Senin, 05 April 2021

Hadits Ibnu Umar dan Abu Hurairah tentang shalat malam

بسم الله الرحمن الرحيم

A.    Hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu 'anhuma.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata:

أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلاَةِ اللَّيْلِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ: «صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى» [صحيح البخاري ومسلم]

Bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang shalat malam, maka Rasulullah bersabda: "Shalat malam dua-dua raka’at, jika salah seorang diantara kalian khawatir tibanya waktu shalat Subuh, maka shalat witirlah satu raka'at."

Ø  Dalam riwayat lain:

«صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى» [سنن أبي داود]

"Shalat di malam dan siang hari adalah dua-dua (rakaat)." [Sunan Abi Daud]

Penjelasan singkat hadits ini:

1.      Biografi Abdullah bin ‘Umar bin Khatahab radhiyallahu 'anhuma.

Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/

2.      Makna “matsna matsna”.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma menceritakan bahwasanya; Rasulullah bersabda:

«صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا رَأَيْتَ أَنَّ الصُّبْحَ يُدْرِكُكَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ». فَقِيلَ لِابْنِ عُمَرَ: مَا مَثْنَى مَثْنَى؟ قَالَ: «أَنْ تُسَلِّمَ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ» [صحيح مسلم]

"Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika kamu telah merasa bahwa waktu Subuh akan segera masuk, maka shalat witirlah dengan satu rakaat."

Kemudian ditanyakanlah kepada Ibnu Umar: "Apa artinya dua-dua?"

Ibnu Umar menjawab: "Yaitu, kamu mengucapkan salam setiap dua rakaat." [Shahih Muslim]

3.      Disunnahkan melakukan shalat Sunnah malam dua raka’at-dua raka’at.

Ini adalah pendapat Jumhur ulama’.

Sedangkan Imam Malikrahimahullah- berpendapat: Bahwa tidak boleh lebih dari dua raka’at karena hadits ini mengandung penekanan seolah Nabi bersabda “tidak boleh shalat malam kecuali dua raka’at – dua raka’at”. Karena biasanya ketika mubtada’ terdiri dari isim ma’rifah maka itu menunjukkan makna pengkhususan.

Jumhur ulama membantah pendapat ini:

a)       Bahwa ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ini keluar sebagai jawaban dari pertanyaan, sehingga penekannya tidak menunjukkan wajib.

b)      Pendapat ini menyelisihi perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

'Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي مِنَ اللَّيْلِ ثَلَاثَ عَشْرَةَ رَكْعَةً، يُوتِرُ مِنْ ذَلِكَ بِخَمْسٍ، لَا يَجْلِسُ فِي شَيْءٍ إِلَّا فِي آخِرِهَا» [صحيح مسلم]

"Rasulullah biasa shalat malam tiga belas raka’at, dengan lima raka’at witir, beliau tidak pernah melakukan sambil duduk selain di akhir (hayatnya)." [Shahih Muslim]

4.      Bolehkah witir dengan satu raka’at?

Pendapat pertama: Tidak boleh witir satu raka’at kecuali jika khawatir masuk waktu Subuh.

Dengan dalil dzahir hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma di atas.

Pendapat kedua: Boleh witir dengan satu raka’at.

Abu Ayyub Al-Anshariy radhiyallahu ‘anhu berkata; Rasulullah bersabda:

«الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ» [سنن أبي داود: صحيح]

"Witir adalah sebuah hak atas setiap muslim, barangsiapa yang hendak melakukan witir lima rakaat maka hendaknya ia melakukankannya dan barangsiapa yang hendak melakukan witir tiga rakaat maka hendaknya ia melakukannya, dan barangsiapa yang hendak melakukan witir satu rakaat maka hendaknya ia melakukannya." [Sunan Abi Daud: Shahih]

5.      Bolehkah witir dengan tiga raka’at?

Pendapat pertama: Tidak boleh witir tiga raka’at.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

«لَا تُوتِرُوا بِثَلَاثٍ، أَوْتِرُوا بِخَمْسٍ، أَوْ بِسَبْعٍ، وَلَا تَشَبَّهُوا بِصَلَاةِ الْمَغْرِبِ» [صحيح ابن حبان]

“Jangan kalian witir tiga raka’at, witirlah lima raka’at, atau tujuh, dan jangan menyamakannya dengan shalat magrib”. [Shahih Ibnu Hibban]

Pendapat kedua: Boleh witir dengan tiga raka’at.

Dengan dalil hadits Abu Ayyub radhiyallahu ‘anhu di atas.

Pendapat ketiga: Boleh tapi dengan satu tasyahhud agar tidak menyerupai shalat Magrib. Ini adalah pendapat yang paling kuat, dengan dalil:

‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِثَلَاثٍ لَا يُسَلِّمُ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ» [المستدرك للحاكم]

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah witir tiga raka’at, beliau tidak salam kecuali pada raka’at terakhir”. [Al-Mustadrak karya Al-Hakim]

Ø  Dalam riwayat lain:

«أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا صَلَّى الْعِشَاءَ دَخَلَ الْمَنْزِلَ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ صَلَّى بَعْدَهُمَا رَكْعَتَيْنِ أَطْوَلَ مِنْهُمَا، ثُمَّ أَوْتَرَ بِثَلَاثٍ لَا يَفْصِلُ فِيهِنَّ، ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ، يَرْكَعُ وَهُوَ جَالِسٌ، وَيَسْجُدُ وَهُوَ قَاعِدٌ جَالِسٌ» [مسند أحمد]

