Selasa, 26 Januari 2021

Syarah hadits tentang shalat sunnah fardhu Subuh

 بسم الله الرحمن الرحيم

Bacaan shalat sunnah sebelum fardhu Subuh

A.    Hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha.

'Aisyah -radhiallahu'anha- berkata:

" كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُخَفِّفُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الصُّبْحِ حَتَّى إِنِّي لَأَقُولُ: هَلْ قَرَأَ بِأُمِّ الكِتَابِ؟ " [صحيح البخاري ومسلم]

"Nabi meringankan dua rakaat sebelum shalat Subuh hingga aku bertanya (dalam hati), "Apakah beliau membaca Ummul Kitab (Al-Fatihah)?!" [Shahih Bukhari dan Muslim]

Penjelasan singkat hadits ini:

1.      Biografi Aisyah radhiyallahu ‘anha.

Lihat: Aisyah binti Abi Bakr dan keistimewaannya

2.      Ukuran bacaan pada dua rak’at sebelum Subuh.

Jumhur ulama berpadapat bahwa disunnahkan meringankan bacaannya sebagaimana hadits Aisyah ini, dan hadits Abu Hurairah yang akan datang.

Hafsah -radhiallahu'anha- berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ، لَا يُصَلِّي إِلَّا رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ» [صحيح مسلم]

"Jika fajar telah terbit, Rasulullah tidak melakukan shalat selain dua rakaat ringan." [Shahih Muslim]

Ø  Anas bin Sirin rahimahullah- berkata, Aku bertanya kepada Ibnu 'Umar -radhiallahu'anhuma-: "Apakah shalat dua rakaat sebelum shalat Fajar bacaannya dipanjangkan?"

Maka dia menjawab:

«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، وَيُوتِرُ بِرَكْعَةٍ، وَيُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلاَةِ الغَدَاةِ، وَكَأَنَّ الأَذَانَ بِأُذُنَيْهِ»

"Nabi melaksanakan shalat malam dua rakaat dua rakaat lalu witir dengan satu rakaat, dan beliau mengerjakan shalat dua rakaat sebelum melaksanakan shalat Fajar, seakan azan ada di sisi telinganya."

Hammad berkata, "Maksudnya beliau melaksanakan dua rakaat tersebut dengan cepat." [Shahih Bukhari]

Sedangkan sebagian ulama Hanafiyah berpendapat bolehnya memanjangkan bacaan dua raka’at ini, dengan dalil:

a)      Hadits Sa’id bin Jubair –rahimahullah-.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya 2/52 no.6356, dan Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubraa” 3/63 no.4882:

عن وَكِيع، قَالَ: حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ، عَنْ شَيْخٍ مِنَ الْأَنْصَارِ، -قَالَ مِسْعَرٌ: أَرَاهُ عُثْمَانَ-، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، قَالَ: «كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رُبَّمَا أَطَالَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ»

Dari Waki’, ia berkata: Mis’ar telah menceritakan kepada kami, dari seorang syekh keturunan Ashar –Msi’ar berkata: Saya merasa ia adalah ‘Utsman-, dari Sa’id bin Jubair, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam terkadang memanjangkan bacaan pada dua raka’at Sunnah Fajar”.

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata: “Sanad ini terputus (mursal)”.

Hadits ini lemah karena Sa’id bin Jubair[1] (w.95H) seorang tabi’iy tidak bertemu dengan Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam, dan ‘Utsman yang dimaksud oleh Mis’ar kemungkinan adalah ‘Utsman bin Hakim Al-Anshariy (w.140H) murid dari Sa’id bin Jubair bin Hisyam (w.95H)

b)      Atsar Al-Hasan Al-Bashriy rahimahullah-.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya 2/52 no.6357, ia berkata:

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ أَبِي الْمَشْرَفِيِّ، عَنِ الْحَسَنِ، قَالَ: «لَا بَأْسَ أَنْ يُطِيلَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، يَقْرَأُ فِيهِمَا مِنْ حِزْبِهِ إِذَا فَاتَهُ»

Waki’ telah menceritakankepada kami, dari Sufyan, dari Abi Al-Masyrafiy, dari Al-Hasan, ia berkata: “Tidak mengapa memanjangkan bacaan pada dua raka’at Sunnah Fajar, ia membaca bacaan rutinnya jika terlewatkan”.

Sanad atsar ini shahih, Abu Al-Masyrafiy yang bernama Laits, guru dari Sufyan Ats-Tsauriy; Dihukumi tsiqah oleh Ibnu Ma’in -rahimahullah-.

c)       Atsar Mujahid rahimahullah-.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannaf-nya 2/52 no.6358, ia berkata:

حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنْ سُفْيَانَ، عَنْ رَجُلٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ، قَالَ: «لَا بَأْسَ أَنْ يُطِيلَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ»

Waki’ telah menceritakankepada kami, dari Sufyan, dari seorang laki-laki, dari Mujahid, ia berkata: “Tidak mengapa memanjangkan bacaan pada dua raka’at Sunnah Fajar”.

Sanad ini lemah karena guru dari Sufyan Ats-Tauriy tidak diketahui (majhul).

Pendapat yang kuat adalah pendapat Jumhur ulama karena haditsnya lebih kuat. Wallahu a’lam!

