بسم الله الرحمن الرحيم
Hadits kedelapan:
8/102-الثامن: عن أبي عبد اللَّه حُذَيْفةَ بنِ اليمانِ،
رضي اللَّهُ عنهما، قَالَ: صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ
وسَلَّم ذَاتَ ليْلَةٍ، فَافَتَتَحَ الْبقرة، فقُلْت يرْكَعُ عِندَ المائة، ثُمَّ
مَضَى، فَقُلْت يُصلِّي بِهَا في رَكْعةٍ، فَمَضَى فَقُلْت يَرْكَع بهَا، ثمَّ
افْتتَح النِّسَاءَ، فَقَرأَهَا، ثمَّ افْتتح آلَ عِمْرانَ فَقَرَأَهَا، يَقْرُأُ
مُتَرَسِّلاً إذَا مرَّ بِآيَةٍ فِيها تَسْبِيحٌ سَبَّحَ، وإِذَا مَرَّ بِسْؤالٍ
سَأل، وإذَا مَرَّ بِتَعَوذٍ تَعَوَّذَ، ثُمَّ رَكَعَ فَجعل يقُول: "سُبحانَ
رَبِّيَ الْعظِيمِ"، فَكَانَ ركُوعُه نحْوا مِنْ قِيامِهِ، ثُمَّ قَالَ:
"سمِع اللَّهُ لِمن حمِدَه، ربَّنا لك الْحمدُ"، ثُم قَام قِياماً
طوِيلاً قَريباً مِمَّا ركَع، ثُمَّ سَجَدَ فَقالَ: "سُبْحَانَ رَبِّيَ
الأعلَى" فَكَانَ سُجُوده قَرِيباً مِنْ قِيامِهِ". رواه مسلم.
Dari Abu Abdillah Hudzaifah bin Al-Yaman
radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata; Pada suatu malam, saya shalat (Qiyamul
Lail) bersama Rasulullah ﷺ, lalu beliau mulai
membaca surah Al-Baqarah. Kemudian saya pun berkata (dalam hati bahwa beliau)
akan rukuk pada ayat yang keseratus. Kemudian (seratus ayat pun) berlalu, lalu
saya berkata (dalam hati bahwa) beliau akan shalat dengan (surat itu) dalam
satu rakaat. Namun (surah Al-Baqarah pun) berlalu, maka saya berkata (dalam
hati bahwa) beliau akan segera sujud. Ternyata beliau melanjutkan dengan mulai
membaca surah An Nisa` hingga selesai membacanya. Kemudian beliau melanjutkan
ke surah Ali 'Imran hingga selesai hingga beliau selesai membacanya. Bila
beliau membaca ayat tasbih, beliau bertasbih dan bila beliau membaca ayat yang
memerintahkan untuk memohon, beliau memohon, dan bila beliau membaca ayat
ta'awwudz (ayat yang memerintahkan untuk memohon perlindungan) beliau memohon
perlindungan. Kemudian beliau rukuk. Dalam rukuk, beliau membaca,
"SUBHAANA RABBIYAL 'AZHIIM (Maha suci Tuhanku yang Maha agung)." Dan
lama beliau rukuk hampir sama dengan berdirinya. Kemudian beliau membaca,
"SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH (Maha Mendengar Allah akan orang yang memuji-Nya)."
Kemudian beliau berdiri dan lamanya berdiri lebih kurang sama dengan lamanya
rukuk. Sesudah itu beliau sujud, dan dalam sujud beliau membaca, "SUBHAANA
RABBIYAL A'LAA (Maha suci Tuhanku Yang Maha tinggi)." Lama beliau sujud
hampir sama dengan lamanya berdiri. [Diriwayatkan oleh Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1. Biografi
Hudzifah bin Al-Yaman radhiyallahu ‘anhuma.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2. Keutamaan
memanjangkan shalat jika shalat sendiri.
Dari Ammar radhiyallahu 'anhu;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
«إِنَّ طُولَ صَلَاةِ الرَّجُلِ، وَقِصَرَ خُطْبَتِهِ، مَئِنَّةٌ مِنْ
فِقْهِهِ، فَأَطِيلُوا الصَّلَاةَ، وَاقْصُرُوا الْخُطْبَةَ، وَإِنَّ مِنَ
الْبَيَانِ سِحْرًا» [صحيح مسلم]
"Sesungguhnya, panjang shalat
seseorang dan khutbahnya yang ringkas, menunjukkan kedalaman ilmu
(pemahaman)nya, maka panjangkanlah salat kalian dan singkatkan khutbah, dan
sesungguhnya dari penjelasan yang baik bisa menyihir (pendengarnya)".
[Sahih Muslim]
Ø Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu 'anhuma;
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
«أَفْضَلُ الصَّلَاةِ طُولُ الْقُنُوتِ» [صحيح مسلم]
"Shalat yang paling baik
adalah yang panjang berdirinya". [Sahih Muslim]
Ø Amru bin 'Asabah radhiyallahu 'anhu berkata; Saya
mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan bertanya:
أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ؟ قَالَ:
«طُولُ الْقُنُوتِ».
"Shalat
apakah yang paling utama?" Beliau menjawab, "Yaitu shalat dengan
berdiri lama." [Musnad Ahmad: Hasan ligairih]
3. Jika
menjadi imam maka diutamakan memperhatikan kondisi makmum.
Dari Abu Qatadah radhiyallahu
'anhu; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«إِنِّي لَأَقُومُ إِلَى الصَّلاَةِ وَأَنَا أُرِيدُ أَنْ أُطَوِّلَ
فِيهَا، فَأَسْمَعُ بُكَاءَ الصَّبِيِّ، فَأَتَجَوَّزُ فِي صَلاَتِي كَرَاهِيَةَ
أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمِّهِ» [صحيح البخاريٍ]
“Aku pernah ingin memanjangkan shalat,
namun aku mendengar tangisan bayi. Maka aku pendekkan shalatku karena khawatir
akan memberatkan ibunya." [Sahih Bukhari]
Ø 'Utsman bin Abi Al-'Ash radhiallahu
'anhu berkata: "Aku pernah memohon, 'Wahai Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam, jadikan aku sebagai imam kaumku?'
