَعَالَى
أَبَدًا: أَوْصَانِي بِصَلَاةِ الضُّحَى، وَبِالْوَتْرِ قَبْلَ النَّوْمِ،
وَبِصِيَامِ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ» [سنن
النسائي: صحيح]
“Kekasihku
shallallahu 'alaihi wasallam berwasiat tiga hal kepadaku -insya Allah
ta'ala tidak akan ku tinggalkan selamanya-. Beliau berwasiat kepadaku agar
melakukan shalat Dhuha, shalat witir sebelum tidur, dan puasa tiga hari setiap
bulan." [Sunan An-Nasa'iy: Shahih]
Pendapat kedua: Tidak
disyari’atkan kecuali jika ada sebab.
Dari
Ka'b bin Malik radhiyallahu 'anhu:
«أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَقْدَمُ مِنْ سَفَرٍ إِلَّا نَهَارًا فِي الضُّحَى،
فَإِذَا قَدِمَ بَدَأَ بِالْمَسْجِدِ، فَصَلَّى فِيهِ رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ جَلَسَ
فِيهِ» [صحيح مسلم]
“Bahwa
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah tiba dari
bepergian, melainkan pada siang hari ketika waktu Dhuha. Jika beliau tiba, maka
beliau terlebih dahulu singgah di masjid dan melakukan shalat dua rakaat,
kemudian beliau duduk." [Shahih Muslim]
Ø Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:
قَالَ رَجُلٌ مِنَ الأَنْصَارِ: إِنِّي
لاَ أَسْتَطِيعُ الصَّلاَةَ مَعَكَ، وَكَانَ رَجُلًا ضَخْمًا، «فَصَنَعَ
لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا، فَدَعَاهُ إِلَى
مَنْزِلِهِ، فَبَسَطَ لَهُ حَصِيرًا، وَنَضَحَ طَرَفَ الحَصِيرِ فَصَلَّى عَلَيْهِ
رَكْعَتَيْنِ»، فَقَالَ رَجُلٌ مِنْ آلِ الجَارُودِ لِأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ:
أَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَ:
مَا رَأَيْتُهُ صَلَّاهَا إِلَّا يَوْمَئِذٍ [صحيح
البخاري]
"Seorang
laki-laki Anshar berkata, "Aku tidak dapat shalat bersama Tuan."
Lelaki tersebut seorang yang besar badannya. Dia menyiapkan makanan untuk Nabi ﷺ,
lalu dia mengundang beliau datang ke rumahnya, kemudian dia menghamparkan tikar
dan memercikinya dengan air untuk beliau gunakan shalat. Setelah itu beliau
shalat dua rakaat di atas tikar tersebut." Seorang lelaki dari keluarga Al
Jarud berkata kepada Anas bin Malik, "Apakah Nabi ﷺ
tadi melaksanakan shalat Duha?" Anas bin Malik menjawab, "Aku belum
pernah melihat beliau mengerjakannya kecuali pada hari itu." [Shahih
Bukhari]
Ø Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam melakukannya setelah membebaskan kota Mekkah sebagaimana
dalam hadits Ummu Hani’.
Pendapat ketiga: Tidak
dianjurkan.
Muwarriq
–rahimahullah- berkata;
قُلْتُ لِابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا: أَتُصَلِّي الضُّحَى؟ قَالَ: لاَ، قُلْتُ: فَعُمَرُ؟ قَالَ: لاَ،
قُلْتُ: فَأَبُو بَكْرٍ؟ قَالَ: لاَ، قُلْتُ: فَالنَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ؟ قَالَ: لاَ إِخَالُهُ [صحيح البخاري]
Aku
bertanya kepada Ibnu 'Umar radhiallahu'anhuma: "Apakah Anda
melaksanakan shalat Dhuha?" Dia menjawab, "Tidak!". Aku tanyakan
lagi, "Bagaimana dengan 'Umar?" Dia menjawab:
Tidak!"."Bagaimana dengan Abu Bakar?" Dia menjawab:
Tidak!"."Bagaimana dengan Nabi ﷺ?" Dia menjawab, "Juga tidak,
menurut dugaanku!". [Shahih Bukhari]
Pendapat keempat: Dianjurkan
sesekali saja, tidak rutin.