B.     Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata:

" أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَرَأَ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ: {قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ}، وَ {قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ} " [صحيح مسلم]

“Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca pada dua raka’at sebelum shalat subuh: Surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash”. [Sahih Muslim]

Penjelasan singkat hadits ini:

1.      Biografi Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Lihat: Abu Hurairah dan keistimewaannya

2.      Anjuran membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash pada dua raka’at sunnah Fajar.

Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata:

«رَمَقْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَهْرًا فَكَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الفَجْرِ، بِـ {قُلْ يَا أَيُّهَا الكَافِرُونَ}، وَ {قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ}» [سنن الترمذي: صحيح]

“Aku memperhatikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selama sebulan, beliau sering membaca pada dua raka’at sebelum shalat subuh: Surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash”. [Sunan Tirmidziy: Sahih]

3.      Selain surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam juga sering membaca satu ayat dari surah Al-Baqarah dan satu ayat dari surah Ali ‘Imran pada dua raka’at sunnah Fajar.

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata:

كَانَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فِي الْأُولَى مِنْهُمَا: {قُولُوا آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا} [البقرة: 136] الْآيَةَ الَّتِي فِي الْبَقَرَةِ، وَفِي الْآخِرَةِ مِنْهُمَا: {آمَنَّا بِاللهِ وَاشْهَدْ بِأَنَّا مُسْلِمُونَ} [آل عمران: 52] [صحيح مسلم]

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca pada dua raka'at sunah fajar di raka'at pertama: "Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, ..." ayat 136 yang di surah Al-Baqarah, dan pada raka'at kedua: " ... kami beriman kepada Allah; dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri" (Ali Imran: 52). [Sahih Muslim]

Dalam riwayat lain:

" كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ: {قُولُوا آمَنَّا بِاللهِ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْنَا} [البقرة: 136]، وَالَّتِي فِي آلِ عِمْرَانَ: {تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ} [آل عمران: 64] ". [صحيح مسلم]

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam membaca pada dua raka'at sunah fajar di raka'at pertama: "Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, ..." (Al-Baqarah: 136), dan pada raka'at kedua ayat 64 surah Ali 'Imran: " ... marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, ...". [Sahih Muslim]

4.      Hikmah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sering membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash, atau ayat 136 surah Al-Baqarah dan ayat 52 dan 64 surah Ali ‘Imran pada dua raka’at sunnah Fajar.

Karana pada surah dan ayat tersebut terdapat penekanan terhadap akidah tauhid, baik secara perbuatan dan sikap seperti pada surah Al-Kafirun dan Ali ‘Imran, ataupun secara ucapan dan keyakinan sebagaimana dalam surah Al-Ikhlash dan Al-Baqarah.

5.      Keutamaan tauhid.

Lihat: Keutamaan Tauhid

6.      Keutamaan surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlash.

Lihat: Keutamaan surah Al-Kafirun - Keutamaan surah Al-Ikhlash

7.      Keutamaan surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran.

Lihat: Keutamaan surah Al-Baqarah - Keutamaan surah Ali 'Imran

8.      Boleh membaca satu ayat dalam satu raka’at selama tidak mengurangi makna.

Allah subhanahu wa ta'aalaa berfirman:

{فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنَ الْقُرْآنِ} [المزمل: 20]

Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur'an. (Al-Muzzammil/73:20)

Ø  Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلاَةِ فَكَبِّرْ، ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنَ القُرْآنِ» [صحيح البخاري]

"Jika kamu berdiri untuk shalat maka mulailah dengan takbir, lalu bacalah apa yang mudah buatmu dari Al Qur'an." [Shahih Bukhari]

Berbaring setelah shalat sunnah sebelum fardhu Subuh

1.     Hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha.

'Aisyah radhiallahu'anha berkata:

«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى رَكْعَتَيِ الفَجْرِ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الأَيْمَنِ» [صحيح البخاري]

"Nabi bila selesai mendirikan dua rakaat shalat sunat Fajar, beliau berbaring dengan bertumpu pada sisi badannya yang sebelah kanan". [Shahih Bukhari]

2.     Hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu.

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (15/217) no.9368, Abu Daud dalam Sunan-nya (2/21) no.1261, dan At-Tirmidziy dalan “Al-Jami’” (2/281) no.420;

عن عَبْد الْوَاحِدِ بْن زِيَادٍ، حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ الْأَعْمَشُ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمُ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ، فَلْيَضْطَجِعْ عَلَى جَنْبِهِ الْأَيْمَنِ»

Abdul Wahid bin Ziyad berkata: Telah menceritakan kepada kami Sulaiman Al-A'masy, dari Abu Shalih, dari Abu Hurairah, ia berkata: "Jika salah seorang dari kalian selesai shalat dua rakaat sebelum Subuh, maka hendaklah berbaring di atas rusuk kanannya."

Ø  Dalam riwayat Abi Daud rahimahullah- disebutkan:

فَقَالَ لَهُ مَرْوَانُ بْنُ الْحَكَمِ: أَمَا يُجْزِئُ أَحَدَنَا مَمْشَاهُ إِلَى الْمَسْجِدِ حَتَّى يَضْطَجِعَ عَلَى يَمِينِهِ، قَالَ عُبَيْدُ اللَّهِ فِي حَدِيثِهِ: قَالَ: لَا، قَالَ: فَبَلَغَ ذَلِكَ ابْنَ عُمَرَ، فَقَالَ: أَكْثَرَ أَبُو هُرَيْرَةَ عَلَى نَفْسِهِ، قَالَ: فَقِيلَ لِابْنِ عُمَرَ: هَلْ تُنْكِرُ شَيْئًا مِمَّا يَقُولُ؟ قَالَ: «لَا، وَلَكِنَّهُ اجْتَرَأَ وَجَبُنَّا»، قَالَ: فَبَلَغَ ذَلِكَ أَبَا هُرَيْرَةَ، قَالَ: «فَمَا ذَنْبِي إِنْ كُنْتُ حَفِظْتُ وَنَسَوْا»