“Apabila Rasulullah telah melaksanakan shalat Isya, beliau masuk rumah. Lalu beliau shalat dua reka`at, dan shalat dua rakaat sesudahnya lebih panjang dari dua reka`at yang pertama, kemudian beliau mengerjakan witir dengan tiga rakaat tanpa memisah di dalamnya, lalu beliau shalat dua rakaat dengan duduk, ruku` dengan duduk, dan sujud dengan duduk pula." [Musnad Ahmad]

Ø  Dalam riwayat lain:

" كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوتِرُ بِثَلَاثٍ لَا يَقْعُدُ إِلَّا فِي آخِرِهِنَّ " [السنن الكبرى للبيهقي]

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah witir tiga raka’at, beliau tidak duduk tasyahhud kecuali pada raka’at terakhir”. [Al-Mustadrak karya Al-Hakim]

6.      Derajat hadits riwayat "Shalat di malam dan siang hari adalah dua-dua (rakaat)."

Diriwayatkan oleh Abi Daudrahimahullah- dalam Sunannya (2/29) no.1295, Ibnu Khuzaimahrahimahullah- dalam kitab Shahihnya (2/214) no.1210, dan Ibnu Hibbanrahimahullah- dalam kitab Shahihnya (6/231) no.2482;

عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْبَارِقِيِّ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى»

Dari ‘Ali bin Abdillah Al-Baariqiy, dari Ibnu ‘Umar, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: "Shalat di malam dan siang hari adalah dua-dua (rakaat)."

Ibnu ‘Abdil Bar rahimahullah- berkata:

وَلَمْ يَقُلْهُ أَحَدٌ عَنِ ابْنِ عُمَرَ غَيْرُهُ وَأَنْكَرُوهُ عَلَيْهِ [التمهيد لما في الموطأ من المعاني والأسانيد (13/ 243)]

“Tidak ada seorangpun yang meriwayatkannya dari Ibnu ‘Umar selain dia (‘Ali Al-Bariqiy), dan ulama mengingkarinya”. [At-Tamhiid]

Sebagian ulama menghukumi hadits ini lemah karena syadz (menyelisihi riwayat yang lebih kuat). ‘Ali bin Abdillah Al-Bariqiy telah menyelisihi riwayat lain yang tidak menyebutkan kata “النهار” (siang), diantaranya:

a)       Riwayat Nafi’ dan Abdullah bin Dinar, dari Ibnu 'Umar;

أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ صَلاَةِ اللَّيْلِ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ: «صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خَشِيَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى» [صحيح البخاري]

Bahwa ada seseorang bertanya kepada Rasulullah tentang shalat malam. Maka Rasulullah bersabda, "Shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu Subuh, hendaklah ia shalat satu rakaat sebagai witir (penutup) bagi shalat yang telah dilaksanakan sebelumnya." [Shahih Bukhari]

b)      Riwayat Al-Qasim bin Muhammad bin Abi Bakr, dari 'Abdullah bin 'Umar berkata: Nabi bersabda:

«صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا أَرَدْتَ أَنْ تَنْصَرِفَ، فَارْكَعْ رَكْعَةً تُوتِرُ لَكَ مَا صَلَّيْتَ» [صحيح البخاري]

"Shalat malam dua rakaat dua rakaat, jika kamu hendak mengakhirinya, maka shalatlah satu rakaat sebagai penutup dari shalatmu sebelumnya." [Shahih Bukhari]

c)       Riwayat Salim bin ‘Abdillah dan Humaid bin Abdirrahman bin ‘Auf, dari Abdullah bin Umar bin Khathab, dia mengatakan:

قَامَ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ ‍ كَيْفَ صَلَاةُ اللَّيْلِ؟ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صَلَاةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ» [صحيح مسلم]

"Seorang laki-laki berdiri dan berkata, "Wahai Rasulullah, Bagaimanakah tata cara shalat malam?" Beliau menjawab, "Shalat malam dua-dua, jika kamu khawatir tiba waktu Subuh, maka witirlah sekali (satu rakaat)." [Shahih Muslim]

Diantara ulama yang melemahkan hadits ini: Ibnu Ma’in, An-Nasa’iy, Al-Hakim, Ad-Daraquthniy (Al-‘Ilal 13/36), dan Ibnu Taimiyah rahimahumullah.

Ibnu ‘Abdil Bar rahimahullah- berkata: Abu Muhammad Mudhar bin Muhammad berkata: Aku bertanya kepada Yahya bin Ma’in tentang shalat malam dan siang, maka ia menjawab:

صَلَاةُ النَّهَارِ أَرْبَعًا لَا يُفْصَلُ بَيْنَهُنَّ، وَصَلَاةُ اللَّيْلِ رَكْعَتَيْنِ، فَقُلْتُ لَهُ: إِنَّ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ يَقُولُ: صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى! فَقَالَ: بِأَيِّ حَدِيثٍ؟ فَقُلْتُ: بِحَدِيثِ شُعْبَةَ عَنْ يَعْلَى بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عَلِيٍّ الْأَزْدِيِّ عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: " صَلَاةُ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مَثْنَى مَثْنَى "، فَقَالَ: وَمَنْ عَلِيٌّ الْأَزْدِيُّ حَتَّى أَقْبَلَ مِنْهُ؟! [التمهيد لما في الموطأ من المعاني والأسانيد (13/ 244)]