Sebagaimana
hadits Aisyah di atas, dan hadits Abu Sa'id Al-Khudriy radhiyallahu
'anhu berkata:
«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى حَتَّى نَقُولَ لَا يَدَعُ،
وَيَدَعُهَا حَتَّى نَقُولَ لَا يُصَلِّي» [سنن
الترمذي: ضعفه الألباني]
“Nabi
ﷺ selalu mengerjakan shalat Duha sampai kami megatakan beliau
tidak pernah meninggalkannya, tapi jika beliau meninggalkannya sampai kami
mengatakan beliau tidak pernah mengerjakannya”. [Sunan Tirmidziy: Dihukumi lemah oleh syekh Albaniy rahimahullah]
Pendapat kelima: Dianjurkan
secara rutin di rumah.
Sebagaimana
hadits 'Aisyah di atas, dan atsar Ibnu Mas’ud yang diriwayatkan
oleh Masruq –rahimahullah- berkata:
كُنَّا نَقْرَأُ فِي الْمَسْجِدِ
فَيَثْبُتُ النَّاسُ فِي الْقِرَاءَةِ بَعْدَ قِيَامِ ابْنِ مَسْعُودٍ، ثُمَّ
نَقُومُ فَنُصَلِّي الضُّحَى، فَبَلَغَ ذَلِكَ ابْنَ مَسْعُودٍ، فَقَالَ: "عِبَادَ
اللهِ، لِمَ تُحَمِّلُوا عِبَادَ اللهِ مَا لَمْ يُحَمِّلْهُمَ اللَّهُ؟ إِنْ
كُنْتُمْ لاَ بُدَّ فَاعِلِينَ فَفِي بُيُوتِكُمْ". [مصنف
ابن أبي شيبة]
“Pernah
kami membaca di mesjid, maka sebagian orang tetap membaca setelah Ibnu Mas’ud
berdiri, kemudian kami bangkit dan kami shalat Dhuha. Maka hal itu sampai
kepada Ibnu Mas’ud dan ia berkata: Wahai hamba Allah, kenapa kalian membebani
hamba Allah dengan apa yang Allah tidak bebankan kepada mereka? Jika kalian
mesti melaksanakannya maka laksanakanlah di rumah kalian”. [Mushannaf Ibnu Abi
Syaibah]
Pendapat keenam: Bid’ah.
Mujahid
–rahimahullah- berkata;
دَخَلْتُ أَنَا وَعُرْوَةُ بْنُ
الزُّبَيْرِ المَسْجِدَ، فَإِذَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا، جَالِسٌ إِلَى حُجْرَةِ عَائِشَةَ، وَإِذَا نَاسٌ يُصَلُّونَ فِي
المَسْجِدِ صَلاَةَ الضُّحَى، قَالَ: فَسَأَلْنَاهُ عَنْ صَلاَتِهِمْ، فَقَالَ:
بِدْعَةٌ " [صحيح البخاري ومسلم]
Ketika
aku dan 'Urwah bin Az-Zubair masuk kedalam masjid di sana ada 'Abdullah bin
'Umar radhiallahu'anhuma sedang duduk di bilik rumah 'Aisyah radhiallahu'anha,
sedang orang-orang melaksanakan shalat Duha dalam masjid". Dia (Mujahid)
berkata, "Maka kami bertanya kepadanya tentang shalat yang mereka
kerjakan, maka dia berkata, "Itu adalah bid'ah". [Shahih Bukhari dan
Muslim]
Ø Al-Hakam bin Al-A’raj –rahimahullah-
berkata:
سَأَلْتُ ابْن عُمَرَ عَنْ صَلاَةِ
الضُّحَى وَهُوَ مُسْتَنِدٌ ظَهْرَهُ إلَى حُجْرَةِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم
، فَقَالَ : بِدْعَةٌ وَنِعْمَتِ الْبِدْعَةُ. [مصنف
ابن أبي شيبة]
“Aku
menanyai Ibnu Umar tentang shalat Dhuha saat dia menyandarkan punggungnya ke
dinding kamar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka ia menjawab: Itu adalah
bid’ah, dan sebaik-baik bid’ah”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]
3.
Jumlah raka’at shalat dhuha.
Diantaranya:
a) 2 raka’at.