Marwan bin Hakam berkata kepadanya (Abu Hurairah): "Apakah tidak cukup seseorang dari kami berjalan ke masjid sehingga dia harus berbaring dulu ke sebelah kanan?" Abu Hurairah menjawab, "Tidak." Lalu hal itu di sampaikan kepada Ibnu Umar, maka Ibnu Umar berkata, "Abu Hurairah berlaku berlebih-lebihan atas dirinya sendiri." Lalu dikatakan kepada Ibnu Umar, "Apakah anda mengingkari apa yang dikatakannya?" Dia menjawab, "Tidak, namun Abu Hurairah berani (karena banyak riwayat), sedangkan kami amat hati-hati (karena sedikit periwayatan hadits)." Lalu hal itu sampai kepada Abu Hurairah, kemudian dia berkata, "Apa salahku, jika aku pernah menghafalnya (hadits) sedangkan ia lupa?."

Imam Tirmdiziy rahimahullah- berkata:

«حَدِيثُ أَبِي هُرَيْرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الوَجْهِ»

“Hadits Abu Hurairah adalah hadits yang hasan shahih, gharib melalui sanad ini”.

a.      Perselisihan ulama tentang derajat hadits Abu Hurairah:

Beberapa ulama menghukumi hadits ini lemah, dengan beberapa alasan:

Alasan pertama: Riwayat ini syadz karena menyelisihi riwayat yang lebih kuat.

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

خَالَفَ عَبْدُ الْوَاحِدِ الْعَدَدَ الْكَثِيرَ فِي هَذَا، فَإِنَّ النَّاسَ إِنَّمَا رَوَوْهُ مِنْ فِعْلِ النَّبِيِّ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَا مِنْ قَوْلِهِ: وَانْفَرَدَ عَبْدُ الْوَاحِدِ مِنْ بَيْنِ ثِقَاتِ أَصْحَابِ الْأَعْمَشِ بِهَذَا اللَّفْظِ.

Abdul Wahid menyelisihi perawi yang banyak dalam hadits ini, karena orang meriwayatkannya dari perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bukan dari perkataannya; Dan Abdul Wahid menyendiri dari perawi-perawi tsiqah lainnya dari murid-murid Al-A’masy dengan lafadz ini”. [Tadrib Ar-Rawi karya As-Suyuthiy 1/271]

Ibnu Qayyim rahimahullah- berkata: Aku mendengar Ibnu Taimiyah rahimahullah- berkata:

هَذَا بَاطِلٌ، وَلَيْسَ بِصَحِيحٍ، وَإِنَّمَا الصَّحِيحُ عَنْهُ الْفِعْلُ لَا الْأَمْرُ بِهَا، وَالْأَمْرُ تَفَرَّدَ بِهِ عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ وَغَلِطَ فِيهِ

“Hadits ini bathil dan tidak shahih, yang shahih dalam hal ini adalah perbuatan Nabi, bukan perintah untuk melakukannya. Dan hadits perintah hanya diriwayatkan oleh Abdul Wahid bin Ziyad dan ia keliru dalam hadits ini”. [Zadul Ma’ad 1/308]

Diantara yang menyelisihi riwayat Abdul Wahid;

a)       Riwayat Syu’bah bin Al-Hajjaj, dari Suhail, dari Abu Shalih.

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dalam Sunan-nya (1/378) no.1199;

عن شُعْبَة قَالَ: حَدَّثَنِي سُهَيْلُ بْنُ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ اضْطَجَعَ»

Dari Syu'bah, ia berkata: Telah menceritakan kepadaku Suhail bin Abu Shalih, dari Bapaknya, dari Abu Hurairah ia berkata: "Jika Rasulullah selesai dari dua rakaat fajar, beliau berbaring".

b)      Riwayat Abu Ishaq, dari Muhammad bin Ibrahim, dari Abu Shalih.

Diriwayatkan oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (3/64) no. 4888;

عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ: حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ السَّمَّانِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يُحَدِّثُ مَرْوَانَ بْنَ الْحَكَمِ وَهُوَ عَلَى الْمَدِينَةِ: " أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَفْصِلُ بَيْنَ رَكْعَتَيْهِ مِنَ الْفَجْرِ وَبَيْنَ الصُّبْحِ بِضَجْعَةٍ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ ".

Dari Abi Ishaq, ia berkata: Muhammad bin Ibrahim menceritakan kepadaku, dari Abi Shalih As-Samman, ia berkata: Aku mendengar Abu Hurairah menceitakan kepada Marwan bin Al-Hakam ketika ia di Madinah: “Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dahulu memisahkan antara dua raka’at sunnah Fajar dan shalat Subuh dengan berbaring pada sisi kanannya”.

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

"هَذَا أَوْلَى أَنْ يَكُونَ مَحْفُوظًا لِمُوَافَقَتِهِ سَائِرَ الرِّوَايَاتِ عَنْ عَائِشَةَ، وَابْنِ عَبَّاسٍ"

“Riwayat ini lebih utama sebagai riwayat yang terjaga karena sesuai dengan riwayat lain dari Aisyah dan Ibnu ‘Abbas”.

Alasan kedua: Periwayatan hadits Abdul Wahid kepada Al-A’masy lemah.