“Shalat siang empat raka’at tanpa pemisah di antaranya, sedangkan shalat malam dua raka’at”. Maka aku berkata kepadanya: Sesungguhnya Abu ‘Abdillah Ahmad bin Hanbal berkata: “Shalat malam dan siang dua-dua raka’at”. Ia bertanya: Berdasarkan hadits apa? Aku menjawab: Dengan hadits Syu’bah dari Ya’la bin ‘Atha’ dari ‘Ali Al-Azdiy, dari Ibnu Umar, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: “Shalat malam dan siang dua-dua raka’at”. Maka ia menjawab: Siapa itu Ali Al-Azdiy sehingga aku harus menerima hadits darinya?! [At-Tamhiid]

An-Nasa’iyrahimahullah- berkata:

«هَذَا الْحَدِيثُ عِنْدِي خَطَأٌ وَاللَّهُ تَعَالَى أَعْلَمُ»

“Hadits ini menurut saya keliru, wallahu ta’aalaa a’lam”. [Sunan An-Nasa’iy]

Al-Hakim rahimahullah- berkata:

"هَذَا حَدِيثٌ لَيْسَ فِي إِسْنَادِهِ إِلَّا ثِقَةٌ ثَبْتٌ، وَذِكْرُ النَّهَارِ فِيهِ وَهْمٌ" [معرفة علوم الحديث للحاكم (ص: 58)]

“Hadits ini tidak ada pada sanadnya kecuali perawi yang tsiqah dan tsabt, namun penyebutan “siang” pada matannya adalah kekeliruan”. [Ma’rifah ‘Ulumul Hadits]

Namun ulama yang lain menshahihkan hadits ini, diantaranya: Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, Al-Khathabiy, Al-Baihaqiy dan syekh Albaniy rahimahumullah.

Mereka menganggap bahwa tambahan pada riwayat Ali Al-Bariqiy adalah tambahan dari seorang yang tsiqah dan itu diterima.

Al-Khathabiy rahimahullah- berkata:

"رَوى هذا الحديثَ عن ابنِ عمرَ نافعُ وطاوسُ وعبدُ الله بنُ دينار، لم يذكر فيه أحدٌ صلاةَ النهار، إنما هو صلاة الليل مثنى مثنى، إلاّ أنّ سبيل الزيادات أنْ تقبلَ" [معالم السنن (1/ 278)]

“Hadits ini diriwayatkan dari Ibnu Umar oleh Nafi’, Thawus, dan Abdullah bin Dinar, dan seorangpun dari mereka tidak menyebutkan tentang cara shalat siang hari, yang disebutkan hanya shalat malam dua raka’at dua raka’at. Hanyasaja bahwa tambahan dalam satu riwayat bisa diterima” [Ma’alim As-Sunan]

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

"هَذَا حَدِيث صَحِيح رُوَاته ثِقَات فقد احْتج مُسلم بعلي بن عبد الله الْبَارِقي الْأَزْدِيّ وَالزِّيَادَة من الثِّقَة مَقْبُولَة" [مختصر خلافيات البيهقي (2/ 288)]

“Hadits ini shahih, perawinya tsiqah, imam Muslim telah berhujjah dengan riwayat ‘Ali bin Abdillah Al-Bariqiy Al-Azdiy, dan tambahan dari seorang yang tsiqah hukumnya maqbul (diterima)”. [Mukhtashar Khilafiyat]

Biografi ‘Ali bin Abdillah Al-Bariqiy Al-Azdiy[1]:

Ibnu Khalfun menukil dari Al-‘Ijliy bahwa ia tsiqah. Dan Al-Baihaqiy juga menghukuminya tsiqah dan menganggap bahwa Imam Muslim berhujjah dengan hadits yang ia riwayatkan.

Ibnu ‘Adiy berkata: Ia tidak memiliki banyak hadits, dan periwayatan haditsnya menurut saya tidak mengapa (لا بأس به). Ad-Dzahabiy berkata: “Aku tidak mengetahui seorangpun yang mencelanya, ia seorang yang shaduq”.

Ibnu Hajar berkata dalam “At-Taqrib”: Ia shaduq, terkadang melakukan kekeliruan. Dan dalam kitab “Al-‘Ujab” ia mengatakan: Tsiqah.

Dilemahkan oleh Ibnu Ma’in –rahimahullah-.

B.     Hadits Abu Hurairah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«أَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ» [صحيح مسلم]

“Shalat paling baik setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. [Sahih Muslim]

Ø  Dalam riwayat lain:

«أَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ، الصَّلَاةُ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ» [صحيح مسلم]

“Shalat paling baik setelah shalat wajib adalah shalat di pertengahan malam”. [Sahih Muslim]

Penjelasan singkat hadits ini:

a)      Biografi Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu.

Lihat: Abu Hurairah dan keistimewaannya

b)     Yang dimaksud dengan pertengahan malam adalah sepertiga malam terakhir.

Dari 'Amru bin 'Abasah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الرَّبُّ مِنَ العَبْدِ فِي جَوْفِ اللَّيْلِ الآخِرِ، فَإِنْ اسْتَطَعْتَ أَنْ تَكُونَ مِمَّنْ يَذْكُرُ اللَّهَ فِي تِلْكَ السَّاعَةِ فَكُنْ» [سنن الترمذي: صحيح]

“Saat yang paling dekat antara Allah dengan seorang hamba adalah di sepertiga malam terakhir, maka jika engkau bisa termasuk sebagai orang-orang yang mengingat Allah pada saat itu maka lakukanlah”. [Sunan Tirmidzi: Sahih]

Ø  Dalam riwayat lain: Amru bin 'Abasah radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: Waktu apa yang paling baik untuk shalat?