Abu Hurairah radhiallahu'anhu
berkata:
أَوْصَانِي خَلِيلِي صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِثَلاَثٍ: «صِيَامِ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ،
وَرَكْعَتَيِ الضُّحَى، وَأَنْ أُوتِرَ قَبْلَ أَنْ أَنَامَ» [صحيح البخاري ومسلم]
"Nabi ﷺ
telah mewasiatkan aku tiga perkara: Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dua
rakaat, dan agar aku witir sebelum tidur”. [Shahih Bukhari dan Muslim]
b) 4 raka’at. [Sebagaimana dalam hadits Aisyah di
atas]
c) 8 raka’at.
Ummu Hani' bintu Abi Thalib radhiallahu'anha
menceritakan:
«لَمَّا كَانَ عَامُ
الْفَتْحِ، أَتَتْ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ
بِأَعْلَى مَكَّةَ، قَامَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
غُسْلِهِ، فَسَتَرَتْ عَلَيْهِ فَاطِمَةُ ثُمَّ أَخَذَ ثَوْبَهُ فَالْتَحَفَ بِهِ،
ثُمَّ صَلَّى ثَمَانَ رَكَعَاتٍ سُبْحَةَ الضُّحَى» [صحيح
مسلم]
“Bahwa ketika tahun penaklukan Makkah
menemui Rasulullah ﷺ yang sedang mandi di
dataran atas Makkah. Pada saat itu Fathimah menutupinya, kemudian beliau
mengambil bajunya dan menyelimutkan ke tubuhnya. Setelah itu beliau shalat Dhuha
delapan rakaat”. [Shahih Muslim]
Ø Anas bin Malik radhiallahu'anhu berkata:
رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي سَفَرٍ صَلَّى سُبْحَةَ الضُّحَى ثَمَانِ رَكَعَاتٍ،
فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ: " إِنِّي صَلَّيْتُ صَلَاةَ رَغْبَةٍ وَرَهْبَةٍ،
سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا، فَأَعْطَانِي ثِنْتَيْنِ، وَمَنَعَنِي وَاحِدَةً:
سَأَلْتُ أَنْ لَا يَبْتَلِيَ أُمَّتِي بِالسِّنِينَ، فَفَعَلَ. وَسَأَلْتُهُ أَنْ
لَا يُظْهِرَ عَلَيْهِمْ عَدُوَّهُمْ، فَفَعَلَ، وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا
يَلْبِسَهُمْ شِيَعًا، فَأَبَى عَلَيَّ " [مسند
أحمد: صحيح لغيره]
Dalam sebuah perjalanan saya melihat
Rasulullah ﷺ melakukan shalat
sunat Dhuha sebanyak delapan rakaat, tatkala sudah selesai nabi berkata,
aku shalat antara berharap dan cemas, aku meminta pada Rabb-ku 'Azza wa
Jalla tiga hal, Dia mengabulkan dua permintaan dan menolak ketiganya, aku
meminta agar umat tidak ditimpa dengan bencana menahun dan tidak dikuasai
musuh, dan Allah mengabulkannya, lalu aku meminta untuk tidak terjadi
perpecahan di kalangan umatku, dan Allah menolaknya. [Musnad Ahmad: Shahih
ligairih]
d) 12 raka’at.
Anas bin Malik radhiallahu'anhu
berkata, Rasulullah ﷺ bersabda:
«مَنْ صَلَّى الضُّحَى
ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِي
الجَنَّةِ» [سنن الترمذي: ضعيف]
"Barangsiapa yang melaksanakan shalat
Duha dua belas rakaat, niscaya Allah akan membuatkan baginya sebuah istana dari
emas di surga." [Sunan Tirmidziy: Lemah]
4.
Boleh mengajak orang lain berbuat suatu kebaikan sekalipun
ia tidak mampu melakukannya.
5.
Dianjurkan terkadang meninggalkan perkara sunnah jika
dikhawatirkan akan dianggap wajib.
Sebagaimana Nabi shallallahu 'alaihi
wasallam meninggalkan shalat tarawih berjama’ah karena khawati akan
diwajibkan.
6.
Kasih sayang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
kepada umatnya tidak ingin memberatkan mereka dengan suatu kewajiban.
7.
Sifat shalat Dhuha Aisyah radhiallahu'anha.
'Abdullah bin Abi
Musa -rahimahullah- berkata;
أَرْسَلَنِي مُدْرِكٌ، أَوْ ابْنُ مُدْرِكٍ إِلَى عَائِشَةَ
أَسْأَلُهَا عَنْ أَشْيَاءَ، قَالَ: فَأَتَيْتُهَا، فَإِذَا هِيَ تُصَلِّي
الضُّحَى، فَقُلْتُ: أَقْعُدُ حَتَّى تَفْرُغَ، فَقَالُوا: هَيْهَاتَ [مسند
أحمد: صحيح]
Mudrik atau Ibnu Mudrik -rahimahullah-
telah mengutusku kepada Aisyah supaya saya bertanya beberapa hal
kepadanya. Saya pun datang kepadanya dan dia sedang melakukan shalat dhuha.