Yahya bin Sa’id Al-Qathan rahimahullah- berkata:

مَا رَأَيْتُ عَبْدَ الْوَاحِدِ بْنَ زِيَادٍ يَطْلُبُ حَدِيثًا قَطُّ بِالْبَصْرَةِ وَلَا بِالْكُوفَةِ. وَكُنَّا نَجْلِسُ عَلَى بَابِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ أُذَاكِرُهُ حَدِيثَ الْأَعْمَشِ لَا يُعْرَفُ مِنْهُ حَرْفًا. [الضعفاء الكبير للعقيلي (3/ 55)]

“Aku tidak melihat sama sekali Abdul Wahid bin Ziyad mencari hadits di Bashrah dan tidak pula di Kufah, dan dahulu kami duduk di depan pintunya pada hari Jum’at setelah shalat, aku menanyakan tentang hadits Al-A’masy lalu ia tidak mengetahui satu huruf pun darinya”. [Adh-Dhu’afaa’ karya Al-‘Uqailiy: 3/55]

Abu Daud Ath-Thayalisiy rahimahullah- berkata tentang Abdul Wahid bin Ziyad:

عَمِدَ إِلَيَّ أَحَادِيثَ كَانَ يُرْسِلُهَا الْأَعْمَشُ فَوَصَلَهَا كُلَّهَا، يَقُولُ: حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ قَالَ: حَدَّثَنَا مُجَاهِدٌ فِي كَذَا وَكَذَا. [الضعفاء الكبير للعقيلي (3/ 55)]

“Ia menyampaikan kepadaku hadits-hadits yang ia riwayatkan secara terputus dari Al-A’masy dan ia meriwayatkan seluruhnya secara bersambung, ia berkata: Al-A’masy telah menceritakan kepada kami, ia berkata: Mujahid telah menceritakan kepada kami tentang ini dan itu”. [Adh-Dhu’afaa’ karya Al-‘Uqailiy: 3/55]

Adz-Dzahabiy rahimahullah- berkata:

تجنبا تلك المناكير التي نقمت عليه؛ فيحدث عن الأعمش بصيغة السماع، عن أبي صالح، عن أبي هريرة، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " إذا صلى أحدكم الركعتين قبل الصبح فليضطجع على يمينه ".

Kami meninggalkan hadits-hadits mungkar yang aku temui padanya, ia meriwayatkan dari Al-A’masy dengan sigat sama’ (bersambung, padahal terputus), dari Abi Shalih, dari Abi Hurairah; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Jika salah seorang dari kalian selesai shalat dua rakaat sebelum Subuh, maka hendaklah berbaring di atas rusuk kanannya." [Mizan Al-I’tidal 2/672]

Biografi Abdul Wahid bin Ziyad:

Dia adalah Abdul Wahid bin Ziyad Al-‘Abdiy maula mereka, Abu Bisyr Al-Bashriy.

Dihukumi tsiqah oleh Ibnu Sa’ad, Ibnu Ma’in, Ahmad bin Hanbal, Al-‘Ijliy, Abu Zur’ah, Abu Hatim, Ad-Daraquthniy, Ibnu ‘Adiy, Ibnu ‘Abdil Bar dan selainnya. Ibnu Hajar berkata: “Ia tsiqah, riwayatnya pada Al-A’masy saja yang ada perbincangkan”.

An-Nasa’iy berkata: “Periwayatan haditsnya tidak mengapa (laa ba’sa bih)”.

Dihukumi lemah oleh Al-‘Uqailiy, Ibnu Al-Jauziy, dan selainnya.

Beliau wafat tahun 176 hiriyah, atau setelahnya.[2]

Alasan ketiga: Abu Shalih tidak mendengarkan hadits dari Abu Hurairah.

Abu Bakr bin Al-‘Arabiy berkata, sebagaimana dinukil dalam kitab ‘Aridhatul Ahwadziy:

حديثُ أبي هريرة معلولٌ، لم يَسمعْه أبو صالح من أبي هريرة، وبَيْن الأعمش وأبي صالحٍ كلامٌ".

“Hadits Abu Hurairah cacat, Abu Shalih tidak mendengarkannya dari Abu Hurairah, dan periwayatan antara Al-A’masy dan Abu Shalih ada perbincangan”. [Lihat: Fatawa Haditsiyah karya syekh Abi Ishaq Al-Huwainiy (2/27)]

Al-Mundziriy rahimahullah- berkata:

قيل: إنّ أَبا صالح لم يَسمع هذا الحديثَ من أبي هريرة. فيكون منقطعًا

“Dikatakan bahwa Abu Shalih tidak mendengarkan hadits ini dari Abi Hurairah, dengan demikian sanadnya terputus”. [Mukhtashar Sunan Abi Daud 1/365]

Alasan keempat: Sebagian perawi meriwayatkannya secara mursal.

Al-Atsram rahimahullah- berkata:

سمعت أحمد بن حنبل يُسئل عن الاضطجاع بعد ركعتَي الفجر؟ فقال: "ما أفعلُه أنا، فإنْ فعلَه رجلٌ" ثم سكتَ، كأنه لم يعبْه إن فعلَه. قيل له: لِمَ لَمْ تأخذْ به؟ فقال: ليس فيه حديثٌ يثبتُ، قلت له: حديث الأعمشِ عن أبي صالح عن أبي هريرة، قال: رواه بعضُهم مرسلًا.

