Senin, 24 Februari 2025

Rasulullah ﷺ di bulan Ramadhan

بسم الله الرحمن الرحيم

Diantara keadaan Nabi saat bulan Ramadhan:

1.      Tidak berpuasa Ramadhan kecuali melihat hilal atau menyempurnakan bulan Sya’ban.

Dari Aisyah radliallahu 'anha berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَتَحَفَّظُ مِنْ شَعْبَانَ مَا لَا يَتَحَفَّظُ مِنْ غَيْرِهِ، ثُمَّ يَصُومُ لِرُؤْيَةِ رَمَضَانَ، فَإِنْ غُمَّ عَلَيْهِ عَدَّ ثَلَاثِينَ يَوْمًا ثُمَّ صَامَ» [سنن أبي داود: صحيح]

Rasulullah memperhatikan bulan Syakban tidak seperti perhatian beliau kepada selainnya, kemudian beliau berpuasa karena melihat Ramadan, apabila terhalang untuk melihatnya maka beliau menggenapkan bilangan tiga puluh hari kemudian beliau berpuasa. [Sunan Abi Dawud: Shahih]

Ø  Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata:

«تَرَاءَى النَّاسُ الْهِلَالَ، فَأَخْبَرْتُ رَسُولَ اللَّهِ ﷺ أَنِّي رَأَيْتُهُ، فَصَامَهُ، وَأَمَرَ النَّاسَ بِصِيَامِهِ» [سنن أبي داود: صححه الألباني]

"Orang-orang berusaha untuk melihat hilal, kemudian aku beritahukan kepada Rasulullah bahwa aku telah melihatnya. Kemudian beliau berpuasa dan memerintahkan orang-orang agar berpuasa". [Sunan Abi Dawud: Shahih]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (11) Jika kalian melihat hilal maka berpuasalah

2.      Membaca do’a ketika melihat hilal.

Dari Thalhah bin 'Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu; Nabi apabila melihat bulan sabit beliau mengucapkan:

" اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَان،ِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَام،ِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ "

“Ya Allah, terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam! Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan sabit) adalah Allah”. [Sunan Tirmidziy: Shahih]

Ø  Dari Ibnu 'Umar radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah apabila melihat bulan sabit beliau mengucapkan:

"اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ"

“Ya Allah, terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan aman, iman, keselamatan serta Islam, dan taufiq (hidayah menjalankan) segala apa yang Engkau cintai dan ridhai! Tuhan kami dan Tuhanmu (wahai bulan sabit) adalah Allah”. [Shahih Ibnu Hibban]

Lihat: Do'a melihat hilal Ramadhan

3.      Mengakhirkan sahur.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma; Rasulullah bersabda:

«إِنَّا مَعْشَرَ الْأَنْبِيَاءِ أُمِرْنَا أَنْ نُؤَخِّرَ سُحُورَنَا، وَنُعَجِّلَ فِطْرَنَا» [صحيح ابن حبان]

“Sesungguhnya kami para nabi diperintahkan untuk mengakhirkan sahur dan mempercepat berbuka”. [Sahih Ibnu Hibban]

Ø  Zaid bin Tsabit radliallahu 'anhu berkata:

«تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلَاةِ» قُلْتُ: كَمْ كَانَ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالسَّحُورِ؟ قَالَ «قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً»

"Kami pernah makan sahur bersama Nabi kemudian Beliau pergi untuk melaksanakan shalat. Anas bertanya: "Berapa antara adzan (Shubuh) dan sahur?” Dia menjawab: "Sebanyak ukuran bacaan lima puluh ayat (sekitar 20 menit)". [Shahih Bukhari]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (19) Berapa selang waktu antara sahur dan shalat subuh

4.      Sahur dengan kurma dan mengajak orang lain sahur bersama.

Anas radhiyallahu 'anhu berkata; Rasulullah bersabda ketika sahur:

«يَا أَنَسُ إِنِّي أُرِيدُ الصِّيَامَ، أَطْعِمْنِي شَيْئًا»، فَأَتَيْتُهُ بِتَمْرٍ وَإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ، وَذَلِكَ بَعْدَ مَا أَذَّنَ بِلَالٌ، فَقَالَ: «يَا أَنَسُ، انْظُرْ رَجُلًا يَأْكُلْ مَعِي»، فَدَعَوْتُ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ، فَجَاءَ، فَقَالَ: إِنِّي قَدْ شَرِبْتُ شَرْبَةَ سَوِيقٍ وَأَنَا أُرِيدُ الصِّيَامَ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ: «وَأَنَا أُرِيدُ الصِّيَامَ»، فَتَسَحَّرَ مَعَهُ، ثُمَّ قَامَ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلَاةِ

"Wahai Anas, aku ingin berpuasa, berilah sedikit makanan." Lalu aku datang dengan membawa kurma dan wadah yang berisi air yaitu setelah Bilal adzan. Lalu beliau bersabda: "Wahai Anas, lihatlah seorang yang -mau- makan bersamaku." Maka aku memanggil Zaid bin Tsabit, lalu ia datang dan berkata; "Aku sudah minum seteguk minuman yang terbuat dari tepung (sawiiq) dan aku ingin berpuasa." Maka Rasulullah bersabda: "Aku juga ingin berpuasa." Lalu beliau sahur bersamanya, kemudian berdiri lalu shalat sunnah dua rakaat, kemudian keluar untuk melaksanakan shalat subuh." [Sunan An-Nasa'iy: Shahih]