Rasulullah menjawab:

جَوْفُ اللَّيْلِ الْآخِرُ [مسند أحمد: صحيح]

“Sepertiga malam terakhir”. [Musnad Ahmad: Sahih]

Ø  Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ يَقُولُ : مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ [صحيح البخاري، ومسلم]

Rabb kita -Yang maha agung dan maha tinggi- turun setiap malam ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir dan berkata: "Siapa yang berdo'a kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku akan Kuberikan, siapa yang memohon ampun pada-Ku akan Kuampuni!" [Sahih Bukhari dan Muslim]

c)      Keutamaan shalat malam.

Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/2012/08/keutamaan-salat-malam.html

d)     Ukuran kualitas shalat malam:

  1. Dilihat dari jumlah ayat bacaannya.

Dari Abdullah bin 'Amr radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah sallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتَبْ مِنَ الغَافِلِينَ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ القَانِتِينَ، وَمَنْ قَامَ بِأَلْفِ آيَةٍ كُتِبَ مِنَ المُقَنْطِرِينَ» [سنن أبي داود: صحيح]

“Barangsiapa yang shalat dengan membaca 10 ayat maka ia tidak dicatat sebagai orang-orang yang lalai, dan barangsiapa yang shalat dengan membaca 100 ayat maka ia dicatat sebagai orang yang selalu taat, dan barangsiapa yang shalat dengan membaca 1000 ayat maka ia dicatat sebagai orang yang menerima pahala yang sangat besar”. [Sunan Abu Daud: Sahih]

Ø  Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«أَفْضَلُ الصَّلَاةِ طُولُ الْقُنُوتِ» [صحيح مسلم]

“Shalat yang paling baik adalah yang panjang berdirinya”. [Sahih Muslim]

  1. Dilihat dari waktu pelaksanaannnya.

Dari Abdullah bin 'Amr radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ، وَيَنَامُ سُدُسَهُ» [صحيح البخاري ومسلم]

“Shalat yang paling dicintai oleh Allah adalah shalatnya Nabi Daud, ia tidur seperdua malam pertama, kemudian shalat sepertiganya, kemudian tidur lagi seperenamnya”. [Sahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«مَنْ خَافَ أَنْ لَا يَقُومَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ فَلْيُوتِرْ أَوَّلَهُ، وَمَنْ طَمِعَ أَنْ يَقُومَ آخِرَهُ فَلْيُوتِرْ آخِرَ اللَّيْلِ، فَإِنَّ صَلَاةَ آخِرِ اللَّيْلِ مَشْهُودَةٌ، وَذَلِكَ أَفْضَلُ» [صحيح مسلم]

“Barangsiapa yang takut tidak bangun di akhir malam maka hendaklah ia shalat witir di awal malam, dan barangsiapa yang merasa bisa bangun di akhir malam maka hendaklah ia shalat witir di akhir malam karena sesungguhnya shalat di akhir malam itu disaksikan (oleh Allah dan Malaikat) dan itu lebih baik”. [Sahih Muslim]

  1. Dilihat dari jumlah raka’atnya.

Dari Tsauban radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ، فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً، إِلَّا رَفَعَكَ اللهُ بِهَا دَرَجَةً، وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً»

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah, karena sesungguhnya engkau tidak sujud kepada Allah satu sujud kecuali Allah mengangkatmu dengannya satu derajat dan menghapus darimu dengannya satu dosa”. [Sahih Muslim]

  1. Dilihat dari jama’ahnya.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

«إِنَّ الرَّجُلَ إِذَا صَلَّى مَعَ الْإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ حُسِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ» [سنن أبي داود: صحيح]

“Sesungguhnya jika seseorang shalat malam bersama imamnya sampai selesai maka dihitung baginya pahala shalat semalam penuh”. [Sunan Abu Daud: Sahih]

Ø  Dari Ubaiy bin Ka'b radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berabda:

«إِنَّ صَلَاةَ الرَّجُلِ مَعَ الرَّجُلِ أَزْكَى مِنْ صَلَاتِهِ وَحْدَهُ، وَصَلَاتُهُ مَعَ الرَّجُلَيْنِ أَزْكَى مِنْ صَلَاتِهِ مَعَ الرَّجُلِ، وَمَا كَثُرَ فَهُوَ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى»[سنن أبي داود: حسنه الألباني]

“Sesungguhnya shalat seseorang bersama satu orang lebih baik daripada shalatnya sendirian, dan shalatnya bersama dua orang lebih baik daripada shalatnya bersama satu orang, dan semakin banyak maka itu lebih dicintai oleh Allah ta'ala”. [Sunan Abu Daud: Hasan]

  1. Dilakukan di rumah.

Zayd bin Tsabit radhiyallahu ‘anhu berkata:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّخَذَ حُجْرَةً فِي المَسْجِدِ مِنْ حَصِيرٍ، فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا لَيَالِيَ حَتَّى اجْتَمَعَ إِلَيْهِ نَاسٌ، ثُمَّ فَقَدُوا صَوْتَهُ لَيْلَةً، فَظَنُّوا أَنَّهُ قَدْ نَامَ، فَجَعَلَ بَعْضُهُمْ يَتَنَحْنَحُ لِيَخْرُجَ إِلَيْهِمْ، فَقَالَ: «مَا زَالَ بِكُمُ الَّذِي رَأَيْتُ مِنْ صَنِيعِكُمْ، حَتَّى خَشِيتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمْ، وَلَوْ كُتِبَ عَلَيْكُمْ مَا قُمْتُمْ بِهِ، فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِي بُيُوتِكُمْ، فَإِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ المَرْءِ فِي بَيْتِهِ إِلَّا الصَّلاَةَ المَكْتُوبَةَ»

Bahwa Nabi pernah mengambil kamar di masjid dari tikar, lantas Rasulullah shalat di sana beberapa malam hingga beberapa sahabat berkumpul kepadanya, lalu disuatu malam mereka tidak mendengar suara beliau hingga mereka menyangka bahwa beliau tertidur. Sebagian sahabat lalu pura-pura batuk agar Nabi muncul menemui mereka, maka beliau pun bersabda, "Masih saja aku lihat kalian melakukan perbuatan kalian itu (shalat malam), hingga aku khawatir bahwa itu akan diwajibkan atas kalian, padahal jika diwajibkan atas kalian, niscaya kalian tak bisa melakukannya. Shalatlah hai manusia di rumah kalian, sebab seutama-utama shalat seseorang adalah di rumahnya selain shalat wajib." [Shahih Bukhari]

Hukum berjama’ah shalat malam.