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
menjawab:
«أَنْتَ إِمَامُهُمْ، وَاقْتَدِ بِأَضْعَفِهِمْ، وَاتَّخِذْ
مُؤَذِّنًا لَا يَأْخُذُ عَلَى أَذَانِهِ أَجْرًا» [سنن النسائي: صحيح]
'Kamu imam mereka dan perhatikan
orang yang paling lemah serta jangan menjadikan muadzin yang mengambil upah
dari adzannya '." [Sunan An-Nasaiy: Sahih]
Ø Jabir -radhiyallahu 'anhu- berkata: Mu'adz bin
Jabal Al-Anshariy -radhiyallahu 'anhu- shalat Isya' mengimami para
sahabatnya, lalu dia memanjangkan bacaannya atas mereka, maka seorang laki-laki
dari kalangan kami berpaling, lalu shalat sendirian. Lalu Mu'adz diberitahu
tentangnya, maka dia berkata: 'Dia seorang yang munafik.'
Ketika hal tersebut sampai pada laki-laki
tersebut maka dia mengunjungi Rasulullah -shallallahu'alaihi wasallam-,
lalu mengabarkan kepadanya sesuatu yang dikatakan Mu'adz. Maka Nabi -shallallahu'alaihi
wasallam- bersabda kepadanya:
" أَتُرِيدُ أَنْ تَكُونَ فَتَّانًا يَا مُعَاذ؟ ُ إِذَا
أَمَمْتَ النَّاسَ فَاقْرَأْ بِـ {الشَّمْسِ وَضُحَاهَا} وَ {سَبِّحْ اسْمَ
رَبِّكَ الْأَعْلَى}، وَ {اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ} وَ {اللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى}
"
'Apakah kamu ingin menjadi
pemfitnah (yang membuat orang lain lari dari agama) wahai Mu'adz? Apabila kamu
mengimami manusia, maka bacalah surat {Asy-Syams wa dhuhaha}, serta {Sabbihisma
Rabbika al-A'la}, dan {Iqra' Bismi Rabbika}, serta {Wa al-Laili idza
Yaghsya'}." [Shahih Muslim]
4. Boleh
membaca beberapa surah dalam shalat tidak berurutan.
5. Bembaca
Al-Qur’an dengan baik dan tadabbur.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلًا} [المزمل:
4]
Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan
perlahan-lahan (sangat jelas). [Al-Muzzammil:4]
{أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ
عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا} [محمد: 24]
Maka apakah mereka tidak memperhatikan
Al-Quran, ataukah hati mereka terkunci? [Muhammad:24]
Hadits kesembilan:
9/103-التاسع: عن ابن مسعودٍ رَضِيَ اللَّهُ عنه قَالَ: صلَّيْت مَعَ
النَبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم لَيلَةً، فَأَطَالَ الْقِيامَ حتَّى هممْتُ
أَنْ أجْلِسَ وَأدعَهُ. متفقٌ عليه.
Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu
‘anhu, ia berkata: Pada suatu malam aku pernah shalat malam bersama Nabi ﷺ. Lalu beliau memanjangkan berdiri (shalat)
hingga aku berkeinginan untuk duduk dan meninggalkan beliau". [Muttafaqun
‘alaihi]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2)
Semangat sahabat dalam mencontoh Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam.
Asma` binti Abu Bakar berkata;
" كَسَفَتِ
الشَّمْسُ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَفَزِعَ
فَأَخْطَأَ بِدِرْعٍ حَتَّى أُدْرِكَ بِرِدَائِهِ بَعْدَ ذَلِكَ، قَالَتْ:
فَقَضَيْتُ حَاجَتِي، ثُمَّ جِئْتُ وَدَخَلْتُ الْمَسْجِدَ، فَرَأَيْتُ رَسُولَ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمًا، فَقُمْتُ مَعَهُ، فَأَطَالَ
الْقِيَامَ، حَتَّى رَأَيْتُنِي أُرِيدُ أَنْ أَجْلِسَ، ثُمَّ أَلْتَفِتُ إِلَى
الْمَرْأَةِ الضَّعِيفَةِ، فَأَقُولُ هَذِهِ أَضْعَفُ مِنِّي، فَأَقُومُ، فَرَكَعَ
فَأَطَالَ الرُّكُوعَ، ثُمَّ رَفَعَ رَأْسَهُ فَأَطَالَ الْقِيَامَ، حَتَّى لَوْ
أَنَّ رَجُلًا جَاءَ خُيِّلَ إِلَيْهِ أَنَّهُ لَمْ يَرْكَعْ " [صحيح مسلم]
Pernah terjadi gerhana matahari pada masa
Rasulullah ﷺ, maka beliau bergegas
dan keliru mengambil baju besi hingga beliau ditunjukkan letak pakaiannya.
Kemudian aku buang hajat, kemudian datang dan masuk masjid. Lalu aku melihat
Rasulullah ﷺ sedang berdiri dan
aku pun ikut berdiri (shalat) bersama beliau. Beliau memperpanjang berdirinya
hingga aku ingin duduk, kemudian aku menoleh ke arah perempuan yang lemah, aku
pun berkata, 'Perempuan ini adalah lebih lemah dariku.' Akhirnya aku pun
berdiri. Kemudian beliau rukuk dan memperpanjang rukuknya. Lalu beliau
mengangkat kepalanya dan kembali memperpanjang berdirinya hingga sekiranya ada
seorang laki-laki datang niscaya ia akan menyangka bahwa beliau tidak akan
rukuk. [Shahih Muslim]
3)
Segala sesuatu jika diusahakan maka akan terwujud dengan
izin Allah.
Abu Sa'id Al-Khudriy radiyallahu
'anhu berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
«مَنْ يَسْتَعْفِفْ يُعِفَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ يَسْتَغْنِ يُغْنِهِ
اللَّهُ وَمَنْ يَتَصَبَّرْ يُصَبِّرْهُ اللَّهُ، وَمَا أُعْطِيَ أَحَدٌ عَطَاءً
خَيْرًا وَأَوْسَعَ مِنَ الصَّبْرِ» [صحيح البخاري ومسلم]
“Barangsiapa
yang berusaha menjaga kehormatannya maka Allah akan menjaga kehormatannya, dan
barangsiapa yang berusaha merasa cukup maka Allah akan mencukupinya, dan
barangsiapa yang berusaha sabar maka Allah akan menyabarkannya, dan seseorang
tidak diberi sesuatu yang lebih baik dan luas daripada kesabaran". [Sahih
Bukhari dan Muslim]
Hadits kesepuluh:
10/104-العاشر: عن أنس رضي اللَّه عنه عن رسولِ اللَّهِ صَلّى اللهُ
عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: "يتْبعُ الميْتَ ثلاثَةٌ: أهلُهُ ومالُه وعمَلُه،
فيرْجِع اثنانِ ويبْقَى واحِدٌ: يرجعُ أهلُهُ ومالُهُ، ويبقَى عملُهُ" متفقٌ
عَلَيهِ.