Ø  Al-'Irbadh bin Sariyah radhiyallahu 'anhu berkata:

دَعَانِي رَسُولُ اللَّهِ ﷺ إِلَى السَّحُورِ فِي رَمَضَانَ، فَقَالَ: «هَلُمَّ إِلَى الْغَدَاءِ الْمُبَارَكِ» [سنن أبي داود: صحيح]

Rasulullah mengundangku untuk makan sahur pada Bulan Ramadhan, beliau berkata; "Kemarilah untuk makan siang yang mendapat berkah!" [Sunan Abi Daud: Shahih]

Ø  Seorang sahabat Nabi berkata:

دَخَلْتُ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ وَهُوَ يَتَسَحَّرُ، فَقَالَ: «إِنَّهَا بَرَكَةٌ أَعْطَاكُمُ اللَّهُ إِيَّاهَا فَلَا تَدَعُوهُ» [سنن النسائي: صحيح]

Aku mendatangi Nabi saat beliau sahur dan beliau berkata: “Sesungguhnya ini adalah berkah yang Allah berikan kepada kalian padanya, maka janganlah kalian meninggalkannya”. [Sunan An-Nas’aiy: Shahih]

Lihat: Ramadhan dan keutamaan memberi makan dan minum

5.      Berhubungan suami-istri di malam hari dan mandi junub setelah masuk fajar.

'Aisyah dan Ummu Salamah radhiyallahu 'anhuma berkata:

«قَدْ كَانَ رَسُولُ اللهِ يُدْرِكُهُ الْفَجْرُ فِي رَمَضَانَ وَهُوَ جُنُبٌ، مِنْ غَيْرِ حُلُمٍ، فَيَغْتَسِلُ وَيَصُومُ»

"Rasulullah terkadang didapati waktu fajar di bulan Ramadhan dalam keadaan junub bukan karena mimpi, lalu Beliau mandi dan berpuasa". [Shahih Bukhari dan Muslim]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (25) Mandi bagi orang yang berpuasa

6.      Bersiwak saat puasa.

'Amir bin Rabi'ah radhiyallahu 'anhu berkata;

«رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ يَسْتَاكُ وَهُوَ صَائِمٌ، مَا لَا أَعُدُّ، وَلَا أُحْصِي» [سنن أبي داود: ضعيف]

"Saya melihat Rasulullah memakai siwak sementara beliau sedang berpuasa, yang tidak dapat aku hitung". [Sunan Abi Daud: Lemah]

Nb: Hadits ini lemah, tapi diperkuat dengan hadits-hadits lain yang menunjukkan bolehnya bersiwak bagi orang yang berpuasa. Lihat Kitab Ash-Shaum; Bab (27) Siwak basah dan kering bagi orang yang berpuasa

7.      Menyirami kepala dengan air.

Seorang dari sahabat Nabi berkata:

«لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ بِالْعَرْجِ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ الْمَاءَ، وَهُوَ صَائِمٌ مِنَ الْعَطَشِ، أَوْ مِنَ الْحَرِّ»

"Sungguh aku telah melihat Rasulullah di Al-'Arj menuangkan air ke kepalanya karena haus atau panas, sementara beliau sedang berpuasa. [Sunan Abi Daud: Shahih]

8.      Mencium dan mencumbu istrinya saat puasa.

'Aisyah radliallahu 'anha berkata:

«كَانَ النَّبِيُّ يُقَبِّلُ وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ، وَكَانَ أَمْلَكَكُمْ لِإِرْبِهِ»

"Nabi mencium dan mencumbu (isteri-isteri Beliau) padahal Beliau sedang berpuasa. Dan Beliau adalah orang yang paling mampu mengendalikan nafsunya dibandingkan kalian". [Shahih Bukhari]

Ø  Dalam riwayat lain:

«كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُقَبِّلُ فِي رَمَضَانَ، وَهُوَ صَائِمٌ» [صحيح مسلم]

“Dahulu Rasulullah mencium di bulan Ramadhan saat beliau berpuasa”. [Shahih Muslim]

Ø  Dalam riwayat lain:

«أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ كَانَ يُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ، ثُمَّ يَجْعَلُ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا ثَوْبًا، يَعْنِي الْفَرْجَ»

Bahwa Rasulullah pernah mencumbuinya sedang beliau dalam keadaan berpuasa. Kemudian beliau meletakkan sebuah kain antara dirinya dengannya, yaitu kemaluan." [Musnad Ahmad: Shahih]

Ø  Dari Umar bin Abi Salamah radhiyallahu 'anhuma;

أَنَّهُ سَأَلَ رَسُولَ اللهِ : أَيُقَبِّلُ الصَّائِمُ؟ فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ : «سَلْ هَذِهِ» لِأُمِّ سَلَمَةَ فَأَخْبَرَتْهُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ يَصْنَعُ ذَلِكَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، قَدْ غَفَرَ اللهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ، فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللهِ : «أَمَا وَاللهِ، إِنِّي لَأَتْقَاكُمْ لِلَّهِ، وَأَخْشَاكُمْ لَهُ»

