Hadits keenam:
6/189- السَّادسُ: عن أُمِّ الْمُؤْمِنين أُمِّ الْحكَم زَيْنبَ
بِنْتِ جحْشٍ رَضِي اللَّه عنها أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ دَخَلَ عَلَيْهَا فَزعاً
يقُولُ: "لا إِلهَ إِلاَّ اللَّه، ويْلٌ لِلْعربِ مِنْ شَرٍّ قَدِ
اقْتربَ، فُتحَ الْيَوْمَ مِن ردْمِ يَأْجُوجَ وَمأْجوجَ مِثْلُ هذِهِ" وَحَلَّقَ
بأُصْبُعه الإِبْهَامِ والَّتِي تَلِيهَا. فَقُلْتُ: يَا رَسُول اللَّه،
أَنَهْلِكُ وفِينَا الصَّالحُونَ؟ قَالَ: "نَعَمْ، إِذَا كَثُرَ
الْخَبَثُ" متفقٌ عليه.
Dari Ummul Mu’minin Ummu Al-Hakam Zainab
bint Jahsy radhiyallahu 'anha; Bahwasanya Nabi ﷺ datang
kepadanya dalam keadaan kaget dan berkata: "Tiada Ilah yang berhak
disembah selain Allah, celakalah orang Arab dari keburukan yang sudah dekat,
telah dibuka hari ini dinding yang mengurung Ya'juj dan Ma'juj seperti ini".
Beliau ﷺ melingkarkan ibu jarinya dengan telunjuk. Maka aku
bertanya: Ya Rasulullah, apakah kami akan dibinasakan padahal di antara kami
ada orang-orang yang salih? Beliau ﷺ menjawab: "Iya, jika keburukan
(maksiat) sudah banyak". [Shahih Bukhari dan Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Ummul Mu’minin Zainab binti Jahsy bin Riab, Ummul
Hakam Al-Asadiyah radhiyallahu ‘anha.
Ibnunya adalah Umaimah binti Abdul Muthalib
bibi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Ia dinikahi pada tahun 3
hijriyah, tentangnya turun firman Allah ta’aalaa:
{فَلَمَّا قَضَى زَيْدٌ
مِنْهَا وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا} [الأحزاب: 37]
Maka ketika Zaid telah mengakhiri keperluan
terhadap istrinya (menceraikannya), Kami nikahkan engkau dengan dia (Zainab). [Al-Ahzab: 37]
Zainab binti Jahsy membanggakan dirinya di antra para Istri
Rasulullah dengan berkata:
"إِنَّ اللَّهَ أَنْكَحَنِي فِي السَّمَاءِ"
“Sesungguhnya Allah
mengawinkanku (dengan Rasulullah) di atas langit”.
Ø Dalam riwayat lain:
"زَوَّجَكُنَّ
أَهَالِيكُنَّ، وَزَوَّجَنِي اللَّهُ تَعَالَى مِنْ فَوْقِ سَبْعِ سَمَوَاتٍ"
“Kalian dikawinkan dengan
Rasulullah oleh keluarga kalian, sedangkan aku dikawinkan oleh Allah di atas
langit yang tujuh”. [Shahih Bukhari]
Ia adalah istri Nabi yang
lebih dahulu wafat setelah wafatnya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam,
wafat tahun 20 hijriyah dan dishalati oleh Umar bin Khathab radhiyallahu
‘anhu.
2)
Mengucapkan “Lailaha illallah” ketika mendapati
sesuatu yang buruk.
3)
Kisah Ya’juj dan Ma’juj.
Allah subhanahu wata'ala berfriman:
{قَالَ مَا مَكَّنِّي
فِيهِ رَبِّي خَيْرٌ فَأَعِينُونِي بِقُوَّةٍ أَجْعَلْ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ
رَدْمًا (95) آتُونِي زُبَرَ الْحَدِيدِ حَتَّى إِذَا سَاوَى بَيْنَ الصَّدَفَيْنِ
قَالَ انْفُخُوا حَتَّى إِذَا جَعَلَهُ نَارًا قَالَ آتُونِي أُفْرِغْ عَلَيْهِ
قِطْرًا (96) فَمَا اسْطَاعُوا أَنْ يَظْهَرُوهُ وَمَا اسْتَطَاعُوا لَهُ نَقْبًا
(97) قَالَ هَذَا رَحْمَةٌ مِنْ رَبِّي فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ رَبِّي جَعَلَهُ
دَكَّاءَ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّي حَقًّا (98) وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ
يَمُوجُ فِي بَعْضٍ وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَجَمَعْنَاهُمْ جَمْعًا} [الكهف: 95-99]
Dia (Zulkarnain)
berkata, “Apa yang telah dianugerahkan Tuhan kepadaku lebih baik (daripada
imbalanmu), maka bantulah aku dengan kekuatan, agar aku dapat membuatkan
dinding penghalang antara kamu dan mereka. Berilah aku potongan-potongan besi!”