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي المَسْجِدِ، فَصَلَّى بِصَلاَتِهِ نَاسٌ، ثُمَّ صَلَّى مِنَ القَابِلَةِ، فَكَثُرَ النَّاسُ، ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنَ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوِ الرَّابِعَةِ، فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ: «قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنَ الخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ» وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ.

"Pada suatu malam Rasulullah melaksanakan shalat di masjid, maka orang-orang mengikuti shalat beliau. Pada malam berikutnya beliau kembali melaksanakan shalat di masjid dan orang-orang yang mengikuti bertambah banyak. Pada malam ketiga atau keempat, orang-orang banyak sudah berkumpul namun Rasulullah tidak keluar untuk shalat bersama mereka. Ketika pagi harinya, beliau bersabda, "Sungguh aku mengetahui apa yang kalian lakukan tadi malam dan tidak ada yang menghalangi aku untuk keluar shalat bersama kalian. Hanya saja aku khawatir nanti diwajibkan atas kalian". Kejadian ini di bulan Ramadan. [Shahih Bukhari dan Muslim]

'Abdurrahman bin 'Abd Al-Qariy –rahimahullah- berkata:

خَرَجْتُ مَعَ عُمَرَ بْنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، لَيْلَةً فِي رَمَضَانَ إِلَى المَسْجِدِ، فَإِذَا النَّاسُ أَوْزَاعٌ مُتَفَرِّقُونَ، يُصَلِّي الرَّجُلُ لِنَفْسِهِ، وَيُصَلِّي الرَّجُلُ فَيُصَلِّي بِصَلاَتِهِ الرَّهْطُ، فَقَالَ عُمَرُ: «إِنِّي أَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلاَءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ، لَكَانَ أَمْثَلَ» ثُمَّ عَزَمَ، فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ، ثُمَّ خَرَجْتُ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى، وَالنَّاسُ يُصَلُّونَ بِصَلاَةِ قَارِئِهِمْ، قَالَ عُمَرُ: «نِعْمَ البِدْعَةُ هَذِهِ، وَالَّتِي يَنَامُونَ عَنْهَا أَفْضَلُ مِنَ الَّتِي يَقُومُونَ» يُرِيدُ آخِرَ اللَّيْلِ وَكَانَ النَّاسُ يَقُومُونَ أَوَّلَهُ [صحيح البخاري]

"Aku keluar bersama 'Umar bin Al Khaththab radhiallahu'anhu pada malam Ramadan menuju masjid, ternyata orang-orang shalat berkelompok-kelompok secara terpisah-pisah, ada yang shalat sendiri dan ada seorang yang shalat diikuti oleh ma'mum yang jumlahnya kurang dari sepuluh orang. Maka 'Umar berkata, "Aku pikir seandainya mereka semuanya shalat berjamaah dengan dipimpin satu orang imam, itu lebih baik". Kemudian Umar memantapkan keinginannya itu lalu mengumpulkan mereka dalam satu jamaah yang dipimpin oleh Ubbay bin Ka'ab. Kemudian aku keluar lagi bersamanya pada malam yang lain dan ternyata orang-orang shalat dalam satu jamaah dengan dipimpin seorang imam, lalu 'Umar berkata, "Sebaik-baiknya bid'ah adalah ini. Dan mereka yang tidur terlebih dahulu adalah lebih baik daripada yang shalat awal malam, yang ia maksudkan untuk mendirikan shalat di akhir malam, sedangkan orang-orang secara umum melakukan shalat pada awal malam. [Shahih Bukhari]

Ø  Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata:

" أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ، فَصَلَّيْتُ خَلْفَهُ، فَأَخَذَ بِيَدِي، فَجَرَّنِي، فَجَعَلَنِي حِذَاءَهُ، فَلَمَّا أَقْبَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى صَلاتِهِ، خَنَسْتُ، فَصَلَّى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَلَمَّا انْصَرَفَ قَالَ لِي: «مَا شَأْنِي أَجْعَلُكَ حِذَائِي فَتَخْنِسُ؟» ، فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَوَيَنْبَغِي لِأَحَدٍ أَنْ يُصَلِّيَ حِذَاءَكَ، وَأَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ الَّذِي أَعْطَاكَ اللَّهُ؟ قَالَ: فَأَعْجَبْتُهُ، فَدَعَا اللَّهَ لِي أَنْ يَزِيدَنِي عِلْمًا وَفَهْمًا، قَالَ: ثُمَّ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَامَ حَتَّى سَمِعْتُهُ يَنْفُخُ، ثُمَّ أَتَاهُ بِلالٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، الصَّلاةَ. فَقَامَ فَصَلَّى، مَا أَعَادَ وُضُوءًا "

Aku mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada akhir malam, lalu aku shalat di belakang beliau, kemudian beliau meraih tanganku hingga menempatkanku sejajar dengan beliau. Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kembali pada shalatnya, aku mundur, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam melanjutkan shalatnya. Selesai shalat beliau bertanya kepadaku: "Aku telah menempatkanmu sejajar denganku, namun mengapa engkau mundur?