Bahwasanya ia menanyai Rasulullah : Apakah orang puasa boleh berciuman? Rasulullah bersabda kepadanya: "Tanya ini", menunjuk kepada Ummu Salamah radhiyallahu 'anha. Maka Ummu Salamah memberitahunya bahwa Rasulullah melakukan hal itu. Umar bin Abi Salamah berkta: Wahai Rasulullah, itu karena Allah telah mengampuni dosamu yang terdahulu dan yang akan datang! Rasulullah bersbada kepadanya: "Ketahuilah, demi Allah! Sesungguhnya aku ini yang lebih bertakwa kepada Allah dari kalian, dan lebih takut kepada-Nya dari kalian (tidak mungkin melakukan yang terlarang)". [Sahih Muslim]

Lihat: Bekal dan peran seorang muslimah di bulan Ramadhan

9.      Menyegerakan berbuka puasa.

'Abdullah bin Abu Awfa radhiallahu 'anhu berkata:

كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ فِي سَفَرٍ وَهُوَ صَائِمٌ، فَلَمَّا غَرَبَتِ الشَّمْسُ قَالَ لِبَعْضِ القَوْمِ: «يَا فُلاَنُ قُمْ فَاجْدَحْ لَنَا»، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ أَمْسَيْتَ؟ قَالَ: «انْزِلْ فَاجْدَحْ لَنَا» قَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، فَلَوْ أَمْسَيْتَ؟ قَالَ: «انْزِلْ، فَاجْدَحْ لَنَا»، قَالَ: إِنَّ عَلَيْكَ نَهَارًا، قَالَ: «انْزِلْ فَاجْدَحْ لَنَا»، فَنَزَلَ فَجَدَحَ لَهُمْ، فَشَرِبَ النَّبِيُّ ، ثُمَّ قَالَ: «إِذَا رَأَيْتُمُ اللَّيْلَ قَدْ أَقْبَلَ مِنْ هَا هُنَا، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ»

Kami pernah bersama Rasulullah dalam suatu perjalanan dan Beliau berpuasa. Ketika matahari terbenam, Beliau berkata kepada sebagian rombongan; "Wahai fulan, bangun dan siapkanlah minuman (tepung dicampur air) buat kami". Orang yang disuruh itu berkata: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga malam". Beliau berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Wahai Rasulullah, bagaimana jika kita menunggu hingga malam". Beliau berkata, lagi: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Orang itu berkata, lagi: "Sekarang masih siang (cahaya matahari masih terlihat di langit)". Beliau kembali berkata: "Turunlah dan siapkan minuman buat kami". Maka orang itu turun lalu menyiapkan minuman buat mereka. Setelah minum lalu Nabi berkata: "Apabila kalian telah melihat malam sudah datang dari arah sana (beliau menunjuk ke arahh timur) maka orang yang puasa sudah boleh berbuka". [Shahih Bukhari]

Ø  Abu 'Athiyyah -rahimahullah- berkata; Saya dan Masruq menemui Aisyah radhiyallahu 'anha, kemudian kami pun berkata;

يَا أُمَّ الْمُؤْمِنِينَ، رَجُلَانِ مِنْ أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ ، أَحَدُهُمَا «يُعَجِّلُ الْإِفْطَارَ وَيُعَجِّلُ الصَّلَاةَ»، وَالْآخَرُ يُؤَخِّرُ الْإِفْطَارَ وَيُؤَخِّرُ الصَّلَاةَ، قَالَتْ: أَيُّهُمَا الَّذِي يُعَجِّلُ الْإِفْطَارَ وَيُعَجِّلُ الصَّلَاةَ؟ " قَالَ: قُلْنَا عَبْدُ اللهِ يَعْنِي ابْنَ مَسْعُودٍ قَالَتْ: «كَذَلِكَ كَانَ يَصْنَعُ رَسُولُ اللهِ » [صحيح مسلم]

"Wahai Ummul Mukminin, ada dua sahabat Muhammad , yang satu menyegerakan berbuka dan shalat, sementara yang lain mengakhirkan berbuka dan shalat." Maka Aisyah pun bertanya, "Siapa yang menyegerakan berbuka dan shalat?" Kami menjawab, "Abdullah, yakni Ibnu Mas'ud." Ia berkata: "Seperti itulah yang diperbuat oleh Rasulullah ." [Shahih Muslim]

10.  Mendahulukan berbuka kemudian shalat magrib.

Anas radhiyallahu 'anhu berkata:

«مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ قَطُّ صَلَّى صَلَاةَ الْمَغْرِبِ حَتَّى يُفْطِرَ، وَلَوْ عَلَى شَرْبَةٍ مِنْ مَاءٍ» [صحيح ابن حبان]

Aku tidak perna melihat Rasulullah mendirikan shalat Magrib sampai ia berbuka, sekalipun hanya minum air". [Shahih Ibnu Hibban]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (44) Menyegerakan berbuka