Dari Anas radhiyallahu ‘anhu,
dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda,
"Mayyit diiringi (ke kuburannya) tiga hal, yang dua akan kembali sedang
yang satu terus menyertainya: Ia diiringi oleh keluarganya, hartanya dan
amalnya. Harta dan keluarganya akan kembali, sedang amalnya akan terus tetap
bersamanya." [Muttafaqun ‘alaihi]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi Anas bin Malik radhiyallau ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2.
Jangan sampai dilakaikan oleh keluarga dan harta.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا
تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلَا أَوْلَادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ
يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ (9) وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا
رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ
لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ
الصَّالِحِينَ (10) وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا
وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُون} [المنافقون: 9 - 11]
Hai orang-orang beriman, janganlah
hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah, barangsiapa yang
berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi. Dan belanjakanlah
sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian
kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa
Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang
menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?"
Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila
telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha mengenal apa yang kamu kerjakan.
[Al-Munafiquun: 9 - 11]
3.
Bersegera untuk memperbanyak amal kebaikan.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ
قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (99) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا
إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا} [المؤمنون: 99-100]
(Demikianlah keadaan orang-orang kafir
itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata:
"Ya Tuhanku kembalikanlah Aku (ke dunia), Agar Aku berbuat amal yang saleh
terhadap yang Telah Aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah
perkataan yang diucapkannya saja. [Al-Mu'minuun: 99-100]
4.
Amal shalih atau buruk akan menemani dalam kubur.
Sebagaimana dikisahkan dalam hadits Al-Bara’
bin ‘Azib; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda tentang orang
mukmin dalam kuburnya:
" وَيَأْتِيهِ
رَجُلٌ حَسَنُ الْوَجْهِ، حَسَنُ الثِّيَابِ، طَيِّبُ الرِّيحِ، فَيَقُولُ:
أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُرُّكَ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ، فَيَقُولُ
لَهُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ، فَيَقُولُ: أَنَا
عَمَلُكَ الصَّالِحُ، فَيَقُولُ: رَبِّ أَقِمِ السَّاعَةَ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى
أَهْلِي، وَمَالِي ".
Lantas ia didatangi oleh laki-laki berwajah
tampan, pakainnya indah, wanginya semerbak, dan malaikat itu berucap:
"Bergembiralah dengan kabar yang menggembirakanmu. Inilah hari yang
dijanjikan unukmu". Si mayit bertanya: 'Lho, siapa kamu ini sebenarnya,
rupanya wajahmu adalah wajah yang emndatangkan kebaikan!' Si laki-laki tampan
menjawab: "Ow, aku adalah amalan salihmu". Lantas hamba tadi meminta:
"Ya Rabbiku, tolong jadikan kiamat sekarang juga sehingga aku bisa kembali
menemui keluargaku dan hartaku".
Sedangkan orang kafir dan munafiq;
" وَيَأْتِيهِ
رَجُلٌ قَبِيحُ الْوَجْهِ، قَبِيحُ الثِّيَابِ، مُنْتِنُ الرِّيحِ، فَيَقُولُ:
أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُوءُكَ، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ، فَيَقُولُ:
مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالشَّرِّ، فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ
الْخَبِيثُ، فَيَقُولُ: رَبِّ لَا تُقِمِ السَّاعَةَ "
Kemudian ia didatangi oleh laki-laki yang
wajahnya menyeramkan, pakainnya lusuh, baunya busuk dan berujar;
"Bergembiralah engkau dengan segala hal yang menyusahkanmu. Inilah harimu
yang dijanjikan bagimu. Lantas si malaikat bertanya: " Siapa kamu dengan
wajahmu yang sedemikian menyeramkan dan membawa keburukan ini? Lantas si
laki-laki menjawab; "Aku adalah amalan jahatmu", maka si laki-laki
berkata: "Ya Rabb,. Jangan kiamat Kau jadikan sekarang! [Musnad Ahmad: Shahih]
Lihat: Hadits
Al-Baraa'; Ketika ajal menjemput dan pertanyaan alam kubur
Hadits kesebelas:
11/105-الحادي عشر: عن ابن مسعودٍ رضيَ اللَّهُ عنه قَالَ: قَالَ
النبيُّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم: "الجَنَّةُ أقَربُ إِلَى أَحدِكُم
مِنْ شِراكِ نَعْلِهِ والنَّارُ مِثْلُ ذلِكَ" رواه البخاري.
Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu
'anhu, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Surga
lebih dekat kepada salah seorang dari kalian daripada tali sandalnya, neraka
juga seperti itu." [Diriwayatkan oleh imam Bukhari]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Kehidupan dunia begitu cepat dan singkat.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ
مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ
(16) إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ
قَعِيدٌ (17) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (18)
وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ذَلِكَ مَا كُنْتَ مِنْهُ تَحِيدُ} [ق: 16 -
19]
Dan Sesungguhnya kami telah menciptakan
manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan kami lebih dekat
kepadanya daripada urat lehernya, (yaitu) ketika dua malaikat mencatat amal
perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah
kiri. Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya
malaikat Pengawas yang selalu hadir. Dan datanglah sakaratul maut dengan
sebenar-benarnya. Itulah yang kamu selalu lari daripadanya. [Qaaf: 16-19]
2)
Yang membatasi seseorang dengan surga atau neraka hanya
kematian.
Abu Umamah berkata: Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda:
«مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ
كُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ
يَمُوتَ»
"Barangsiapa yang membaca aya Kursiy
pada setiap akhir shalat fardhu, maka tidak ada yang mencegahnya masuk surga
selain kematiannya”. [An-Sunan Al-Kubraa karya An-Nasa’iy: Shahih]
Lihat: Takhrij
hadits "baca ayat Kursiy setelah shalat"
3)
Bersegera untuk melakukan kebaikan dan meninggalkan
keburukan.