Kataku: "Saya duduk hingga dia selesai!"
Orang-orangpun berkata; 'Tidak mungkin.'
[Musnad Ahmad: Shahih]
B.
Hadits
Zayd bin Arqam radhiyallahu ‘anhu.
Al-Qasim Asy-Syaibaniy –rahimahullah- berkata:
أَنَّ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ رَأَى
قَوْمًا يُصَلُّونَ مِنَ الضُّحَى، فَقَالَ: أَمَا لَقَدْ عَلِمُوا أَنَّ
الصَّلَاةَ فِي غَيْرِ هَذِهِ السَّاعَةِ أَفْضَلُ، إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ
الْفِصَالُ» [صحيح
مسلم]
Bahwasanya Zaid bin Arqam -radhiyallahu
'anhu- pernah melihat suatu kaum yang tengah mengerjakan shalat dhuha, lalu
dia berkata; "Tidakkah mereka tahu bahwa shalat di luar waktu ini lebih
utama? Sebab Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Shalat Awwabin
(orang yang bertaubat) dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena
kepanasan." [Shahih Muslim]
Ø Dalam riwayat lain;
خَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءَ وَهُمْ يُصَلُّونَ، فَقَالَ: «صَلَاةُ
الْأَوَّابِينَ إِذَا رَمِضَتِ الْفِصَالُ» [صحيح مسلم]
Rasulullah ﷺ
pernah berangkat menemui penduduk Quba' ketika mereka tengah mengerjakan
shalat, lalu beliau bersabda, "Shalat awwabin (orang yang bertobat)
dikerjakan ketika anak unta mulai beranjak karena kepanasan." [Shahih
Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Zayd bin Arqam bin Zayd,
Abu ‘Amr Al-Anshariy radhiyallahu ‘anhu.
Ia
mengikuti 17 perang bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Wafat
tahun 66 atau 68 hijriyah.
Zaid
bin Arqam -radhiyallahu
'anhu- berkata;
كُنْتُ فِي غَزَاةٍ فَسَمِعْتُ عَبْدَ
اللَّهِ بْنَ أُبَيٍّ، يَقُولُ: لاَ تُنْفِقُوا عَلَى مَنْ عِنْدَ رَسُولِ اللَّهِ
حَتَّى يَنْفَضُّوا مِنْ حَوْلِهِ، وَلَئِنْ رَجَعْنَا مِنْ عِنْدِهِ
لَيُخْرِجَنَّ الأَعَزُّ مِنْهَا الأَذَلَّ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لِعَمِّي أَوْ
لِعُمَرَ، فَذَكَرَهُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَدَعَانِي
فَحَدَّثْتُهُ، فَأَرْسَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَى
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أُبَيٍّ وَأَصْحَابِهِ، فَحَلَفُوا مَا قَالُوا، فَكَذَّبَنِي
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَصَدَّقَهُ، فَأَصَابَنِي هَمٌّ
لَمْ يُصِبْنِي مِثْلُهُ قَطُّ، فَجَلَسْتُ فِي البَيْتِ، فَقَالَ لِي عَمِّي: مَا
أَرَدْتَ إِلَى أَنْ كَذَّبَكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَمَقَتَكَ؟ فَأَنْزَلَ اللَّهُ تَعَالَى: {إِذَا جَاءَكَ المُنَافِقُونَ} [المنافقون: 1] فَبَعَثَ إِلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فَقَرَأَ فَقَالَ: «إِنَّ اللَّهَ قَدْ صَدَّقَكَ يَا زَيْدُ» [صحيح البخاري ومسلم]
Aku
berada dalam suatu peperangan, lalu aku mendengar Abdullah bin Ubbay berkata,
"Janganlah kalian berinfak atas orang-orang yang bersama Rasulullah ﷺ
sehingga mereka lari darinya. Dan jika kita kembali dari sisinya, niscaya
orang-orang mulia (kuat) akan mengeluarkan orang-orang yang hina darinya."