11.  Berbuka dengan kurma atau air putih.

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ، فَعَلَى تَمَرَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ»

"Dahulu Rasulullah berbuka dengan beberapa ruthab (kurma basah) sebelum melakukan shalat, jika tidak dengan air maka dengan beberapa kurma (yang sudah dikeringkan), dan apabila tidak ada kurma maka beliau meneguk air beberapa kali. [Sunan Abi Daud: Shahih]

12.  Berdo’a ketika berbuka puasa.

Ibnu Umar radhiyallahu 'anhuma berkata: Rasulullah ketika berbuka puasa membaca:

«ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ»

"Rasa dahaga telah hilang, tenggorokan telah basah, dan pahala telah dicatat jika Allah menghendaki". [Sunan Abi Daud: Dihasankan oleh syekh Albaniy]

Lihat: Do'a berbuka puasa

13.  Terkadang Nabi menyambung puasa.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata;

«نَهَى رَسُولُ اللَّهِ ﷺ عَنِ الوِصَالِ فِي الصَّوْمِ» فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ مِنَ المُسْلِمِينَ: إِنَّكَ تُوَاصِلُ يَا رَسُولَ اللَّهِ، قَالَ: «وَأَيُّكُمْ مِثْلِي، إِنِّي أَبِيتُ يُطْعِمُنِي رَبِّي وَيَسْقِينِ»، فَلَمَّا أَبَوْا أَنْ يَنْتَهُوا عَنِ الوِصَالِ، وَاصَلَ بِهِمْ يَوْمًا، ثُمَّ يَوْمًا، ثُمَّ رَأَوُا الْهِلَالَ، فَقَالَ: «لَوْ تَأَخَّرَ لَزِدْتُكُمْ» كَالتَّنْكِيلِ لَهُمْ حِينَ أَبَوْا أَنْ يَنْتَهُوا

Rasulullah melarang wishal dalam berpuasa. Kemudian ada seseorang dari kalangan Kaum Muslimin yang berkata kepada Beliau: "Bukankah anda melakukan puasa wishal, wahai Rasulullah?" Maka Beliau berkata: "Siapa dari kalian yang keadaannya sama denganku? Aku tidak sama dengan keadaan seorang kalian karena Rabbku selalu memberiku makan dan minum". Tatkala mereka enggan menghentikan kebiasaan puasa wishal, maka Beliau melakukan puasa wishal bersama mereka hari demi hari, kemudian mereka melihat hilal (Syawwal). Maka ketika itu Beliau bersabda: "Kalau hilal itu tidak datang (terlambat) pasti aku akan menambah lagi puasa wishal bersama kalian". Ucapan ini Beliau sampaikan sebagai bentuk sindiran kepada mereka ketika mereka enggan menghentikan puasa wishal. [Shahih Bukhari]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (47), (48), dan (49) Tentang puasa Wishal

14.  Mendirikan shalat malam.

Dari Abu Salamah bin 'Abdurrahman –rahimahullah- bahwasanya dia pernah bertanya kepada 'Aisyah radhiallahu'anha tentang cara shalat Rasulullah di bulan Ramadan. Maka 'Aisyah radhiallahu'anha menjawab:

«مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلاَ فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي أَرْبَعًا، فَلاَ تَسَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ، ثُمَّ يُصَلِّي ثَلاَثًا» قَالَتْ عَائِشَةُ: فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ: أَتَنَامُ قَبْلَ أَنْ تُوتِرَ؟ فَقَالَ: «يَا عَائِشَةُ إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلاَ يَنَامُ قَلْبِي» [صحيح البخاري ومسلم]

"Tidaklah Rasulullah melaksanakan shalat malam di bulan Ramadan dan di bulan-bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat, beliau shalat empat rakaat, dan jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat empat rakaat lagi dan jangan kamu tanya tentang bagus dan panjangnya kemudian beliau shalat tiga rakaat". 'Aisyah radhiallahu'anha berkata; Aku bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah Anda tidur sebelum melaksanakan witir?" Beliau menjawab, "Wahai 'Aisyah, kedua mataku tidur, namun hatiku tidaklah tidur". [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  'Aisyah Ummul Mu'minin radhiyallahu 'anha berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي المَسْجِدِ، فَصَلَّى بِصَلاَتِهِ نَاسٌ، ثُمَّ صَلَّى مِنَ القَابِلَةِ، فَكَثُرَ النَّاسُ، ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنَ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوِ الرَّابِعَةِ، فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ ، فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ: «قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنَ الخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ» وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ [صحيح البخاري ومسلم]

"Pada suatu malam Rasulullah melaksanakan shalat di masjid, maka orang-orang mengikuti shalat Beliau. Pada malam berikutnya Beliau kembali melaksanakan shalat di masjid dan orang-orang yang mengikuti bertambah banyak. Pada malam ketiga atau keempat, orang-orang banyak sudah berkumpul namun Rasulullah tidak keluar untuk shalat bersama mereka. Ketika pagi harinya, Beliau bersabda: "Sungguh aku mengetahui apa yang kalian lakukan tadi malam dan tidak ada yang menghalangi aku untuk keluar shalat bersama kalian. Hanya saja aku khawatir nanti diwajibkan atas kalian". Kejadian ini di bulan Ramadhan. [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Nu'man bin Basyir radhiyallahu 'anhuma berkata di atas mimbar di daerah Himsh:

«قُمْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ لَيْلَةَ ثَلَاثٍ وَعِشْرِينَ إِلَى ثُلُثِ اللَّيْلِ الْأَوَّلِ، ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ خَمْسٍ وَعِشْرِينَ إِلَى نِصْفِ اللَّيْلِ، ثُمَّ قُمْنَا مَعَهُ لَيْلَةَ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ حَتَّى ظَنَنَّا أَنْ لَا نُدْرِكَ الْفَلَاحَ»، وَكَانُوا يُسَمُّونَهُ السُّحُورَ [سنن النسائي: صحيح]

'Kami bangun untuk salat malam bersama Rasulullah di bulan Ramadan pada malam dua puluh tiga sampai sepertiga malam pertama. Kemudian kami bangun (salat malam) lagi bersama beliau pada malam kedua puluh lima sampai pertengahan malam. Kemudian kami bangun (salat malam) lagi bersama beliau pada malam kedua puluh tujuh hingga kami mengira bahwa kami tidak mendapatkan kemenangan itu.' Mereka menamakan kemenangan (Al Falah) itu dengan sahur." [Sunan An-Nasa’iy: Shahih]

Lihat: Hadits Ibnu Umar dan Abu Hurairah tentang shalat malam

15.  Beri’tikaf untuk mendapatkan lailatul qadr.

Rasulullah pernah ber’itikaf di sepuluh awal Ramadhan, dan sepuluh pertengahan. Kemudian beliau beri’tikaf di sepuluh terakhir sampai wafat. Abu Sa'id Al-Khudriy radhiallahu'anhu berkata, Rasulullah bersabda:

" إِنِّي اعْتَكَفْتُ الْعَشْرَ الْأَوَّلَ، أَلْتَمِسُ هَذِهِ اللَّيْلَةَ، ثُمَّ اعْتَكَفْتُ الْعَشْرَ الْأَوْسَطَ، ثُمَّ أُتِيتُ، فَقِيلَ لِي: إِنَّهَا فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ، فَمَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَعْتَكِفَ فَلْيَعْتَكِفْ " فَاعْتَكَفَ النَّاسُ مَعَهُ [صحيح مسلم]

"Aku telah iktikaf sejak sepuluh awal bulan untuk mendapatkan Lailatul Qadr, kemudian sepuluh yang pertengahan. Kemudian dikatakan kepadaku bahwa Lailatul Qadr itu terdapat pada sepuluh akhir Ramadan. Karena itu, siapa yang suka iktikaf, maka silakan." Maka para sahabat pun ikut iktikaf bersama-sama dengan beliau. [Shahih Muslim]

Ø  Dari 'Aisyah -radhiallahu 'anha- isteri Nabi :

«أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَعْتَكِفُ العَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ» [صحيح البخاري ومسلم]

“Bahwa Nabi beri'tikaf (tinggal di mesjid) pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri Beliau beri'tikaf setelah kepergian Beliau”. [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Di tahun wafatnya beliau I’tikaf 20 hari terakhir. Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata:

«كَانَ النَّبِيُّ يَعْتَكِفُ فِي كُلِّ رَمَضَانٍ عَشَرَةَ أَيَّامٍ، فَلَمَّا كَانَ العَامُ الَّذِي قُبِضَ فِيهِ اعْتَكَفَ عِشْرِينَ يَوْمًا» [صحيح البخاري]

“Nabi selalu beri'tikaf pada bulan Ramadhan selama sepuluh hari. Namun pada tahun wafatnya, Beliau beri'tikaf selama dua puluh hari". [Shahih Bukhari]

Ø  Masuk I’tikaf di malam 21 dan keluar pada malam hari Raya. Abu Sa'id Al-Khudriy radhiallahu'anhu berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ يُجَاوِرُ فِي رَمَضَانَ العَشْرَ الَّتِي فِي وَسَطِ الشَّهْرِ، فَإِذَا كَانَ حِينَ يُمْسِي مِنْ عِشْرِينَ لَيْلَةً تَمْضِي، وَيَسْتَقْبِلُ إِحْدَى وَعِشْرِينَ رَجَعَ إِلَى مَسْكَنِهِ، وَرَجَعَ مَنْ كَانَ يُجَاوِرُ مَعَهُ، وَأَنَّهُ أَقَامَ فِي شَهْرٍ جَاوَرَ فِيهِ اللَّيْلَةَ الَّتِي كَانَ يَرْجِعُ فِيهَا، فَخَطَبَ النَّاسَ، فَأَمَرَهُمْ مَا شَاءَ اللَّهُ، ثُمَّ قَالَ: «كُنْتُ أُجَاوِرُ هَذِهِ العَشْرَ، ثُمَّ قَدْ بَدَا لِي أَنْ أُجَاوِرَ هَذِهِ العَشْرَ الأَوَاخِرَ، فَمَنْ كَانَ اعْتَكَفَ مَعِي فَلْيَثْبُتْ فِي مُعْتَكَفِهِ» [صحيح البخاري]