Allah subhanahu wata'ala berfirman:
{إِنَّ الَّذِينَ هُمْ
مِنْ خَشْيَةِ رَبِّهِمْ مُشْفِقُونَ (57) وَالَّذِينَ هُمْ بِآيَاتِ رَبِّهِمْ
يُؤْمِنُونَ (58) وَالَّذِينَ هُمْ بِرَبِّهِمْ لَا يُشْرِكُونَ (59) وَالَّذِينَ
يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَى رَبِّهِمْ
رَاجِعُونَ (60) أُولَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا
سَابِقُونَ} [المؤمنون: 57- 61]
"Sesungguhnya orang-orang yang
berhati-hati Karena takut akan (azab) Tuhan mereka, Dan orang-orang yang
beriman dengan ayat-ayat Tuhan mereka, Dan orang-orang yang tidak
mempersekutukan dengan Tuhan mereka (sesuatu apapun), Dan orang-orang yang memberikan
apa yang Telah mereka berikan (berupa ibadah), dengan hati yang takut (tidak
diterima), (karena mereka tahu bahwa) Sesungguhnya mereka akan kembali kepada
Tuhan mereka, Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan
merekalah orang-orang yang segera memperolehnya". [Al-Mu'minun: 57-61]
Hadits keduabelas:
12/106-الثاني عشر: عن أبي فِراس رَبِيعةَ بنِ كَعْبٍ الأسْلَمِيِّ
خادِم رسولِ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم، ومِنْ أَهْلِ الصُّفَّةِ رضي
اللَّهُ عنه قَالَ: كُنْتُ أبيتُ مَعَ رسولِ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم،
فآتِيهِ بِوَضوئِهِ، وحاجتِهِ فَقَالَ: "سلْني" فقُلْت: أسْألُكَ
مُرافَقَتَكَ في الجنَّةِ. فقالَ: "أوَ غَيْرَ ذلِك؟" قُلْت: هُوَ ذَاك.
قَالَ: "فأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرةِ السجُودِ". رواه مسلم.
Dari Abu Firas Rabi'ah bin Ka'ab Al-Aslamiy
pelayan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan salah seorang dari
Ahlu Suffah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Saya bermalam bersama Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam
(tidur depan pintu Nabi), lalu aku membawakan air wudhunya dan air untuk
hajatnya, maka beliau bersabda kepadaku, 'Mintalah kepadaku.' Maka aku berkata,
'Aku meminta kepadamu agar aku menemanimu di surga'. Rasulullah
shallallahu ' alaihi wasallam bertanya: 'Adakah selain itu'. Aku
menjawab, 'Itu saja'. Maka
beliau menjawab, 'Bantulah aku untuk mewujudkan keinginanmu dengan banyak
melakukan sujud'. [Diriwayatkan oleh
Muslim]
Lihat: Cinta
Rabi'ah bin Ka'ab Al-Aslamiy kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
Hadits ketigabelas:
13/107-الثالث عشر: عن أبي عبد اللَّه ويُقَالُ: أبُو عبْدِ الرَّحمنِ
ثَوْبانَ موْلى رسولِ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: سمِعْتُ رسولَ
اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يَقُولُ: "عليكَ بِكَثْرةِ السُّجُودِ،
فإِنَّك لَنْ تَسْجُد للَّهِ سجْدةً إلاَّ رفَعكَ اللَّهُ بِهَا دَرجَةً، وحطَّ
عنْكَ بِهَا خَطِيئَةً "رواه مسلم.
Dari Abu Abdillah, dan dikatakan: Abu
Abdirrahman Tsauban bekas budak Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam,
ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Hendaklah engkau memperbanyak sujud, karena sesungguhnya engkau
tidak sujud kepada Allah satu sujud kecuali Allah mengangkatmu dengannya satu
derajat dan menghapus darimu dengannya satu dosa". [Diriwayatkan oleh
Muslim]
Lihat: Hadits Tsauban: Keutamaan shalat
Hadits keempatbelas:
14/108- الرابع عشر: عن أَبي صَفْوانَ عبدِ اللَّه بنِ بُسْرٍ
الأسلَمِيِّ رضي اللَّه عنه، قَالَ: قَالَ رسولُ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ
وسَلَّم: "خَيْرُ النَّاسِ مَن طالَ عمُرُه وَحَسُنَ عملُه" رواه الترمذي،
وَقالَ حديثٌ حسنٌ.
Dari Abu Shafwan Abdullah bin Busr
Al-Aslamiy radiyallahu 'anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam bersabda:
“Orang yang paling baik adalah orang yang panjang umurnya dan baik
amalannya". [Diriwayatkan oleh At-Tirmidziy, dan ia berkata: Hadits ini
hasan]
Lihat:
Do'a panjang umur
Hadits kelimabelas:
15/109- الخامس عشر: عن أنسٍ رضي اللَّه عنه، قَالَ: غَاب عمِّي أَنَسُ
بنُ النَّضْرِ رضي اللَّهُ عنه عن قِتالِ بدرٍ، فَقَالَ: يَا رسولَ اللَّه غِبْت
عَنْ أوَّلِ قِتالٍ قَاتلْتَ المُشرِكِينَ، لَئِنِ اللَّهُ أشْهَدَنِي قتالَ
المُشركِينَ لَيُرِيَنَّ اللَّهُ مَا أصنعُ، فَلَمَّا كانَ يومُ أُحدٍ انْكشَفَ
المُسْلِمُون فَقَالَ: اللَّهُمَّ أعْتَذِرُ إليْكَ مِمَّا صنَع هَؤُلاءِ يَعْني
أصْحَابَه وأبرأُ إلَيْكَ مِمَّا صنعَ هَؤُلاَءِ يَعني المُشْرِكِينَ ثُمَّ
تَقَدَّمَ فَاسْتَقْبَلَهُ سعْدُ بْنُ مُعاذٍ، فَقالَ: يَا سعْدُ بْنَ معُاذٍ
الْجنَّةُ ورَبِّ الكعْبةِ، إِنِى أجِدُ رِيحَهَا مِنْ دُونِ أُحُدٍ. قَالَ سعْدٌ:
فَمَا اسْتَطعْتُ يا رسول اللَّه ما صنَعَ، قَالَ أنسٌ: فَوجدْنَا بِهِ بِضْعاً
وثمانِينَ ضَرْبةً بِالسَّيفِ، أوْ طَعْنَةً بِرُمْحٍ، أَوْ رمْيةً بِسهْمٍ،
ووجدْناهُ قَد قُتِلَ وَمثَّلَ بِهِ المُشرِكُونَ فَما عرفَهُ أَحدٌ إِلاَّ
أُخْتُهُ بِبنَانِهِ. قَالَ أنسٌ: كُنَّا نَرى أوْ نَظُنُّ أنَّ هَذِهِ الآيَة
نزلَتْ فيهِ وَفِي أشْباهِهِ: {مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا
عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَى نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ
يَنْتَظِرُ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا} [الأحزاب:23]. متفقٌ عَلَيهِ.