Aku menjawab; Wahai Rasulullah, apakah pantas bagi seseorang shalat sejajar dengan engkau, padahal engkau adalah Rasulullah yang telah Allah anugerahkan kepadamu?

Rupanya Beliau kagum kepadaku karena ucapanku, lalu beliau berdoa untukku agar Allah menambahkan ilmu dan pemahaman kepadaku.

Ibnu Abbas berkata; Kemudian aku melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidur hingga aku mendengar dari beliau tarikan suara nafasnya, kemudian Bilal datang dan berkata; Wahai Rasulullah, ayo dirikan shalat. Maka beliau berdiri lalu shalat tanpa mengulangi wudlu. [Musnad Ahmad: Sahih]

Berapa jumlah raka’at shalat malam?

Ada beberapa riwayat dalam masalah ini:

a)      Riwayat 20 raka’at.

Diriwayatkan secara marfu’ dan mauquf:

Riwayat marfuu’ dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah rahimahullah- dalam Mushannaf-nya (2/164) no.7692;

عن إِبْرَاهِيم بْن عُثْمَانَ، عَنِ الْحَكَمِ، عَنْ مِقْسَمٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، «أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي فِي رَمَضَانَ عِشْرِينَ رَكْعَةً وَالْوِتْرَ»

Dari Ibrahim bin ‘Utsman, dari Al-Hakam, dari Miqsam, dari Ibnu ‘Abbas: “Bahwasanya Rasulullah shallallau ‘alaihi wasallam shalat di bulan Ramadhan sebanyak 20 raka’at dan witir”.

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

تَفَرَّدَ بِهِ أَبُو شَيْبَةَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ عُثْمَانَ الْعَبْسِيُّ الْكُوفِيُّ وَهُوَ ضَعِيفٌ [السنن الكبرى للبيهقي (2/ 698)]

Abu Syaibah Ibrahim bin ‘Utsman Al-‘Absiy Al-Kufiy menyendiri dalam riwayat ini, dan ia seorang yang lemah”. [As-Sunan Al-Kubra 2/698]

Hadits ini sangat lemah, karena Abu Syaibah Ibrahim bin Utsman[2]; Adz-Dahabiy mengatakan: Ia binasa. An-Nasa'iy dan Ibnu Hajar mengatakan: Periwayatan haditsnya ditolak (matruuk).

Riwayat mauquf dari ‘Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu, diriwayatkan oleh Al-Baihaqiyrahimahullah- dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/698) no.4288;

عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ قَالَ: " كَانُوا يَقُومُونَ عَلَى عَهْدِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِينَ رَكْعَةً " قَالَ: " وَكَانُوا يَقْرَءُونَ بِالْمَئِينِ، وَكَانُوا يَتَوَكَّئُونَ عَلَى عِصِيِّهِمْ فِي عَهْدِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مِنْ شِدَّةِ الْقِيَامِ "

Dari As-Saib bin Yazid, ia berkata: “Mereka mendirikan shalat malam di masa Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhu pada bulan Ramadhan sebanyak 20 raka’at”, ia berkata: “Dan mereka membaca surah-surah yang jumlah ayatnya seratus, dan mereka bersandar dengan tongkat mereka di masa ‘Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhu karena lamanya berdiri”.

b)      Riwayat 23 raka’at.

Diriwayatkan secara mauquf dari Umar bin Khathab, dan Ali bin Abi Thalib:

Riwayat Umar bin Khathab, diriwayatkan oleh Imam Malik rahimahullah- dalam kitab “Al-Muwatha’” (1/115) no.5, dan Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/699) no. 4289;

عَنْ يَزِيدَ بْنِ رُومَانَ أَنَّهُ قَالَ: «كَانَ النَّاسُ يَقُومُونَ فِي زَمَانِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فِي رَمَضَانَ بِثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ رَكْعَةً»

Dari Yazid bin Ruman dia berkata; "Orang-orang pada masa Umar bin Khatthab mengerjakan shalat malam di bulan Ramadhan dua puluh tiga rakaat."

Riwayat Ali bin Abi Thalib, disebutkan oleh Al-Baihaqiy secara mu’allaq dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/699); ia berkata:

وَرُوِّينَا عَنْ شُتَيْرِ بْنِ شَكَلٍ، وَكَانَ مِنْ أَصْحَابِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ: " أَنَّهُ كَانَ يَؤُمُّهُمْ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ بِعِشْرِينَ رَكْعَةً، وَيُوتِرُ بِثَلَاثٍ "

Diriwayatkan kepada kami, dari Syutair bin Syakal dan ia adalah sahabat Ali radhiyallahu ‘anhu: Bahwasanya Ali mengimami mereka di bulan Ramadhan sebanyak 20 raka’at dan witir dengan 3 raka’at”.

Al-Baihaqiy –rahimahullah- berkata:

" وَفِي ذَلِكَ قُوَّةٌ "

“Riwayat ini kuat”.

Ø  Dalam riwayat lain, secara muttashil (2/699) no. 4291;

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ السُّلَمِيِّ، عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: " دَعَا الْقُرَّاءَ فِي رَمَضَانَ فَأَمَرَ مِنْهُمْ رَجُلًا يُصَلِّي بِالنَّاسِ عِشْرِينَ رَكْعَةً " قَالَ: وَكَانَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يُوتِرُ بِهِمْ "

Dari Abi Abdirrahman As-Sulamiy, dari Ali radhiyallahu ‘anhu bahwasanya ia memanggil ahli Al-Qur’an di bulan Ramadhan dan memerintahkan seorang dari mereka untuk shalat mengimami manusia dengan 20 raka’at, dan Ali radhiyallahu ‘anhu mengimami witir bersama mereka”.

c)       Riwayat 11 raka’at.