Aku mendengar Ahmad bin Hanbal ditanya tentang berbaring setelah shalat dua raka’at sebelum fardhu Fajar? Ia menjawab: “Aku tidak melakukannya, dan jika seseorang melakukannya”. Kemudian ia diam, seolah-olah ia tidak mencela orang yang melakukannya. Ditanyakan lagi kepadanya: Kenapa engkau tidak melakukannya? Ia menjawab: Tidak ada dalam masalah ini hadits yang kuat. Aku bertanya kepadany: Bagaimana dengan hadits Al-A’masy dari Abi Shalihi dari Abi Hurairah? Ia menjawab: “Sebagian perawi meriwayatkannya secara mursal”. [Al-Jami’ Li ‘ulum Imam Ahmad (fiqhi) 6/393]

Ulama yang menshahihkan hadits ini:

At-Tirmidziy, Ibnu Hazm, An-Nawawiy, Ibnu Hajar (Fathul Bari 3/44), syekh Albaniy, Abu Ishaq Al-Huwainiy rahimahumullah.

Adapun jawaban terhadap kritikan hadits ini:

Yang pertama: Periwayatan hadits Al-A’masy terhadap Abu Shalih lebih kuat dari pada Suhail dan Muhammad bin Ibrahim.

Yahya bin Ma’in ditanya tentang perawi yang paling kuat dari murid-murid Al-A’masy, ia menjawab:

"بعد سفيان وشعبة أبو معاوية الضرير وبعده عبد الواحد بن زياد"

“Setelah Sufyan dan Syu’bah adalah Abu Mu’awiyah Adh-Dharir, dan setelah itu Abdul Wahid bin Ziyad”. [Al-Jarh wa At-Ta’dil karya Ibnu Abi Hatim 6/21]

Yang kedua: Cacat pada riwayat Abdul Wahid terhadap Al-A’masy khusus pada riwayat Al-A’masy kepada Mujahid sebagaimana disebutkan oleh Abu Daud Ath-Thayalisiy. Adapun riwayat Al-A’masy kepada Abu Shalih maka termasuk riwayat yang terkuat.

Adz-Dzahabiy rahimahullah- berkata:

هو يدلس، وربما دلس عن ضعيف، ولا يدرى به، فمتى قال حدثنا فلا كلام، ومتى قال " عن " تطرق إلى احتمال التدليس إلا في شيوخ له أكثر عنهم: كإبراهيم، وابن أبي وائل، وأبي صالح السمان، فإن روايته عن هذا الصنف محمولة على الاتصال. [ميزان الاعتدال (2/ 224)]

“Ia melakukan tadlis (menjatuhkan gurunya dari sanad), dan terkadang menjatuhkan seorang yang lemah dan ia tidak diketahui, maka jika ia berkata “haddatsana” maka tidak ada perbincangan, dan ketika ia berkata “’an” maka terdapa kemungkinan adanya tadlis, kecuali riwayatnya pada beberapa guru yang ia banyak menerima hadits dari mereka seperti Ibrahim, Ibnu Abi Wail, Abu Shalih As-Samman, karena seseungguhnya periwayatannya pada golongan ini dianggap bersambung”. [Mizan Al-I’tidal 2/224]

Yang ketiga: Tidak ada bukti bahwa Abu Shalih tidak mendengar hadits ini dari Abu Hurairah, sedangkan Abu Bakr bin Al-A’rabiy banyak melakukan kekeliruan dalam menghukumi hadits.

Abu Shalih rahimahullah- berkata:

" مَا أَحَدٌ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ إِلَّا وَأَنَا أَعْلَمُ صَادِقًا هُوَ أَمْ كَاذِبًا " [الطبقات الكبرى (5/ 302)]

“Tida ada seorang pun yang meriwayatkan dari Abu Hurairah kecuali aku tahu ia jujur atau ia dusta”. [Ath-Thabaqat Al-Kubra 5/302]

Adz-Dzahabiy –rahimahullah- berkata:

" لاَزَمَ أَبَا هُرَيْرَةَ مُدَّةً " [سير أعلام النبلاء (5/ 36)]

“Ia senantiasa bersama Abu Hurairah beberapa waktu yang lama”. [Siar A’lam An-Nubalaa’ 5/36]

Yang keempat: Tidak didapatkan riwayat mursal dari hadits ini.

Lihat: “Fatawa Haditsiyah” karya syekh Abi Ishaq Al-Huwainiy rahimahullah- (2/26).

b.      Hukum berbaring setelah shalat sunnah sebelum Fardhu Subuh:

Pendapat pertama: Hukumnya wajib, shalat subuh tidak sah tanpanya.

Dengan dalil hadits Abu Hurairah yang mengandung perintah, sedangkan hukum asal perintah adalah wajib.

Ibnu Hazm –rahimahullah- berkata:

كُلُّ مَنْ رَكَعَ رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ لَمْ تُجْزِهِ صَلَاةُ الصُّبْحِ إلَّا بِأَنْ يَضْطَجِعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ بَيْنَ سَلَامِهِ مِنْ رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ، وَبَيْنَ تَكْبِيرِهِ لِصَلَاةِ الصُّبْحِ. وَسَوَاءٌ - عِنْدَنَا - تَرْكُ الضَّجْعَةِ عَمْدًا أَوْ نِسْيَانًا؛ وَسَوَاءٌ صَلَّاهَا فِي وَقْتِهَا أَوْ صَلَّاهَا قَاضِيًا لَهَا مِنْ نِسْيَانٍ، أَوْ عَمْدِ نَوْمٍ. فَإِنْ لَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ لَمْ يَلْزَمْهُ أَنْ يَضْطَجِعَ، فَإِنْ عَجَزَ عَنْ الضَّجْعَةِ عَلَى الْيَمِينِ لِخَوْفٍ، أَوْ مَرَضٍ، أَوْ غَيْرِ ذَلِكَ أَشَارَ إلَى ذَلِكَ حَسْبَ طَاقَتِهِ فَقَطْ. [المحلى بالآثار (2/ 227)]