Hingga ketika (potongan) besi itu telah (terpasang) sama rata dengan kedua
(puncak) gunung itu, dia (Zulkarnain) berkata, “Tiuplah (api itu)!” Ketika
(besi) itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, “Berilah aku
tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atasnya (besi panas itu).” Maka
mereka (Yakjuj dan Makjuj) tidak dapat mendakinya dan tidak dapat (pula)
melubanginya. Dia (Zulkarnain) berkata, “(Dinding) ini adalah rahmat dari
Tuhanku, maka apabila janji Tuhanku sudah datang, Dia akan
menghancurluluhkannya; dan janji Tuhanku itu benar.” Dan pada hari itu Kami
biarkan mereka (Yakjuj dan Makjuj) berbaur antara satu dengan yang lain, dan
(apabila) sangkakala ditiup (lagi), akan Kami kumpulkan mereka semuanya. [Al-Kahf: 95-99]
{حَتَّى إِذَا فُتِحَتْ
يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ (96) وَاقْتَرَبَ
الْوَعْدُ الْحَقُّ فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا
يَاوَيْلَنَا قَدْ كُنَّا فِي غَفْلَةٍ مِنْ هَذَا بَلْ كُنَّا ظَالِمِينَ } [الأنبياء: 96، 97]
Hingga apabila
(tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh
tempat yang tinggi. Dan (apabila) janji yang benar (hari berbangkit) telah
dekat, maka tiba-tiba mata orang-orang yang kafir terbelalak. (Mereka berkata),
”Alangkah celakanya kami! Kami benar-benar lengah tentang ini, bahkan kami
benar-benar orang yang zalim.”
[Al-Anbiya': 96-97]
Ø Dari An-Nawwas bin Sam'aan; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: .. (setelah Nabi Isa
membunuh Dajjal) Allah mewahyukan kepada Isa ‘alaihissalam:
إِنِّي قَدْ أَخْرَجْتُ عِبَادًا لِي، لَا يَدَانِ لِأَحَدٍ
بِقِتَالِهِمْ، فَحَرِّزْ عِبَادِي إِلَى الطُّورِ وَيَبْعَثُ اللهُ يَأْجُوجَ
وَمَأْجُوجَ، وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ، فَيَمُرُّ أَوَائِلُهُمْ
عَلَى بُحَيْرَةِ طَبَرِيَّةَ فَيَشْرَبُونَ مَا فِيهَا، وَيَمُرُّ آخِرُهُمْ
فَيَقُولُونَ: لَقَدْ كَانَ بِهَذِهِ مَرَّةً مَاءٌ، وَيُحْصَرُ نَبِيُّ اللهِ
عِيسَى وَأَصْحَابُهُ، حَتَّى يَكُونَ رَأْسُ الثَّوْرِ لِأَحَدِهِمْ خَيْرًا مِنْ
مِائَةِ دِينَارٍ لِأَحَدِكُمُ الْيَوْمَ، فَيَرْغَبُ نَبِيُّ اللهِ عِيسَى
وَأَصْحَابُهُ، فَيُرْسِلُ اللهُ عَلَيْهِمُ النَّغَفَ فِي رِقَابِهِمْ،
فَيُصْبِحُونَ فَرْسَى كَمَوْتِ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ يَهْبِطُ نَبِيُّ اللهِ
عِيسَى وَأَصْحَابُهُ إِلَى الْأَرْضِ، فَلَا يَجِدُونَ فِي الْأَرْضِ مَوْضِعَ
شِبْرٍ إِلَّا مَلَأَهُ زَهَمُهُمْ وَنَتْنُهُمْ، فَيَرْغَبُ نَبِيُّ اللهِ عِيسَى
وَأَصْحَابُهُ إِلَى اللهِ، فَيُرْسِلُ اللهُ طَيْرًا كَأَعْنَاقِ الْبُخْتِ
فَتَحْمِلُهُمْ فَتَطْرَحُهُمْ حَيْثُ شَاءَ اللهُ [صحيح مسلم]
"Sesungguhnya aku telah mengeluarkan
satu kelompok makhluk-Ku, tidak ada seorang pun yang mampu melawan mereka, maka
bawalah hamba-hambaku berlindung ke bukit Thuur". Kemudian Allah
mengeluarkan Ya'juuj dan Ma'juuj, mereka memasuki semua tempat dengan cepat.
Lalu rombongan pertama mereka melewati danau Thabariya (di Syam) dan mereka
meminum airnya. Kemudian rombongan terakhir yang lewat berkata: Di danau ini
dulu pernah ada air. Dan Nabi Allah Isa dan sahabatnya terkurung, sampai kepala
kerbau seorang dari mereka lebih baik dari pada 100 dinar seorang dari kalian
hari ini. Kemudian Nabi Allah Isa dan sahabatnya berdo'a kepada Allah, maka
Allah mengutus kepada Ya'juj dan Ma'juuj ulat (yang biasa ada di hidung unta
atau kambing) pada leher mereka, kemudian mereka binasa secara serentak.