Diriwayatkan secara marfu’ dan mauquf:

Riwayat marfu’ diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim; dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman, bahwasanya ia pernah bertanya kepada 'Aisyah radhiallahu'anha tentang cara shalat Rasulullah di bulan Ramadhan. Maka 'Aisyah radhiallahu'anha menjawab,

«مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا»

"Tidaklah Rasulullah melaksanakan shalat malam di bulan Ramadan dan di bulan-bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat, beliau shalat empat rakaat, dan jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat empat rakaat lagi dan jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat tiga rakaat".

Riwayat mauquf dari Umar bin Khathab, diriwayatkan oleh imam Malik dalam “Al-Muwatha’” (1/115) no.4, dan Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/698) no. 4287;

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يُوسُفَ، عَنِ السَّائِبِ بْنِ يَزِيدَ، أَنَّهُ قَالَ: أَمَرَ عُمَرُ بْنُ الْخَطَّابِ أُبَيَّ بْنَ كَعْبٍ وَتَمِيمًا الدَّارِيَّ أَنْ يَقُومَا لِلنَّاسِ بِإِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً قَالَ: وَقَدْ «كَانَ الْقَارِئُ يَقْرَأُ بِالْمِئِينَ، حَتَّى كُنَّا نَعْتَمِدُ عَلَى الْعِصِيِّ مِنْ طُولِ الْقِيَامِ، وَمَا كُنَّا نَنْصَرِفُ إِلَّا فِي فُرُوعِ الْفَجْرِ»

Dari Muhammad bin Yusuf, dari As-Sa`ib bin Yazid dia berkata: "Umar bin Khatthab memerintahkan Ubay bin Ka'ab dan Tamim Ad-Dariy untuk mengimami orang-orang, dengan sebelas rakaat." As-Sa`ib berkata; "Imam membaca dua ratusan ayat, hingga kami bersandar di atas tongkat karena sangat lamanya berdiri. Dan kami tidak keluar melainkan di ambang fajar. "

Al-Baihaqiy –rahimahullah- berkata:

"يُمْكِنُ الْجَمْعُ بَيْنَ الرِّوَايَتَيْنِ، فَإِنَّهُمْ كَانُوا يَقُومُونَ بِإِحْدَى عَشْرَةَ، ثُمَّ كَانُوا يَقُومُونَ بِعِشْرِينَ وَيُوتِرُونَ بِثَلَاثٍ، وَاللهُ أَعْلَمُ" [السنن الكبرى للبيهقي (2/ 699)]

“Mungkin bisa dipadukan kedua riwayat tersebut, bahwasanya mereka mendirikan shalat 11 raka’at, kemudian mereka mendirikan shalat 20 raka’at dan witir dengan 3 raka’at. Wallahu a’lam!” [As-Sunan Al-Kubra 2/699]

Tidak ada jumlah raka’at tertentu pada shalat malam.

Diantara dalilnya:

a)       Hadits Abdullah bin 'Umar radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda ketika ditanya tentang shalat malam:

«مَثْنَى مَثْنَى، فَإِذَا خِفْتَ الصُّبْحَ، فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ»

"Dua dua (raka'at) dan jika kamu khawatir masuk waktu Subuh witirlah dengan satu raka'at". [Shahih Bukhari dan Muslim]

b)      Hadits Rabi'ah bin Ka'ab al-Aslamiy radhiallahu 'anhu, ia berkata:

«كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ فَقَالَ: لِي سَلْ! فَقُلْتُ: أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ قَال: َ أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ؟ قُلْتُ: هُوَ ذَاكَ قَال: َ فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ»

"Saya bermalam bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam (tidur depan pintu Nabi), lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk hajatnya, maka beliau bersabda kepadaku, 'Mintalah kepadaku.' Maka aku berkata, 'Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga'.

Rasulullah shallallahu ' alaihi wasallam bertanya: 'Adakah selain itu'.

Aku menjawab, 'Itu saja'.

Maka beliau menjawab, 'Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak melakukan sujud'. [Shahih Muslim]

c)       Hadits Tsauban radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

«عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً» [صحيح مسلم]

"  Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah, karena sesungguhnya engkau tidak sujud kepada Allah kecuali Allah akan mengangkatmu satu derajat, dan menghapus darimu satu dosa". [Sahih Muslim]

d)      Pilihan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam untuk dirinya dengan jumlah raka’at tertentu tidak bisa mengkhususkan keumuman hadits di atas dengan beberapa alasan:

Ø  Karena perbuatan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak bisa mengkhususkan ucapannya.

Ø  Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah melarang shalat malam lebih dari 11 raka’at.

Ø  Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah memerintahkan untuk shalat malam dengan jumlah raka’at tertentu.

Sebab penamaan shalat “tarawih”.

Diriwayatkan secara marfu’ oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/700) no. 4294;

عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ زِيَادٍ الْمَوْصِلِيِّ، عَنْ عَطَاءٍ، عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ فِي اللَّيْلِ، ثُمَّ يَتَرَوَّحُ، فَأَطَالَ حَتَّى رَحِمْتُهُ فَقُلْتُ: بِأَبِي أَنْتَ، وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ، قَدْ غَفَرَ اللهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ قَالَ: " أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا؟

Dari Al-Mugirah bin Ziyad Al-Maushiliy, dari ‘Atha’, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam shalat empat raka’at di malam hari kemudia beristirahat. Beliau memanjangkan shalatnya sampai aku kasihan pada beliau maka aku berkata: Aku korbankan bapakku dan ibuku demi engkau wahai Rasulullah, Allah telah mengampuni semua yang telah lalu dari dosa-dosamu dan yang akan datang! Baliau menjawab: Tidak bisakah aku menjadi hamba yang bersyukur?”