“Semua orang yang melakukan dua raka’at Sunnah Fajar maka shalat Subuhnya tidak sah kecuali jika ia berbaring pada sisi kanannya pada waktu antara salam dari shalat Sunnah Fajarnya dengan takbiratul ihram untuk shalat Subuh. Sama halnya –menurut kami- ia meninggalkan berbaring karena sengaja atau karena lupa, dan sama halnya ia shalat pada waktunya atau ia qadhal karena lupa atau sengaja tidur. Dan jika ia tidak shalat dua raka’at Sunnah Fajar maka tidak mesti ia berbaring, dan jika ia tidak mampu berbaring pada sisi kanannya karena ketakutan atau sakit atau selain itu maka ia memberi isyarat akan hal itu sesuai kemampuannya saja”. [Al-Muhalla bil atsar 2/227]

Pendapat kedua: Hukumnya makruh secara mutlak.

Ini adalah pendapat Umar, Ibnu Umar, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhum, Sa’id bin Al-Musayyib, Ibrahim An-Nakha’iy, Sa’id bin Jubair dan Al-Hasan Al-Bashriy rahimahumullah.

Sa’id bin Al-Musayyib rahimahullah- berkata:

رَأَى عُمَرُ رَجُلًا اضْطَجَعَ بَعْدَ الرَّكْعَتَيْنِ، فَقَالَ: «احْصِبُوهُ أَوْ أَلَا حَصَّبْتُمُوهُ» [مصنف ابن أبي شيبة]

Umar melihat seorang yang berbaring setelah shalat dua raka’at Sunnah Fajar dan berkata: Lempari ia atau tidakkah kalian melempari ia?” [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Ibnu Umar -radhiallahu'anhuma- berkata:

«لَا نَفْعَلُهُ»، وَيَقُولُ: «كَفَى بِالتَّسْلِيمِ» [مصنف عبد الرزاق]

“Kami tidak melakukannya (berbaring setelah shalat Sunnah Subuh)”. Ia juga berkata: “Cukup ia memberi salam”. [Mushannaf ‘Abdurrazar]

Ø  Mujahid rahimahullah- berkata:

«صَحِبْتُ ابْنَ عُمَرَ فِي السَّفَرِ وَالْحَضَرِ، فَمَا رَأَيْتُهُ اضْطَجَعَ بَعْدَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Saya mendampingi Ibnu Umar dalam perjalanan jauh dan menetap, maka aku tidak pernya melihatnya berbaring setelah dua raka’at Sunnah Fajar”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Abu Mijlaz rahimahullah- berkata:

سَأَلْتُ ابْنَ عُمَرَ عَنْ ضِجْعَةِ الرَّجُلِ عَلَى يَمِينِهِ بَعْدَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الْفَجْرِ، فَقَالَ: «يَتَلَعَّبُ بِكُمُ الشَّيْطَانُ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Aku bertanya kepada Ibnu Umar tentang baringnya seseorang pada sisi kanannya setelah dua raka’at sebelum shalat Fajar, maka ia menjawab: Setan mempermainkan kalian”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Abu Ash-Shiddiq An-Najiy rahimahullah- berkata:

رَأَى ابْنُ عُمَرَ قَوْمًا اضْطَجَعُوا بَعْدَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، فَأَرْسَلَ إِلَيْهِمْ فَنَهَاهُمْ، فَقَالُوا: نُرِيدُ بِذَلِكَ السُّنَّةَ، فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ: «ارْجِعْ إِلَيْهِمْ فَأَخْبِرْهُمْ أَنَّهَا بِدْعَةٌ» [مصنف ابن أبي شيبة]

Ibnu Umar melihat satu kaum berbaring setelah dua raka’at Sunnah Fajar, maka ia mengutus seseorang kepada mereka dan melarang mereka, lalu mereka berkata: Kami ingin menerapkan Sunnah dengan hal itu! Maka Ibnu Umar berkata: Kembali kepada mereka dan sampaikan bahwa itu adalah bid’ah”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Abdullah bin Mas’ud -radhiallahu'anhu- berkata:

«مَا بَالُ الرَّجُلِ إِذَا صَلَّى الرَّكْعَتَيْنِ يَتَمَعَّكُ كَمَا تَتَمَعَّكُ الدَّابَّةُ وَالْحِمَارُ؟! إِذَا سَلَّمَ قَعَدَ فَصَلَّى» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Ada apa dengan seseorang yang shalat dua raka’at Sunnah Fajar kemudian ia berbaring seperti baringnya hewan dan keledai?! Jika ia salam maka ia duduk kemudian shalat”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Sa’id bin Al-Musayyib rahimahullah- berkata:

«مَا بَالُ أَحَدِكُمْ إِذَا صَلَّى الرَّكْعَتَيْنِ يَتَمَرَّغُ؟! كَفَاهُ التَّسْلِيمُ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Ada apa dengan seseorang dari kalian, jika ia selesai shalat dua raka’at Sunnah Fajar iam barbering?! Cukuplah ia memberi salam”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Al-Hasan bin ‘Ubaidillah rahimahullah- berkata:

«كَانَ إِبْرَاهِيمُ يَكْرَهُ الضِّجْعَةَ بَعْدَمَا يُصَلِّي الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ» قَالَ: «هِيَ ضِجْعَةُ الشَّيْطَانِ» [مصنف ابن أبي شيبة]