Dari Anas radhiallahu'anhu
berkata, "Pamanku, Anas bin an-Nadhar tidak ikut perang badar kemudian dia
berkata, "Wahai Rasulullah, aku tidak ikut saat pertama kali Tuan
berperang menghadapai Kaum Musyrikin. Seandainya Allah memperkenankan aku dapat
berperang melawan Kaum Musyrikin, pasti Allah akan melihat apa yang akan aku
lakukan". Ketika terjadi perang Uhud dan kaum muslimin ada yang kabur dari
medan pertempuran, dia berkata, "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari
apa yang dilakukan oleh mereka, yakni para sahabat Nabi ﷺ dan aku berlepas diri dari apa yang dilakukan oleh mereka yakni
Kaum Musyrikin". Maka dia maju ke medan pertempuran lalu Sa'ad bin Mu'adz
menjumpainya. Maka dia berkata kepadanya, "Wahai Sa'ad bin Mu'adz, demi
Robbnya an-Nadhar, aku menginginkan surga. Sungguh aku mencium baunya dari
balik bukit Uhud ini". Sa'ad berkata, "Wahai Rasulullah, aku tidak
sanggup untuk menggambarkan apa yang dialaminya". Anas berkata,
"Kemudian kami temukan dia dengan luka tidak kurang dari delapan puluh
sabetan pedang atau tikaman tombak atau terkena lemparan panah dan kami
menemukannya sudah dalam keadaan terbunuh dimana Kaum Musrikin telah
mencabik-cabik jasadnya sehingga tidak ada satupun orang yang mengenalinya
kecuali saudara perempuannya yang mengenali jarinya". Anas berkata,
"Kami mengira atau berpedapat bahwa ayat ini turun berkenaan dengan dia dan
orang yang serupa dengan dia; {"Di antara
orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka
janjikan kepada Allah. Dan di antara mereka ada yang gugur, dan di antara
mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka sedikit pun tidak mengubah
(janjinya)"} [Al-Ahzab 23] [Muttafaqun ‘Alaihi]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Anas bin An-Nadhr bin Dhamdham Al-Anshariy radhiyallahu
‘anhu.
Diantara keistimewaannya; Allah 'azza wajalla mengabulkan
sumpahnya.
Anas radhiallahu'anhu bercerita:
أَنَّ الرُّبَيِّعَ وَهِيَ ابْنَةُ
النَّضْرِ كَسَرَتْ ثَنِيَّةَ جَارِيَةٍ، فَطَلَبُوا الأَرْشَ، وَطَلَبُوا
العَفْوَ، فَأَبَوْا، فَأَتَوُا النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
فَأَمَرَهُمْ بِالقِصَاصِ، فَقَالَ أَنَسُ بْنُ النَّضْرِ: أَتُكْسَرُ ثَنِيَّةُ
الرُّبَيِّعِ يَا رَسُولَ اللَّهِ، لاَ وَالَّذِي بَعَثَكَ بِالحَقِّ، لاَ
تُكْسَرُ ثَنِيَّتُهَا، فَقَالَ: «يَا أَنَسُ كِتَابُ اللَّهِ القِصَاصُ»،
فَرَضِيَ القَوْمُ وَعَفَوْا، فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: «إِنَّ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ مَنْ لَوْ أَقْسَمَ عَلَى اللَّهِ
لَأَبَرَّهُ» [صحيح البخاري ومسلم]
Bahwa Ar Rubayyi', -dia adalah putri dari
AnNadhar- mematahkan gigi depan seorang anak perempuan lalu mereka meminta
ganti rugi, namun mereka menolaknya hingga akhirnya mereka (kedua kaum itu)
menemui Nabi ﷺ. Maka beliau
memerintahkan mereka untuk menegakkan qishosh (tuntutan balas yang setimpal).
Maka Anas bin an-Nadhar berkata, "Apakah kami harus mematahkan gigi
depannya ar-Rubayyi' wahai Rasulullah? Demi Dzat yang mengutus Tuan dengan
benar, kami tidak akan mematahkan giginya". Maka beliau berkata,
"Wahai Anas, di dalam kitab Allah ada ketetapan qishosh (Allah yang
menetapkan qishosh)". Maka kaum itu ridha lalu memaafkannya. Kemudian Nabi
ﷺ bersabda, "Sesungguhnya diantara
hamba-hamba Allah ada hamba yang apabila bersumpah atas nama Allah maka Allah
memenuhinya". [Shahih Bukhari dan Muslim]
2)
Perang Badr terjadi pada tahun 2 hijriyah.
3)
Semangat sahabat untuk mengejar ketinggalan mereka dalam
ibadah.
Lihat: Syarah
Arba'in Nawawiy, hadits (25) Abu Dzar; Amal shalih bernilai sedekah
4)
Perang Uhud terjadi pada tahun 3 hijriyah.
5)
Berlepas diri dari kaum musyrikin.
Allah subhanahu wata'aalaa berfirman:
{قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالَّذِينَ
مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنَّا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِمَّا تَعْبُدُونَ
مِنْ دُونِ اللَّهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ
وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتَّى تُؤْمِنُوا بِاللَّهِ وَحْدَهُ} [الممتحنة:
4]
Sesungguhnya telah ada suri tauladan
yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika
mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri
daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari
(kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian
buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. [Al-Mumtahanah:
4]
6)
Bau surga.