Kemudian Nabi Allah Isa dan sahabatnya turun ke bumi (dari bukit), dan mereka
tidak mendapati sejengkal tanah pun kecuali dipenuhi oleh darah dan bangkai
mereka. Kemudian Nabi Allah Isa dan sahabatnya memohon kepada Allah, maka Allah
mengutus burung seperti leher unta dan mengangkut bangkai mereka dan
membuangnya di tempat yang Allah kehendari. [Sahih Muslim]
4)
Diantara sebab kebinasaan adalah maksiat.
Dari seorang sahabat Rasulullah shallallahu
'alaihi wa sallam; Rasulullah ﷺ bersabda:
«لَنْ يَهْلَكَ النَّاسُ حَتَّى يَعْذِرُوا، أَوْ يُعْذِرُوا مِنْ
أَنْفُسِهِمْ» [سنن أبي داود: صحيح]
"Manusia tidak akan binasa
sampai mereka banyak melakukan dosa". [Sunan Abu Dawud: Sahih]
Lihat: Hadits-hadits tentang sebab kebinasaan
5)
Musibah yang disebabkan oleh keburukan akan menimpa
orang-orang shalih.
Allah subhanahu wata'aalaa berfirman:
{وَاتَّقُوا فِتْنَةً لَا تُصِيبَنَّ الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْكُمْ
خَاصَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ} [الأنفال: 25]
Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan
yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan
ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. [Al-Anfaal: 25]
Ø Dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu;
Rasulullah ﷺ bersabda:
«إِنَّ النَّاسَ إِذَا رَأَوْا الظَّالِمَ فَلَمْ يَأْخُذُوا عَلَى
يَدَيْهِ أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللَّهُ بِعِقَابٍ مِنْهُ» [سنن الترمذي:
صحيح]
"Sesungguhnya manusia jika
mereka melihat seorang dzalim kemudian mereka tidak mencegahnya (menasehatinya)
maka sebentar lagi Allah akan mendatangkan hukuman darinya secara umum".
[Sunan Tirmidziy: Sahih]
6)
Keselamatan tidak bisa diraih tanpa kebersamaan.
Lihat: Kisah tiga orang yang terperangkap dalam gua
Hadits ketujuh:
7/190- السَّابعُ: عنْ أَبِي سَعيد الْخُدْرِيِّ رضي اللَّه
عنه، عن النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: "إِيَّاكُم وَالْجُلُوسَ في الطرُقاتِ"
فقَالُوا: يَا رسَولَ اللَّه مَالَنَا مِنْ مَجالِسنَا بُدٌّ، نَتحدَّثُ فِيهَا،
فَقَالَ رسولُ اللَّه ﷺ: "فَإِذَا أَبَيْتُمْ إِلاَّ الْمَجْلِس
فَأَعْطُوا الطَّريقَ حَقَّهُ" قالوا: ومَا حَقُّ الطَّرِيقِ يَا رسولَ
اللَّه؟ قَالَ: "غَضُّ الْبَصَر، وكَفُّ الأَذَى، ورَدُّ السَّلامِ،
وَالأَمْرُ بالْمعْروفِ، والنَّهْيُ عنِ الْمُنْكَرَ" متفقٌ عَلَيهِ.
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy radhiyallahu
'anhu, dari Nabi ﷺ bersabda: "Janganlah kalian duduk dipinggir
jalan". Para sahabat bertanya: Ya Rasulullah kami tidak bisa
meninggalkannya, itu tempat kami duduk dan berbincang? Maka Rasulullah ﷺ bersabda: "Jika kalian tidak mau kecuali duduk di
situ maka berikanlah jalanan itu haknya". Para sahabat bertanya: Apa hak
jalanan itu? Beliau menjawab: "Tundukkan pandangan (dari yang haram),
tidak menyakiti orang yang lewat, menjawab salam, memerintahkan yang baik, dan
mencegah yang mungkar". [Sahih Bukhari dan Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi Abu Sa’id Al-Khudriy radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2.
Larangan duduk di pinggir jalan, kecuali bagi yang
menunaikan haknya.
3.
Beberapa hak-hak jalan yang harus ditunaikan.
Diantaranya:
a) Menundukkan pandangan.
Allah subhanahu wata'ala berfirman:
{قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا
فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ (30)
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ} [النور: 30، 31]
Katakanlah kepada orang laki-laki yang
beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara
kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih Suci bagi mereka, Sesungguhnya
Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat". Katakanlah kepada wanita
yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya". [An-Nuur:
30-31]
Lihat: Tundukkan pandangan
b) Tidak mengganggu orang lain di jalan.