Rasulullah iktikaf di bulan Ramadan pada sepuluh malam pertengahan bulan. Kemudian ketika telah melewati malam ke dua puluh menjelang malam kedua puluh satu beliau datang kembali ke tempat khusus iktikaf Beliau begitu pula mereka yang sebelumnya beriktikaf bersama beliau. Pada malam ketika beliau kembali beriktikaf di bulan tersebut, beliau menyampaikan khotbah di hadapan orang banyak dan memerintahkan mereka menurut apa yang Allah kehendaki, lalu beliau bersabda, "Aku sudah melaksanakan iktikaf pada sepuluh malam sebelumnya dari bulan ini kemudian dinampakkan kepadaku agar beriktikaf pada sepuluh hari terakhir, maka siapa yang telah beriktikaf bersamaku tetaplah pada tempatnya beriktikaf." [Shahih Bukhari]

Ø  Beliau beri’tikaf memakai tirai. Abu Sa'id Al-Khudriy radhiallahu'anhu berkata:

إِنَّ رَسُولَ اللهِ اعْتَكَفَ الْعَشْرَ الْأَوَّلَ مِنْ رَمَضَانَ، ثُمَّ اعْتَكَفَ الْعَشْرَ الْأَوْسَطَ، فِي قُبَّةٍ تُرْكِيَّةٍ عَلَى سُدَّتِهَا حَصِيرٌ، قَالَ: فَأَخَذَ الْحَصِيرَ بِيَدِهِ فَنَحَّاهَا فِي نَاحِيَةِ الْقُبَّةِ، ثُمَّ أَطْلَعَ رَأْسَهُ فَكَلَّمَ النَّاسَ، فَدَنَوْا مِنْهُ [صحيح مسلم]

Rasulullah melakukan iktikaf pada sepuluh awal bulan Ramadan, kemudian dilanjutkannya pada sepuluh pertengahan, dalam sebuah kubah kecil yang terbuat dari permadani dan pintunya ditutup dengan tikar. Lalu beliau ambil tikar itu, dan diletakkannya di sudut kubah. Kemudian diulurkannya kepalanya seraya berujar memanggil orang banyak. Maka mendekatlah mereka pada beliau. [Shahih Muslim]

Ø  ‘Itikaf bersama istrinya dan terkadang meninggalkan I’tikaf karena ada maslahat kemudian menggantinya di bulan Syawal. Aisyah radhiallahu 'anha berkata:

كَانَ النَّبِيُّ يَعْتَكِفُ فِي العَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ، فَكُنْتُ أَضْرِبُ لَهُ خِبَاءً فَيُصَلِّي الصُّبْحَ ثُمَّ يَدْخُلُهُ، فَاسْتَأْذَنَتْ حَفْصَةُ عَائِشَةَ أَنْ تَضْرِبَ خِبَاءً، فَأَذِنَتْ لَهَا، فَضَرَبَتْ خِبَاءً، فَلَمَّا رَأَتْهُ زَيْنَبُ ابْنَةُ جَحْشٍ ضَرَبَتْ خِبَاءً آخَرَ، فَلَمَّا أَصْبَحَ النَّبِيُّ رَأَى الأَخْبِيَةَ، فَقَالَ: «مَا هَذَا؟» فَأُخْبِرَ، فَقَالَ النَّبِيُّ : «أَلْبِرَّ تُرَوْنَ بِهِنَّ» فَتَرَكَ الِاعْتِكَافَ ذَلِكَ الشَّهْرَ، ثُمَّ اعْتَكَفَ عَشْرًا مِنْ شَوَّالٍ [صحيح البخاري]

"Nabi beriktikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadan dan aku membuatkan tenda khusus untuk beliau, dan setiap beliau selesai dari salat Subuh beliau masuk ke dalam tenda tersebut. Kemudian Hafshah meminta izin kepada 'Aisyah untuk juga membuat tenda, maka 'Aisyah mengizinkannya, lalu Hafshah membuatnya. Ketika Zainab putri dari Jahsy melihatnya ia pun membuat tenda yang lain buatnya. Pada pagi harinya Nabi melihat tenda-tenda tersebut lalu berkata, "Apa ini?" Lalu beliau diberitahu. Maka Nabi berkata, "Apakah kalian melihat kebaikan ada padanya (dengan membuat tenda-tenda ini)?" Akhirnya beliau meninggalkan iktikaf pada bulan itu lalu beliau ber'tikaf sepuluh hari pada bulan Syawal. [Shahih Bukhari]

Ø  Berhias saat I’tikaf dan tidak keluar kecuali ada keperluan. Aisyah radhiallahu 'anha berkata:

«كَانَ النَّبِيُّ إِذَا اعْتَكَفَ، يُدْنِي إِلَيَّ رَأْسَهُ فَأُرَجِّلُهُ، وَكَانَ لَا يَدْخُلُ الْبَيْتَ إِلَّا لِحَاجَةِ الْإِنْسَانِ» [صحيح البخاري ومسلم]

‘Apabila Nabi beriktikaf, beliau mendekatkan kepalanya kepadaku, lalu aku menyisirnya, dan beliau tidak masuk rumah kecuali untuk kebutuhan manusia." [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Dalam riwayat lain:

«كَانَ النَّبِيُّ يُخْرِجُ رَأْسَهُ إِلَيَّ وَهُوَ مُعْتَكِفٌ فَأَغْسِلُهُ وَأَنَا حَائِضٌ»

"Nabi pernah mendekatkan kepalanya kepadaku saat beliau i'tikaf, aku lalu basuh kepalanya padahal saat itu aku sedang haid." [Shahih Bukhari]

Ø  Dikunjungi oleh istrinya dan mengantarnya pulang. Shafiyyah binti Huyay radhiyallahu 'anha berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ مُعْتَكِفًا، فَأَتَيْتُهُ أَزُورُهُ لَيْلًا، فَحَدَّثْتُهُ ثُمَّ قُمْتُ فَانْقَلَبْتُ، فَقَامَ مَعِي لِيَقْلِبَنِي وَكَانَ مَسْكَنُهَا فِي دَارِ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ»

“Ketika Rasulullah sedang melaksanakan i'tikaf aku datang menemui Beliau di malam hari, lalu aku berbincang-bincang sejenak dengan Beliau, kemudian aku berdiri hendak pulang, Beliau juga ikut berdiri bersama aku untuk mengantar aku. Saat itu Shafiyyah tingal di rumah Usamah bin Zaid". [Shahih Bukhari dan Muslim]

Lihat: Untukmu yang tidak bisa beri’tikaf

16.  Menghidupkan malam 10 terakhir Ramadhan.

Aisyah -radhiallahu 'anha- berkata;

«كَانَ رَسُولُ اللهِ يَجْتَهِدُ فِي الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ، مَا لَا يَجْتَهِدُ فِي غَيْرِهِ» [صحيح مسلم]

"Pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan Rasulullah lebih giat beribadah melebihi hari-hari selainnya." [Shahih Muslim]

Ø  Dalam riwayat lain;

«كَانَ رَسُولُ اللهِ إِذَا دَخَلَ الْعَشْرُ، أَحْيَا اللَّيْلَ، وَأَيْقَظَ أَهْلَهُ، وَجَدَّ وَشَدَّ الْمِئْزَرَ» [صحيح البخاري ومسلم]

“Ketika Rasulullah memasuki sepuluh terakhir (Ramadhan), maka beliau menghidupkan malam-malamnya (dengan qiyamullail) dan membangunkan keluarganya serta menambah ibadahnya dan mengencangkan ikatan kainnya (menjauhi isterinya untuk lebih konsentrasi beribadah)." [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Dalam riwayat lain:

«مَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللهِ قَامَ لَيْلَةً حَتَّى الصَّبَاحِ، وَمَا صَامَ شَهْرًا مُتَتَابِعًا إِلَّا رَمَضَانَ» [صحيح مسلم]

"Aku tidak pernah melihat Rasulullah salat malam hingga pagi hari, dan beliau juga tidak pernah berpuasa sebulan penuh secara turut berturut selain bulan Ramadan." [Shahih Muslim]

Lihat: Bersungguh-sungguh di 10 terakhir Ramadhan

17.  Ketika bepergian jauh, Nabi terkadang berpuasa dan terkadang tidak.

Abu Ad-Dardaa’ radhiyallahu 'anhu berkata:

«خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللهِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ فِي حَرٍّ شَدِيدٍ، حَتَّى إِنْ كَانَ أَحَدُنَا لَيَضَعُ يَدَهُ عَلَى رَأْسِهِ مِنْ شِدَّةِ الْحَرِّ، وَمَا فِينَا صَائِمٌ، إِلَّا رَسُولُ اللهِ وَعَبْدُ اللهِ بْنُ رَوَاحَةَ» [صحيح البخاري ومسلم]

"Kami pernah keluar bersama Rasulullah di bulan Ramadhan saat terik matahari begitu menyengat hingga salah seorang dari kami meletakkan tangannya di atas kepala. Di antara kami tidak ada yang berpuasa kecuali Rasulullah dan Abdullah bin Rawahah." [Shahih Bukhari dan Muslim]

Ø  Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma;

«أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ خَرَجَ إِلَى مَكَّةَ فِي رَمَضَانَ، فَصَامَ حَتَّى بَلَغَ الكَدِيدَ، أَفْطَرَ، فَأَفْطَرَ النَّاسُ»

“Bahwa Rasulullah pergi menuju Makkah dalam bulan Ramadhan dan Beliau berpuasa. Ketika sampai di daerah Kadid (90 km dari Mekah), Beliau berbuka yang kemudian orang-orang turut pula berbuka”. [Shahih Bukhari]

Ø  Muhammad bin Ka'ab -rahimahullah- berkata;

أَتَيْتُ أَنَسَ بْنِ مَالِكٍ فِي رَمَضَانَ وَهُوَ يُرِيدُ سَفَرًا، وَقَدْ رُحِلَتْ لَهُ رَاحِلَتُهُ، وَلَبِسَ ثِيَابَ السَّفَرِ، فَدَعَا بِطَعَامٍ فَأَكَلَ، فَقُلْتُ لَهُ: سُنَّةٌ؟ قَالَ: «سُنَّةٌ» ثُمَّ رَكِبَ