Dari Ma'qil bin Yasar radhiallahu
'anhu; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«مَا مِنْ عَبْدٍ اسْتَرْعَاهُ اللَّهُ
رَعِيَّةً، فَلَمْ يَحُطْهَا بِنَصِيحَةٍ، إِلَّا لَمْ يَجِدْ رَائِحَةَ
الجَنَّةِ» [صحيح البخاري]
"Tidaklah seorang hamba yang
Allah beri amanat kepemimpinan, namun dia tidak menindaklanjutinya dengan baik,
selain tak bakalan mendapat bau surga." [Sahih Bukhari]
Ø Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu; Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam bersabda:
«مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللهِ عَزَّ
وَجَلَّ لَا يَتَعَلَّمُهُ إِلَّا لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا، لَمْ
يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ» يَعْنِي رِيحَهَا [سنن أبى
داود: صححه الألباني]
"Barangsiapa yang menuntu
ilmu yang seharusnya diniatkan demi Allah namun ia tidak mempelajarinya kecuali
untuk mendapatkan kenikmatan dunia, maka ia tidak akan mencium bau surga di
hari kiamat". [Sunan Abi Daud: Sahih]
7)
Jarak bau surga tercium.
Dari Abdullah bin Amru; Nabi ﷺ bersabda:
«مَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا
لَمْ يَرِحْ رَائِحَةَ الجَنَّةِ، وَإِنَّ رِيحَهَا تُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ
أَرْبَعِينَ عَامًا» [صحيح البخاري]
"Siapa yang membunuh orang kafir yang
telah mengikat perjanjian (mu'ahid) dengan pemerintahan muslimin, ia tak dapat
mencium harum surga, padahal harum surga dapat dicium dari jarak empat
puluh tahun." [Shahih Bukhari]
Ø Dari Abu Hurairah; Nabi ﷺ
bersabda:
«أَلَا مَنْ قَتَلَ
نَفْسًا مُعَاهِدًا لَهُ ذِمَّةُ اللَّهِ وَذِمَّةُ رَسُولِهِ، فَقَدْ أَخْفَرَ
بِذِمَّةِ اللَّهِ، فَلَا يُرَحْ رَائِحَةَ الجَنَّةِ، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ
مِنْ مَسِيرَةِ سَبْعِينَ خَرِيفًا» [سنن الترمذي: صحيح]
"Ketahuilah, barangsiapa membunuh
seseorang yang terikat janji dengan kaum muslimin dan memiliki jaminan keamanan
dari Allah dan rasul-Nya, maka ia telah melanggar perlindungan Allah dan ia
tidak akan mencium bau surga, dan sesungguhnya baunya dapat dicium sejauh perjalanan
tujuh puluh masa." [Sunan Tirmidziy: Shahih]
Ø Abu Bakrah berkata: Rasulullah ﷺ
bersabda:
" إِنَّ رِيحَ
الْجَنَّةِ لَتُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ مِائَةِ عَامٍ " [مسند أحمد: صحيح]
"Sesungguhnya bau surga itu dapat
tercium dari jarak seratus tahun”. [Musnad Ahmad: Shahih]
8)
Keutamaan jujur kepada Allah.
Dari Syaddad bin
Al-Had -radhiyallahu 'anhu-; Rasulullah ﷺ bersabda:
«إِنْ تَصْدُقْ اللَّهَ يَصْدُقْكَ»
"Jika engkau jujur kepada Allah, niscaya Allah akan membalas sikap
kejujuranmu." [An-Nasa'iy: Shahih]
Lihat: Syarah Riyadhushalihin Bab (04) Jujur, hadits keempat
Hadits keenambelas:
16/110- السادس عشر: عن أبي مسعود عُقْبَةَ بن عمروٍ الأنصاريِّ
البدريِّ رضي اللَّهُ عنه قَالَ: لمَّا نَزَلَتْ آيةُ الصَّدقَةِ كُنَّا نُحَامِلُ
عَلَى ظُهُورِنا. فَجَاءَ رَجُلٌ فَتَصَدَّقَ بِشَيْءٍ كَثِيرٍ فَقَالُوا: مُراءٍ،
وجاءَ رَجُلٌ آخَرُ فَتَصَدَّقَ بِصَاعٍ فقالُوا: إنَّ اللَّه لَغَنِيٌّ عَنْ صاعِ
هَذَا، فَنَزَلَتْ {الَّذِينَ يَلْمِزُونَ الْمُطَّوِّعِينَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ
فِي الصَّدَقَاتِ وَالَّذِينَ لَا يَجِدُونَ إِلَّا جُهْدَهُمْ فَيَسْخَرُونَ
مِنْهُمْ سَخِرَ اللَّهُ مِنْهُمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ} [التوبة:
79] متفقٌ عليه.
Dari Abu Mas'ud ‘Uqbah bin ‘Amr
Al-Anshariy Al-Badriy radhiallahu'anhu berkata, "Ketika ayat
shadaqah turun, kami berlomba-lomba, lalu datanglah seseorang dengan membawa
shadaqah yang banyak dan orang-orang berkata, ia orang yang pamer. Kemudian
datanglah seseorang lalu ia bershadaqah dengan satu sha'. Orang-orang berkata,
"Sesungguhnya Allah lebih kaya daripada satu sha' ini". Maka turunlah
ayat: {Orang-orang munafik itu) yaitu orang-orang yang mencela orang-orang
mukmin yang memberi sedekah dengan sukarela dan (mencela) orang-orang yang
tidak memperoleh (untuk disedekahkan) selain sekedar kesanggupannya, maka
orang-orang munafik itu menghina mereka. Allah akan membalas penghinaan mereka
itu, dan untuk mereka azab yang pedih} [At-Taubah: 79] [Muttafaqun ‘Alaihi]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi Abu Mas’ud Al-Anshariy radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2.
Ayat tentang sedekah.
Allah subhanahu wata'aalaa berfirman:
{خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ
بِهَا} [التوبة: 103]
Ambillah zakat dari sebagian harta
mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka.
[At-Taubah:103]
3.
Semangat sahabat mengamalkan Al-Qur’an dan hadits.
Abu Thalhah mendatangi Rasululah ﷺ dan berkata:
Sesungguhnya Allah telah berfirman:
{لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ} [آل
عمران: 92]
"Kamu
sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu
menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai" [Ali Imran: 92], dan
sesungguhnya harta yang paling aku cintai adalah "baeruha'" dan aku
jadikan sedekah demi Allah mengharapkan kebaikan dan pahalanya dari Allah,
terimalah kebun itu ya Rasulullah, terserah engkau mau apakan!