Maka aku pun menuturkan hal itu pada pamanku atau Umar dan ia pun menuturkannya
kepada Nabi ﷺ. Kemudian beliau memanggilku, maka aku menceritakan kejadian
tersebut. Akhirnya Rasulullah ﷺ mengirimkan utusan kepada Abdullah bin
Ubbay dan para sahabatnya, namun mereka bersumpah bahwa mereka tidak
mengatakannya. Maka Rasulullah ﷺ pun mendustakanku dan membenarkan Abdullah
bin Ubbay beserta sahabat-sahabatnya. Sehingga aku tertimpa kesedihan yang
belum pernah kualami sebelumnya. Aku duduk termenung di Ka'bah, kemudian
pamanku bertanya padaku, "Apa yang kamu inginkan sehingga Rasulullah ﷺ
mendustakanmu dan memarahimu?" Maka Allah menurunkan surat, "IDZAA
JAA`AKAL MUNAAFIQUUNA." (QS. Al-Munafiqun). Akhirnya Rasulullah ﷺ mengutus
seseorang kepadaku dan membacakan surat itu, kemudian utusan itu berkata,
"Sesungguhnya Allah telah membenarkanmu wahai Zaid." [Shahih Bukhari
dan Muslim]
2)
Waktu pelaksanaan shalat Dhuha.
Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dalam Musnad-nya
(10/103) no.4166:
عن عتبة بن
السكن الحمصي، قَال: حَدَّثنا الأَوْزَاعِيُّ قَالَ: أَخْبَرَنِي صَالِحُ بْنُ جُبَير، قَالَ: حَدَّثني أَبُو أَسْمَاءَ
الرَّحَبِيُّ، قَالَ: حَدَّثني ثَوْبَانُ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ، أَنَّ رَسُولَ
اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيه وَسَلَّم كَانَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يُصَلِّيَ بَعْدَ
نِصْفِ النَّهَارِ حَتَّى تَرْتَفِعَ الشَّمْسُ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ: يَا رَسولَ
اللهِ أَرَاكَ تَسْتَحِبُّ الصَّلاةَ هَذِهِ السَّاعَةَ قَالَ: «تُفْتَحُ فِيهَا
أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَيَنْظُرُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى بِالرَّحْمَةِ
إِلَى خَلْقِهِ وَهِيَ صَلاةٌ كَانَ يُحَافِظُ عَلَيْهَا آدَمُ وَنُوحٌ
وَإِبْرَاهِيمُ وَمُوسَى وَعِيسَى».
Dari ‘Utbah bin As-Sakan Al-Himshiy, ia
berkata: Telah menceritakan kepada kami Al-Auza’iy, ia berkata: Telah
mengabarkan kepadaku Shalih bin Jubair, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku
Abu Asma’ Ar-Rahabiy, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Tsauban
radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam suka
shalat setelah seperdua siang sampai matahari meninggi. Aisyah bertanya: Wahai
Rasulullah, aku melihat engkau suka shalat pada saat seperti ini! Beliau
menjawab: Pada saat ini pintu-pintu langit dibuka, dan Allah tabaraka
wata’aalaa melihat dengan rahmat kepada makhluknya, ia adalah shalat yang
dijaga pelaksanaannya oleh Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa”
Al-Bazzar –rahimahullah- berkata:
«وَهَذَا الْحَدِيثُ لا
نَعْلَمُهُ يُرْوَى عَن رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيه وَسَلَّم بِهَذَا اللَّفْظِ
إلاَّ عَنْ ثَوْبَانَ بِهَذَا الإِسْنَادِ، وَعُتْبَةُ
بْنُ السَّكَنِ قَدْ رَوَى عَن الأَوْزاعِيّ أَحَادِيثَ لَمْ يُتَابَعْ
عَلَيْهَا، وَصَالِحُ بْنُ جُبَير فَلا نَعْلَمُ
رَوَى عَنْهُ غَيْرُ الأَوْزَاعِيِّ».
“Hadits ini kami tidak ketahui diriwayatkan
dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dengan lafadz ini kecuali
dari Tsauban dengan sanad ini, dan ‘Utbah bin As-Sakan telah
meriwayatkan dari Al-Auza’iy hadits-hadits yang tidak ada pendukungnya, dan Shalih bin Jubair kami tidak mengetahui ada yang
meriwayatkan darinya kecuali Al-Auza’iy”.