"Saya menemui Anas bin Malik pada bulan Ramadhan, ketika itu hendak melakukan perjalanan, dia telah mempersiapkan kendaraannya. Dia mengenakan pakaian khusus kemudian meminta dihidangkan makanan lalu beliau memakannya." Aku bertanya: "Apakah ini sunnah?" Dia menjawab: "Sunnah." Kemudian dia menaiki kendaraannya. [Sunan Tirmidziy: Shahih]

Ø  Ja'far bin Jabr -rahimahullah- berkata;

كُنْتُ مَعَ أَبِي بَصْرَةَ الْغِفَارِيِّ صَاحِبِ النَّبِيِّ فِي سَفِينَةٍ مِنَ الْفُسْطَاطِ فِي رَمَضَانَ، فَرُفِعَ ثُمَّ قُرِّبَ غَدَاهُ، فَلَمْ يُجَاوِزِ الْبُيُوتَ حَتَّى دَعَا بِالسُّفْرَةِ، قَالَ: اقْتَرِبْ قُلْتُ: أَلَسْتَ تَرَى الْبُيُوتَ؟!، قَالَ أَبُو بَصْرَةَ: «أَتَرْغَبُ عَنْ سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ ؟» فَأَكَلَ

Aku pernah bersama Abu Bashrah Al-Ghifariy seorang sahabat Nabi dalam sebuah kapal dari Al-Fusthath pada bulan Ramadhan, kemudian dihidangkan makan siangnya. Ia belum melewati rumah-rumah hingga ia meminta sufrah (makanan musafir). Ia berkata; Mendekatlah! Aku katakan; Bukankah engkau masih melihat rumah-rumah tersebut (belum meninggalkan pemukiman)? Abu Bashrah mengatakan; “Apakah engkau membenci sunah Rasulullah ?” Kemudian ia memakannya. [Sunan Abi Daud: Shahih]

Lihat: Kitab Ash-Shaum dari Sahih Bukhari; Bab (33) Berpuasa dan berbuka saat bepergian jauh

18.  Tidak bermalas-malasan di bulan Ramadhan.

Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu berkata:

" غَزَوْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ غَزْوَتَيْنِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ: يَوْمَ بَدْرٍ، وَيَوْمَ الْفَتْحِ، فَأَفْطَرْنَا فِيهِمَا " [مسند أحمد: حديث قوي]

"Kami berperang bersama Rasulullah sebanyak dua kali pada bulan Ramadhan, yaitu perang Badar dan penaklukan kota Makkah, kemudian kami berbuka (tidak berpuasa) pada perang tersebut." [Musnad Ahmad: Hadits ini kuat]

Ø  Abu Sa’id Al-Khudriy radhiyallahu 'anhu berkata:

«كُنَّا نَغْزُو مَعَ رَسُولِ اللهِ فِي رَمَضَانَ، فَمِنَّا الصَّائِمُ وَمِنَّا الْمُفْطِرُ، فَلَا يَجِدُ الصَّائِمُ عَلَى الْمُفْطِرِ، وَلَا الْمُفْطِرُ عَلَى الصَّائِمِ، يَرَوْنَ أَنَّ مَنْ وَجَدَ قُوَّةً فَصَامَ، فَإِنَّ ذَلِكَ حَسَنٌ، وَيَرَوْنَ أَنَّ مَنْ وَجَدَ ضَعْفًا، فَأَفْطَرَ فَإِنَّ ذَلِكَ حَسَنٌ» [صحيح مسلم]

"Kami pernah ikut berperang bersama Rasulullah ﷺ di bulan Ramadhan. Di antara kami ada yang berpuasa dan ada pula yang berbuka. Orang yang berpuasa tidak mencela orang yang berbuka begitu juga orang yang berbuka tidak mencela orang yang berpuasa. Mereka berpendapat bahwa siapa yang kuat lalu ia berpuasa, maka itu adalah baik, dan siapa yang merasa lemah hingga ia berbuka, maka itu pun juga baik." [Shahih Muslim]

19.  Memperbanyak sedekah dan bacaan Al-Qur’an.

Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma berkata:

«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ» [صحيح البخاري ومسلم]

“Rasulullah adalah manusia yang paling pemurah (dermawan), dan beliau lebih pemurah lagi pada bulan Ramadhan ketika ditemui oleh Jibril, dan Jibril menemuinya setiap malam di bulan Ramadhan kemudian mengajarkannya Al-Qur’an. Maka sungguh Rasulullah adalah manusia yang paling pemurah dengan kebaikan seperti angin yang berhembus”. [Sahih Bukhari dan Muslim]

Lihat: Ramadhan; Bulan kedermawananRamadhan; Bulan Al-Qur’an

Wallahu a’lam!

Referensi:

الرسول في رمضان تأليف: حبشي فتح الله الحفناوي

مع النبي في رمضان تأليف: د. فالح بن محمد فالح الصغيّر

هكذا كان النبي في رمضان تأليف: فيصل بن علي البعداني

Lihat juga: Amalan yang banyak dilalaikan di bulan Ramadhan – Apa setelah Ramadhan? - Jadikan As-Sunnah sebagai pedoman hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...