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda:
«بَخْ، ذَلِكَ مَالٌ رَابِحٌ، ذَلِكَ مَالٌ
رَابِحٌ، قَدْ سَمِعْتُ مَا قُلْتَ فِيهَا، وَإِنِّي أَرَى أَنْ تَجْعَلَهَا فِي
الْأَقْرَبِينَ» [صحيح البخاري ومسلم]
"Wah, itu adalah harta yang
beruntung, itu adalah harta yang beruntung, aku telah mendengar apa yang kau
katakan, dan aku merasa lebih baik kau bagikan kepada kerabatmu".
Maka Abu Thalhah membagikannya kepada
kerabatnya dan anak cucu pamanya (saudara bapak). [Bukhari dan Muslim]
4.
Diantara sifat kaum munafiq:
a)
Kikir bersedekah.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ أَنفِقُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ قَالَ
الَّذِينَ كَفَرُوا لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنُطْعِمُ مَن لَّوْ يَشَاءُ اللَّهُ
أَطْعَمَهُ إِنْ أَنتُمْ إِلَّا فِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ} [يس: 47]
Dan apabila dikatakakan kepada mereka:
"Nafkahkanlah sebahagian dari reski yang diberikan Allah kepadamu",
Maka orang-orang yang kafir itu berkata kepada orang-orang yang beriman:
"Apakah kami akan memberi makan kepada orang-orang yang jika Allah
menghendaki tentulah Dia akan memberinya makan, tiadalah kamu melainkan dalam
kesesatan yang nyata". [Yaasiin: 47]
b)
Mengolok-olok orang beriman.
Allah subhanahu wa ta'aalaa
berfirman:
{وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ آمِنُوا كَمَا آمَنَ
النَّاسُ قَالُوا أَنُؤْمِنُ كَمَا آمَنَ السُّفَهَاءُ أَلَا إِنَّهُمْ هُمُ
السُّفَهَاءُ وَلَكِنْ لَا يَعْلَمُونَ} [البقرة: 13]
Apabila dikatakan kepada mereka:
"Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman." Mereka
menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu
telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh,
tetapi mereka tidak tahu. [Al-Baqarah: 13]
5.
Jangan pedulikan omongan orang yang menuduh riya selama
kita ikhlash.
Al-Harits bin Qais Al-Ju'fiy -rahimahullah-
berkata:
" إِذَا كُنْتَ تُصَلِّي فَأَتَاكَ الشَّيْطَانُ فَقَالَ:
إِنَّكَ تُطَوِّلَ تُرَائِي، فَزِدْهَا طُولًا " [تهذيب الآثار]
"Jika engkau shalat dan setan
mendatangimu sambil berkata: Sungguh engkau memanjangkan shalat karena riya';
Maka tambahkan shalatmu semakin panjang". [Tahdzib Al-Atsar]
6.
Boleh menampakkan sedekah.
Allah subhanahu wata’aalaa
berfirman:
{إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ
وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ
عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ} [البقرة: 271]
Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka
itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada
orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan
menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu. [Al-Baqarah:271]
7.
Menampakkan amalan untuk memberi motifasi kepada orang
lain.
Jarir bin Abdillah radhiyallahu
'anhu berakata:
جَاءَ نَاسٌ مِنَ الْأَعْرَابِ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمِ الصُّوفُ فَرَأَى سُوءَ حَالِهِمْ قَدْ
أَصَابَتْهُمْ حَاجَةٌ، فَحَثَّ النَّاسَ عَلَى الصَّدَقَةِ، فَأَبْطَئُوا عَنْهُ
حَتَّى رُئِيَ ذَلِكَ فِي وَجْهِهِ. قَالَ: ثُمَّ إِنَّ رَجُلًا مِنَ الْأَنْصَارِ
جَاءَ بِصُرَّةٍ مِنْ وَرِقٍ، ثُمَّ جَاءَ آخَرُ، ثُمَّ تَتَابَعُوا حَتَّى عُرِفَ
السُّرُورُ فِي وَجْهِهِ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
«مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً حَسَنَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ، كُتِبَ
لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْءٌ،
وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلَامِ سُنَّةً سَيِّئَةً، فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ،
كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا، وَلَا يَنْقُصُ مِنْ
أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ»
"Pada suatu ketika, beberapa orang
Arab badui datang menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan
mengenakan pakaian dari bulu domba (wol). Lalu Rasulullah memperhatikan kondisi
mereka yang menyedihkan. Selain itu, mereka pun sangat membutuhkan pertolongan.
Akhirnya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam menganjurkan para
sahabat untuk memberikan sedekahnya kepada mereka. Tetapi sayangnya, para
sahabat sangat lamban untuk melaksanakan anjuran Rasulullah itu, hingga
kekecewaan terlihat pada wajah beliau. Tak lama kemudian seorang sahabat dari
kaum Anshar datang memberikan bantuan sekantong perak dan kemudian diikuti oleh
seorang sahabat lainnya. Setelah itu, berurutan beberapa orang sahabat yang
turut serta menyumbangkan sedekahnya (untuk diserahkan kepada orang-orang Arab
Badui tersebut) hingga tampaklah keceriaan pada wajah Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam.' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: 'Barangsiapa dapat memberikan suri tauladan yang baik dalam Islam,
lalu suri tauladan tersebut dapat diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka
akan dicatat untuknya pahala sebanyak yang diperoleh orang-orang yang
mengikutinya tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang mereka peroleh.