Ibrahim membenci berbaring setelah shalat dua raka’at sebelum shalat Fajar, ia berkata: Itu adalah baringnya setan”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Sa’id bin Jubair rahimahullah- berkata:

«لَا تَضْطَجِعْ بَعْدَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْفَجْرِ، وَاضْطَجِعْ بَعْدَ الْوِتْرِ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Jangan kalian berbaring setelah dua raka’at sebelum Fajar, dan berbaringlah setelah shalat witir”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Hisyam rahimahullah- berkata:

" أَنَّ الْحَسَن كَانَ لَا يُعْجِبُهُ أَنْ يَضْطَجِعَ بَعْدَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ " [مصنف ابن أبي شيبة]

“Sesungguhnya Al-Hasan tidak senang dengan berbaring setelah dua raka’at Sunnah Fajar”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Pendapat ketiga: Makruh jika dilakukan secara rutin, dan boleh jika untuk istirahat.

Ini adalah pendapat imam Malik dan selainnya.

Pendapat keempat: Hukumnya Sunnah secara mutlak.

Ini adalah pendapat Abu Musa Al-Asy’ariy, Rafi’ bin Khadij, Anas bin Malik, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhum, Muhammad bin Sirin dan ‘Urwah bin Az-Zubair rahimahumallah.

Ibnu Sirin rahimahullah- berkata:

" أَنَّ أَبَا مُوسَى الْأَشْعَرِيَّ، وَرَافِعَ بْنَ خَدِيجٍ، وَأَنَسَ بْنَ مَالِكٍ، كَانُوا يَضْطَجِعُونَ عِنْدَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، وَيَأْمُرُونَ بِذَلِكَ " [مصنف عبد الرزاق الصنعاني]

“Sesungguhnya Abu Musa Al-Asy’ariy, Rafi’ bin Khadij, dan Anas bin Malik, mereka berbaring setelah dua raka’at Sunnah Fajar, dan mereka memerintahkan hal itu”. [Mushannaf ‘Abdurrazaq Ash-Shan’aniy]

Ø  Mujahid rahimahullah- berkata:

أَنَّ مَرْوَانَ سَأَلَ أَبَا هُرَيْرَةَ عَنْ الِاضْطِجَاعِ بَعْدَ رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ فَقَالَ: «لَا حَتَّى تَضْطَجِعَ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Sesungguhnya Marwan bertanya kepada Abu Hurairah tentang berbaring setelah dua raka’at Sunnah Fajar, maka ia menjawab: Jangan shalat Subuh sampai ia berbaring”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  Ibnu ‘Aun rahimahullah- berkata:

«أَنَّ مُحَمَّد كَانَ إِذَا صَلَّى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ اضْطَجَعَ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Sesungguhnya Muhammad jika ia selesai shalat dua raka’at Sunnah Fajar, ia berbaring”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Ø  ‘Abdul Karim rahimahullah- berkata:

«أَنَّ عُرْوَةَ، دَخَلَ الْمَسْجِدَ وَالنَّاسُ فِي الصَّلَاةِ، فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ أَمَسَّ جَنْبَهُ الْأَرْضَ، ثُمَّ قَامَ فَدَخَلَ مَعَ النَّاسِ فِي الصَّلَاةِ» [مصنف ابن أبي شيبة]

“Sesungguhnya ‘Urwah rahimahullah- masuk masjid dan orang sedang shalat, maka ia shalat dua raka’at Sunnah Fajar kemudian menyentuhkan sisinya ke tanah kemudian bangkit dan ikut shalat bersama orang-orang”. [Mushannaf Ibnu Abi Syaibah]

Pendapat kelima: Disyari’atkan bagi yang shalat tahajjud untuk beristirahat.

Ibnu Juraij rahimahullah- berkata:

أَخْبَرَنِي مَنْ أُصَدِّقُ: أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا طَلَعَ الْفَجْرُ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ، ثُمَّ يَضْطَجِعُ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ فَيُؤْذِنَهُ بِالصَّلَاةُ، لَمْ يَضْطَجِعْ لِسُنَّةٍ وَلَكِنَّهُ كَانَ يَدْأَبُ لَيْلَةً فَيَسْتَرِيحُ» [مصنف عبد الرزاق الصنعاني]

Orang yang saya percaya menyampaikan kepadaku bahwasanya ‘Aisyah -radhiallahu'anha- berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam jika terbit Fajar ia shalat dua raka’at secara ringan, kemudia ia berbaring di atas sisi kanannya sampai muadzin mendatanginya dan meminta izin untuk shalat, beliau tidak bebaring karena Sunnah, akan tetapi karena beliau shalat malam dan beristirahat (dengan berbaring)”. [Mushannaf ‘Abdurrazaq]

Ash-Shan’aniy rahimahullah- berkata: Sanad hadits ini lemah karena ada perawi yang tidak disebutkan namanya.

Pendapat yang lebih kuat adalah pendapat keempat: Sunnah secara mutlak.