Lihat: Syarah Riyadhushalihin Bab (13): Penjelasan akan banyaknya jalan-jalan kebaikan, hadits ketiga dan
kesembilan
c) Menjawab salam.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu
'anhu; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"حَقُّ المُسْلِمِ عَلَى المُسْلِمِ
خَمْسٌ: رَدُّ السَّلاَمِ، وَعِيَادَةُ المَرِيضِ، وَاتِّبَاعُ الجَنَائِزِ،
وَإِجَابَةُ الدَّعْوَةِ، وَتَشْمِيتُ العَاطِسِ" [صحيح
البخاري ومسلم]
"Hak muslim atas muslim lainnya ada
lima, yaitu; menjawab salam, menjenguk yang sakit, mengiringi jenazah, memenuhi
undangan, dan mendoakan orang yang bersin". [Shahih Bukhari dan Muslim]
Lihat: Adab memberi salam dan menjawabnya
d) Amar ma’ruf dan nahi mungkar.
Hadits kedelapan:
8/191- الثَّامنْ: عن ابنِ عباسٍ رضي اللَّه عنهما أَن رسولَ
اللَّه ﷺ رأى خَاتماً مِنْ ذَهَبٍ في يَد رَجُلٍ، فَنَزعَهُ فطَرحَهُ وقَال: "يَعْمَدُ
أَحَدُكُمْ إِلَى جَمْرَةٍ مِنْ نَارٍ فَيجْعلهَا في يَدِهِ" فَقِيل
لِلرَّجُل بَعْدَ مَا ذَهَبَ رسولُ اللَّه ﷺ: خُذْ خَاتمَكَ، انتَفعْ بِهِ. قَالَ:
لا واللَّه لا آخُذُهُ أَبَداً وقَدْ طَرحهُ رسولُ اللَّه ﷺ. رواه مسلم.
Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu
'anhuma; Bahwa Rasulullah ﷺ
pernah melihat sebuah cincin emas di tangan seorang laki-laki. Lalu beliau
mencopot cincin tersebut dan langsung melemparnya seraya bersabda: "Salah
seorang di antara kalian menginginkan bara api neraka dan
meletakkannya di tangannya?."
Setelah Rasulullah ﷺ
pergi, seseorang berkata kepada laki-laki itu; 'Ambilah cincin itu untuk kamu
ambil manfaat darinya.' Lelaki tersebut
menjawab; 'Tidak, Demi Allah aku tidak akan mengambil cincin itu selamanya,
karena cincin itu telah di buang oleh Rasulullah ﷺ. [Shahih Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma.
Lihat: Keistimewaan Abdullah bin ‘Abbas
2)
Mengingkari dengan tindakan bagi yang mampu dan punya
wewenang.
3)
Haram bagi laki-laki memakai emas.
Ali bin Abi Thalib radhiyallahu
‘anhu berkata: Sesungguhnya Nabi ﷺ mengambil sutra dan meletakkannya
pada tangan kanannya, dan mengambil emas kemudian meletakkannya pada tangan
kirinya, kemudian bersabda:
«إِنَّ هَذَيْنِ
حَرَامٌ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي» [سنن أبي داود:
صحيح]
“Sesungguhnya Allah mengharamkan dua benda
ini atas kaum laki-laki dari umatku”. [Sunan Abi Daud: Sahih]
Ø Dari Abu Musa Al-Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu;
Rasulullah ﷺ bersabda:
«حُرِّمَ لِبَاسُ
الحَرِيرِ وَالذَّهَبِ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي وَأُحِلَّ لِإِنَاثِهِمْ» [سنن الترمذي: صحيح]
“Diharamkan pakaian sutra dan emas atas
kaum laki-laki dari umatku dan dihalalkan bagi kaum wanitanya”. [Sunan
Tirmidziy: Sahih]
Lihat: Adab berpakaian
4)
Kesungguhan sahabat mengamalkan As-Sunnah.
Hadits kesembilan:
9/192- التَّاسِعُ: عَنْ أَبِي سعيدٍ الْحسنِ البصْرِي أَنَّ عَائِذَ
بن عمْروٍ رضي اللَّه عنه دخَلَ عَلَى عُبَيْدِ اللَّهِ بنِ زيَادٍ فَقَالَ:
أَيْ بنيَّ، إِنِّي سمِعتُ رسولَ اللَّه ﷺ يَقولُ: "إِنَّ شَرَّ الرِّعاءِ
الْحُطَمَةُ"، فَإِيَّاكَ أَنْ تَكُونَ مِنْهُمْ. فَقَالَ لَهُ: اجْلِسْ
فَإِنَّمَا أَنت مِنْ نُخَالَةِ أَصْحَابِ مُحَمَّدٍ ﷺ، فَقَالَ: وهَلْ كَانَتْ
لَهُمْ نُخَالَةٌ إِنَّمَا كَانَتِ النُّخالَةُ بَعْدَهُمْ وَفي غَيرِهِمْ، رواه
مسلم.