Sebaliknya, barang siapa memberikan suri tauladan yang buruk dalam Islam, lalu
suri tauladan tersebut diikuti oleh orang-orang sesudahnya, maka akan dicatat
baginya dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa
mengurangi dosa yang mereka peroleh sedikitpun.' [Shahih Muslim]
Hadits ketujuhbelas:
17/111- السابَع عشر: عن سعيدِ بنِ عبدِ العزيزِ، عن رَبيعةَ بنِ
يزيدَ، عن أَبِي إدريس الخَوْلاَنيِّ، عن أَبِي ذَرٍّ جُنْدُبِ بنِ جُنَادَةَ، رضي
اللَّهُ عنه، عن النَّبِيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم فيما يَرْوِى عَنِ
اللَّهِ تباركَ وتعالى أنَّهُ قَالَ: "يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ
الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّماً فَلاَ تَظالمُوا، يَا
عِبَادِي كُلُّكُم ضَالٌّ إِلاَّ مَنْ هَدَيْتُهُ، فَاسْتَهْدُوني أهْدكُمْ، يَا
عِبَادي كُلُّكُمْ جائعٌ إِلاَّ منْ أطعمتُه، فاسْتطْعموني أطعمْكم، يَا عِبَادي
كُلُّكُمْ عَارٍ إلاَّ مِنْ كَسَوْتُهُ فَاسْتَكْسُوني أكْسُكُمْ، يَا عِبَادِي
إنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أغْفِرُ الذُّنُوبَ
جَمِيعاً، فَاسْتَغْفِرُوني أغْفِرْ لَكُمْ، يَا عِبَادِي إِنَّكُمْ لَنْ
تَبْلُغُوا ضُرِّي فَتَضُرُّوني، وَلَنْ تَبْلُغُوا نَفْعِي فَتَنْفَعُوني، يَا
عِبَادِي لَوْ أَنَّ أوَّلَكُمْ وآخِركُمْ، وَإنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى
أتقَى قلبِ رجلٍ واحدٍ مِنْكُمْ مَا زادَ ذلكَ فِي مُلكي شيئاً، يَا عِبَادِي لَوْ
أَنَّ أوَّلكم وآخرَكُم وإنسَكُم وجنكُمْ كَانوا عَلَى أفْجَرِ قَلْبِ رَجُلٍ
وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِنْ مُلْكِي شَيْئاً، يَا عِبَادِي لَوْ
أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِركُمْ وَإنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ، قَامُوا فِي صَعيدٍ
وَاحدٍ، فَسألُوني فَأعْطَيْتُ كُلَّ إنْسانٍ مَسْألَتَهُ، مَا نَقَصَ ذَلِكَ مِمَّا
عِنْدِي إِلاَّ كَمَا َيَنْقُصُ المِخْيَطُ إِذَا أُدْخِلَ البَحْرَ، يَا عِبَادِي
إنَّما هِيَ أعْمَالُكُمْ أُحْصِيهَا لَكُمْ، ثُمَّ أوَفِّيكُمْ إيَّاهَا، فَمَنْ
وَجَدَ خَيْراً فَلْيَحْمِدِ اللَّه، وَمَنْ وَجَدَ غَيْرَ ذَلِكَ فَلاَ
يَلُومَنَّ إلاَّ نَفْسَهُ ". قَالَ سعيدٌ: كَانَ أَبُو إدريس إِذَا حدَّثَ
بهذا الحديث جَثَا عَلَى رُكبتيه. رواه مسلم، وروينا عن الإمام أحمد بن حنبل رحمه
اللَّه قَالَ: لَيْسَ لأهل الشام حديث أشرف من هذا الحديث.
Dari Sa’id bin Abdil ‘Aziz, dari Rabi’ah
bin Yazid, dari Abu Idris Al-Khaulaniy, dari Abu Dzar Jundub bin Junadah
-radhiyallahu 'anhu-; Rasulullah meriwayatkan dari Allah dalam sebuah
hadits Qudsi: "Wahai hamba-Ku .. sesungguhnya Aku mengharamkan kedzaliman
bagi diri-Ku dan Aku haramkan di antara kalian, maka janganlah kalian saling
mendzalimi."
"Wahai hamba-Ku .. kalian semua sesat
kecuali yang aku beri hidayah, maka mintalah hidayah dari-Ku dan Aku akan
memberimu hidayah. Wahai hamba-Ku .. kalian semua lapar kecuali yang aku beri
makan, maka mintalah makanan dari-Ku dan Aku akan memberimu makan. Wahai
hamba-Ku .. kalian semua telanjang kecuali yang aku beri pakaian, maka mintalah
pakaian dari-Ku dan akau akan memberimu pakaian. Wahai hamba-Ku .. sesungguhnya
kalian melakukan kesalahan siang dan malam dan Aku mengampuni semua dosa-dosa,
maka minta ampunlah dari-Ku dan Aku akan mengampunimu."
"Wahai hamba-Ku .. jika kalian
merasakan kesulitan dari-Ku maka kalian tidak akan bisa membalasku dengan
kesulitan, dan jika kalian merasakan kenikmatan dari-Ku maka kalian tidak akan
bisa membalasku dengan kenikmatan."
"Wahai hamba-Ku .. kalau seandainya
orang pertama dari kalian sampai yang terakhir, dari kalangan manusia dan jin,
semuanya bertaqwa dengan sebaik-baik taqwa diantara kalian, itu semua tidak
akan menambah sedikitpun kekuasaan-Ku. Wahai hamba-Ku .. kalau seandainya orang
pertama dari kalian sampai yang terakhir, dari kalangan manusia dan jin,
semuanya jahat dengan sejahat-jahat diantara kalian, itu semua tidak akan
mengurangi sedikitpun kekuasaan-Ku."
"Wahai hamba-Ku .. kalau seandainya
orang pertama dari kalian sampai yang terakhir, dari kalangan manusia dan jin,
semuanya berdiri di satu padang luas meminta kepada-Ku dan Aku beri semua
manusia apa yang mereka minta, itu tidak akan mengurangi kekayaanku, kecuali
seperti air yang diambil benang jika dicelupkan ke laut."
"Wahai hamba-Ku .. semuanya hanyalah
amalanmu, aku hitung untukmu kemudian aku berikan balasannya, barangsiapa yang
mendapatkan kebaikan maka bersyukurlah kepada Allah, dan barangsiapa yang
mendapatkan selain kebaikan maka jangan ia sesali kecuali sesali dirinya
sendiri." [Hadits ini diriwayatkan oleh imam Muslim, dan kami
meriwayatkannya dari Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah, ia berkata:
Tidak ada pada penduduk Syam satu hadits yang lebih mulia dari hadits ini]
Lihat: Syarah
Arba'in Nawawiy, hadits (24) Abu Dzar; Keharaman perbuatan dzalim
Wallahu a’lam!
Lihat juga: Syarah Riyadhushalihin Bab (11) Mujahadah (hadits 1-7)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...