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

" تَفَرَّدَ بِهِ الْمُغِيرَةُ بْنُ زِيَادٍ، وَلَيْسَ بِالْقَوِيِّ، وَقَوْلُهُ: «ثُمَّ يَتَرَوَّحُ» إِنْ ثَبَتَ فَهُوَ أَصْلٌ فِي تَرَوُّحِ الْإِمَامِ فِي صَلَاةِ التَّرَاوِيحِ، وَاللهُ أَعْلَمُ "

Al-Mugirah bin Ziyad menyendiri dalam riwayat ini, dan ia tidak kuat. Sedangkan ucapannya “kemudian beliau beristirahat” jika kuat maka ini adalah landasan istirahat yang dilakukan imam ketika shalat tarawih. Wallahu a’lam!”.

Nb: Al-Mugirah bin Ziyad Al-Maushiliy Al-Bajaliy[3], diperselisihkan; Ibnu Ma’in dan beberapa ulama lainnya menghukuminya tsiqah, sedangkan Imam Ahmad menghukuminya mungkarul hadits. Al-Hafidz Ibnu Hajar mengatakan: Ia shaduq, dan memiliki beberapa kekeliruan.

Ø Diriwayatkan juga secara mauquf oleh Al-Baihaqiy dalam “As-Sunan Al-Kubra” (2/699) no. 4292;

عَنْ أَبِي سَعْدٍ الْبَقَّالِ، عَنْ أَبِي الْحَسْنَاءِ: «أَنَّ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ أَمَرَ رَجُلًا أَنْ يُصَلِّيَ، بِالنَّاسِ خَمْسَ تَرْوِيحَاتٍ عِشْرِينَ رَكْعَةً»

Dari Abu Sa’d Al-Baqqal, dari Abu Al-Hasnaa’: “Bahwasanya Ali bin Abi Thalib memerintahkan seseorang untuk shalat mengimami orang-orang dengan lima istirahat dalam dua puluh raka’at”.

Al-Baihaqiy rahimahullah- berkata:

"وَفِي هَذَا الْإِسْنَادِ ضَعْفٌ، وَاللهُ أَعْلَمُ"

“Pada sanad ini ada kelemahan, wallahu a’lam!”

Sanad atsar ini sangat lemah karena dua cacat:

a.       Abu Sa’d Al-Baqqal Sa’id bin Al-Marzuban[4], seorang yang lemah dan mudallis (suka menjatuhkan gurunya dari sanad), imam Bukhari berkata: Periwayatan haditsnya mungkar.

b.       Abu Al-Hasnaa’ Al-Kufiy[5], seorang yang majhul (tidak diketahui).

Wallahu a’lam!

Lihat juga: Hadits Tsauban: Keutamaan shalat - Syarah hadits tentang shalat Sunnah sebelum dan setelah shalat fardhu - Syarah hadits tentang shalat sunnah fardhu Subuh

[1] Lihat biografi " Ali Al-Bariqiy " dalam kitab: Ats-Tsiqat karya Ibnu Hibban 5/164, Al-Kaamil karya Ibnu 'Adiy 6/307, Tahdziib Al-Kamaal karya Al-Mizziy 21/40, Miizaan Al-I'tidaal karya Adz-Dzahabiy 3/142, Taqriib At-Tahdziib karya Ibnu Hajar hal.403, Tuhfatul Labib 1/587.

[2] Lihat biografi " Ibrahim bin Utsman " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir karya Al-Bukhariy hal.17, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.147, Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir karya Al-'Uqaily 1/59, Al-Jarh wa At-Ta'diil karya Ibnu Abi Hatim 2/115, Al-Majruhiin karya Ibnu Hibban 1/104, Al-Kaamil 1/389, Tarikh Adh-Dhu'afaa karya Ibnu Syahin hal.50, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/41, Tahdziib Al-Kamaal 2/147, Miizaan Al-I'tidaal 1/47, Taqriib At-Tahdziib hal.92.

[3] Lihat biografi " Al-Mugirah bin Ziyad " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir hal.112, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.237 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 4/175, Al-Jarh wa At-Ta'diil 8/222, Al-Majruhiin 3/6, Al-Kaamil 8/73, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 3/133, Tahdziib Al-Kamaal 28/359, Miizaan Al-I'tidaal 4/160, Taqriib At-Tahdziib hal.543.

[4] Lihat biografi " Abu Sa’d Al-Baqqal " dalam kitab: Adh-Dhu'afaa' Ash-Shagiir hal.189, Adh-Dhu'afaa' karya An-Nasa'iy hal.52 , Adh-Dhu'afaa' Al-Kabiir 2/115, Al-Jarh wa At-Ta'diil 4/62, Al-Majruhiin 1/317, Al-Kaamil 4/432, Adh-Dhu'afaa' karya Ibnu Al-Jauziy 1/325, Tahdziib Al-Kamaal 11/52, Miizaan Al-I'tidaal 2/157, Taqriib At-Tahdziib hal.241.

[5] Lihat biografi "Abu Al-Hasana’" dalam kitab: Tahdziib Al-Kamaal 33/248, Miizaan Al-I'tidaal 4/515, Taqriib At-Tahdziib hal.633.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...