Dari Abu Sa’id Al-Hasan Al-Bashriy –rahimahullah-;
Bahwa 'Aidz bin 'Amru radhiyallahu ‘anhu menemui Ubaidullah bin
Ziyad sambil berkata, "Wahai anakkku, sesungguhnya saya pernah mendengar
Rasulullah ﷺ bersabda,
"Sesungguhnya seburuk-buruk penguasa adalah penguasa yang zalim, maka
janganlah kamu termasuk dari mereka." Lalu 'Ubaidullah berkata kepadanya,
"Duduklah, kamu ini hanyalah sahabat Muhammad ﷺ
yang masih yunior (rendahan)." Maka 'Aidz pun ganti berkata, "Apakah
di antara mereka ada yang disebut sebagai sahabat kelas yunior?"
Sebenarnya yang pantas disebut kelas rendahan adalah orang-orang setelah mereka
dan juga yang selain mereka." [Diriwayatkan oleh Muslim]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi ‘Aidz bin ‘Amr bin Hilal, Abu Hubairah Al-Muzaniy radhiyallahu
‘anhu.
Ia hadir pada bai’at Ridwan, ia wafat di
Bashrah pada masa kekhalifaan ‘Ubaidillah bin Ziyad tahun 61 hijriyah.
2.
Buruknya pemimpin yang dzalim.
3.
Sabar ketika menasehati, terkhusus kepada penguasa.
4.
Keutamaan sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi
wasallam.
5.
Buruknya generasi setelah generasi Sahabat.
Hadits kesepuluh:
10/193- الْعاشرُ: عَنْ حذيفةَ رضي اللَّه عنه أَنَّ النَّبيَّ
ﷺ قَالَ: "والَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَتَأْمُرُنَّ بالْمعرُوفِ،
ولَتَنْهَوُنَّ عَنِ المُنْكَرِ، أَوْ لَيُوشِكَنَّ اللَّه أَنْ يَبْعثَ عَلَيْكمْ
عِقَاباً مِنْهُ، ثُمَّ تَدْعُونَهُ فَلاَ يُسْتَجابُ لَكُمْ "، رواه
الترمذي وَقالَ: حديثٌ حسنٌ.
Dari Hudzaifah radhiyallahu 'anhu;
Bahwasanya Nabi ﷺ bersabda:
“Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, kalian hendaklah memerintahkan kepada
kebaikan, dan melarang dari kemungkaran, atau Allah akan menurunkan hukuman
dari-Nya atas kalian, kemudian kalian berdo'a maka tidak dikabulkan untuk
kalian". [Sunan Tirmidziy: Hasan]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Hudzaifah bin Al-Yaman radhiyallahu ‘anhuma.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2)
Bahaya meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar.
3)
Penyebab do’a tidak dikabulkan.
Lihat: Kenapa do’a
kita tidak dikabulkan
Hadits kesebelas:
11/194- الْحَادي عشَرَ: عنْ أَبِي سَعيد الْخُدريِّ رضي
اللَّه عنه، عن النبيِّ ﷺ قَالَ: "أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ عَدْلٍ
عندَ سلْطَانٍ جائِرٍ"، رواه أَبُو داود، والترمذي وَقالَ: حديثٌ حسنٌ.
Dari Abu Sa'id Al-Khudriy radhiyallahu
‘anhu; Dari Nabi ﷺ, beliau bersabda:
"Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa
yang dhalim, atau pemimpin yang dhalim." [Diriwayatkan oleh Abu Daud, dan
At-Tirmidziy, dan ia berkata: Hadits ini hasan]
Hadits keduabelas:
12/195- الثَّاني عَشَر: عنْ أَبِي عبدِ اللَّه طارِقِ بنِ شِهابٍ
الْبَجَلِيِّ الأَحْمَسِيِّ رضي اللَّه عنه أَنَّ رجلاً سأَلَ النَّبِيَّ ﷺ،
وقَدْ وَضعَ رِجْلَهُ في الغَرْزِ: أَيُّ الْجِهادِ أَفْضَلُ؟ قَالَ: "كَلِمَةُ
حقٍّ عِنْدَ سُلْطَانٍ جائِر"، رَوَاهُ النسائيُّ بإسنادٍ صحيحٍ.
Dari Abu Abdillah Thariq bin Syihab
Al-Bajaliy Al-Ahmasiy radhiyallahu 'anhu; Bahwa seorang laki
bertanya kepada Rasulullah ﷺ dan ia telah
meletakkan kakinya di batang kayu (untuk menaiki onta); Jihad apakah yang
paling utama? Beliau bersabda: "Perkataan yang benar di hadapan penguasa
yang zalim." [Diriwayatkan oleh An-Nasa'iy dengan sanad yang shahih]
Penjelasan singkat dua hadits di atas:
1. Biografi Abu Sa’id Al-Khudriy radhiyallahu ‘anhu.
2.