Aisyah -radhiallahu'anha- berkata:

«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى رَكْعَتَيِ الْفَجْرِ، فَإِنْ كُنْتُ مُسْتَيْقِظَةً حَدَّثَنِي، وَإِلَّا اضْطَجَعَ». [صحيح مسلم]

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika selesai shalat dua raka’aat Sunnah Fajar, apabila aku telah bangun maka beliau mengajakku berbicara, dan jika tidak maka beliau berbaring”. [Shahih Muslim]

Imam An-Nawawiy rahimahullah- berkata: Pendapat yang terpilih adalah Sunnah karena dzahirnya hadits Abi Hurairah –radhiyallahu ‘anhu-.

c.       Hikmah berbaring dengan sisi kanan:

Ibnu Qayyim rahimahullah- berkata:

وَفِي اضْطِجَاعِهِ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ سِرٌّ، وَهُوَ أَنَّ الْقَلْبَ مُعَلَّقٌ فِي الْجَانِبِ الْأَيْسَرِ، فَإِذَا نَامَ الرَّجُلُ عَلَى الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ، اسْتَثْقَلَ نَوْمًا، لِأَنَّهُ يَكُونُ فِي دَعَةٍ وَاسْتِرَاحَةٍ، فَيَثْقُلُ نَوْمُهُ، فَإِذَا نَامَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ، فَإِنَّهُ يَقْلَقُ وَلَا يَسْتَغْرِقُ فِي النَّوْمِ، لِقَلَقِ الْقَلْبِ، وَطَلَبِهِ مُسْتَقَرَّهُ، وَمَيْلِهِ إِلَيْهِ، وَلِهَذَا اسْتَحَبَّ الْأَطِبَّاءُ النَّوْمَ عَلَى الْجَانِبِ الْأَيْسَرِ لِكَمَالِ الرَّاحَةِ وَطِيبِ الْمَنَامِ، وَصَاحِبُ الشَّرْعِ يَسْتَحِبُّ النَّوْمَ عَلَى الْجَانِبِ الْأَيْمَنِ، لِئَلَّا يَثْقُلَ نَوْمُهُ فَيَنَامَ عَنْ قِيَامِ اللَّيْلِ، فَالنَّوْمُ عَلَى الْجَانِبِ الْأَيْمَنِ أَنْفَعُ لِلْقَلْبِ، وَعَلَى الْجَانِبِ الْأَيْسَرِ أَنْفَعُ لِلْبَدَنِ، وَاللَّهُ أَعْلَمُ. [زاد المعاد في هدي خير العباد (1/ 311)]

Berbaringnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di atas sisi kanan terdapat rahasia (hikmah), yaitu bahwasanya hati itu bergantung pada sisi kiri, sehingga jika seseorang tidur di atas sisi kiri maka ia akan tertidur pulas, karena ia dalam kondisi nyaman dan istirahat sehingga tidurnya pulas. Dan jika ia tidur di atas sisi kanan maka ia tidak tenang dan tidak bisa tidur pulas, karena hati tidak tenang dan mencari tempat yang baik yang sesuai. Oleh sebab itu para dolter menganjurkan untuk tidur di sisi kiri untuk kesempurnaan istirahat dan kepuasan tidur, sedangkan sang pemilik syari’at (Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam) menganjurkan tidur di sisi kanan agar tidak tertidur pulas dan tidak mampu bangun shalat malam. Maka tidur di sisi kanan lebih baik untuk hati, dan tidur di sisi kiri lebih baik untuk badan. Wallahu a’lam! [Zadul Ma’ad]

Hukum mengqadha’ shalat sunnah subuh

Boleh mengqadha’ shalat sunnah Subuh setelah menunaikan shalat Subuh.

Qais bin ‘Amru radhiallahu ‘anhu berkata:

رَأَى النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلًا يُصَلِّي بَعْدَ صَلَاةِ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَصَلَاةَ الصُّبْحِ مَرَّتَيْنِ؟» فَقَالَ لَهُ الرَّجُلُ: إِنِّي لَمْ أَكُنْ صَلَّيْتُ الرَّكْعَتَيْنِ اللَّتَيْنِ قَبْلَهَا، فَصَلَّيْتُهُمَا. قَالَ: فَسَكَتَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang laki-laki shalat dua raka’at setelah Subuh, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bertanya kepadanya: “Apakah ada shalat subuh dikerjakan dua kali?!”

Laki-laki itu menjawab, “Aku belum mengerjakan dua raka’at sebelum Subuh, maka aku mengerjakannya!”

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun diam. “ [Sunan Ibnu Majah: Shahih]

Tapi sebaikanya di-qadha setelah matahari terbit.

Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«مَنْ لَمْ يُصَلِّ رَكْعَتَيِ الفَجْرِ فَلْيُصَلِّهِمَا بَعْدَ مَا تَطْلُعُ الشَّمْسُ»

“Barangsiapa belum melaksanakan unnah dua rakaat fajar, hendaklah ia melaksanakannya setelah terbit matahari.” [Sunan Tirmidzi: Shahih]

Wallahu a’lam!

Lihat juga: Syarah hadits tentang shalat Sunnah sebelum dan setelah shalat fardhu



[1] Lihat biografi " Sa’id bin Jubair " dalam kitab: Ats-Tsiqat karya Al-‘Ijliy 1/395, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 4/9, Ats-Tsiqat karya Ibnu Hibban 4/275, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 10/358, Al-Kasyif karya Adz-Dzahabiy 1/433, Tadzkiratul Huffadz karya Adz-Dzahabiy 1/76, Jami’ At-Tahshil karya Al-‘Alaiy hal.182, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.374.

[2] Lihat biografi Abdul Wahid bin Ziyad dalam kitab: Ats-Tsiqah karya Al-‘Ijliy 2,107, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 3/55, Al-Jarh wa At-Ta’dil 6/20, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 2/155, Tahdzib Al-Kamal 18/450, Al-Kasyif 1/672, Taqrib At-Tahdzib hal.367.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...