Al-Haitsamiy –rahimahullah- berkata:
«رَوَاهُ الْبَزَّارُ،
وَفِيهِ عُتْبَةُ بْنُ السَّكَنِ قَالَ
الدَّارَقُطْنِيُّ: مَتْرُوكٌ، وَقَدْ ذَكَرَهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي "الثِّقَاتِ"
وَقَالَ: يُخْطِئُ وَيُخَالِفُ». [مجمع الزوائد
ومنبع الفوائد (2/ 219)]
“Diriwayatkan oleh Al-Bazzar, dan pada
sanadnya ada ‘Utbah bin As-Sakan; Ad-Daraqutniy
berkata: Ia matruk (ditolak haditsnya), dan Ibnu Hibban menyebutnya
dalam kitab “Ats-Tsiqah” dan berkata: Ia melakukan kesalahan dan
menyelisihi”. [Majma’ Az-Zawaid 2/219]
Biografi ‘Utbah
bin As-Sakan Asy-Syamiy[1]:
Al-Bazzar berkata: “Ia meriwayatkan dari
Al-Auza’iy hadits-hadits yang tidak ada pendukungnya”. Ad-Daraqutniy berkata: “Ia matruk
(ditolak haditsnya)”, dan Ibnu Hibban menyebutnya dalam kitab “Ats-Tsiqah”
dan berkata: “Ia melakukan kesalahan dan menyelisihi”. Al-Baihaqiy berkata: “Ia
digolongkan sebagai pemalsu hadits” (مَنْسُوبٌ
إِلَى الْوَضْعِ).
Biografi Shahih
bin Jubair Ash-Shuda’iy, Abu Muhammad Asy-Syamiy[2]:
Ibnu Ma’in berkata: “Ia tsiqah”. Dan
disebut oleh Ibnu Hibban dalam kitabnya “Ats-Tsiqat”. Abu Hatim berkata:
“Ia syekh majhul”. Ibnu Hajar berkata: “Ia shaduq, dan Al-Bazzar
melakukan suatu yang aneh dengan dengan beranggapan bahwa tidak ada yang
meriwayatkan darinya kecuali Al-Auza’iy”.
3)
Memilih waktu terbaik dalam
beribadah.
C.
Hadits
Anas radhiyallahu ‘anhu.
Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy dalam
Al-Jami’ (2/337) no.473:
عن مُوسَى
بْنُ فُلَانِ بْنِ أَنَسٍ، عَنْ عَمِّهِ ثُمَامَةَ بْنِ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَلَّى الضُّحَى ثِنْتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً بَنَى
اللَّهُ لَهُ قَصْرًا مِنْ ذَهَبٍ فِي الجَنَّةِ»
Dari
Musa bin Fulan bin Anas, dari pamannya yaitu
Tsumamah bin Anas bin Malik, dari Anas bin Malik dia berkata, Rasulullah
ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang melaksanakan shalat Dhuha dua
belas rakaat, niscaya Allah akan membuatkan baginya sebuah istana dari emas di
surga."
At-Tirmidziy –rahimahullah- berkata:
«حَدِيثُ أَنَسٍ حَدِيثٌ
غَرِيبٌ، لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الوَجْهِ»
“Hadits Anas adalah hadits gharib, kami
tidak mengetahuinya kecuali dari jalur ini”.
Ibnu Hajar berkata dalam “At-Talkhish”:
“Sanadnya lemah”. Dalam kitab “At-Taqrib”
ia berkata: “Musa
bin Fulan bin Anas[3];
Majhul (tidak diketahui)”.
Penjelasan singkat hadits ini:
1. Biografi Anas radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2. Keutamaan shalat Dhuaa.
Diriwayatkan oleh Al-Bazzar dalam Musnad-nya
(9/335) no.3890:
عن حُسَيْن
بْن عَطَاءٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ: قُلْتُ
لِأَبِي ذَرٍّ: يَا عَمَّاهُ أَوْصِنِي، قَالَ: سَأَلْتَنِي كَمَا سَأَلْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «إِنْ صَلَّيْتَ
الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لَمْ تُكْتَبْ مِنَ الْغَافِلِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَ
أَرْبَعًا كُنْتَ مِنَ الْعَابِدِينَ، وَإِنْ صَلَّيْتَ سِتًّا لَمْ يَلْحَقْكَ
ذَنْبٌ، وَإِنْ صَلَّيْتَ ثَمَانِيًا كُتِبْتَ مِنَ الْقَانِتِينَ، وَإِنْ
صَلَّيْتَ اثِنْتَيْ عَشْرَةَ بُنِيَ لَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ، وَمَا مِنْ
يَوْمٍ وَلَا لَيْلَةٍ وَلَا سَاعَةٍ إِلَّا وَلِلَّهِ فِيهَا صَدَقَةٌ يَمُنُّ
بِهَا عَلَى مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ، وَمَا مَنَّ عَلَى عَبْدٍ بِمِثْلِ أَنْ
يُلْهِمَهُ ذِكْرَهُ»
Dari
Husain bin ‘Atha’, dari Zayd bin Aslam, dari
Ibnu Umar, ia berkata: Aku bertanya kepada Abu Dzar: Wahai pamanku,
berwasiatlah untukku! Ia berkata: Engkau memintaku seperti aku meminta kepada
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau menjawab: “Jika
engkau shalat Dhuha dua raka’at maka engkau tidak dicatat sebagai orang yang
lalai, dan jika engkau shalat empat raka’at maka engkau termasuk ahli ibadah,
dan jika engkau shalat enam raka’at maka engkau tidak didapati oleh dosa, dan
jika engkau shalat delapan raka’at maka engkau dicatat sebagai orang lama
beribadah, dan jika engkau shalat dua belas raka’at maka dibangun untukmu satu
rumah dalam surga, dan tidaklah satu hari atau malam, atau saat kecuali Allah
punya sedekah yang Allah berikan kepada siapa yang Ia kehendaki dari
hamba-hambaNya, dan tidaklah ada pemberian kepada seorang hamba yang serupa
dengan ia diilhami untuk selalu mengingatNya”.
Al-Bazzar
–rahimahullah- berkata:
«وَهَذَا الْكَلَامُ لَا
نَعْلَمُهُ يُرْوَى عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِلَّا مِنْ
هَذَا الْوَجْهِ، وَلَا نَعْلَمُ رَوَى ابْنُ عُمَرَ، عَنْ أَبِي ذَرٍّ حَدِيثًا
مُسْنَدًا إِلَّا هَذَا الْحَدِيثَ»
“Perkataan ini tidak kami ketahui
diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam kecuali dari jalur ini, dan
kami tidak mengetahui Ibnu Umar meriwayatkan dari Abu Dzar satu hadits yang
bersambung sanadnya kecuali hadits ini”
Biografi Al-Husain bin ‘Atha’[4]:
Abu Hatim berkata: هو قليل الحديث وما
يحدث به فمنكر (haditsnya sedikit dan apa yang ia riwayatkan adalah mungkar). Ibnu Hibban berkata dalam kitab “Al-Majruhin”:
لا
يجوز أن يحتج به إذا انفرد (tidak boleh dijadikan hujjah jika ia menyendiri). Ibnu Al-Jarud berkata: Ia seorang pendusta. Abu Daud berkata: ليس هو بشيء (Ia bukanlah sesuatu).
Hadits shahih tentang keutamaan shalat Dhuhaa.
Lihat di sini: Syarah Arba’in hadits (25) Abu Dzar; Amal shalih bernilai sedekah
Wallahu a’lam!
Lihat juga: Hadits Ibnu Umar dan Abu Hurairah tentang shalat malam - Syarah hadits tentang shalat sunnah fardhu Subuh - Syarah hadits tentang shalat Sunnah sebelum dan setelah shalat fardhu
[1]
Lihat biografi "‘Utbah bin As-Sakan "
dalam kitab: Ats-Tsiqah karya Ibnu
Hibban 8/508, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/166, Miizaan Al-I'tidaal
karya Adz-Dzahabiy 3/28, Lisaan Al-Miizaan karya Ibnu Hajar 5/368,.
[2]
Lihat biografi "Shahih bin Jubair"
dalam kitab: Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 4/396, Ats-Tsiqat karya Ibnu Hibban 4/376, Al-
Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/47, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 13/23,
Miizaan Al-I'tidaal 2/291, Tahdzib At-Tahdzib 4/383, Taqriib
At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.271.
[3]
Lihat biografi " Musa bin Fulan "
dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 29/173, Taqriib At-Tahdziib hal.554.
[4]
Lihat biografi "Al-Husain bin ‘Atha’" dalam kitab: Al-Jarh wa
At-Ta'diil 3/61, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/243,
Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/215, Miizaan Al-I'tidaal 1/542, Lisaan Al-Miizaan 1/187.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...