Biografi Thariq bin Syihab bin Abdi Syams Al-Bajaliy, Abu
Abdillah Al-Kufiy radhiyallahu ‘anhu.
Ia mendapati masa Jahiliyah, pernah melihat
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tapi tidak pernah meriwayatkan hadits
dari beliau. Mengikuti beberapa peperangan di masa kekhalifaan Abu Bakr dan
Umar bin Khathab radhiyallahu ‘anhum. Wafat tahun 82 atau 83 hijriyah.
3.
Keutamaan menasehati pemimpin yang dzalim.
4.
Menasehati pemimpin secara rahasia.
Iyadh bin Ganm radhiyallahu 'anhu berkata;
Rasulullah ﷺ bersabda:
«مَنْ أَرَادَ أَنْ يَنْصَحَ لِسُلْطَانٍ
بِأَمْرٍ، فَلَا يُبْدِ لَهُ عَلَانِيَةً، وَلَكِنْ لِيَأْخُذْ بِيَدِهِ،
فَيَخْلُوَ بِهِ، فَإِنْ قَبِلَ مِنْهُ فَذَاكَ، وَإِلَّا كَانَ قَدْ أَدَّى
الَّذِي عَلَيْهِ لَهُ»
"Barangsiapa yang hendak menasehati
penguasa dengan suatu perkara, maka jangan dilakukan dengan terang-terangan,
tapi gandenglah tangannya dan menyepilah berdua. Jika diterima memang begitu,
jika tidak maka dia telah melaksakan kewajibannya". [Musnad Ahmad: Hasan
ligairih]
Hadits ketigabelas:
13/196- الثَّالِثَ عشَرَ: عن ابن مَسْعُودٍ رضي اللَّه عنه
قال: قال رسول اللَّه ﷺ: "إِنَّ أَوَّلَ مَا دخَلَ النَّقْصُ عَلَى بَنِي
إِسْرائيلَ أَنَّه كَانَ الرَّجُلُ يَلْقَى الرَّجُلَ فَيَقُولُ: يَا هَذَا اتَّق
اللَّه وَدعْ مَا تَصْنَعُ فَإِنَّهُ لاَ يَحِلُّ لَكَ! ثُم يَلْقَاهُ مِن الْغَدِ
وَهُو عَلَى حالِهِ، فَلا يمْنَعُه ذلِك أَنْ يكُونَ أَكِيلَهُ وشَرِيبَهُ
وَقعِيدَهُ، فَلَمَّا فَعَلُوا ذَلِكَ ضَرَبَ اللَّه قُلُوبَ بَعْضِهِمْ
بِبَعْضٍ" ثُمَّ قَالَ: {لُعِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ بَنِي إِسْرَائِيلَ عَلَى لِسَانِ
دَاوُودَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوْا وَكَانُوا يَعْتَدُونَ
(78) كَانُوا لَا يَتَنَاهَوْنَ عَنْ مُنْكَرٍ فَعَلُوهُ لَبِئْسَ مَا كَانُوا
يَفْعَلُونَ (79) تَرَى كَثِيرًا مِنْهُمْ يَتَوَلَّوْنَ الَّذِينَ كَفَرُوا
لَبِئْسَ مَا قَدَّمَتْ لَهُمْ أَنْفُسُهُمْ أَنْ سَخِطَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ وَفِي
الْعَذَابِ هُمْ خَالِدُونَ (80) وَلَوْ كَانُوا يُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
وَالنَّبِيِّ وَمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مَا اتَّخَذُوهُمْ أَوْلِيَاءَ وَلَكِنَّ
كَثِيرًا مِنْهُمْ فَاسِقُونَ} [المائدة:
78-81] ثُمَّ قَالَ: "كَلاَّ،
وَاللَّه لَتَأْمُرُنَّ بالْمعْرُوفِ، وَلَتَنْهوُنَّ عَنِ الْمُنْكَرِ،
ولَتَأْخُذُنَّ عَلَى يَدِ الظَّالِمِ، ولَتَأْطِرُنَّهُ عَلَى الْحَقِّ أَطْراً،
ولَتقْصُرُنَّهُ عَلَى الْحَقِّ قَصْراً، أَوْ لَيَضْرِبَنَّ اللَّه بقُلُوبِ
بَعْضِكُمْ عَلَى بَعْضٍ، ثُمَّ لَيَلْعَنكُمْ كَمَا لَعَنَهُمْ" رواه
أَبُو داود، والترمذي وَقالَ: حديث حسن.
Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu
‘anhu, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda,
"Pertama kali kekurangan (kelemahan) terjadi pada Bani Israil adalah
ketika seorang laki-laki berjumpa seorang laki-laki lain, ia berkata,
"Wahai saudaraku, bertakwalah kepada Allah, tinggalkan apa yang telah
engkau lakukan, karena itu tidak halal untuk kamu lakukan." Kemudian
keesokan harinya ia berjumpa lagi dengannya, namun perbuatan maksiat yang ia
larang (kepada temannya) tidak mencegah dirinya untuk menjadikannya sebagai
teman makan dan minum serta duduknya, maka ketika mereka melakukan hal itu,
Allah menghitamkan hati sebagian mereka karena sebab sebagian yang lain.
Kemudian beliau membaca: {Orang-orang kafir
dari Bani Israil telah dilaknat melalui lisan (ucapan) Dawud dan Isa putra
Maryam. Yang demikian itu karena mereka durhaka dan selalu melampaui batas.
Mereka tidak saling mencegah perbuatan mungkar yang selalu mereka perbuat.
Sungguh, sangat buruk apa yang mereka perbuat. Kamu melihat banyak di antara
mereka tolong-menolong dengan orang-orang kafir (musyrik). Sungguh, sangat
buruk apa yang mereka lakukan untuk diri mereka sendiri, yaitu kemurkaan Allah,
dan mereka akan kekal dalam azab. Dan sekiranya mereka beriman kepada Allah,
kepada Nabi (Muhammad) dan kepada apa yang diturunkan kepadanya, niscaya mereka
tidak akan menjadikan orang musyrik itu sebagai teman setia. Tetapi banyak di
antara mereka orang-orang yang fasik}.
[Al-Ma'idah: 78-81] Kemudian beliau bersabda, "Demi Allah hendaklah
kalian benar-benar memerintahkan kebaikan, mencegah kemungkaran dan mencabutnya
dari tangan orang zalim lalu mengambalikannya (membelokkannya) kepada kebenaran
serta konsisten terhadap kebenaran itu, atau (jika tidak) Allah benar-benar
akan menutup hati kalian karena (tutupnya) sebagian yang lain, kemudian
melaknat kalian sebagaimana telah melaknat mereka (orang-orang Bani Israil).", [Diriwayatkan oleh Abu Daud dan
At-Tirmidziy, ia berkata: Hadits ini hasan]
Ini adalah lafadz Abu Daud, adapun lafadz
riwayat At-Tirmidziy:
قَالَ رَسُول الله ﷺ: "لما وقعت بنو اسرائيل في المعاصي نهتهم
علمائهم فَلَمْ يَنْتَهُوا فَجَالَسُوهُمْ في مَجَالِسِهمْ وَوَاكَلُوهُمْ
وَشَارَبُوهُمْ فَضَربَ اللهُ قُلُوبَ بَعضِهِمْ بِبعْضٍ، وَلَعَنَهُمْ عَلَى
لِسَانِ دَاوُدَ وَعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ ذَلِكَ بِمَا عَصَوا وَكَانُوا
يَعتَدُونَ"، فَجَلَسَ رَسُول الله ﷺ وكان مُتَّكِئاً فَقَالَ: "لا،
والَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ حَتَّى تَأطِرُوهُمْ عَلَى الحَقِّ أطراً".
Rasulullah ﷺ bersabda: "Ketika Bani Israil terjerumus dalam
maksiat, ulama mereka melarangnnya namun mereka tidak mau berhenti. Lalu para
ulama itu duduk bersama mereka, makan dan minum bersama mereka, maka Allah
menutupi hati mereka satu sama lain (tidak lagi saling menginkari kemungkaran),
dan Allah melaknat mereka dengan lisan Daud dan 'Isa putra Maryam. Yang
demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui batas. Rasulullah ﷺ yang tadinya bersandar, kemudian beliau
duduk dan bersabda, "Tidak, (kalian tidak akan luput dari apa yang mereka
alami) sehingga kalian mangarahkan orang dzalim lalu kalian benar-benar
membelokkannya di atas kebenaran." [Hadits ini lemah]
Penjelasan singkat hadits ini:
1)
Biografi Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: https://umar-arrahimy.blogspot.com/
2)
Bahaya meninggalkan nahi mungkar.
3)
Kemungkaran akan menular jika tidak dihilangkan.
Hadits keempat belas:
14/197- الرَّابعَ عَشَر: عن أَبي بَكْرٍ
الصِّدِّيق رضي اللَّه عنه. قَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّكُمْ تقرءونَ
هَذِهِ الآيةَ: {يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لا
يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ} [المائدة:105] وإِني سَمِعت رَسُول اللَّه ﷺ يَقُولُ: "إِنَّ النَّاسَ إِذَا
رَأَوْا الظَّالِمَ، فَلَمْ يَأْخُذُوا عَلَى يَدَيْهِ، أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ
اللَّه بِعِقَابٍ مِنْهُ" رواه أَبُو داود، والترمذي والنسائي بأسانيد
صحيحة.
Dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu
'anhu, ia berkata: "Wahai
manusia sekalian, kalian telah membaca ayat ini: {' Wahai manusia
sekalian, jagalah dirimu; tidaklah orang yang sesat itu akan memberi madharat
kepadamu apabila kamu telah mendapatkan petunjuk .. '} [Al-Maidah: 105] Dan
sungguh aku mendengar Nabi ﷺ bersabda:
"Sesungguhnya manusia jika mereka melihat seorang dzalim kemudian mereka
tidak mencegahnya (menasehatinya) maka sebentar lagi Allah akan mendatangkan
hukuman darinya secara umum". [Diriwayatkan oleh Abu Daud, At-Tirmidziy,
dan An-Nasa’iy dengan sanad yang shahih]
Penjelasan singkat hadits ini:
1.
Biografi Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu ‘anhu.
Lihat: Keistimewaan Abu Bakr Ash-Shiddiiq
2.
Dalamnya pemahaman Abu Bakr tehadap Al-Qur’an.
Qais -rahimahullah- berkata:
"Setelah mengucapkan pujian dan mengagungkan-Nya, Abu Bakr -radhiyallahu
‘anhu- berkata, "Wahai manusia sekalian, kalian telah membaca ayat
ini, namun kalian tidak meletakkannya sebagaimana mestinya:
{عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ
لَا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ إِذَا اهْتَدَيْتُمْ} [المائدة:
105]
'(.. jagalah dirimu; tidaklah orang yang
sesat itu akan memberi madharat kepadamu apabila kamu telah mendapatkan
petunjuk..) ' [Al Maidah: 105]
Abu Bakr berkata; "Kami
mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
«إِنَّ النَّاسَ إِذَا
رَأَوُا الظَّالِمَ فَلَمْ يَأْخُذُوا عَلَى يَدَيْهِ، أَوْشَكَ أَنْ يَعُمَّهُمُ
اللَّهُ بِعِقَابٍ»
"Sesungguhnya orang yang melihat
kezaliman kemudian tidak mencegahnya, maka sangat dikawatirkan Allah akan
menimpakan siksa kepada mereka secara merata."
Ø Dalam riwayat lain:
«مَا مِنْ قَوْمٍ
يُعْمَلُ فِيهِمْ بِالْمَعَاصِي، ثُمَّ يَقْدِرُونَ عَلَى أَنْ يُغَيِّرُوا، ثُمَّ
لَا يُغَيِّرُوا، إِلَّا يُوشِكُ أَنْ يَعُمَّهُمُ اللَّهُ مِنْهُ بِعِقَابٍ»
"Tidaklah kemaksiatan yang dilakukan
pada suatu kaum, kemudian mereka mampu mencegahnya tetapi tidak mau mencegah,
melainkan Allah akan meratakan siksa kepada mereka." [Sunan Abi Daud:
Shahih]
3.
Hati-hati dalam memahami Al-Qur’an agar tidak salah paham.
{يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا عَلَيْكُمْ أَنْفُسَكُمْ لَا يَضُرُّكُمْ مَنْ ضَلَّ
إِذَا اهْتَدَيْتُمْ} [المائدة: 105]
Hai
orang-orang yang beriman, jagalah dirimu, tiadalah orang yang sesat itu akan
memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk.
[Al-Ma`idah: 105]
Abu
Tsa'labah berkata; "Ingatlah, demi Allah, kamu bertanya dengan orang yang
tahu, aku pernah menanyakannya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam, lalu beliau menjawab:
«بَلْ
ائْتَمِرُوا بِالمَعْرُوفِ وَتَنَاهَوْا عَنِ المُنْكَرِ، حَتَّى إِذَا رَأَيْتَ
شُحًّا مُطَاعًا، وَهَوًى مُتَّبَعًا، وَدُنْيَا مُؤْثَرَةً، وَإِعْجَابَ كُلِّ
ذِي رَأْيٍ بِرَأْيِهِ، فَعَلَيْكَ بِخَاصَّةِ نَفْسِكَ وَدَعِ العَوَامَّ،
فَإِنَّ مِنْ وَرَائِكُمْ أَيَّامًا الصَّبْرُ فِيهِنَّ مِثْلُ القَبْضِ عَلَى
الجَمْرِ، لِلْعَامِلِ فِيهِنَّ مِثْلُ أَجْرِ خَمْسِينَ رَجُلًا يَعْمَلُونَ
مِثْلَ عَمَلِكُمْ»
"Akan
tetapi, perintahkanlah kebaikan dan cegahlah kemungkaran hingga kamu melihat
kekikiran yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, kehiduoan dunia lebih diprioritaskan
dan kekaguman setiap orang dengan pendapatnya, engkau harus (berpegangan)
terhadap mata hatimu dan tinggalkan orang-orang awam, karena dibalik kalian
akan ada suatu masa dimana kesabaran saat itu laksana memegang bara api, orang
yang beramal saat itu sama seperti pahala limapuluh orang yang melakukan
seperti amalan kalian." [Sunan Tirmidziy: Hasan gharib]
Wallahu a’lam!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentar anda adalah pelajaran berharga bagi saya ...